RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Satuan Pendidikan

: SMK N 1 Panyabungan : PK. Penjualan : 1/1 ( satu) : 1 (satu) : : Menata Produksi : Memonitor Penataan Atau Display Produksi : 1. Mengidentifikasikan UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen 2. Menjelaskan kode etik APLI tentang prilaku terhadap konsumen 3. mengidentifikasikan segmen pasar Targeting dan Postioning 4. Menjelaskan tentang pengertian barang 5. Menjelaskan keterampilan dalam memonitor penataan dalam display produksi 6. Menjelaskan sikap yang di bututuhkan dalam menata/mendisplay produksi

Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indicator

A. Tujuaan Pembelajaran
1. Menjelasan UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

2. Menerapkan kode etik APLI tentang prilaku konsumen 3. Menjelaskan segmen pasar Targeting dan Postioning
4. Menguraikan tentang pengertian barang

5. Tata cara dalam memonitor penataan dalam Display Produksi

Pengertian barang 5. Materi Pembelajaran 1. Diskusi D. UU nomor 8 tahun1999 tentang perlindungan konsumen 2.6. Ceramah 2. Kode etik APLI tentang prilaku terhadap konsumen 3. Penugasan 3. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan : I NO Kegiatan 1 Kegiatan Awal Appersepsi tentang Pelaksanaan UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen 2 Kegiatan Inti - Alokasi Waktu Guru dan siswa menyimak dan mencermati tentang pelaksanaan UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen - Guru menjelaskan hal yang penting dalam UU nomor 8 . Sikap-sikap dalam menata produk/mendisplay C. Keterampilan barang memonitor penataan dan display 6. Menguraikan sikap-sikap yang di butuhkan dalam menata/mendisplay produksi B. Metode Pembelajaran 1. Menjelaskan segmen pasar Targeting dan Postioning 4.

tahun 1999 tentang hak dan kewajiban konsumen 3 Kegiatan AKhir Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan jawaban yang benar Guru menginformasikan mata pelajaran berikutnya untuk minggu depan Pertemuan : II NO Kegiatan 1 Kegiatan Awal Appirsepsi Tentang 2 Kode etik APLI dalam prilaku terhadap konsumen Alokasi Waktu Kegiatan Inti - Guru dan siswa menyimak dan mencermati uraian tentang prilaku konsumen yang harus di perbuat oleh penjual langsung perusahaan - Guru menjelaskan uraian tentang prilaku penjual/perusahaan terhadap konsumen 3 Kegiatan Akhir Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan jawaban yang benar Guru menginformasikan mata pelajaran berikutnya untuk minggu depan Pertemuan III NO Kegiatan 1 Kegiatan Awal Appirsepsi Tentang Segmen pasar Targetin dan Postioning Alokasi Waktu .

2 Kegiatan Inti - Guru dan siswa menyimak dan mencermati uraian tentang segmen pasar Targeting dan Postioning Guru menjelaskan hal yang di pelajari dalam segmen pasar. dan Targeting pasar serta sikap - 3 Kegiatan Akhir Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan jawaban yang benar Guru menginformasikan mata pelajaran berikutnya untuk minggu depan Pertemuan IV NO Kegiatan 1 Kegiatan Awal Appirsepsi Tentang - Alokasi Waktu Pengertian jenis barang 2 Kegiatan Inti - Guru dan siswa menyimak dan mencermati uraian tentang pengertian produk dan pengelompokannya - Guru menjelaskan uraian materi tentang jenis-jenis produksi 3 Kegiatan Akhir Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan jawaban yang benar Guru menginformasikan mata pelajaran berikutnya untuk minggu depan Pertemuan V NO Kegiatan 1 Kegiatan Awal Appirsepsi Tentang Keterampilan dalam memahami penataan dan display produk Alokasi Waktu .

Media dan Sumber Pembelajaran Media Pembelajaran Sumber Pempelajaran : Bagian-bagian dalam pesawat telepon : Buku-buku panduan PK. Penjualan antara lain: Peralatan Transaksi oleh Des. S.Pd . Sutrisno dan Kusmawan Ruswanti.Kegiatan Inti 2 - Guru dan siswa menyimak dan mencermati tentang uraian kelompok dalam memonitor penataan/display Guru menjelaskan uraian materi tentang pengertian display sesuai perencanaan - Kegiatan Akhir 3 Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan jawaban yang benar Guru menginformasikan mata pelajaran berikutnya untuk minggu depan Pertemuan VI NO Kegiatan 1 Kegiatan Awal Appirsepsi Tentang 2 Tentang sikap yang dibutuhkan dalam memonitor penataan atau display produk Alokasi Waktu Kegiatan Inti - Guru dan siswa menyimak dan mencermati tentang penataan produk melalui sikap memonitor penataan produk Guru menjelaskan uraian materi tentang sikap-sikap yang dibutuhkan dalam memonitor penataan produk - 3 Kegiatan Akhir Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan jawaban yang benar Guru menginformasikan mata pelajaran berikutnya untuk minggu depan E.

Yang dimaksud dengan purna jual adalah pelayanan yang diberikan kepada konsumen sebelum dijual barang seperti syarat-syarat jual barang 2. Apa yang dimaksud dengan Hanger Jawab 1. Apa yang dimaksud dengan Lebelling 5. Penilaian Bentuk tertulis Soal 1.F. Yang dimaksud dengan Intensity adalah yang berhubungan dengan tingkat kecerahan warna 4. Menerapkan kode etik APLI tentang prilaku 2 konsumen 3. Yang dimaksud dengan Hanger adalah alat untuk menggantung produk Kisi-kisi Soal NO Materi 1 UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Menjelaskan pengertian tentang barang Kompetensi/Indikator Menata produksi 1. Apakah perbedaan barang putus dan barang konsinyasi 3. Yang dimaksud dengan Lebelling adalah proses penempelan label harga 5. Menguraikan tentang pengertiann barang 4. Tentang perlindungan konsumen 2. Tata cara memonitor 3 Sikap dalam menata penataan dalam display 1/1 4 Mudah 1/1 3 Sedang 1/1 2 Sulit 1/1 1 Sulit Tk/Smt No Soal Tk kesuka . Barang diberi dengan system putus artinya barang tersebut tanggung jawab pembeli sedangkan konsinyasi adalah barang milik supplier yang di tutupkan Sales Promotioon Girls (SPG) 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Intensity 4. Sebutakan apa yang dimaksud dengan purna jual 2.

mendisplay produk 5. HUSIN HARAHAP. Kepala SMK Negeri 1 Panyabungan Panyabungan. Sikap yang di butuhkan dalam metode produk display produk 1/1 5 Mudah NO ESSAY 1 2 3 4 5 Benar No 1 Benar No 2 Benar No 3 Benar No 4 Benar No 5 SKOR 15 15 10 15 5 50 NilaiAkhir : NilaiPerol eh x100 NilaiSkor Menyetujui. 131413578 . Juli 2010 Guru Mata Pelajar MHD. MM NIP. 19680925 199512 1 001 LAHUDDIN NIP.Pd. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful