P. 1
Latihan Soal

Latihan Soal

|Views: 211|Likes:
Published by sonyguswanto

More info:

Published by: sonyguswanto on Oct 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2014

pdf

text

original

LATIHAN SOAL

LATIHAN 1
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. Perbandingan dalam suatu pengukuran disebut ……..! 2. Satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama untuk semua orang disebut …….! 3. Meter, kilogram, sekon disebut satuan …….! 4. Satu meterstandar sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa pafda selang waktu …….! 5. Jangka soirong memiliki nonius, yaitu skala yang mempunyai panjang ….,.,..! 6. Termometer dibuat berdasarkan prinsip ………! 7. Titik tetap bawah dan titik tetap atas celcius adalah ……… dan ……….! 8. Airraksa digunakan sebagai pengisi thermometer , karena ………! 9. Jenis neraca yang biasa dipakai adalah neraca …….. dan neraca ………! 10 Volume benda yang bentuknya tidak teratur bentuknya dapat diukur dengan menggunakan …. ……….. dan ……….!

PETUNJUK SOAL ; Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat ! 1. 2. 3. 4. 5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengukuran ! Sebutkan tujuh macam besaran pokok ! Sebutkan tiga syarat yang harus dimiliki oleh sebuah satuan ! Sebutkan macam-macam thermometer berdasarkan penggunaannya ! Ubah suhu berikut ke dalamn derajat reamur ! a. 80 C b. 60 C

LATIHAN 2
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. 2. 3. 4. 5. Asam adalah ………! Senyawa asam bersifat ……..! Senyawa basa bersifat ………! Asam + Basa menghasilkan ……….. + ………..! Cara menentukan senyawa bersifatasam, basa atau netral digunakan ……… , ………. Dan ………… !

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan ini dengan tepat dan benar ! 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan tiga macam larutan asam dalam kehidupan sehari-hari ! Sebutkan 4 macam perbedaan sifat asam dan basa! Jelaskan yang dimaksuddengan reaksi penetralan ! Sebutkan 3 macam keuntungan kertas lakmus sebagai indicator asam dan basa ! Sebutkan 3 macam bahan alami yangdapat digunakan sebagai indicator asam basa !

1

LATIHAN 3
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. 2. 3. 4. 5. Unsur adalah ……….! Senyawa adalah …….! Campuran homogeny adalah ……..! Campuran heterogen adalah ………! Suspensi adalah ………!

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. 2. 3. 4. 5. Jelaskan tata cara penulisan nama dan lambing unsure ! Tuliskan lambing unsure dari unsure hydrogen, carbon, oksigen, dan belerang ! Jelaskan pengertian rumus molekul ! Sebutkan 4 macam perbedaan senyawa dan campuran ! Jelaskan yang dimaksud dengan senyawa dan beri 2 contoh !

LATIHAN 4
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! Masa jenis suatu benda adalah perebandingan antara ……. Dan ……..! Massa jenis mempunyai satuan dalam SI adalah …….! Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur ……… ! Zat adalah sesuatu yang ….. dan ……. ! Menguap adalah peristiwa perubahan wujudzatdari …… menjadi ……….! Bagian terkecil suatu zat yang masih memiliki sifat zat itu disebut ………… ! Kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel ……… ! Adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel ,,,,,,,,,,,,,! Kotoran / daki dapat menempel pada pakaian / baju . Hal ini dikarenakan gaya ……. Lebih besar dibandingkan gaya ……… ! 10 Kapur barus ditempat terbuka makin lama mengecil ukurannya. Hal ini merupakan contoh …. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. 2. 3. 4. 5. Massa jenis air 1 g/cm³. Berapa volume 500 g air ! Massa jenis raksa 13,6 g/cm³.Berapa massa 100 cm³ raksa ? Mengapa zat padat memiliki bentuk dan volume tetap ? Mengapa gas memiliki volume dan bentuk berubah-ubah ? Mengapa air tidak membasahi daunt talas ?

LATIHAN 5
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. 2. 3. 4. 5. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat padat di sebut ………..! Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat gas di sebut ……….! Benda padat jika dipanaskan akan mengalami perubahan ………. , ……… , dan …… ! Didalam tabung elpiji, gas mengadakan tekanan pada …….. ! Keping bimetal adalah ……. !

2

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. 2. 3. 4. 5. Jelaskan pengertian koefisien muai panjang ! Sebutkan 3 faktoryang mempengaruhipemuaian zat gas ! Bandingkan pemuaian zat gas dengan zat padat ! Sebutkan tiga penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari – sehari ! Pada suhu 00c volume alcohol 300 cm³. Jika koefisien muai ruang alcohol 0,001 /0c dan alcohol dinaikan suhunya menjadi 400c . Berapakah pertambahan volume alcohol tersebut ?

LATIHAN 6
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. 2. 3. 4. 5. Semakin besar massa suatu zat semakin …… kalor yang diperlukan untuk menaikan suhunya. Kesetaraan antara satuan joule dengan satuan kalori biasa dikenal dengan sebutan ….. ! Kalor dapat berpindah dengan tiga cara , …….. , …….. , dan ……. ! Konveksi pada zat cair terjadi karena perbedaan …….! Membeku adalah perubahan wujud zat dari , …. Menjadi …… !

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan tiga hal yang mempengaruhi banyaknya kalor yang diperlukan oleh suatu zat ! Jelaskan pengertian kalor jenis ! Jelaskan hubungan antara kapasitas kalor dan kalor jenis ! Sebutkan enam (6) perubahan wujud yang terjadi pada zat ! Jika kita memasak air di dearah pengunungan maka air akan mendidih di bawah suhu 1000c .Jelaskan !

LATIHAN 7
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. 2. 3. 4. 5. Sifat fisika suatu zat antara lain ….. ! Akibat terjadi reaksi kimia dapat mengakibatkan makanan dan minuman ….! Ciri – ciri pada perubahan fisika yaitu : …. , …… ,dan …… ! Ciri – ciri pada perubahan kimia yaitu : …. , ……, dan ……. ! Pemisahan campuran dengan sublimasi dilakukan pada ………!

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. 2. 3. 4. Sebutkan empat sifat fisika suatu benda ! Sebutkan empat contoh sifat kimia yang di miliki suatu benda ! Sebutkan tiga pemisahan campuran ! Bagaimanakah cara yang dilakukan penduduk di sekitar pantai agar memperoleh air tawar yang bersih ? 5. Jelaskan pengertian kromatografi !

3

LATIHAN 8
PETUNJUK SOAL : Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. 2. 3. 4. 5. Reaksi kimia adalah ……. ! Reaksi kimia terjadi karena …….. ! Reaktan adalah …….. ! Pembentukan senyawa terjadi melalui proses …….. ! Cepat lambat reaksi dipengaruhi oleh ………..!

PETUNJUK SOAL : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. Jelaskan pengertian koefisien reaksi ! 2. Sebutkan satu contoh reaksi kimia dan zat hasil reaksinya ! 3. Adakah pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi kimia ? Jelaskan ! 4. Sebutkan satu reaksi yang menghasilkan gas ! 5. Sebutkan factor – factor yang mempengaruhui laju reaksi kimia !

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->