Animasi

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK INKLUSI) – TPA JEMBER BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMATIKA KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTIMEDIA Jl. Branjangan No.1 Bintoro – Patrang Jember 68113 Telp. 0331-412842 Email : smkinklusijember@gmail.com

Pengertian  Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.  Pada video atau film. animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah.  Frame bisa dihasilkan dari komputer.  Ketika frame-frame tersebut digabungkan. sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision” . maka terdapat ilusi perubahan gambar. dari fotografi atau dari gambar lukisan.

Jenis-jenis Animasi        Animasi Cel Animasi Frame Animasi Sprite Animasi Path Animasi Spline Animasi Vektor Animasi Character  Apapun jenis animasinya. yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek. .

Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate) Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation) Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. misalnya antara obyek dengan latar belakangnya. . Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah. maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang. dan akhirnya karakter ketika kaki dilangkahkan. kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya. Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan.Animasi Cel  Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi     yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat. sehingga dapat saling bergerak mandiri.

Animasi Cel  Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional dimana terdapat beberapa langkah pembuatannya:  Menyiapkan ide/storyboard (script)  Voice Recording  Animatics (story reel)  Design and Timing  Layout  Animation  Background  Traditional ink-and-paint and camera  Digital ink and paint .

.  Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak. serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.Animasi Frame  Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana.  Dalam sebuah film.

kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame. planet yang berotasi.  Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite. . seperti misalnya: burung terbang.  Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri. bola memantul. ataupun logo yang berputar. gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.Animasi Sprite  Pada animasi sprite.

 Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus. persawat terbang.  Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api. burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.Animasi Path  Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. .

dan panjang.Animasi Spline & Vektor  Animasi Spline  Spline adalah representasi matematis dari kurva. arah.  Animasi vektor mirip dengan animasi sprite.  Animasi Vektor  Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal. . tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

Animasi Character  Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. .  Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited  Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.

karakteristik permukaan. kesabaran dan latihan .  Dengan merubah angka bisa merubah posisi objek.  Properties 3D model didefinisikan dengan angkaangka. dan bahkan bentuk  Faktor yang membuat animasi 3D lebih sulit :  Harus memvisualisasikan bentuk 3 dimensi. rotasi. tapi lebih sulit untuk dikerjakan.Animasi 3 Dimensi  Animasi 3D mudah untuk di deskripsikan.  Kemampuan processing untuk proses render objek 3D  Perlu cukup dana.

Software Animasi 2D  Macromedia Flash  Macromedia Director  ToonBoom Studio  Adobe ImageReady  Corel RaVe  Swish Max  Adobe After Effect .

Software 3D  3D Studio Max  Maya  Poser (figure animation)  Bryce (landscape animation)  Vue (landscape animation)  Cinema 4D  Blender (gratis)  Daz3D (gratis) .

°¯f¾ ¯ °¾ O ZS_ #aVS aZ`a V VW_^\_SZ`S\ WT _a` aZ`a VW^SSZ O ^[\W^`W_#[VWVVWXZ_SZ VWZYSZ SZYS SZYS O WZYSZ W^aTS SZYS T_S W^aTS \[__ [TW ^[`S_S^S`W^_` \W^aSSZVSZ TSSZ TWZ`a O S`[^ SZYWTaS` SZS_ #WT _a`  O S^a_ Wb_aS_S_SZ TWZ`a #VWZ_ O WS\aSZ \^[UW__ZYaZ`a \^[_W_ ^WZVW^[TW # O W^a Uaa\ VSZSW_STS^SZ VSZ S`SZ .

€f °¯f¾  O SU^[WVS S_ O SU^[WVS^WU`[^ O [[Z[[ `aV[ O V[TW SYWWSV O [^WSW O c_ S  O V[TWX`W^XXWU` .

€f  O #`aV[ S  O S S O [_W^XYa^WSZS`[Z O ^ UWSZV_US\WSZS`[Z O aW SZV_US\WSZS`[Z O ZWS  O WZVW^Y^S`_ O S #Y^S`_ .