Dzikir berasal dari kata dzakara yang bisa bermakna: a.. menyebut-nyebut (dengan mulut); atau b..

mengingat, mengenang, merasakan, menghayati (dengan qalbu). Dzikir Jahri (nyata) dan Dzikir Sirri (rahasia) "Dan rahasiakanlah (sirri) perkataanmu atau nyatakanlah (jahri); sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang bergejolak di dalam dada" (QS. 67:13) Dzikir Jahri dilakukan mulut dengan menyebut-nyebut bacaan (lafazh): a.. Istighfar b.. Tasbih c.. Tahmid d.. Tahlil e.. Takbir f.. dan lain-lain ayat al-Qur'an atau wirid Karenanya Dzikir Jahri nyata terdengar suaranya dan nyata terlihat getar bibir mengucapkannya. Bila dilakukan berjamaah suara Dzikir Jahri kadang menggemuruh menimbulkan rasa mencengkam dan rendah di hadapan Allah. Sesungguhnya bergemuruhnya suara orang berdzikir saat usai shalat fardhu

"Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berhubungan dengan manusia melalui qalbunya". melainkan dzawq (perasaan) dan syu`ûr (kesadaran) yang ada di dalam qalbu.a. Dzikir Sirri tidak menggunakan mulut. Karenanya dzikir ini menjadi tersamar (khafiy) dan hanya pelaku serta Allah s.t. sebab hubungan manusia dengan Allah swt tidak terjadi dengan tubuh jasmaninya melainkan dengan qalbunya.w.S. (H. Muslim. Aku dapat mengetahui orang sudah usai shalat (berjamaah di masjid Nabi) ketika kudengar suara dzikir itu. merasakan kehadiran Allah.w. Di dalam qalbunya tumbuh rasa cinta.t. rasa dekat. Inilah dzikir yang hakiki. saja yang dapat mengetahuinya. Bukhari. rasa rindu kepada Allah. 8:24) Saat melakukan dzikir sirri orang mengaktifkan qalbunya mengingat Allah . atau setidaknya merasa sedang dilihat oleh Allah s.betul-betul terjadi di masa Rasulullah s. Itulah ihsân. dimana dalam ibadahmu kamu merasa melihat Allah. Abu Dawud. bersahabat. seakan melihat Allah. Dalam Dzikir Sirri orang mengingat Allah.w. menyadari keberadaan Allah. (QS. dan Ahmad).

. kemauan kuat yang mendorong orang bekerja keras (work hard) penuh semangat. wushûl) dengan Allah. Mekanisme biokimia dan bioelektrik pada sel-sel otak akan dikendalikan oleh nur ilahi sehingga menimbulkan gelombang-gelombang alpha yang menenteramkan saraf. Nûr ilâhi mengandung: a. Saat itulah terjadi penyerapan nûr ilâhi (divine light) kedalam qalbu sehingga terjadi proses pencerahan (enlightenment). petunjuk dan inspirasi kreatif yang mendorong orang .. hadir di hadapan taman kehidupan taqwa yang penuh pelangi mahabbah diharumi semerbak ridha ilahi. mengganti kekecewaan dengan harapan. Tersingkaplah tirai kebodohan (kasysyâf).. menjungkal kecewa dan malas. menepis sesal.sehingga dirinya on-line (tersambung. Nur ilahi yang menembus qalbu akan terpantulkan ke otak yang menjadi pusat kendali tubuh manusia. membangkitkan kreatifitas sekaligus rasa cinta ke sekujur tubuh. Enerji Hidâyah. b. kemarahan dengan kedamaian. Enerji Maghfirah. menepis rasa takut dan cemas. terbukalah wawasan baru. malas dengan semangat. yang membakar hangus dosa-dosa di qalbu. Enerji Himmah. c.

. Enerji Rahmah. Dalam pengertian yang bersifat khusus. Biasanya dilakukan setelah melaksanakan shalat. diantaranya: • • • • • Tasbih (Subhanallâh) Tahmid (Alhamdulillâh) Tahlil (Lâ Ilâha Illallâh) Takbir (Allâhu akbar) Tilawatil Qur’an.bekerja dengan cerdas (work smart). Dalam pengertian yang bersifat umum. enerji cinta yang mendorong orang bekerja bersama dengan dengan tulus ikhlas (work heart) tanpa pamrih. Maka jangan puas hanya dengan dzikir mulut. d. Dzikrullah yaitu ingat kepada Allah SWT.. terbebas dari nista moral. Enerji Barâkah. Yaitu dzikir yang dilakukan dengan menyebut-nyebut (dengan mulut) atau mengingat. An Nisaa’ : 103) Dzikir yang bersifat khusus ini banyak macamnya. Dalam pengertian bahasa. semangat kemulian dan harga diri.. Maka apabila kamu selesai mengerjakan shalat maka berdzikirlah kamu kepada Allah di waktu berdiri. Yaitu dzikir yang dilakukan dalam bentuk ibadah seperti: shalat. Dengan dzikir sirri metabolisme akan berjalan lancar alamiah menimbulkan kehangatan dan daya tahan tubuh (immune) terhadap berbagai penyakit. kemantapan pribadi yang tangguh mengendalikan hawa nafsu dan godaan iblis. puasa. 3. e. 2. duduk dan di waktu berbaring. tembuskan dzikir kedalam qalbu. menghayati (dengan qalbu). 1. artinya ingat. (QS. getaran yang juga menggoncang sel-sel kelenjar hormon untuk aktif menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. dan lain-lain. dan sebagainya. zakat. Hormon adalah pengendali metabolisme tubuh. berasal dari kata dzakara. getarkan qalbu dengan rasa rindu kepada Allah. Haji. mengenang. merasakan.

18. Penyelamat dari azab Allah. 9. 11. Pembuka semua pintu ilmu. 13. Ibnu al-Qoyyim Rahimahullah mengatakan bahwa dzikir memiliki tujuh puluh tiga manfaat yaitu: 1. Imam Turmudzi) Dzikir Jahri (nyata) dan Dzikir Sirri (rahasia) Dan rahasiakanlah (sirri) perkataanmu atau nyatakanlah (jahri). Suara orang yang berdzikir dikenal di langit tertinggi. Mengangkat manusia ke maqam ihsan. Menjadikan seorang hamba disebut disisi Allah. 2. Membuat jiwa dekat dengan Allah. 25. Menghilangkan rasa sedih. 8. Menolong hamba saat kesepian. Menghiasi orang yang berdzikir dengan pakaian kewibawaan. 7. 22. Dzikir merupakan media yang membuat kehidupan Nabi dan para sahabat benar-benar hidup. sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang bergejolak di dalam dada. 15. 3.Namun yang paling utama adalah lâ Ilâha Illallâh. Membersihkan dosa. Melahirkan kecintaan. 12.dan gelisah dari hati manusia. 26. Menjadi makanan hati dan ruh. 17. 5. Melahirkan inabah. 23. 4. Membersihkan hati dari kotoran. Menjaga lidah dari perkataan yang dilarang. . Menguatkan hati dan badan. Membahagiakan dan melapangkan hati. 16. 19. 20. 14. (Al Mulk : 13) Dzikir atau mengucapkan kata-kata pujian yang mengingat kebesaran Allah SWT. disenangi dan dicintai manusia. 10. Orang yang berdzikir dekat dengan Allah. Majlis dzikir adalah majlis malaikat. Dari Jabir bin Abdullah. Menghidupkan hati. ingin kembali kepada Allah. beliau berkata : Saya dengar Rasulullah SAW bersabda : “Dzikir yang paling utama ialah kalimat lâ Ilâha Illallâh“ ( HR. adalah amalan istimewa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Membantu seseorang merasakan kebesaran Allah. Membuat Allah ridah. Menyinari wajah dan hati. Menghadirkan ketenangan. 24. 21. 6. Membuka lahan rezeki. Mengusir setan dan menjadikannya kecewa.

Dzikir adalah ibadah yang paling afdhal. 34. 59. 38. Mendekatkan jiwa seorang hamba kepada Allah. Penghalang antara hamba dan jahannam. Dzikir menolong untuk berbuat amal ketaatan. 58. Menghilangkan rasa berat dan mempermudah yang susah. Allah dan Malaikatnya mengucapkan shalawat kepada pedzikir. 49. 53. Allah membanggakan para pedzikir kepada para malaikat. Orang yang berdzikir masuk surga dalam keadaan tersenyum. Dzikir adalah pangkal kesyukuran.27. Melembutkan hati. 61. 65. Mendahului seorang hamba dalam segala situasi dan kondisi. Menjadi obat hati. Tidak akan merugi dan menyesal di hari kiamat. Malaikat memintakan ampun bagi orang yang berdzikir. 44. 36. 57. Menjadikan hati selalu terjaga. 40. 33. 51. Dzikir sebagai modal dasar untuk mencintai Allah. 29. Memberikan kenikmatan tak tertandingi. Dengan dzikir rumah-rumah surga dibangun. 42. 66. Semua kebaikan ada dalam dzikir. Dzikir adalah cahaya di dunia dan ahirat. Majlis dzikir adalah taman surga. 60. 64. Mendapat pemberian yang paling berharga. Dalam dzikir tersimpan kenikmatan surga dunia. Mendapatkan berkah Allah dimana saja. Pedzikir merupakan orang yang pertama bertemu dengan Allah. 39. 54. 28. Pedzikir tidak akan dibangkitkan bersama para pendusta. Melanggengkan dzikir dapat mengganti ibadah tathawwu’. 31. Dzikir merupakan penyatu hati orang beriman dan pemecah hati musuh Allah. Pahala berdzikir sama dengan berinfak dan berjihad dijalan Allah. Wajah pedzikir paling cerah didunia dan bersinar di ahirat. Pegunungan dan hamparan bumi bergembira dengan adanya orang yang berdzikir. 48. Berada dibawah naungan Allah dihari kiamat. Tidak akan lalai terhadap diri dan Allah pun tidak melalaikannya. Membersihkan sifat munafik. 32. Mendapat kebaikan dan anugerah yang tak terhingga. Dzikir adalah pohon ma’rifat dan pola hidup orang shalih. 71. Dzikir sebagai pintu menuju Allah. Mendatangkan nikmat dan menolak bala. Dzikir adalah bunga dan pohon surga. 50. 52. 70. 46. Dzikir merupakan sumber kekuatan qalbu dan kemuliaan jiwa. . 41. Dzikir adalah tujuan prioritas dari kewajiban beribadah. Memberikan kekuatan jasad. Mendekatkan kepada ahirat dan menjauhkan dari dunia. 47. 43. 55. 62. Menolak kefakiran. 69. 68. 67. 45. 63. dan kebun-kebun surga ditanami tumbuhan dzikir. 56. 37. Menghilangkan rasa takut dan menimbulkan ketenangan jiwa. 35. 30.

tetapi orang tidak akan yakin dengan manfaat-manfaat diatas kecuali yang telah merasakan dan menikmatinya…. Sungguh luar biasa manfaatnya….72. Memalingkan seseorang dari membincangkan kebathilan. Mari kita coba memulainya dari sekarang . Dzikir menambah saksi bagi seorang hamba di ahirat. 73..