PROSES PENCIPTAAN ALAM SEMESTA MENURUT ISLAM DAN BARAT

Makalah Ini Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah IAD, ISD, & IBDSemester I Dosen Pembimbing : Ust. Abu Jundi Saifuddin

Disusun Oleh : Iknahudin

STAI AL HIDAYAH BOGOR 2011
KATA PENGANTAR

Makalah ini di susun untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliahIAD. ISD. Bogor . di dalam makalah ini kami bahas semua hal yang berkaitan tentang Awal mula terjadinya bumi menurut islam dan kaum barat mulai dari pengertian sampai kepada ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits-hadits yang membahas tentangAwal mula terjadinya bumi menurut islam dan kaum barat. tabi’in tabi’atnya dan semoga syafa’atnya sampai kepada kita semua. 1 .Mei 2011 Penyusun. baik bagi penyusun maupun bagi semua yang membaca makalah ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallambeserta keluarganya. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. untuk itu kami berharap adanya kritik dan saran yang membangun dari semua pihak yang membaca makalah ini. sahabatnya. & IBD. karena berkat rahmat kan kebesaran-Nya kami dapat menyusun sebuah makalah yang membahas tentang Awal mula terjadinya bumi menurut islam dan kaum barat. Kami berharap agar makalah ini dapat menjadi salah satu alat untuk memperluas pemahaman kita tentang Awal mula terjadinya bumi menurut islam dan kaum barat. Amin.Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Banyak manfaat yang dapat di peroleh dari makalah ini.

......................................................................................... 4 Bab III Kesimpulan ......Daftar Isi Kata pengantar ............................. 14 Daftar Pustaka ....................................................................................... 15 2 ........................................................................................................................ 3 Bab II pembahasan .......................................................................... 2 Bab I pendahuluan .......................................................................................................... 1 Daftar Isi........................................................................................................................

melainkan bumi melakukan perputaran pada porosnya (rotasi) dan bergerak mengelilingi matahari (revolusi) sebagai pusat sistem tata surya. Bumi sebagai salah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya di alam semesta ini tidak diam seperti apa yang kita perkirakan selama ini. dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. danau.BAB I PENDAHULUAN Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. lembah. lautan. pegunungan. dan sebagainya. bumi tersusun atas beberapa lapisan bumi. mulai dari daratan. bahan-bahan material pembentuk bumi.Bentuk permukaan bumi berbeda-beda. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya siang malam dan pasang surut air laut. 3 . proses terbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya kita.Sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Oleh karena itu. perbukitan.

nebula tersebut berubah menjadi bumi. Salah satunya adalah teori kabut (nebula) yang dikemukakan olehseorangfilosofJerman yang bernama Immanuel Kant (1755). Teori Kant Sejak jaman sebelum Masehi. 3.planet. Beliau mengemukakan bahwa dahulu terjadi tumbukan antara matahari dengan sebuah komet yang menyebabkan sebagian massa matahari terpental keluar. Awal Mula Terjadinya Bumi Menurut Kaum Barat Bagaimana Bumi ini terbentuk secara pasti masih merupakan perdebatan dimana banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ahli dengan alasan yang berbeda-beda pula. Teori Buffon Padawaktu yang hampir bersamaan muncul teori dari ahli ilmu alamPerancis George Louis Leelere Comte de Buffon. sehingga terbentuklah gumpalan-gumpalan bola yang menjadi planet . 4 . para ahli telah banyak berfikir dan melakukan analisis terhadap gejala-gejala alam. Cincin gas yang berputar akan mengalami pendinginan. Teori Laplace Seorang ahli Matematika dan astronomi Perancis bernama Pierre Simon Marquis de Laplace(1796) mengemukakan bumi terbentuk dari gugusan gas panas yang berputar pada sumbunya. kemudian terbentuk cincin-cincin. Melalui proses pendinginan. matahari. Mulai abad ke 18 para ahli telah memikirkan proses terjadinya Bumi. 1. bulan.planet.BAB II PEMBAHASAN A. Berikut ini beberapa teori mengenai pembentukan bumi yang umum dikenal. Sebagian cincin gas tersebut terlempar keluar dan tetap terus berputar. Massa yang terpental ini menjadi planet. dan planet .Dalam teori ini dikemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula)denganmassa yang berat. termasukbumi. 2.

maka sebagian massa gas matahari ada yang tertarik ke luar akibat adanya gravitasi dari bintang yang melintas tersebut. Teori Planetesimal Pada awal abad ke-20.Terjadinya pasang surut air laut yang kita kenal di Bumi. yang mengatakan matahari terdiri dari massa gas bermassa besar sekali.4. massa gas yang berputar mengelilingi matahari menjadi dingin dan terbentuklah cincin yang lama kelamaan menjadi padat dan di sebut planetisimal.C Chamberlain. Pada waktu bintang melintas di dekat matahari dan jarak keduanya relatif dekat. Tetapi. seorang ahli geologi. mengemukakan teori Planetisimal Hypothesis.A Lyttleton. galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. sedangkan pecahan bintang yang lain adalah planet-planet yang mengelilinginya. sehingga menyebabkan terjadinya pasang surut pada tubuh matahari. 5.Salah satu bintang meledak sehingga banyak material yang terlempar. Sebagian dari massa gas yang tertarik ke luar ada yang pada lintasan bintang dan sebagian lagi ada yang berputar mengelilingi matahari karena gravitasi matahari. Beberapa planetisimal yang terbentuk akan saling tarik – menarik bergabung menjadi satu dan pada akhirnya membentuk planet. pada suatu saat didekati oleh sebuah bintang lain yang melintas dengan kecepatan tinggi di dekat matahari. 6. Teori Bintang Kembar Teori ini dikemukakan oleh seorang ahli Astronomi R. ukuranya sangat kecil. Teori Tidal Teori ini dikemukakan oleh James Jeans dan Harold Jeffreys pada tahun 1918. maka akan terbentuk semacam gunung-gunung gelombang raksasa pada tubuh matahari. Bintang yang tidak meledak itu adalah matahari. Setelah bintang melintas berlalu. Forest Ray Moulton. seorang ahli astronomi Amerika bersama rekannya T. saat matahari itu masih berada dalam keadaan gas. yakni bahwa sebuah bintang besar mendekati matahari dalam jarak pendek.Menurut teori ini. maka sebaran pecahan ledakan bintang tersebut mengelilingi bintang yang tidak meledak. jika sebuah bintang yang bermassa hampir sama besar dengan matahari mendekat. Karena bintang yang tidak meledak mempunyai gaya gravitasi yang masih kuat. Penyebabnya adalah kecilnya massa bulan dan jauhnya jarak bulan ke Bumi (60 kali radius orbit Bumi). 5 . termasuk bumi.

Kemudiangumpalan-gumpalan itu 6 . 7. bagian ringan yang terlempar ke luar tadi mengalami kondensasi sehingga membentuk gumpalan-gumpalan yang mendingin dan memadat. Gunung-gunung tersebut akan mencapai tinggi yang luar biasa dan membentuk semacam lidah pijar yang besar sekali.yang disebabkan oleh gaya tarik bintang tadi. yaitu planet-planet. lalu berpisah menjadi benda-benda tersendiri. Bintang besar yang menyebabkan penarikan pada bagian-bagian tubuh matahari tadi. Planet-planet itu akan berputar mengelilingi matahari dan mengalami proses pendinginan. menjulur dari massa matahari dan merentang ke arah bintang besar itu. sehingga besar kemungkinan pada suatu ketika meraka akan mendekati matahari dalam jarak yang pendek. nebula-nebula tersebut membeku dan membentuk suatu galaksi yang disebut dengan nama Galaksi Bima Sakti. proses terbentuknya bumi berawal dari puluhan milyar tahun yang lalu. melanjutkan perjalanan di jagat raya. Akibat kekuatan penarikan matahari. sehingga lahirlah bulan-bulan (satelit-satelit) yang berputar mengelilingi planet-planet. sehingga lambat laun akan hilang pengaruhnya terhadap-planet yang berbentuk tadi. maka akan terjadi pasang surut pada tubuh-tubuh planet yang baru lahir itu. Teori Big Bang Berdasarkan Theory Big Bang. gumpalan kabut raksasa itu meledak dengan dahsyat di luar angkasa yang kemudian membentuk galaksi dan nebula-nebula. Sementara pendinginan berlangsung. Peranan yang dipegang matahari dalam membentuk bulan-bulan ini pada prinsipnya sama dengan peranan bintang besar dalam membentuk planet-planet. Matahari akan menarik kolomkolom materi dari planet-planet. Pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya.Putaran tersebut memungkinkan bagian-bagian kecil dan ringan terlempar ke luar dan bagian besar berkumpul di pusat. membentuk cakram raksasa. planet-planet itu masih mengelilingi matahari pada orbit berbentuk elips.Suatu saat. Dalam lidah yang panas ini terjadi perapatan gas-gas dan akhirnya kolom-kolom ini akan pecah. seperti Yupiter dan Saturnus. sedangkan pada planet-planet kecil seperti Bumi kita. Proses pendinginan ini berjalan dengan lambat pada planet-planet besar. kemudian membentuk sistem tata surya.Selama jangka waktu lebih kurang 4. pendinginan berjalan relatif lebih cepat.6 milyar tahun. Sementara itu. seperti telah dibicarakan di atas.

mengemukakan pada mulanya tata surya terdiri dari gas dan kabut debu kosmis yang berotasi membentuk semacam piringan. termasuk planet bumi. Dalam teorinya. Teori Weizsaecker pada tahun 1940. 8. Teori Kuiper Teori inidikemukakan oleh Gerald P. 7 . C. beliau juga memasukkan unsur – unsur ringan. Secara umum yang paling populer sampai sekarang adalah Teori Big Bang dan banyak diikuti oleh para ilmuwan walaupun terkadang masih terdapat beberapa perbedaan. 9. termasuk bumi. Pusat piringan yang merupakan protomatahari menjadi sangat panas. Debu dan gas yang berotasi menyebabkan terjadinya pemekatan massa dan akhirnya menggumpal menjadi padat.Whipple. Gumpalan yang padat saling bertabrakan dan kemudian membentuk planet – planet. Pusat piringan adalah protomatahari. 10. Sebagian besar massa kabut gas ini terdiri atas unsur ringan. yaitu hidrogen dan helium. sedangkan protoplanet menjadi dingin.Dalam perkembangannya. maka unsur ringan tersebut menguap ke angkasa tata surya. sedangkan unsur yang lebih berat tertinggal dan menggumpal.Von Weizsaecker.membentuk planet-planet. Karena panas matahari yang sangat tinggi. planet bumi terus mengalami proses secara bertahap hingga terbentuk seperti sekarang ini. Gumpalan ini akan menarik unsur – unsur lain yang ada di angkasa tata surya dan selanjutnya berevolusi membentuk palnet – planet. Teori Whipple Teori inidikemukakan oleh seorang ahli astronom Amerika Fred L.Kuiper bahwa pada mulanya ada nebula besar berbentuk piringan cakram. yaitu hidrogen dan helium. sedangkan kabutnya hilang menguap ke angkasa. sedangkan massa gas yang berputar mengelilingi promatahari adalah protoplanet. seorang ahli astronomi Jerman mengemukakan tata surya pada mulanya terdiri atas matahari yang dikelilingi oleh massa kabut gas. Unsur ringan tersebut menguap dan malia menggumpal menjadi planet – planet.

Sajdah : 4) ِ ِ ٍ ِ ِ ‫اللَّهُ الَّذي خلَق السماوات واألَرض وما بَي نَ هما فِي ستَّة أَيَّام‬ َ ُ ْ َ َ َ ْ ْ َ َ َ َّ َ َ ِ َ ُْ ُ ِ ﴾٩﴿ ‫قُل أَئِنَّكم لَتَكفرون بِالَّذي خلَق األَرض فِي يَومين وتَجعلُون لَهُ أَندادا ذَلِك رب الْعالَمين‬ َ َ ْ َ ِ َْ ْ َ ْْ َ َ ْ َ َ َ َ ًَ ْ ُ ِ ِ ِ ﴾٠١﴿ ‫وجعل فِيها رواسي من فَوقِها وبَارك فِيها وقَ َّر فِيها أَقْواتَها فِي أَربَعة أَيَّام سواء لِّلسائِلِين‬ َ َ َ َ‫ْ َ َ ََ َ َ د‬ َ َّ ََ ٍ َ ْ َ ََ َ َ َ َ َ ِ ِ ْ ْ َ َ َ َ ٌ َ ُ َ ِ َ َ َّ ﴾٠٠﴿ ‫ثُم استَ وى إِلَى السماء وهي دخان فَ قال لَها ولِْلَرض اِئْتِيَا طَوعا أَو كرها قَالَتَا أَتَ ي نَا طَائِعين‬ ًَْ ْ ً ْ ْ َ َ ْ َّ ٍ ‫فَ قضاهن سبْع سماوات فِي يَوميْن وأَوحى فِي كل سماء أَمرها‬ َ َ ْ َ َ ِّ ُ َ ْ َ ِ َْ َ َ َ َ َ َّ ُ َ َ Artinya : “Katakanlah: "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (yang bersifat) demikian itu 8 .” (QS.  Pembentukan perlapisan struktur bumi yang diawali dengan terjadinya diferensiasi. mantel dalam. yaitu:  Awalnya.” (QS.” (QS. Awal Mula Terjadinya Bumi Menurut Islam Tentang penciptaan langit dan bumi dalam waktu enam hari ini telah di khabarkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala didalam beberapa ayatnya. inti luar. sedangkan yang berat jenisnya lebih ringan akan bergerak ke permukaan. dan kerak bumi B.Ada tiga tahap dalam proses pembentukan bumi. yaitu inti dalam. Huud : 7) Artinya : “dan Sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa. Qaff : 38) ِ ٍ ِ ِ ‫ولَقد خلَقنَا السماوات واألَرض وما بَيْ نَ هما فِي ستَّة أَيَّام‬ َ ُ َ َ َ ْ ْ َ َ َ َّ ْ َ ْ َ َ Artinya : “Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa.  Bumi terbagi menjadi lima lapisan. Material besi yang berat jenisnya lebih besar akan tenggelam. bumi masih merupakan planet homogen dan belum mengalami perlapisan atau perbedaan unsur. mantel luar. diantaranya : ٍ ِ ِ َ ْ َ ِ َ َ َّ ‫وهو الَّذي خلَق السماوات واألَرض فِي ستَّة أَيَّام‬ َ ِ َُ َ Artinya : “Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa.

seperti seorang yang mengatakan.Sedangkan makna “dalam empat hari” adalah sempurna dalam empat hari. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. menciptakan di bumi gunung-gunung pada hari ahad. sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairoh bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memegang tanganku dan bersabda. dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya..adalah Rabb semesta alam". menciptakan yang tidak disukai pada hari selasa. keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati". sungai-sungai. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Qatadah dan Mujahid mengatakan bahwa AllohSubhanahu wa Ta’ala menciptakan di bumi. Jadi itu sempurna dalam lima belas hari. sebagaimana berita dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dan perkataan para ulama. lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa".”Aku pergi dari kota Basrah ke Bagdad dalam sepuluh hari kemudian ke Kufah dalam lima hari. Hari-hari apa itu : dua hari untuk menciptakan bumi dan dua hari untuk menciptakan gunung-gunung yang kokoh. menciptakan Adam pada hari jum’at setelah ashar yang merupakan akhir penciptaan di akhir waktu dari waktu-waktu hari jum’at yaitu antara ashar hingga malam. menyebarkan binatang melata di bumi pada hari kamis.” (HR. (Fii Zhilalil Qur’an juz V hal 3110) Imam Al Qurthubi mengatakan bahwa makna “dalam dua hari” adalah ahad dan senin. pepohonan dan binatang melata pada hari selasa dan rabu.”(QS. menentukan padanya kadar makananmakanan (penghuni)nya dan memberkahinya sehingga seluruhnya sempurna dalam empat hari. menciptakan pepohonan pada hari senin. Muslim) 9 .”. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.”Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menciptakan tanah pada hari sabtu.”(Al Jami’ Li Ahkamil Qur’an jilid VIII hal 290) Imam Ath Thabari mengatakan bahwa makna firman-Nya "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada yang menciptakan bumi dalam dua hari” adalah hari ahad dan hari senin.kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap. (Tafsir Ath Thabari juz XXI hal 432) Didalam sunnah disebutkan bahwa bumi diciptakan dalam tujuh hari.Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Fushilat : 9 – 12) Sayyid Qutb mengatakan. menciptakan cahaya pada hari rabu.

Al Qur’an menyebutkan bahwa penciptaan langit dan bumi dalam enam hari sementara hadits ini menyebutkan penciptaan segala yang ada di bumi berupa tanah. berbeda dengan anggapan sebagian orang. dan tujuh hari itu bukanlah enam hari yang disebutkan didalam Al-Qur’an. Asy Syeikh Al Albani dalam catatannya terhadap “Misykat al Mashobih” (3/1598) mengatakan bahwa hadits itu tidaklah bertentangan dengan Al Qur’an dari sisi manapun. Yahya bin Ma’in. Diantara yang berpendapat seperti itu juga Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qoyyim. Bahwa hadits tersebut menceritakan tentang satu tahapan dari tahapan-tahapan perkembangan penciptaan bumi sehingga layak untuk dihuni yang dikuatkan oleh Al Qur’an yang menyebutkan sebagian hari disisi Allah sama dengan seribu tahun dan sebagiannya setara dengan lima puluh ribu tahun. Sesungguhnya hadits itu menjelaskan tentang keadaan penciptaan bumi saja dan itu berlangsung dalam tujuh hari sedangkan nash Al Qur’an menyebutkan bahwa penciptaan langit dan bumi dalam enam hari dan bumi dalam dua hari yang tidak bertentangan dengan hadits diatas karena adanya kemungkinan bahwa enam hari ini berbeda dengan tujuh hari yang disebutkan didalam hadits.”Telah datang seorang laki-laki kepada Ibnu Abbas 10 . Abdurrahman bin Mahdiy.Para ulama berbeda pendapat tentang hadits ini. Bukhori dan yang lainnya mengatakan bahwa hadits itu keliru dan ia bukanlah dari perkataan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. Hal itu juga dikuatkan oleh yang diriwayatkan oleh al Hakim dan al Baihaqi dengan sanad yang shahih dari Said bin Jabir berkata. Terdapat perbedaan terhadap hadits ini yang menyebutkan bahwa Allah menciptakan itu semua dalam tujuh hari. dengan demikian tidak ada pertentangan antara hadits dengan al Qur’an. Maka apakah ada halangan bahwa enam hari itu seperti demikian?Dan yang tujuh hari seperti hari-hari kita?sebagaimana dijelaskan hadits. (Majmu’ al Fatawa juz I hal 256) Ada kalangan ulama yang menshahihkan hadits ini dan mengatakan bahwa tidak ada pertentangan antara hadits itu dengan al Qur’an. dan terdapat riwayat dengan sanad yang lebih shahih dari itu bahwa awal penciptaan adalah pada hari ahad. Sunnah dan Ijma bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari dan yang terakhir diciptakan adalah Adam pada hari jum’at. gunung-gunung dan yang lainnya. Syeikhul Islam mengatakan bahwa dalil terhadap mereka adalah telah jelas disebutkan didalam Al Qur’an. bahkan Bukhori menjelaskan didalam “At Tarikh al Kabir” bahwa itu adalah perkataan Ka’ab seorang alim.

’ Ibnu Abbas berkata.Ia bukanlah hari-hari di bumi. “Katakanlah: ”Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada yang menciptakan bumi dalam dua hari. sungai. Sesungguhnya bumi diciptakan sebelum langit.” “Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.”Aku menyaksikan berbagai pertentangan didalam Al Qur’an. langit dahulunya adalah asap kemudian Allah jadikan tujuh langit dalam dua hari setelah penciptaan bumi. Adapun firman-Nya. Dan yang paling dekat bisa kita renungkan sesuai dengan pengetahuan kita sebagai manusia adalah bahwa hari-hari itu adalah zaman yang telah dilalui bumi masa demi masa sehingga bumi kokoh dan padat permukaannya sehingga menjadi layak untuk dihuni. Sayyid Qutb mengatakan bahwa tidak disangsikan lagi hari-hari itu adalah hari-hari yang batasannya hanya Allah saja yang mengetahuinya.” dia berkata. menentukan kadar-kadar makanannya adalah hari-hari yang diqiyaskan dengan ukuran yang lain yang tidak kita ketahui akan tetapi kita mengetahui bahwa hal itu jauh lebih panjang dari hari-hari bumi yang kita kenal.’Adapun penciptaan bumi dalam dua hari. Ibnu Abbas menjawab.’ Orang itu berkata. pohon dan lautan. Tentang hari-hari yang ada didalam ayat itu. Dia Subhanahu wa Ta’ala memulai penciptaan bumi didalam ayat ini sebelum penciptaan langit. sebagiannya lebih pendek dari hari-hari bumi dan sebagian lainnya lebih panjang. Hari-hari di bumi hanyalah qiyas waktu yang ada setelah kelahiran bumi.’Berikan apa yang menurutmu bertentangan.dan berkata. seperti gunung-gunung dan sungai-sungai.’Dia menjadikan di bumi gunung. Ini menunjukkan adanya dua penciptaan : penciptaan bumi pada awalnya dan penciptaan apaapa yang ada diatasnya. begitu juga dengan planet-planet yang memiliki hari-harinya dan bintang memiliki hari-hari yang berbeda dengan hari-hari bumi.’aku mendengar firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.” Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan penciptaan langit sebelum penciptaan bumi.” Hingga firman-Nya “dengan suka hati". Hari-hari yang diciptakan didalamnya bumi pertama kali kemudian mencakup diatasnya gunung-gunung. Dan hal itu seperti yang telah disebutkan oleh berbagai teori yang ada dihadapan kita yaitu sekitar dua ribu juta tahun dari tahun-tahun bumi! 11 . Dan sebagaimana di bumi terdapat hari-hari yaitu waktu perputarannya mengelilingi matahari. kemudian firman-Nya Subhanahu wa Ta’ala didalam ayat lain”Apakah kamu lebih sulit penciptaanya ataukah langit? Allah Telah membinanya” kemudian Dia berfirman “Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

Ini hanya sebatas perkiraan ilmiyah yang bersandar pada riset bebatuan dan perkiraan usia bumi dengan perantaraannya. Dari sini kita dapati bahwa teori ini yang paling dekat dengan kebenaran karena ia paling dekat dengan kandungan nash Al Qur’an.Dan tidaklah perkiraan itu kecuali sebatas teori-teori yang memungkinkan adanya perbaikan. Kita tidak menempatkan Al Qur’an untuk hal yang demikian akan tetapi kita mendapati bahwa terkadang teori-teori itu benar dan kita melihat adanya kedekatan antara teori-teori itu dengan nash Al Qur’an dan kita mendapati bahwa teori itu bisa menjadi penjelasan bagi nash Al Qur’an tanpa adanya upaya tipu daya. (Fii Zhilalil Qur’an juz V hal 3110) 12 . Kita didalam dirosah Al Qur’an tidaklah mengatakan bahwa perkiraan-perkiraan itu adalah realita akhir padahal asalnya bukanlah demikian.

Teori Kant 2. lautan. Semua itu tidak lain hanyalah untuk kesejahteraan ummat manusia dan sebagai ujian kepada hamban-Nya untuk bersyukur atau malah kufur terhadap apa yang telah diciptakan-Nya.Bentuk permukaan bumi berbeda-beda. mulai dari daratan. dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Teori Planetesimal 5. Teori Kuiper 10. pegunungan. Qaff : 38) 13 . Teori Whipple Sedangkan dalam Al Quran Allah menerangkan dalam FirmanNya : ٍ ِ ِ َ ْ َ ِ َ َ َّ ‫وهو الَّذي خلَق السماوات واألَرض فِي ستَّة أَيَّام‬ َ ِ َُ َ “Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Teori Weizsaecker 9.BAB III KESIMPULAN Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Teori Buffon 3. danau. bumi tersusun atas beberapa lapisan bumi. bahan-bahan material pembentuk bumi. dan sebagainya. Teori Bintang Kembar 6. Teori Laplace 4. Teori Big Bang 8. Beberapa teori yang dikemukakan kaum Barat diantaranya 1.”(QS. lembah. perbukitan. Teori Tidal 7. Huud : 7) ِ ٍ ِ ِ ‫ولَقد خلَقنَا السماوات واألَرض وما بَي نَ هما فِي ستَّة أَيَّام‬ َ ُ ْ َ َ َ ْ ْ َ َ َ َّ ْ َ ْ َ َ “Dan Sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa.”(QS.Sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

wikipedia.islamhouse.com .Syaikh Imam Al Qurthubi. Departemen Agama RI.net http://www. pustakaazzam.com/ www. 1984 Tafsir Al Qurthubi. 2007 http://artikelindonesia.com www.islamweb.DAFTAR PUSTAKA       Al Quran dan Terjemahnya. Jakarta.

..2.2.  %.3. 05.3/..187":79:- $.2   995.79.2":79:- 5:89.3%0702.# ..%#!&$% O O O O O O ":7.790203.

.

. .42.7903/4308.

  50/. .42  ¾f¯ °  995.

.

24:80 . 8.42  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful