1.

Manajemen Data Manajemen Data adalah bagian dari sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya data perusahaan akurat, mutakhir dan aman dari gangguan, serta juga tersedia bagi pemakai. Kegiatan manajemen data mencakup : a. Pengumpulan Data Data yang diperlukan dikumpulan dan dicatat dalam sebuah formulir, yang disebut dengan dokumen sumber (source document) yang berfungsi sebagai masukan (input) bagi sistem. b. Integrasi dan Pengujian Data tersebut diperikas untuk menyakinkan konsisten dan akurasinya berdasarkan peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya. c. Penyimpanan Data disimpan pada suatu media, seperti pita magnetik atau piringan magnetik. d. Pemeliharaan Data baru ditambahkan, data yang ada diubah dengan semestinya, dan data yang tidak diperlukan lagi dihapus agar sumber daya data tetap mutakhir. e. Keamanan Data dijaga untuk mencegah kehancuran, kerusakan atau penyalahgunaan.

Sumber daya data (data resource) Merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. Berikut ini kutipan defenisi sistem informasi dan sistem informasi manajemen (SIM) : a. Data yang dimaksud di sini biasanya telah terorganisasi. yaitu data yang berisi mengenai faktafakta yang adad dan atturan-aturan (rules) yang memungkinkan untuk penarikan kesimpulan.f. 2. g. Pengambilan Data tersedia bagi pemakai. Sistem Informasi Manajemen Sistem adalah kumpulan komponen di mana masing-masing komponen memiliki fungsi yang saling beriteraksi dan saling tergantung serta memiliki satu kesatuan yang utuh untuk bekerja mencapai tujuan tertentu. yaitu data yang telah diorganisasi dan diproses. promosi jabatan. dan lain-lain. serta dalam bnetuk knowledge base. Organisasi Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai. “Sistem informasi merupakan seperangkat prosedur yang terorganisasi dengan sistematik yang tidak dilaksanakan akan menyediakan . dan diakses dengan berbagai teknologi manajemen data dalam bentuk database. disimpan. pemberhentian. 3. Knowladge base dalam SIM dapat berupa aturan0aturan mengenai kepegawaian seperti aturan kenaikan pangkat.

menganalisis. Sistem informasi manajemen secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah sistem manusia dan mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan penentuan alternatif tindakan dalam sebuah organisasi sistem tersebut. memilih. serta prosedur dan merupakan satu kesatuan yang saling berintegrasi dan berkesinambungan serta dirancang unutk mengumpulkan. prosedur. alat. implementasi dan pengendali manajemen yang baik melalui pembuatan keputusan.” b. 15 . sistem informasi manajemen menggunakan perangkat keras (hardware). Sistem informasi manajemen sebagai suatu kumpulan manusia dan sumber modal di dalam suatu organisasi bertanggung jawab untuk pengumpulan dan pengolahan data sewaktu menghasilkan informasi yang berguna untuk setiap hierarki manajemen dan perancangan dan pengendalian kegiatan-kegiatan organisasi. Dalam operasinya. mengevaluasi.informasi yang dapat di manfaatkan dalam proses pembuatan keputusan. dan mendistribusikan informasi yang baik dan siap pakai guna menghasilkan perencanaan. model manajemen dan keputusan serta sebuah terminal data. terdiri dari kumpulan orang. perangkat lunak (software). “Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang saling bekerja sama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful