Kata media berasal dari bahasa latin yaitu jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti

perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman, 2002: 6) . Secara umum media pembelajaran dalam pendidikan disebut media, yaitu berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk berpikir, menurut Gagne (dalam Sadiman, 2002: 6). Sedangkan menurut Brigs (dalam Sadiman, 2002: 6) media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Jadi, media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim dan penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2002: 6). Menurut Latuheru (dalam Hamdani, 2005: menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna. Berdasarkan pengertian-pengertian yang telah diberikan, maka media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sehingga proses interaksi komunikasi edukasi antara guru (atau pembuat media) dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna. http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=15693.0

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Sejalan dengan perkembangan IPTEK penggunaan media, baik yang bersifat visual, audial, projected still media maupun projected motion media bisa dilakukan secara bersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut Multi Media. Contoh : dewasa ini penggunaan komputer tidak hanya bersifat projected motion media, namun dapat meramu semua jenis media yang bersifat interaktif.

menjadikan pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas. menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori dari beragamnya kemampuan individu untuk mencerap informasi. .com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran/ Prinsip Pengembangan Media Pendidikan – Sebuah Pengantar 21 03 2006 Pengantar Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. opini dan motivasi 1 S S S R S S R S 2 T T S T R S S R 3 S T T R R S R S 4 S T S R S T T S 5 R S R R R R S R 6 R S S R S S S S http://akhmadsudrajat. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. konsep dan aturan 4 = Prosedur belajar 5= Penyampaian keterampilan persepsi motorik 6 = Mengembangkan sikap.Allen mengemukakan tentang hubungan antara media dengan tujuan pembelajaran.dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi.wordpress. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan meda cetak. sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah ini : Jenis Media Gambar Diam Gambar Hidup Televisi Obyek Tiga Dimensi Rekaman Audio Programmed Instruction Demonstrasi Buku teks tercetak Keterangan : R = Rendah S = Sedang T= Tinggi 1 = Belajar Informasi faktual 2 = Belajar pengenalan visual 3 = Belajar prinsip. maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.Selain itu. serta diketemukannya dinamika proses belajar. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan.

Pesan. film tape recorder.alat peraga dan sebagainya (biasa disebut software). film. Teknik. 4. dan sebagainya. dan sebagainya.karena proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi. termasuk didalamnya adalah pengaturan ruang. 2. proses ini dinamakan encoding. 3.dilihat atau diamati. tenaga ahli. Semakin banyak verbalisme semakin abstrak pemahaman yang diterima. dan sebagainya. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh siswa dinamakan decoding. namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut orang. Latar (setting) atau lingkungan. yang dimaksud di sini adalah sarana (piranti. orang tua.Kita harus mengetahui dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran. Orang. pencahayaan. dan sebagainya. yaitu: 1. Kegagalan/ketidakberhasilan atau penghambat dalam proses komunikasi dikenal dengan istilah barriers atau noise. 6. Media Pendidikan Kata media berasal dari bahasa Latin yang adalah bentuk jamak dari medium batasan mengenai pengertian media sangat luas. yang dimaksud adalah cara (prosedur) yang digunakan orang dalam membeikan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran. namun kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran. didalamnya mencakup guru. modul. Di dalamnya mencakup proyektor OHP. hardware) untuk menyajikan bahan pada butir 3 di atas. slide. Alat. Lantas dimana fungsi media? Ada baiknya kita melihat diagram cone of learning dari Edgar Dale yang secara jelas memberi penekanan terhadap pentingnya media dalam pendidikan: .seperti buku paket. tanya jawab.Kegagalan/ketidakberhasilan dalam memahami apa yang didengar. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata& tulisan) maupun non-verbal. Bahan & alat yang kita kenal sebagai software dan hardware tak lain adalah media pendidikan. 5. OHT (over head transparency).Karena memang belajar adalah proses internal dalam diri manusia maka guru bukanlah merupakan satu-satunya sumber belajar.merupakan suatu format yang digunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran. Mengapa perlu media dalam pembelajaran? Pertanyaan yang sering muncul mempertanyakan pentingnya media dalam sebuah pembelajaran. didalamnya mencakup kurikulum (GBPP) dan mata pelajaran. AECT (Associationfor Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar. dibaca.permainan/simulasi. program slide. program video. buku teks. Bahan.penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Ada kalanya penafsiran berhasil. adakalanya tidak. sosiodrama (roleplay). Di dalamnya mencakup ceramah.

memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. 3. 2. Peran guru berubahan kearah yang positif Karakteristik dan kemampuan masing-masing media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. 3. 5. menimbulkan gairah belajar. 5. 7. 4. memberi rangsangan yang sama. interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar. 4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual. Selain itu. Sebagai contoh media kaset audio. waktu tenaga dan daya indra. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar Pembelajaran dapat lebih menarik Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan 8. auditori & kinestetiknya. kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton. merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. 2. 6.Secara umum media mempunyai kegunaan: 1. Untuk . mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama. 1985: 1. mengatasi keterbatasan ruang.

model. Audio – Cetak 4. CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructiona                   2. Visual Gerak dengan Audio 8. Komputer Klasifikasi & Jenis Media KLASIFIKASI Media yang tidak diproyeksikan Media yang diproyeksikan Media audio Media video JENIS MEDIA Realia. Cetak 3. sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah. 1976 berikut ini: KELOMPOK MEDIA 1. Opaque Audio K aset. Visual Gerak 7. Slide. Audio MEDIA INSTRUKSIONAL pita audio (rol atau kaset) piringan audio radio (rekaman siaran) buku teks terprogram buku pegangan/manual buku tugas buku latihan dilengkapi kaset gambar/poster (dilengkapi audio) film bingkai (slide) film rangkai (berisi pesan verbal) film bingkai (slide) suara film rangkai suara film bisu dengan judul (caption) film suara video/vcd/dvd benda nyata model tirual (mock up) media berbasis komputer. hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapat berbahasa asing.pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpa media sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan pengulangan dan sebagainya. display OHT. Untuk itu perlu dicermarti daftar kelompok media instruksional menurut Anderson. Benda 9. aktive Audio Vission Video . bahan grafis. Audio V ission. Proyek Visual Diam 5. Proyek Visual Diam dengan Audio 6.

Kartun) • Display : Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya. Media Video • Kelebihan – Dapat menstimulir efek gerak – Dapat diberi suara maupun warna – Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya. Chart.Media berbasis komputer Multimedia kit Media yang Tidak Diproyeksikan Computer A ssisted I nstructional ( Pembelajaran Berbasis Komputer) Perangkat praktikum • Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar • Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda sesungguhnya • Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (Grafik. – Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya • Kekurangan – Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya – Memerlukan tenaga listrik – Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya Media Berbasiskan Komputer Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan • Praktek dan latihan (drill & practice) • Tutorial • Permainan (games) • Simulasi (simulation) . Poster.

komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran. dan kalkulasi yang kompleks. Dibalik kehandalan komputer sebagai media pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola pengajaran berbasis komputer: 1. CAI. langkah-langkah. dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.• Penemuan (discovery) • Pemecahan Masalah (Problem Solving) (Heinich. Untuk Tujuan Psikomotor Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus . prinsip. kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan. proses. Perangkat keras -dan lunak.yang mahal dan cepat ketinggalan jaman 2. Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. bisa berbentuk permainan (games). Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya. digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat. Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Teknologi yang sangat cepat berubah. Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada eLearning. CMI.et. yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran. sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman. Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran Untuk Tujuan Kognitif Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan. seperti rekapitulasi data prestasi siswa. kuitansi dll. database buku/e-library. 3.al 1996) Kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program.

Englewood Cliffs. Englewood Cliffs. Selanjutnya ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu : . New York: Mc. L. (1996). M. New Jersey: Prentice Hall. New Jersey: Educational Technology Publication. Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. simulasi pendaratan pesawat. • Heinich. Millan Publ. • Hannafin. (1996) Instructional Media and Technologies for Learning. J. Dale. 1969. The Educational Technology Hanbook.. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”. L. simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya. • E. Peck. et. 2009 Anwar No comments Oleh : Wijaya Kusumah Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Littleton. Benyamin (1956). Taxonomy of Educational Objective The Classification of Educational Goal. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. PUSTAKA • Green L (1996). Pengertian Media Pembelajaran July 06. • Hackbarth S. (1998). R. pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer. NY: Dyden Press • Bloom. The Design Development and Education of Instructional Software.. Colorado: Libraries Unlimited.. al. Beberapa contoh program antara lain. Untuk Tujuan Afektif Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan. Co. S. Creatives Silde/Tape Programs.digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Audiovisual Method in Teaching. Inc.

Dilihat dari bentuknya media dapat digolongkan menjadi media grafis (dua dimensi). Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. berwarna. atau overhead proyektor. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani (1997 : 16) yaitu : 1. slide. Jenis – jenis Media pembelajaran Banyak sekali jenis media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi dan pesan – pesan pembelajaran. media Visual dan media Audio Visual. 6. bulletin. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai media tersebut. media tiga dimensi. Gambar gerak. Dilihat dari jenisnya media dapat digolongkan menjadi media Audio. a. baik dalam bentuk teks. baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara. Dilihat dari bahan pembuatannya media dapat digolongkan menjadi media sederhana (murah dan mudah memperolehnya) dan media komplek. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik dan sifat – sifat media tersebut. jika dilihat dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut : 1. perasaan. simulasi maupun model. dan media elektronik. media dengan daya liput yang terbatas dengan ruang dan tempat dan media pengajaran individual. Karena memang gurulah yang . Gambar diam. papan display. b. film strip. Dilihat dari daya liputnya media dapat digolongkan menjadi media dengan daya liput luas dan serentak. Televisi 5.“media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran. 2. 3. 4. 4. Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam. baik hitam putih. 2. Benda – benda hidup. Penggolongan media yang lain. 3. perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”. Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction). Manfaat media pembelajaran Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar dan pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak bisa kita pungkiri keberadaannya.

5) Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat. 3) Manampilkan obyek yang terlalu besar. terutama materi pembelajaran yang rumit dan komplek. 2) Membawa obyek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar. misalnya untuk menjelaskan peredaran darah. 3) Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa. candi. 4) Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah. tetapi tidak tahu maksudnya) 2) Mengatasi keterbatasan ruang. apalagi oleh siswa yang kurang menyukai materi pembelajaran yang disampaikan. Secara umum manfaat media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 245) adalah : 1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya. Materi pembelajaran yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa. misalnya pasar.menghendaki untuk memudahkan tugasnya dalam menyampaikan pesan – pesan atau materi pembelajaran kepada siswanya. Selanjutnya menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu : 1) Membuat konkrit konsep yang abstrak. 9) Menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan. 4) Menampilkan obyek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media. c. 7) Membangkitkan motivasi belajar Memberi kesan perhatian individu untuk seluruh anggota kelompok belajar. 10) Menyajikan informasi belajar secara serempak (mengatasi waktu dan ruang) 11) Mengontrol arah maupun kecepatan belajar siswa. Prinsip – prinsip memilih media pembelajaran . maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. 6) Memungkinkan siswa dapat berinteraksi langsung dengan lingkungannya. tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran. waktu dan daya indera. Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran.

apakah sasarannya siswa TK. Selain yang telah penulis sampaikan di atas. untuk informasi yang bersifat umum. uji kelompok kecil.Keadaan peserta didik. Dengan demikian guru bisa menentukan pilihan media pembelajaran mana yang akan dipilih. Dengan harapan bahwa penggunaan media akan mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. masyarakat pedesaan ataukah masyarakat perkotaan. 1 . cara pembuatan maupun cara penggunaannya. maka dari itulah guru diharapkan dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pembelajaran. Biaya Selanjutnya yang perlu kita ingat bersama bahwa tidak ada satu mediapun yang sifatnya bisa menjelaskan semua permasalahan atau materi pembelajaran secara tuntas. Disamping itu memberikan kemungkinan pada guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran secara bervariasi 3) Alternatif Pilihan. ataukah sekedar hiburan saja mengisi waktu kosong. Apakah pemilihan media itu untuk pembelajaran. Manfaaat Tujuan Pengembangan Tujuan pengembangan ini adalah ( 1 ) u n t u k m e n g e t a h u i j e n i s m e d i a ya n g dihasilkan dalam penelitian ini. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran. Memahami karakteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya pemilihan media pembelajaran. SD. baik dilihat dari keunggulannya.Mutu teknis. Setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik tertentu. prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 238) yaitu: Tujuan. M a n f a a t P e n g e m b a n g a n Adapun manfaat dari pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Weblog (Blog) adalah sebagai berikut. 2) Karakteristik Media Pembelajaran. apakah untuk pembelajaran kelompok atau individu. yaitu : 1) Harus adanya kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran. yaitu adanya sejumlah media yang dapat dibandingkan atau dikompetisikan. SMU. jika terdapat beberapa media yang dapat dibandingkan. atau pembelajaran pembedahan (kedokteran). . dan uji lapangan. Lebih khusus lagi. Misalnya proses kimia (farmasi).Setiap media pembelajaran memiliki keunggulan masing – masing. Dapat pula tujuan tersebut akan menyangkut perbedaan warna. (2) untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan media pembelajaran b e r b a s i s w e b l o g ( b l o g ) m e n u r u t u j i a h l i . u j i perorangan. (2) untuk mengetahui tahap-tahap pengembangan m e d i a p e m b e l a j a r a n berbasis weblog (blog). atau siswa pada Sekolah Dasar Luar Biasa. 4 . gerak atau suara. SLTP. Keterpaduan (validitas). Ketersediaan.

d i h a r a p k a n s i s w a m a m p u b e l a j a r l e b i h bervariasi. khususnya dalam pengembangan media pembelajaran berbasis weblog (blog). dan perbuatan secara efisien dan efektif untuk mencapai suatu hasil tertentu. nalar. 2 . 91. B a g i S e k o l a h Bagi sekolah.1 Manfaat TeoretisSecara teoritis hasil dari penelitian akan menambah khasanah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. B a g i S i s w a Dengan digunakannya media pembelajaran berbasis weblog dalamm a t a p e l a j a r a n T I K .4.2 Manfaat Praktis 1 . menarik. 3 . dan memberikan waktu tambahan bagi siswa u n t u k b e l a j a r k a r e n a d a p a t d i g u n a k a n d a n d i p e l a j a r i d i l u a r j a m pelajaran sekolah. hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan positif sebagai sumber belajar bagi siswa dan masyarakat sekolah pada umumnya Keterampilan Proses Sains 21 Mar 3 Votes Keterampilan berarti kemampuan menggunakan pikiran.1. Materi pelajaran yang diberikan lebih bermakna b a g i s i s w a s e h i n g g a d i h a r a p k a n m a m p u m e n i n g k a t k a n m u t u pendidikan itu sendiri.karena dapat merangsang siswa untuk belajar mandiri dan interaktif. Proses didefinisikan sebagai perangkat keterampilan kompleks yang digunakan ilmuwan dalam melakukan . termasuk kreativitas.4. B a g i G u r u Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran serta dapatmewujudkan proses pembelajaran yang lebih berkualit as menarik.

2011). Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan caracara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. serta mengalirnya informasi yang dihasilkannya. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Bahkan kini Sains dan teknologi manunggal menjadi budaya ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling mengisi (komplementer). Keterampilan proses sains sebagai pendekatan dalam pembelajaran sangat penting karena menumbuhkan pengalaman selain proses belajar. Pendekatan keterampilan proses adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa menemukan fakta-fakta. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas (Wikipedia. Oleh karena itu. yaitu satu sisinya mengandung hakikat Sains (the nature of Science) dan sisi yang lainnya mengandung makna teknologi (the meaning of technology). merancang eksperimen. Sehingga keterampilan proses sains. Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah. Perkembangan ilmu pengetahuan sains berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tak habis-habisnya. Menurut Blosser (1973).penelitian ilmiah. mengumpulkan data. Dengan tersingkapnya tabir rahasia alam itu satu persatu. sehingga semboyan ” Sains hari ini adalah teknologi hari esok” merupakan semboyan yang berkali-kali dibuktikan oleh sejarah. ibarat mata uang. Mengingat semakin banyaknya sekolah yang telah memiliki laboratorium Biologi. Siswa diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan ilmiah seperti yang dikerjakan para ilmuwan. Namun dari waktu jarak tersebut semakin lama semakin sempit. Keterampilan Proses Sains (KPS) adalah kemampuan siswa untuk menerapkan metode ilmiah dalam memahami. Proses merupakan konsep besar yang dapat diuraikan menjadi komponenkomponen yang harus dikuasai seseorang bila akan melakukan penelitian (Devi. merumuskan hipotesis. Oleh karena itu para guru hendaknya secara bertahap mulai . Menurut Dahar (1985:11). menganalisis dan akhimya menyimpulkan. dapat digunakan sebagai pendekatan dalam pembelajaran. KPS sangat penting bagi setiap siswa sebagai bekal untuk menggunakan metode ilmiah dalam mengembangkan sains serta diharapkan memperoleh pengetahuan baru/ mengembangkan pengetahuan yang telah dimiliki. Pembentukan sikap ilmiah seperti ditunjukan oleh para ilmuawan sains dapat dikembangkan melalui keterampilan-keterampilan proses sains. 2011). mengembangkan dan menemukan ilmu pengetahuan. tetapi pendekatan keterampilan proses tidak bermaksud menjadikan setiap siswa menjadi ilmuwan (Devi. khususnya prestasi hasil belajar kognitif yang didukung oleh keterampilan serta sikap dan prilaku yang baik. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. jangkauan sains semakin luas dan lahirlah sifat terapannya. sehingga perlu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran. 2011). proses pelaksanaan pendidikan harus mencakup perkembangan teknologi dan sains demi kebutuhan manusia di masa yang akan datang. yaitu teknologi. membangun konsep-konsep dan teori-teori dengan keterampilan intelektual dan sikap ilmiah siswa sendiri. proses pembelajaran sains cenderung menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dan menumbuhkan kemampuan berfikir. Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam.

peraba. pengamatan yang dilakukan hanya menggunakan indera disebut pengamatan kualitatif. pembau. Prediksi (meramalkan) Prediksi adalah ramalan tentang kejadian yang dapat diamati diwaktu yang akan datang. Melatih keterampilan pengamatan termasuk melatih siswa mengidentifikasi indera mana yang tepat digunakan untuk melakukan pengamatan suatu objek. Klasifikasi berguna untuk melatih siswa menunjukkan persamaan. 3. Apabila siswa mendapatkan kemampuan melakukan pengamatan dengan menggunakan beberapa indera. Mengidentifikasi dan memberi nama sifat-sifat yanng dapat diamati dari sekelompok objek yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengklasifikasi. Dalam tulisan bisa berbentuk rangkuman. tabel. b. sedangkan prediksi dilakukan dengan meramalkan apa yang akan terjadi kemudian berdasarkan data pada saat pengamatan dilakukan. 2. maka kesadaran dan kepekaan mereka terhadap segala hal disekitarnya akan berkembang. pengecap dan pendengar. Pola pembelajaran untuk melatih keterampilan proses inferensi. grafik. Keterampilan Proses Dasar American Association for the Advancement of Science (1970) dalam Devi (2011). 4. gambar. Clasifying (menggolongkan) 6. sedangkan pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur disebut pengamatan kuantitatif. agar siswa terbiasa mengemukakan pendapat dan berani tampil di depan umum. Inferensi (menyimpulkan) Inferensi adalah sebuah pernyataan yang dibuat berdasarkan fakta hasil pengamatan. Hasil inferensi dikemukakan sebagai pendapat seseorang terhadap sesuatu yang diamatinya. Keterampilan berkomunikasi ini sebaiknya selalu dicoba di kelas. Keterampilan pengamatan menggunakan lima indera yaitu penglihatan. sehingga siswa belajar merumuskan sendiri inferensinya. Keterampilan klasifikasi dapat dikuasai bila siswa telah dapat melakukan dua keterampilan berikut ini: a. bahwa pengklasifikasian keterampilan proses dasar yaitu: 1. . Prediksi didasarkan pada observasi yang cermat dan inferensi tentang hubungan antara beberapa kejadian yang telah diobservasi. Communication (komunikasi) Komunikasi didalam keterampilan proses berarti menyampaikan pendapat hasil keterampilan proses lainnya baik secara lisan maupun tulisan. poster dan sebagainya. 5. perbedaan dan hubungan timbal baliknya. 2003). Measuring (pengukuran) Klaslifikasi adalah proses yang digunakan ilmuwan untuk mengadakan penyusunan atau pengelompokkan atas objek-objek atau kejadian-kejadian. Perbedaan inferensi dan prediksi yaitu : Inferensi harus didukung oleh fakta hasil observasi. sebaiknya menggunakan teori belajar konstruktivisme. Observasi (pengamatan) Pengamatan merupakan salah satu keterampilan proses dasar.bergerak melakukan penilaian hasil belajar dalam aspek keterampilan dan sikap (Rustaman. Menyusun klasifikasi dalam tingkat-tingkat tertentu sesuai dengan sifat-sifat objek.

Keterampilan identifikasi variabel dapat diukur berdasarkan tiga tujuan pembelajaran berikut: a. Variabel kontrol adalah variabel yang sengaja dipertahankan konstan agar tidak berpengaruh terhadap variabel respon. dan mendeskripsikan data. Hipotesis dirumuskan dalam bentuk pernyataan bukan pertanyaan. Di kelas awal. Mengidentifikasi variabel kontrol dari suatu pernyataan tertulis atau deskripsi suatu eksperimen. sangat penting dimiliki dan dilatihkan bagi siswa sebelum melanjutkan ke keterampilan proses yang lebih rumit dan kompleks. Semua komponen keterampilan proses dasar penting baik secara parsial maupun ketika terintegrasi secara bersama-sama. keenam keterampilan proses dasar di atas terintegrasi secara bersamasama ketika ilmuan merancang dan melakukan penelitian. c. secara deduktif berdasarkan teori. Dalam suatu eksperimen terdapat tiga macam variabel yang sama pentingnya. Besaran kuantitatif adalah besaran yang dinyatakan dalam satuan pengukuran baku tertentu misalnya volume diukur dalam liter dan suhu diukur dalam thermometer. pertanyaan biasanya digunakan dalam merumuskan masalah yang akan diteliti. Data yang sudah dianalisis baru diiterpretasikan menjadi suatu kesimpulan atau dalam bentuk pernyataan. analisis data.Menurut Rezba (1999). b. Besaran kualitatif adalah besaran yang tidak dinyatakan dalam satuan pengukuran baku tertentu. Hipotesis dapat juga dipandang sebagai jawaban sementara dari rumusan masalah. Keterampilan Proses Terpadu Variabel adalah satuan besaran kualitatif atau kuantitatif yang dapat bervariasi atau berubah pada suatu situasi tertentu. siswa lebih banyak menggunakan keterampilan proses sains yang mudah seperti pengamatan dan komunikasi. Keterampilan proses dasar merupakan fondasi bagi terbentuknya landasan berpikir logis. 1999). Oleh karena itu. Perumusan secara induktif berdasarkan data pengamatan. Keterampilan interpretasi data biasanya diawali dengan pengumpulan data.    Variabel manipulasi adalah suatu variabel yang secara sengaja diubah atau dimanipulasi dalam suatu situasi. Mengidentifikasi variabel dari suatu pernyataan tertulis atau dari deskripsi suatu eksperimen. . Variabel respon adalah variabel yang berubah sebagai hasil akibat dari kegiatan manipulasi. yaitu variabel manipulasi. maupun dalam kehidupan seharihari. Mengidentifikasi variabel manipulasi dan variabel respon dari deskripsi suatu eksperimen. grafik dengan angka-angka yang sudah dirataratakan. namun seiring perkembangannya mereka dapat menggunakan keterampilan proses sains yang kompleks seperti inferensi dan prediksi (Rezba. Mendeskripsikan data artinya menyajikan data dalam bentuk yang mudah difahami misalnya bentuk tabel. Data yang diinterpretasikan harus data yang membentuk pola atau beberapa kecenderungan. Hipotesis biasanya dibuat pada suatu perencanaan penelitian yang merupakan pekerjaan tentang pengaruh yang akan terjadi dari variabel manipulasi terdapat variabel respon. variabel respon dan variabel kontrol. Hipotesis dapat dirumuskan secara induktif dan secara deduktif. Keterampilan proses sains dapat meletakkan dasar logika untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa bahkan pada siswa di kelas awal tingkat sekolah dasar.

Definisi operasional variabel adalah definisi yang menguraikan bagaimana mengukur suatu variabel. dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa keterampilan proses sains harus melalui pembelajaran konsep dan menghasilkan pengalaman belajar siswa (Rustaman. Keterampilan ini merupakan komponen keterampilan proses yang paling sulit dilatihkan karena itu harus sering di ulang-ulang. energi dan sumber energi listrik serta mampu menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan seharihari.Mendefinisikan secara operasional suatu variabel berarti menetapkan bagaimana suatu variabel itu diukur. . Penemuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bersifat mutlak 100 %. Dalam rumusan tersebut nampak ada konsep dan keterampilan proses sains (melakukan pengamatan. Dalam proses belajar mengajar. 2003). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung semakin cepat sehingga tidak mungkin lagi guru mengajarkan semua konsep dan fakta pada siswa. Eksperimen dapat didefinisikan sebagai kegiatan terinci yang direncanakan untuk menghasilkan data untuk menjawab suatu masalah atau menguji suatu hipotesis. Dalam rumusan tujuan tersebut tujuan utamanya adalah keterampilan proses (mampu melakukan percobaan. juga penentuan kondisi-kondisi yang akan dikontrol sudah tepat. 2. Definisi ini harus menyatakan tindakan apa yang akan dilakukan dan pengamatan apa yang akan dicatat dari suatu eksperimen. Dalam setiap tujuan pembelajaran (umum) untuk masing-masing pokok bahasan atau konsep terdapat kata kerja berkenaan dengan perilaku dan cara mencapainya. Untuk keberhasilan ini maka setiap eksperimen harus dirancang dulu kemudian di uji coba. menerapkan pengetahuan) tentang konsep (arus listrik. yaitu : 1. Menurut Semiawan (1992:14-15) dalam Nuh (2010). Pentingnya Keterampilan Proses Sains Penguasaan keterampilan proses dapat diukur dengan tes penampilan. 4. Misalnya rumusan tujuan berikut: siswa memahami ketergantungan antar makhluk hidup dengan melakukan pengamatan dan menafsirkan hasil pengamatannya. Adanya kecenderungan bahwa siswa lebih memahami konsep-konsep yang rumit dan abstrak jika disertai dengan contoh yang konkret. Dari kedua contoh rumusan tujuan tersebut. kecuali untuk melatih khusus siswasiswa dalam kelompok tertentu. Tes penampilan (performance assesment) dapat diobservasi. energi. pengembangan konsep tidak terlepas dari pengembangan sikap dan nilai dalam diri anak didik. tetapi cukup dilatihkan dengan menguji hipotesis-hipotesis yang berhubungan dengan konsep-konsep didalam GBPP. terdapat empat alasan mengapa pendekatan keterampilan proses sains diterapkan dalam proses belajar mengajar sehari-hari. menafsirkan hasil pengamatan). Tes penampilan masih sangat jarang dilakukan. Melatihkan merencanakan eksperimen tidak harus selalu dalam bentuk penelitian yang rumit. Contohnya Kelompok Ilmiah Remaja. Dalam tes penampilan dapat diketahui keterampilan dan cara berpikir responden atau siswa. dan seterusnya). tapi bersifat relatif. Suatu eksperimen akan berhasil jika variabel yang dimanipulasi dan jenis respon yang diharapkan dinyatakan secara jelas dalam suatu hipotesis. jawabannya dapat secara tertulis atau lisan. Jika rumusan tujuan berikut: siswa mampu melakukan percobaan tentang arus listrik. 3.

Cara Mengukur Keterampilan Proses Sains a. Informasinya dapat berupa gambar. Penilaian keterampilan proses sains merupakan pendekatan untuk mengukur dan menilai kemampuan kinerja siswa dalam menyelesaikan tugas atau dalam mempertunjukkan kegiatan. yaitu: a Pokok uji keterampilan proses tidk boleh dibebani konsep. 2006). Hal ini diupayakan agar poko uji tidak rnacu dengan pengukuran penguasaan konsepnya. pengujian hipotesis. dan ilmu pengetahuan.Menurut Nuh (2010). Komponen Penilaian Keterampilan Proses Sains Metode ialah suatu kerangka kerja untuk melakukan suatu tindakan. Cerapan adalah seni merangkaikan sesuatu yang terhayati dengan tanggap rasa dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. berarah dan berkonteks. data dalam tabel atau uraian. Konsep yang terlibat harus diyakini oleh penyusun pokok uji sudah dipelajari siswa atau tidak asing bagi siswa. Cerapan digolongkan seni karena banyak melibatkan bakat atau pembawaan. perumusan hipotesis. Empirisme bersifat subjektif karena memberikan arti kepada peristiwa menurut tafsiran atau pendapat pengamat. Menurut Bashiruddin (2011). Menurut Notohadiprawiro (2006). dan rancang bangun alas data (database) . atau objek aslinya. Dengan rasionalisme landasan pemikiran terpadu dan mantik. tanggap rasa. Alas data adalah cerminan citra tentang kenyataan yang dimiliki seorang peneliti atau cerapan peneliti tentang kenyataan (Notohadiprawiro. yang paut (relevant) dengan maksud dan tujuan. Konsep adalah hasil proses intelektual berupa kejadian imajinatif untuk memperluas atau memperkaya cerapan. misalnya . konsep. Hal-hal yang berpengaruh terhadap keterampilan proses sains. Karakteristik umum. wawasan intelektual berkenaan dengan nalar. Kinerja merupakan tanggapan aktif siswa secara langsung atau tidak langsung yang berupa proses atau prosedur atau hasil. metode ilmiah menggabungkan rasionalisme dengan empirisme. Pelaksanaan Penilaian Keterampilan Proses Sains Penilaian merupakan proses pemberian atau penentuan nilai kepada objek berdasarkan criteria tertentu. cara penghampiran (approach) persoalan. beberapa hal yang mempengaruhi keterampilan proses sains yang dituntut untuk dimiliki siswa. kualitas guru serta perbedaan strategi guru dalam mengajar. Metode ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan atau pendekatan rasional yang digabungkan dengan pendekatan empirisme. dan dengan empirisme diperoleh kerangka pengujian dalam memastikan kebenaran. atau suatu kerangka berpikir menyusun gagasan. c Aspek yang akan diukur harus jelas dan hanya mengandung satu aspek saja. grafik. perumusan masalah. cerapan. yang beraturan. Karakteristik Pokok Uji Keterampilan Proses Sains 1. penyusunan kerangka berpikir dalam pengajuan hipotesis. Rasionalisme dapat menimbulkan kontroversi karena hakekat kebenaran tidak sama bagi semua orang. Unsur-unsur metode ialah wawasan intelektual. b Mengandung sejumlah informasi yang harus diolah responden atau siswa. Penilaian merupakan tahapan penting dalam proses pembelajaran. dan penarikan kesimpulan. diagram. pengalaman. diantaranya yaitu perbedaan kemampuan siswa secara genetik.

atau menuliskan jawaban singkat 3 buah lalu menyiapkan pertanyaan untuk memperoleh jawaban yang diharapkan. mustahil. c. b. biasanya mengandung cara kerja untuk menguji atau membuktikan g. atau diberikan kriteria tertentu untuk melakukan pengelompokan atau ditentukan jumlah kelompok yang harus terbentuk d. 2003). jumlah dan keadaan daun mahkota bunga. bagaimana diberi skor 2. misalnya bentuk uraian ke bentuk bagan atau bentuk tabel ke bentuk grafik. Setelah itu menentukan bentuk jawaban yang diminta misalnya tanda silang. Interpretasi harus menyajikan sejumlah data untuk memperlihatkan pola c. Respon diminta dalam bentuk jawaban singkat lima buah berurutan ke bawah dari a sampai e (Rustaman. Mengajukan pertanyaan mengenai jumlah kelopak. 2. bentuk kepala sari. menentukan peubah. keadaan kepala putik. tidak biasa atau kontraktif agar responden atau siswa termotivasi untuk bertanya. misalnya membuat pertanyaan. Observasi harus dari objek atau peristiwa sesungguhnya b. Pemberian Skor Pokok Uji Keterampilan Proses Sains Pokok uji keterampilan proses memerlukan skor dengan cara tertentu. Berkomunikasi harus ada satu bentuk penyajian tertentu untuk diubah ke bentuk penyajian lainnya. f. urutan prosedur yang harus ditempuh. atau menguji pernyataan yang ada dan mengandung hubungan dua variabel atau lebih. Penyusunan Pokok Uji Keterampilan Proses sains Penyusunan pokok uji KPS sebaiknya memilih satu konsep tertentu lalu menyajikan sejumlah informasi yang perlu diolah. Misalnya uji keterampilan observasi tentang bagian-bagian bunga. pertanyaan apa. Karakteristik khusus.interpretasi. yaitu: a. Untuk respon yang lebih kompleks. Berhipotesis dapat merumuskan dugaan atau jawaban sementara. mengapa. tanda cek. umpamanya masing-masing 1 untuk pokok uji observasi di atas yang berarti jumlah skornya 5. Misalnya pertanyaan berlatar belakang hipotesis diberi skor 3. dapat diberi skor bervariasi berdasarkan tingkat kesulitannya. 2003) . Klasifikasi harus ada kesempatan mencari/menemukan persamaan dan perbedaan. dan ciri bunga tersebut. Merencanakan percobaan atau penyelidikan harus memberi kesempatan untuk mengusulkan gagasan berkenaan dengan alat/bahan yang akan digunakan. Setiap respon yang benar diberi skor dengan bobot tertentu.  Mengajukan pertanyaan harus memunculkan sesuatu yang mengherankan. mengendalikan peubah h Menerapkan konsep atau prinsip harus membuat konsep/prinsip yang akan diterapkan tanpa menyebutkan nama konsepnya. pertanyaan yang meminta penjelasan diberi skor 1 (Rustaman. Prediksi harus jelas pola atau kecenderungan untuk dapat mengajukan dugaan atau ramalan e.

7.74.79$   %0/:.3 20/.344081470.7  .3 20/.7.3 80.9.3/.7.-.3.!02-0.73   .5...  03:7:9 % .3 .7.8.%::.3:93. -0.943.0%0.:7508.3 503079.3 -.8. ..344.13   !0.7.7 .8.%0.. %0.943.     ..28 447.2.3 /:95 40 #4.943 3044/118  W.943. .7 9039.3502-0. 507...3     20/. 203:7:9 ..3 9039.3-44 00780/:.943.3!:- 4  W03. 20/:2 ..%./90.340!:73.434241/:.3 /.3 31472.70 047. ..793. .3 :   3./.9.3 :39: 574808 503.   3897:.8:.5.094/3%0.50!747. # 09 .: 503. -039: . .203. -07.39. 20/.344!:-.9. 80.39.33. .39: .94341 3897:...9.881. 8./4-7.8  $0/./.3//:.9 -..0 :/4.$419.     %00830.3.:8:2. 20/..9: ..3 /507:3. ..3 503079...4220398  0.733 0 0780!7039.23  %.943. 5. ./.7.3/%0./. ...3:3.9.3  $0.5.503.71.    !03079.94341 /:...3  /03!7088 W442 $ 03..9 /.4..  990943  W.0452039.0. 502-0.30/.9/.708&3290/ 3.3 202-07.:7. /. 3044/118  W .3 20/.943.0/..2.380-..

80.:5:324/0   3897:843./2038 /..3203:7:907.9/.9/:3.5.8.:7.5./.3 502-0..3. 20304254. ..502-0. .8:.202507403.320/.502-0.5:9:.32:/./ -.3.3907-./5740947   .3 507./.3   ./.3 ./.9 /.   . 20/..3 507.3 9/.-075747.3/.803. -078:.33.7-.8  03/.9.3/85./.9.9.3 0/. /.038 20/.5.4250   .3 20/.750372 0503072.502-0.2070.:5:3573.323.20/.9/443.7  ..25.7. -07:9  .: 202-:.'8:. 8:/:9 5... -03/.8/03.3/:3.7.820/.3:39:203. 503...502-0.: -.   .9/443.2 -.3/.9.7.202.7.9. -8.90780-:9 $.907.7/.31.2..7.9-.2   %00.2-. 202.2503./.3/./.3 .9.2.20/.5./.  ..3 .3203./03.5./.070. /04254.:5:3 425:9078889033897:.9.3/:9540#4.3.7.20/. 80/02.3/..3  .9 5:.39:/.20/.39.5..9. /../.:5:3.9207.3 20/.:/4 20/...3 20/.   #0./..7. .3  $09.39/.3 .3203..3 808:../20/./.7.703.3 508.3/.3/.9:  ...93-0:2.2-039:908 -:093 5.9.7 -07-.8.331472.70383. 80-./20/./03.80/07.7/.. 5:37 0-07.9/.38:/.380-.9: 03..8 /.5:9. 2:7.5 038 .2.320/.25.33/..39025./.5..920/.3807039.2 20304254.  .5.9.20/..9.7..78:/:92.3907./:5 82:.7. 038 0380/.3 /..18 /:./20/.3 -.3502-0.9/443..3  508.3-078:.3203..8 /.803.988./:.320/./03.7-039:3..3203.. -.9/.3 .5:93. -.3502-:./574808-0.38..7/.9. 903..3.25:9 -07././.3/...39:3/. /03.3.943  !03443.9 20/.3 ./.808:.3508.7.. 20/.320/.3.7.3/.9 81..381.2574808-0.: /.-.: 4..9/443.3 ./2038  20/.3203..3/.9/..90780-:9  !03443..0805..3.37:. 9.9:.82.357.707./20/.80.73.33.9/.2-.3/.90789/.. 8/0 128975 .8092.2.:/4'8:.3 :7:..37:5.009743  - .3-078:.81.

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

9.  /   .7..703. 7 .7. 7 .357.3 .3 /-/..7..72.5.33/.3 80-.9.3.8  203.5.3. 9  /  : 3 .  .3 :8:83. .  8 0   3   .38. /.. .380. 2 5 :  .3.3-07-.31.3 ... 7   0 . 9  .3203:3.5.3/7/.8:2-07-0.3.8.39: 803/7    .7 /..90907.9.     : 7 : 02:/.7-.3 :7:/.2-.91    .3/:3. 7  .3574808502-0. 3502-0. /.31.7 /.850309.  ./.3.7.90750..    8  8  .3/..502-0.  5 0  ..7..  ..7. 5  ...8:70.804.7..7.7902. 7   /   : .5..9%047098$ 0.  .0  .88 .3 8:2-. 5 ...3 3.7. 03.8.8:.3-07-. 3 / 5 0  .. 2:50309. 3.33907.38079. 250.  2 .301091:39:203.. 3 20/.89079039: 9072.9:9.388.. 3  2 : 9 : 503//.342508.3503//.920::/. 7   .f         I ¾  0907.220. 7 0 3 .880-4 -4     .7.:. /..22 . 2 5 :  2 0 3  3   . 3  %    /   .2-.:39:-0.880-4 /.  -07.3.33.507.8/. ..32:.3 203..88. 3  2 .5. 2 20..:.9:.502-0.3 804. 250302-.750309.    $  8  . :2:23.7 .. 5  .35489180-.. 9 .3507-:.9.01803 /.  /. .8203.3202-07.904798.98   .25:. 7 .    $ 0  4  .9804..  W`W^S\SZ ^[_W_SZ_ . 20/.30--07 2.3 2.9207.30--07:..3-07.3-.3.  ../.8 !74808//0138.: 39 :  . 3  8  8  .  . 3/-07.0 .7. 3 /.3202-07..9!7.25. 8.3.3/:3.25.

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

-079.3-.8.5/.8-0.3.503/0.9.3/..3.7.703.3574808-0.3 8079.390..350309.3 :8:83..8 502-0.52:.57089.:.74391.  0../2  0907.3//::3400907.-47..390.25.9:5.3503.2502-0.:7:03/.3-.3.7 033..9. 203:2-:.3880-. .80.20302-.3.947:244 803.380.25.9.3.7..35748088.2.:.7. ..30109.38.3.357.7.950393.2033.8.202.507::5...804.703.9802.

7:39:203.:5:39:8.8/.5.9.3 :.   3107038 20325:..90./.203/.8 .7.780042544-0 .2.31.9..3...2.5.3:.8-07:3.943 42:3.81.3/07.3.3503..9/..81.9.320.03..3 203:3..90907.30907.5.3503:8:3.7/.25.820 803...3.8380-.3907.81.9..3 507-0/.30.9.3884.8.399.8.5808:.390..-0.3./.3/.8 !07-0/./03.20907.20.9503./.7 207.743897:9.3050.3.39039.3.20.5.79203...25.3 .3907.3905.9/.9 /:..29:8.38.3.9./.7. 80.25:.9:503./0.3.8  42:3.. 0907.   -.3503/.9.9.:.8.5.81..7  5.94314790/.94-0  ./4-807.9..3/:3.8:73 503::7.5073.5.3203:3.25/ /05..3:39:20.8500907. !4.8.2.32:.3503.3  !03.-.3/03. 5030.380-..380-.32070.9.907-.2.93..7 0907.3.2.-.7:8//::3401. 2.7.3 574808.3503...0  /..5.8 80/..8..3/.3.3503.3 92-..302.9808047..90907.788.7.3570/8..574808..88.3/07.9.580.8//..81.8/.9./.2.1 9../.-07-039:7.9.2.80.3/./.9..: 507.3203:3./.7.0.39.25.0907.25. 503. 203/0391...331070389039...32.3574808/.81../.3.8.3.-.3574808-07.3.5.3-07:93 .2.9::7/80-:9 503.8.8/..3:39:203.81.73..4-807.988.3803/731070383..3 0907.2.3503.2.2..3 502-.3207:5.:/.9-07/.: 50304254..33/07. -0-07.9.3.25./80-:9503.3574808/.9./.:.9.9/:3.8:20.3207.:39:20.25.3  .5 #:89.3 0.381.9:0907.88.25.9/:3.920.293.3:39:20..3  7.3/..203:3.8.2.9./.5.3503/..25.3.9 81..5/.813 203443.8  - 03:8:3./.25.-0 ..-0707.8.7.8.9.8..3.3  !70/8//.3/.08.3:2.2.503/.3..39.9/../.5.:./02:/.33107038/..3202-073.25.3 -0-07.3-8.988.2.2.9/.35078.8 503.:0..7 548907/.3-07/.:./.9:.91 0.2-.7.2.3 -0702-.9/..9.3-0742:3. 502-0.3503/03.3.3.25..35..3:2:2  .9:.3 .80-:.3 503.8.3/.3/.3     0907.9.8 3107038/02:.3.9/.3  !70/8.203:3.9.9:   -807.39072.3:-:3.9..33.5.3/:.3/.2.3/.3.9: 4-0   0.80907.3503.84-0 4-0..8.-.3  3107038.0203941$..32..25.25..39047 -0.9:3107038 .38.33/.907.2.8. 03/0391.8503.9.2.3.2.:.:.:.38:..3.:.7207:2:8.3/03.3   422:3.072.4-.99079039:808:.7.380-.3 .3.7.3/03.8-0.91 80/.35748083107038 80-.3/-:.2.   !70/8 207.3!74808.3/.-.3570/8/.3   .3/./.2.5.88.203:3:./809.3:-:3.9.9 93.8.20302:.5.9 81.3-07.83/07..84-807..2.

.399.9.3.: -0-07.9:08507203907/.7:8/.2.9:5073.3 2:/.38::/::7/.3570/8 #0-..35079..-043974/.39047 549088/..5.9:5073.25.8.8.3/..3 -..::.3207..380.8-.3 2..3.9.30907..5.9.3.35:.9.3.:/087588:.3:.7..-0708543/.88...9:0825:.2:3807350702-.3574808/.28:.3..3/.2.9..2-039:.25.-0.302.3-.2070.7.. .78.-0/.25.:9079039:28.3/39075709..-039:9.8 ..3/.91./3.3.38.342508  0907.3:.5.-078.88.-0.:.-08.95..3/.35:.   0907.5.-0708543/...9:.9.2-039:5073.380.39079:8.8.7:/9075709..9.9: 08507203  .3.380. 9073907.35.-08.74.-043974  O Iff ¯f°½f¾f ff¾fff f°–¾ nff¾ °–f©f  fff ¯f°½f¾ ff¯¾f¾f¾  O Iff  ¾½°f ffff f°–  f¾ f–ff¾f f f –ff°¯f°½f¾  O Iff °f ffff f°–¾ °–f©f ½ ff°f°°¾f°f–f f ½ °–f f f½ff  ¾½°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

.03/0138.91   .3 5071472.5.3/2.25: 20.:.9.3/.-0 01383.7.3.2574808-0.3507.5.9:549088 :.9:8:888.243805 43805.3.. 2:33.380-.0907.3.3203.32.3.7.:. 0..38:9/.7:820.7 .320./.9/4-807.3438059/.:.35:.2:   907/.39:3.3/.3908503.38/907.88.3.9.-.5.3574808..780...83 2.3 /3.38:2-0703078978079.3/03.3.0825:..2-039: 50309.343709   !0302:.9.3 -07:-:3./03.2.32:50309.9..:/.3503.31.0.202.35748088..2..7  .7:2:8.3..9.:.5.3203.2.3/03.4-.8.0.38:3802.3-.3 503.-0-07.37:29/.2908503.3 80907:83.3/..8:.0907.343805/.9.7.5.3/.809.20907.7.30907.8/.9/9..3.7.9.3507. 88.83544-.9.9.2/7.332.3:39: 203.5.3/..9:549088 $:.2.7 50302-.3/.9/::7/03. 503/0.3.3/.3    03:7:9$02.3 :.750302-.7.9.3.33.9//0138.:7:203.9/.390344-07.33..43947:2:8..320703.37:29 909..3 . .3 /.8.8:.9 &39:0-07.:./.:39:203.39::.3!74808$..03/07:3..2042549079039: 43943.042542.0-202.350309..843..27:2:8.9.2.3.3/703.9.9:.33.9..9: .0.2.3574808 2.7.:203:8:.5.187.9:2.0907.9:  !0702-.8.5.3/:: 02:/..5.3.25.4-..25..3  8507203/..3:9.350309.5.8.39.703.32:50309.390780-:99::.-897.8 503.3 8.390780-:9 /.25..8..7 .9..3.9.5.508507203..33.788.:88.3-07:988.39::.3.8.25..5.3.980.43805/.. 8.7.  !03933.343805 43805//.9.9803.20/:5.39073.30907.350702-.3507.25../.25..7:8897 0307 /.4394.2.3   /.7.8.9079:8.3038708543.5./8079.   9.:8.8/.3.3 -.380.3.88.8503.343805 .9.90705..9/.38.-09:/::7 01384507..5-0781.9..5.:43805 907/.:.3-.25.7:8897 0307 /.2!! 0.3.4-.38 20.9: 08507203.3085072039/.  %08503.30907.28:.7:2:8...25....-0703./...3 203./.-0781..3/.3503.2.7:880.3.3 %08503. 43805/.2.3 :2:2 :39:2.35748088.5.3903449/.380...39039.7.380.3802:.7:8/7..9025.:0907.3 20307..3/.342543030907...3 9::.35.25.38 !03:.3 9039.5..3.   /.9.-8:...5.4507.3.7:8 8073/:.3203:7.92:9.3-07:988...25:20307.3.3.9/09..7203.:..2..3  .2.9.88082039 /.343/8 43/8..187.8.7.203.-0757708543/03.0.72.07...2.3203:549088 549088.503039:.::5/.3  .5/./.:.9:.8/.3/./0138.70/:.25.:502-0.3203...7 .203::78:.:.39::.9.-0.3.-0.3/.25.3-07.9:.3...393/..3.3/03.3.5.9.5.:..390780-:93.3 -.7.7.7.88.#02.27:2:8.3  .33 207:5.3 /439748:/..3/:..3.9.2574808-0.3.3574808/..25.78:.:/.970.9:08507203 0907.3/../.2809..:/:5/03..59::.3.7.7:8203.3.25.25:20.8 .843.35748088.25../.05..7203.3-0.780-:..:... #:89.3502-0.3 503.3.//  .:39:20..905.7920309...

3 /.7.91:39:202507:.3.5574.2 7.  .:8:.3. 50784.3!03.3/:38..7:907.7.-0757/.9188.7907.5.3 40503:8:3544:8:/.3503/0.05.:/03.9:.9.9039.:503/0./03. .574808 .3 .3 .8./57.3.3.703..3 /.9503.357480/:7/.3...73.9.0.38  ..2.9-07:5.3 9.9/03.07.9.87://3    507:2:8..3/:5.:.8:7:8079..9.3!74808$.30825:.37..  -03../.. /.802:.3503:.203.3 257820-0781.9..7.5././.25:.25...:.32.25.343974.-0. 31472.20-.703.9.8.97.3 #..3..7.5.35748089/-40/-0-.25.30257820/5074007.7.35027.:9/. .3/:380:2.820 .7 /.39 /.38 !03.9:93/.3.3-.5.38.8/.8.3.7.3.9 03:7:9.8.3803 .3.3 03.207:5..9.3503099039..:.!44:0907.3.31472.-... .9.47.3/03.202-07.9.-:3.0309 :...3.-:3..8.3..3574808502-07..9.9..3207:5.3 7..343805 . 503.9 0-03.03::70907..3.5..7:80.3.90:7:/.39  /03..03:7:9:   -0-07.9.5. 43805.30257820 03:7:9494.788.5.8/.9.3.25.3 /.2203008.9.3:39:203::7/.8./. -0757203:8:3.843..3.7.5. 207:5.-..9.50789.8:.3.38:3.7.3/443.3202503..3 ..3-07.3...:503039:./.3503::7.2503.3203./:/.32.30257820 03.3.88.3 /9:39:9:39:/288.8...39075.33.9.9.843.350309.703.37.3/03.98:-091.350309.35748088.3-..35748088.3 307.302..3 0907.39::.25...3-07503.:9/..187.9: .83.9.388.38207:5..3/2 07.32: 50309.7..2-.7.3503/0.850..7544: 9/.3 549088 503:.80.3 39009:.89.3/.8.:502-.50907.9:7.3 494.2. 28.80  .3-0743908 . 43805 .38 094/0./57.38 .3549088 507:2:8.35.8.30.:88.:57480/:7.3 503.3.0.:503/.: 202507.07.02.88.:..8508..3/.820/.38:.7 9.9.9.... ./.90789:2:2 .30-03.3-07:5.203.74    094/02.25.9.7./.3.8. .2203.307.8.32.3 .339009:.22025079:3:.3 -07.9.3907-.3 07.3 897.3.5..37.39.38:3.:.8/..7.33.3...9..-.2.9.9:.:.2574808502-0.3.3  43805..3.3/28047.30907.25..3503.350309.303.843.3!74808$..3438053.3808:.9:507-0/.708543/03.350393/.3 !03.07.30907.257.9:07.7:0907.3..2203/.8  .7..9.80...3:3..3!74808$.3/::7.3.74    2094/02.39:.3 .39/.:9 700.5.:.83-.:39:20.8...57.5.39.857480839009:.3/03..3 &38:7 :38:72094/0.2.38  /.90789!44&0907.25:.9.:4-0..9. /. 503:8:3.3 307...3  !0.25./.843.3/...9.8.::7.9:07.3 .35748088..32./.1 /.7.3907../50.8.07.503:.57.39.3549088 /.203:7:99.3!74808$.7:8/.3207:5.79 05..9079039: !03.-0703./.:/.078.9.4-0-07/.7:8/4..2202.9.0723.803207.3503.83.8://..-07:5...5.820/03..92032-:.29.7  4254303!03.507-0/..

9. .81.39075709.380:2.9.7.  -807.8./.:50789.. - 39075709.8. .9: .354./.7:8/.90789:8:8 .9.:39:202507.8   .7.08025..74-0.7:8.3203.8..808:3:3.9.7:8203.

8.././.30-039:-.3507.3.3.3/..203.:5030/..854..39079039::39:/:-.8. 07.3507-0/.3..9.3 .3 .3..9.3:2.3.:7.:0- -.:.-.3/:.-039::7.:.350304254.9:-039:503..:0.9.3/:3.7. 04254.3.9..3.7:8.9....33. 28.1  1 07549088/.:203:5073.3802039.:202-:9.3/:.9.9.:/9039:.35078.7..3/:..7:8202-0708025.37907./.9.3..7.0-039:503...7:8907-039: / !70/8.3/03.5.7:80.3.2.9..9.-0..03/07:3.:39:203:.:-039:9.9.9..5.3:39:/.8.9207:2:8.3-0703.3.2.:.3..9203..3 0 0742:3.3/:3:-:3.3:39: 203:8:.3203.4-.3.-00-039:7.9079039::39:20.20302:.3 .3.3  0703.8.: /-07. .9.

:57385..7:8202-:.343805.350:-.-.350:-.943805. 0307.3. 20303/.3/:3.3.9.5.3 :7:9.357480/:7 .3....7:8/9025: 203039:.

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

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful