Umbi merupakan satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai

penyimpan zat tertentu (umumnya karbohidrat). Organ yang dimodifikasi dapat berupa daun, batang, atau akar. Bentuk modifikasi ini biasanya adalah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat jelas terlihat. Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah. Organ penyimpan tidak harus berbentuk umbi. Beberapa jenis tumbuhan menyimpan cadangan energi pada organ yang sama, tetapi tidak mengalami banyak modifikasi bentuk, sehingga tidak membentuk umbi. Tumbuhan memerlukan cadangan energi karena ia tidak bisa berpindah tempat untuk menemukan sumber energi baru atau untuk membantu reproduksi jenisnya. Umbi atau tuber vegetables merupakan satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu (umumnya karbohidrat). Organ yang dimodifikasi dapat berupa daun, batang, atau akar. Bentuk modifikasi ini biasanya adalah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat jelas terlihat. Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah. Organ penyimpan tidak harus berbentuk umbi. Beberapa jenis tumbuhan menyimpan cadangan energi pada organ yang sama, tetapi tidak mengalami banyak modifikasi bentuk, sehingga tidak membentuk umbi. Tumbuhan memerlukan cadangan energi karena ia tidak bisa berpindah tempat untuk menemukan sumber energi baru atau untuk membantu reproduksi jenisnya.

Macam-macam umbi
Umbi merupakan istilah generik (umum). Secara biologi, umbi dibedakan berdasarkan organ dasar yang dimodifikasi.

Umbi lapis (bulbus) merupakan umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun rapat, biasanya dihasilkan oleh famili Alliaceae, amaryllidaceae, dan Liliaceae; Umbi batang merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi batang. Umbi batang mampu memunculkan tunas maupun akar, sehingga kerap kali dijadikan bahan perbanyakan vegetatif. Umbi batang yang tumbuh di bawah permukaan tanah, membesar, dan mengandung banyak pati disebut sebagai tuber, biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae dan Asteraceae. Umbi akar (tuberous root) merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi akar. Ketela pohon adalah salah satu contoh penghasil umbi akar. Umbi akar tidak bisa dijadikan bahan perbanyakan.

Beberapa organ yang tumbuh di bawah permukaan tanah juga kadang-kadang disebut umbi, seperti rimpang dan geragih.

10. suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi. Penanamannya masih cukup luas di pedesaan walaupun juga semakin terancam kelestariannya. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. . 9.Berikut contoh macam-macam umbi : 1. 2. Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. 5. 4.C. Tanaman ini semakin jarang dikenal dan hanya bisa dijumpai di desa-desa.) D. populer ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Gembolo (Dioscorea bulbifera. Di Sumatera dikenal sebagai kacang botol atau kacang belingbing. Talas mirip dengan taro namun menghasilkan umbi yang lebih besar.) adalah tumbuhan merambat polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran. suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae) merupakan tanaman umbi-umbian yang sekarang sudah sulit dijumpai di pasar. 12. dengan bunga berwarna putih. 8. 13.. Gembili menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Cassava/Ketela Pohon Crosne Taro Jicama/Bengkuang sweet potato/ubi rambat Jerusalem Artichoke sweet potato/ubi potato Talas atau talas bogor (Colocasia giganteum Hook. Gembili (Dioscorea esculenta L. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 . 3. Nama lainnya adalah jaat (bahasa Sunda). 6. Kecipir berasal dari Indonesia bagian timur. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m. kelongkang (bahasa Bali).. Umbi gembolo serupa dengan umbi gembili namun berukuran lebih besar. namun berukuran lebih kecil 11.24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. 7. Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus (L. serta biraro (Ternate). Umbi gembili serupa dengan umbi gembolo. Umbi biasanya direbus dan bertekstur kenyal. suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae) merupakan tanaman umbi-umbian yang ditanam di pekarangan.

membantu mencegah infeksi dalam pencernaan. Tekstur . dan paru-paru. dan tulang. yang memberikan warna kuning oranye pada ubi. Nah. Ubi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah. Tangerang. Varietas ubi cukup banyak. Ubi pun merupakan satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari ogan lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu. Anda akan sulit menemukan kualitas ubi yang baik. umumnya karbohidrat. Ubi juga berfungsi sebagai antioksidan. Anda harus lebih banyak belajar soal ubi sebab bila dilihat kasat mata.UBI merupakan jenis umbi-umbian. Vitamin ini muncul dalam bentuk beta karoten. Manfaat ubi adalah salah satu sumber terbaik vitamin A. Dalam mengenal varietas ubi. belum lama ini. Bentuk modifikasi ini biasanya adalah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat terlihat. Ubi terkenal dengan rasa yang empuk dan ternyata memiliki keunikan tersendiri dibanding umbi lainnya. kulit.Sebutir ubi ukuran sedang menyediakan lebih dari 200 persen kebutuhan harian vitamin A. saluran kencing. Kenali varietas ubi Ubi yang baik punya varietas yang baik pula. ubi ungu. Vitamin A memberi manfaat untuk penglihatan. ubi kuning. dan sebagainya. bila ingin mendapatkan kualitas ubi terbaik. simak penuturan Adi Kharisma selaku penjual nasi ungu saat ditemui di kawasan Serpong.

perhatikan benar kualitas ubi dengan merabanya. hijau keabuabuan. Bunga jantan terkumpul dalam tandan di ketiak. maka ubi tersebut berkualitas baik. jika dilihat dari atas). Batangnya kurus ramping. Arah rambatannya selalu berputar ke kiri (melawan arah jarum jam. . Bila seratnya lembut. ditumbuhi duri atau tidak. Rasa dagingnya pun lebih lembut. tipis bagai kertas.. aculeata) yang memiliki penampilan mirip namun batangnya berputar ke kanan.Ubi termasuk salah satu tumbuhan yang susah ditebak kualitasnya lantaran kulitnya tertutup tanah. Umbinya terbentuk dalam tanah. Untuk mengetahuinya. seperti halnya singkong. suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae) tergolong tanaman umbi-umbian yang cukup populer walaupun kurang mendapat perhatian. panjang 5–20 m. Daun-daunnya terletak berseling.(ftr) Gadung (Dioscorea hispida Dennst. bentuk bundar telur atau bundar telur sungsang. dengan tiga anak daun menjari. selain taring pelandok. Ciri khas ini penting untuk membedakannya dari gembili (D. bunga betina majemuk berbentuk bulir. Anda bisa melihat lajurlajur serat pada ubi. Umbinya dapat pula dijadikan arak (difermentasi) sehingga di Malaysia dikenal pula sebagai ubi arak. Umbi Gadung Pemerian Tumbuhan gadung berbatang merambat dan memanjat.5–1 cm. Jadi. setebal 0. namun mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya. Lihat bentuknya Ubi punya kulit yang halus karena ubi termasuk tumbuhan yang sensitif. Produk gadung yang paling dikenal adalah dalam bentuk keripik meskipun rebusan gadung juga dapat dimakan. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Bentuk dan warnanya pun cenderung tidak berubah meski telah rusak.

menggerombol dalam kumpulan hingga selebar 25 cm. di antaranya yang berumbi putih (yang besar dikenal sebagai (Jw. Sepotong umbi sebesar apel cukup untuk membunuh seorang pria dalam waktu 6 jam.[1] Pemanfaatan Umbi gadung dikenal sangat beracun. sementara yang kecil berlekuk-lekuk disebut gadung suntil) dan yang berumbi kuning (antara lain (Mly. yang berangsur menjadi rasa terbakar. umbi ini digunakan untuk meringankan arthritis dan rematik. Penanamannya masih cukup luas di pedesaan walaupun juga semakin terancam kelestariannya. rasa tercekik. diikuti oleh pusing.). Umbi biasanya direbus dan bertekstur kenyal. dan untuk menghilangkan nanah dari luka-luka. gadung kunyit atau gadung padi).) gadung kuning. Umbi ini digunakan sebagai racun ikan atau mata panah. Gembili menghasilkan umbi yang dapat dimakan. suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae) merupakan tanaman umbi-umbian yang sekarang sudah sulit dijumpai di pasar. Bersama dengan gadung cina (Smilax china L. .) gadung punel atau gadung ketan. irisan dari umbi gadung dioleskan untuk mengurangi kejang perut dan kolik.berjumlah banyak dan tak beraturan bentuknya. dan untuk membersihkan luka binatang yang dipenuhi belatung Gembili (Dioscorea esculenta L. umbi gadung dipakai untuk mengobati luka-luka akibat sifilis.[1] Ada beberapa varietasnya. [2] Meski demikian di Indonesia dan Cina.. Umbi gembili serupa dengan umbi gembolo. namun berukuran lebih kecil. Di Thailand. kapalan dan mata ikan. kutil. muntah darah. Di Filipina dan Cina. parutan umbi gadung ini digunakan untuk mengobati penyakit kusta tahap awal. mengantuk dan kelelahan. Efek pertama berupa rasa tidak nyaman di tenggorokan.

yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Singkong. Tumbuhan gembolo merambat dan rambatannya berputar ke arah kanan (searah jarum jam jika dilihat dari atas). Berbagai penelitian untuk melestarikan keragaman hayati dan pengolahan umbinya (dibuat menjadi etanol atau minuman beralkohol) telah dilakukan. adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Deskripsi . Umbi gembolo serupa dengan umbi gembili namun berukuran lebih besar.Tumbuhan gembili merambat dan rambatannya berputar ke arah kanan (searah jarum jam jika dilihat dari atas). suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae) merupakan tanaman umbi-umbian yang ditanam di pekarangan. Tumbuhan ini juga dapat menghasilkan umbi dari batang yang ada di permukaan. Umbi ini disebut "umbi udara" dan dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan vegetatif. Gembolo (Dioscorea bulbifera. Gembolo sekarang tersebar ke seluruh daerah tropika dan di beberapa tempat di Afrika menjadi sumber karbohidrat penting. Gembili dianggap sebagai tumbuhan berpotensi besar di masa depan. Tanaman ini semakin jarang dikenal dan hanya bisa dijumpai di desa-desa. Batangnya agak berduri.

Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99. semua varitas M. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm. Kentang (Solanum tuberosum L. ada pula yang pahit tergantung pada kandungan racun glukosida yang dapat membentuk asam sianida. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810[1]. Proses pembuatan Umbi akar singkong banyak mengandung glukosa dan dapat dimakan mentah. proses pemasakan sangat diperlukan untuk menurunkan kadar racunnya. Dari umbi ini dapat pula dibuat tepung tapioka. Pada jenis singkong yang manis. Rasanya sedikit manis. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. tergantung dari jenis singkong yang ditanam. dan pelengkap masakan. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum. esculenta dapat dibudidayakan.Umbi singkong siap dijual. Umbi kentang sekarang . Direbus untuk menggantikan kentang. baik untuk pengidap alergi. Teks tebal Penggunaan Dimasak dengan berbagai cara.2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak.1 juta ton dan 33. Sejarah dan pengaruh ekonomi Jenis singkong Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brasil dan Paraguay. setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi akar yang masih segar.

C.Plectranthus (syn. parviflorus Benth. Bagian yang bermanfaat adalah umbi. C. Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini pada abad XVI. Morton syn. edulis Blume syn. & E. Kentang hitam atau kentang kleci (Solenostemon rotundifolius (Poir.telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. rotundifolius (Poiret) A. suku Lamiaceae) merupakan tanaman pangan yang potensial sebagai sumber pangan karbohidrat alternatif dan obat-obatan. Konon umbinya berkhasiat mengobati sakit maag. Dengan cepat menu baru ini tersebar di seluruh bagian Eropa. K. tanaman ini pernah menjadi pemicu utama perpindahan bangsa Irlandia ke Amerika pada abad ke-19. Kerabat tanaman ini juga merupakan tanaman hias populer (koleus). . Umbi kentang hitam berukuran kecil. Umbi mengandung sampai 20% karbohidrat (terutama pati) dan sekitar 2% protein.) J. C. di kala terjadi wabah penyakit umbi di daratan Irlandia yang diakibatkan oleh jenis jamur yang disebut ergot. Dalam sejarah migrasi orang Eropa ke Amerika. syn.. Tanaman yang berasal dari Afrika Barat ini resisten terhadap penyakit karena fungi namun sangat peka terhadap nematoda. Chev. sebesar ibu jari dan berwarna coklat tua hingga hitam. Coleus) tuberosus (Blume) Benth. Perrot syn.

Tiongkok. dan jika dilakukan pemeriksaan post mortem pada daerah lambung terjadi .00 miligram Vitamin C 0.3 jam.01 miligram[2] Singkong sebagai makanan babi Biasa digunakan di negara-negara seperti di Amerika Latin.00 gram Kalsium 33.30 gram Vitamin B1 0. umumnya masyarakat Manggarai memasak pakan tersebut pada malam hari dan pada pagi harinya dipanaskan sekedarnya saja.Kadar gizi Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi: • • • • • • • • • • Kalori 121 kal Air 62.70 miligram Lemak 0.20 gram Besi 0. dan dari beberapa kasus yang saya temukan perlakuan ini menyebabkan ternak babi dengan berat antara 10 hingga 50 kg dapat mati dalam waktu 2 . hingga sekarang saya belum dapat mengatasi keracunan akibat sianida ini pada ternak babi karena reaksinya yang begitu cepat".50 gram Fosfor 40. Sebuah pengalaman pak Emanuel Porat sebagai seorang praktisi peternakan rakyat di daerah Nusa Tenggara Timur dipaparkan sebagai berikut "saya sering sekali menemukan keracunan sianida yang berasal dari daun ubi kayu yang telah di rebus sebagai pakan ternak babi.00 gram Karbohidrat 34. Karibia. berjalan berputarputar. Gejalanya dapat terlihat dari keluarnya busa pada mulut ternak.00 miligram Protein 1. Nigeria dan Eropa.

tingkat resistensi individu ternak tergantung konsentrasi sianida dalam darah. .penimbunan gas yang sangat tinggi. ternyata sianida memang racun yang sangat cepoar bekerja pada peredaran darah. sebagai tindakan pencegahan sebaiknya tidak memberikan daun ubi kayu sebagai pakan ternak setelah direbus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful