P. 1
Makalah Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Makalah Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

3.0

|Views: 5,450|Likes:
Published by Desi Susanti

More info:

Published by: Desi Susanti on Oct 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2013

1

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang
Psikologi pada mulanya digunakan para ilmuwan dan para filosof untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam memahami akal pikiran dan tingkah laku aneka ragam makhluk hidup mulai yang primitive sampai yang paling modern. Sedangkan pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan

1.2 Rumusan Masalah
1. Jelaskan pengertian Psikologi Pendidikan? 2. Sebutkan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan?

1.3 Tujuan Penulisan
1. Agar sebagai mahasiswa kita tahu tentang apa itu psikologi pendidikan. 2. Supaya kita tahu apa yang menjadi ruang lingkup dalam psikologi pendidikan. 3. Agar kita tahu metode-metode apa yang digunakan dalam psikologi pendidikan.

1.4.1. Manfaat Teoritis Dapat mengetahui pengertian psikologi pendidikan, ruang lingkup psikologi pendidikan dan metode psikologi pendidikan. 1.4.2. Manfaat Praktis Mengetahui karakteristik anak didik, dan problematika dalam pembelajaran.

2

BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Psikologi Pendidikan
Ilmu jiwa pendidikan yang lebih dikenal dengan psikologi pendidikan terdiri dari 2 kata, yaitu psikologi dan pendidikan. Psikologi berasal dari 2 kata bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa. Adapun mengenai pendidikan, berasal dari kata “didik” mendapat awalan “me”, sehingga menjadi “mendidik”, artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai akhlaq dan kecerdasan pikiran (lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991: 232). Selanjutnya pengertian “pendidikan” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Menurut beberapa ahli, psikologi pendidikan bisa diartikan sebagai berikut: 1. Menurut WS.Winkel Sj “Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari pra syarat-pra syarat (faktor-faktor) bagi pelajar di sekolah, berbagai jenis belajar dan fase-fase dalam semua proses belajar”. 2. Menurut Richard E. Mayer “Educational psycology is a branch of psycology concernet with understanding how the instructional environment and the characteristics of the learner interact to produce cognitive growth in the learner”

3

(Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang membahas mengenai pemahaman bagaimana lingkungan belajar dan karakteristik pelajar berinteraksi dalam menghasilkan pertumbuhan kognitif dalam diri pelajar). 3. Menurut H.C Whitherington “Psikologi pendidikan adalah suatu studi yang sistematis tentang prosesproses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia”. 4. Menurut Lester. D. Crow dan Alice Crow “Psikologi pendidikan merupakan suatu ilmu yang berusaha menjelaskan masalah-masalah belajar yang dialami individu dari sejak lahir sampai berusia lanjut, terutama yang menyangkut kondisi-kondisi yang mempengaruhi belajar”. Seperti dikatakan didalam bukunya sebagai berikut: “Educational psychology dercribes and explains the learning experiences of an individual from birth through old age. Its subject matter is concerned with the conditions that affect learning”.

2.2 Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Telah kita ketahui bahwa pada dasarnya ilmu jiwa pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang khususnya mempelajari, meneliti, dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan itu meliputi tingkah laku belajar (oleh siswa), tingkah laku mengajar (oleh guru), dan tingkah laku belajar-mengajar (oleh guru dan siswa yang saling berinteraksi). Inti persoalan psikologi dalam psikologi pendidikan tanpa mengabaikan persoalan psikologi guru, terletak pada siswa. Pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan yang khusus diperuntukkan bagi siswa. Karena itu, ruang lingkup pokok bahasan psikologi pendidikan, selain teori-teori psikologi pendidikan sebagai ilmu, juga berbagai aspek psikologis para siswa khususnya ketika mereka terlibat dalam proses belajar dan proses belajar-mengajar.

4

Secara garis besar, banyak ahli yang membatasi pokok-pokok bahasan psikologi pendidikan menjadi tiga macam: a. Pokok bahasan mengenai “belajar”, yang meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri-ciri khas perilaku belajar siswa, dan sebagainya. b. Pokok bahasan mengenai “proses belajar”, yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar siswa. c. Pokok bahasan mengenai ”situasi belajar”, yakni suasana dan keadaan lingkungan baik bersifat fisik maupun non fisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa. Sementara itu, Samuel Smith sebagaimana yang dikutip Suryabrata (1984), menetapkan 16 topik bahasan yang rinciannya sebagai berikut: a. Pengetahuan tentang psikologi pendidikan (the science of educational psychology). b. Hereditas atau karakteristik pembawaan sejak lahir (heredity.) c. Lingkungan yang bersifat fisik (psychal structure.) d. Perkembangan siswa (growth). e. Proses-proses tingkah laku (behavior process). f. Pembawaaan. g. Hak dan ruang lingkup belajar (nature and scope of learning). h. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar (factors that condition learning). i. Hukum-hukum dan teori-teori belajar (laws and theories of learnjng). j. Pengukuran, yakni prinsip-prinsip dasar dan batasan-batasan pengukuran/evaluasi (measurement: basic principle and difinitions). k. Transfer belajar, meliputi mata pelajaran (transfer of learning subject matters). l. Sudut-sudut pandang praktis mengenai pengukuran (practical aspects). m. Ilmu statistik dasar. n. Kesehatan mental. o. Kurikulum pendidikan sekolah dasar. p. Kurikulum pendidikan sekolah menengah.

5

Mengingat bahwa psikologi pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-teknik psikologi kedalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topiktopik psikologi yang erat hubungannya dengan pendidikan. Studi tentang isi-isi buku psikologi pendidikan telah dilakukan orang, antara lain penelitian terhadap 13 buku yang ditulis para ahli selama kurang lebih 5 tahun yaitu antara tahun 1942-1946 memberi gambaran terhadap kita bahwa ruang lingkup psikologi pendidikan adalah sebagai berkut: 1. Pertumbuhan dan perkembangan pada umumnya. 2. Psikologi anak. 3. Hygiene rokhani. 4. Kecerdasan (intellegensi) dan peniliannya. 5. Perbedaan-perbedaan individu. 6. Hakekat perbuatan belajar. 7. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbuatan belajar. 8. Soal tranfer dalam belajar. 9. Tes dan soal penilaian atau pengukuran. 10. Teori dasar tentang motivasi. 11. Arti motivation bagi pengajaran. 12. Perkembangan sosial dan emosianal. Menurut pendapat Lester. D. Crow dan Alice Crow, ruang lingkup pendidikan antara lain: a. Sampai sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar. b. Sifat-sifat dari proses belajar. c. Hubungan antara tingkat kematangan dengan kesiapan belajar (learning readiness). d. Signifikasi pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar. e. Perubahan-perubahan jiwa (inner changes) yang terjadi selama dalam belajar.

6

f. Hubungan antara prosedur-prosedur mengajar dengan hasil belajar. g. Teknik-teknik yang efektif bagi penilaian kemajuan dalam belajar. h. Pengaruh/akibat relatif dari pendidikan formal dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman belajar yang insidental dan informal terhadap suatu individu. i. Nilai/manfaat sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi personil sekolah. j. Akibat/pengaruh psikologis (psychological impact) yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi sosiologis terhadap sikap para siswa.

7

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan
1. Apapun yang dikemukakan oleh para ahli tentang psikologi pendidikan, dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar. 2. Studi tentang isi-isi buku psikologi pendidikan telah dilakukan orang, antara lain penelitian terhadap 13 buku yang ditulis para ahli selama kurang lebih 5 tahun yaitu antara tahun 1942-1946 memberi gambaran terhadap kita bahwa ruang lingkup psikologi pendidikan adalah sebagai berkut: a. Pertumbuhan dan perkembangan pada umumnya. b. Psikologi anak. c. Hygiene rokhani. d. Kecerdasan (intellegensi) dan peniliannya. e. Perbedaan-perbedaan individu. f. Hakekat perbuatan belajar. g. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbuatan belajar. h. Soal tranfer dalam belajar. i. Tes dan soal penilaian atau pengukuran. j. Teori dasar tentang motivasi. k. Arti motivation bagi pengajaran. l. Perkembangan sosial dan emosianal.

8

3.2 Saran
1. Agar mahasiswa dapat menerapkan apa psikologi pendidikan itu dalam kehidupannya. 2. Bisa menerangkan apa yang dibahas dalam ruang lingkup psikologi pendidikan. 3. Supaya mahasiswa bisa menerapkan metode-metode psikologi pendidikan dalam suatu pembelajaran.

9

DAFTAR PUSTAKA
Dalyono, M., Drs., Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Semarang: 1996. Mustaqim, Drs. H. M. Pd., Ilmu Jiwa Pendidikan, Edisi Revisi, CV. Andalan Kita, Semarang: 2010. Purwanto, M. Ngalim, Drs. MP., Psikologi Pendidikan, Cetakan V,Jakarta: 1990. Suryabrata, Sumadi, Drs. B. A., M.A.,Ed.S.,Ph. D., Psikologi Pendidikan, Edisi V, PT. Raja Grafindo Persada, Yogyakarta: 2004. http://hitsuke.blogspot.com/2009/03/sejarah-ringkas-lingkup-dan-metode.html

10

MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 ASNOF APRIYANTO ZULFIANA IWENDRI DOSEN PEMBIMBING HALIMAH TUSAKDIYAH, S.Ag, M.Pd.I

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI ) YASNI MUARA BUNGO TAHUN AKADEMIK 2011/2012

11

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT Atas Curahan rahmat dan karunianya yang telah memberikan berbagai kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ini Terima Kasih Juga Kami ucapkan kepada Dosen Pembimbing yang telah memberi motivasi dalam pembuatan Makalah ini Semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat sedikit menambah Pengetahuan dalam Lembaran ini . Amin

Muara Bungo, 13 Oktober 2011 Penulis

Kelompok

i

12

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. DAFTAR ISI................................................................................................ BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 1.1 Latar Belakang .................................................................................. 1.2 Rumusan Masalah.............................................................................. 1.3 Tujuan ............................................................................................... 1.4 Manfaat.............................................................................................. BAB II PEMBAHASAN ............................................................................ 2.1 Pengertian Psikologi Pendidikan ...................................................... 2.2 Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan .............................................. BAB II PENUTUP....................................................................................... 3.1 Kesimpulan........................................................................................ 3.2 Saran.................................................................................................. DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. i ii 1 1 1 1 1 2 2 3 7 7 7 8

ii

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->