BELAJAR MEMBUAT DENAH LOKASI

Saya bukanlah orang yang pandai tentang CorelDraw ataupun program multimedia yang lain, tetapi saya belajar untuk berbagi dari hasil pengalaman membuat denah lokasi. Semoga bermanfaat, jika ada kritik dan saran demi perbaikan dan kemajuan silahkan hubungi e-mail saya isna1907@gmail.com atau ada yang ditanyakan silahkan kontak saya dengan alamat e-mail tersebut. [sedikit] BERKENALAN Dengan CORELDRAW Pertama kita membuka program CorelDraw, baik yang X3 atau ke atas (X4) dan ke bawah (10-12). Lembar kerja baru akan terbuka:

Gambar: 1 Sebelum memulai membuat akan saya perkenalkan tool (alat) yang akan kita pergunakan untuk membuat denah lokasi. Alat (toolbox) tersebut berada di sebelah kiri lembar kerja. Sebagai mana berikut:

Gambar: 2, 3, 4, 5, dan 6 1. Alat pertama dari atas adalah Pick Tool (gambar 2), yang digunakan untuk memilih (select) sebuah objek. 2. Alat kedua dari atas adalah Shape Tool (gambar 3), digunakan untuk mengubah-ubah bentuk garis (objek lain). Dengan shape tool ini kita bisa melengkungkan garis dan membuat kotak menjadi tidak beraturan bentuknya. 3. Alat kelima dari atas adalah pensil yang akan kita gunakan (gambar 4), kita bisa memilih apa yang kita inginkan. Tetapi saat ini kita membutuhkan Bezier tool untuk membuat garis sebagai tepi jalan dan yang lain. 4. Alat ketujuh dari atas adalah rectangle tool (gambar 5), digunakan untuk membuat sebuah kotak. 5. Alat kesebelas dari atas adalah text tool (gambar 6), digunakan untuk membuat tulisan pada lembar kerja. 6. Alat ke tiga dari bawah adalah outline tool, digunakan untuk mengatur ketebalan garis tepi. 7. Alat ke dua dari bawah adalah fill tool, digunakan untuk mewarnai bagian dalam objek 2 dimensi. MULAI MEMBUAT DENAH LOKASI 1. Setelah lembar kerja baru terbuka, kita tuliskan DENAH LOKASI PERNIKAHAN (sebagai contoh), dan inilah hasilnya:

Gambar. 7 2. Kemudian kita akan memulai membuat tepi jalan dengan menggunakan pensil dan kemudian kita pilih Beizer Tool Gambar. 8 Setelah kita klik pensil (toolbox/ alat kelima dari atas) maka akan muncul seperti ini. Dan kita pilih nomor 2 dari kanan (Beizer Tool).

Maka akan menghasilkan dua garis bersandingan sebagaimana tampak pada gambar 13: Gambar. 9 Setelah garis itu terbuat. Klik pada panah yang atas kemudian geser sedikit ke kanan dan lepaskan klik Anda. kemudian Ctrl+V. 11 Terlihat ada dua panah. Dengan demikian kita geser hasil Copy garis tersebut ke kanan dengan menggunakan anak panah. sehingga akan tampak hasilnya sebagai berikut: Gambar. Maka garis tersebut akan menjadi dua (tetapi masih dalam satu tempat). panah tersebut untuk membengkokkan garis dan silahkan Anda mencobanya. 13 . kemudian lepas dan tarik ke bawah dan klik lagi (usahakan lurus. Setelah di klik to curve maka garis tersebut akan menjadi seperti gambar di bawah ini: Gambar. klik Shape Tool. tetapi jika tidak juga tidak apa-sapa). Dan kemudian lakukan pada panah yang bawah sehingga menjadi seperti gambar berikut: Gambar. Kemudian klik kanan pada garis tersebut dan akan muncul menu sebagaimana terlihat pada gambar 10 berikut: Gambar. 10 Pada menu tersebut pilih To Curve. 12 Catatan: Setiap selesai membuat garis/ mengedit garis jangan lupa untuk mengklik Pick Tool Kemudian Copy garis tersebut dengan menekan tombol Ctrl+C pada keybord.Kemudian klik di sebuah titik dimana akan dimulainya jalan tersebut.

Cara menampakkan pojok-pojok garis bergambar panah rotasi dengan meng-klik dua kali garis tersebut. Setelah bergambar rotasi.- Kemudian kita menggunakan Bezier tool lagi untuk membuat garis sebagai berikut: Gambar. maka kita klik pada garis tersebut untuk merotasi garis agar sesuai. Tampak sebuah jalan menikung terus dari atas ke bawah dan ada sebuah perempatan di sana. dan kita sesuaikan dengan keinginan kita (sesuai dengan denah). maka kita arahkan mouse ke salah satu panah pojok tersebut dan kita klik satu kemudian kita geser ke kanan atau ke bawah. klik bezier tool + Kemudian klik pada garis akhir bawah pada garis melengkung yang kanan + Geser mouse ke kanan dan sekiranya cukup klik satu kali di tempat tersebut + Jika sudah jadi. maka akan tampak seperti gambar 16 di atas. kemudian memulai lagi membuat garis baru agar hasilnya tidak terus menerus bersambungan. mungkin garis tersebut belum sesuai dengan keinginan kita atau kurang melengkung. copy garis tersebut dan pindah ke kiri. Kemudian kita buat garis luruh di sebelah kiri garis lengkung tersebut. . 16 Setelah sesuai. Hasilnya sebagai berikut: Gambar. maka kita copy salah satu garis melengkung dan kita geser ke bawah sehingga tampak sebagaimana gambar 15 tersebut. lakukan hal tersebut sehingga seperti gambar di atas Catatan: Untuk mengakhiri bezier tool harus meng-klik Pick tool dulu. 15 Setelah kita copy. 14 + Pertama. Setelah garis-garis luruh jadi sebagaimana gambar 15 di bawah ini. Gambar.

17 3. 20 Oh iya. ada yang lupa. sesuaikan ukurannya dengan kotak tersebut dan diletakkan di atasnya. sebagaimana gambar berikut: Gambar. maka select (pilih) keduanya dan geser ke atas sedikit dan klik Text tool kemudian klik di bawah kotak tersebut dan tulis LOKASI. Dan usahakan sama… jika sulit bisa kita ulang beberapa kali. 19 Setelah segitiga tersebut sudah jadi. Berikut contoh hasilnya: Gambar. sehingga seperti gambar berikut: Gambar. Saya memilih tulisannya di bawah kotak dan segitiga tersebut. 18 Setelah itu buatlah sebuah segitiga yang akan ditaruh di atas kotak tersebut.- Tambahkan garis ke kanan pada bagian bawah kanan. maka akan tampak hasilnya sebagaimana gambar 21: . Membuat segitiga dengan Beizer tool saja. sebagaimana gambar 17 berikut: Gambar.  tulisan lokasi. Membuat Lokasi (tempat acara) Kemudian buatlah kotak dengan Rectangle Tool pada atas jalan tersebut.

kompas (arah mata angin utara) belum dikasih. Masih tampak kosong. Sebagai contoh saya beri warna hitam (nomor 2 dari atas) Gambar.22 . 23 4.Gambar. Dan inilah hasilnya setelah diberi warna hitam: Gambar. 21 Biar lebih menarik (mencolok) beri warna hitam pada segitiga di atas kotak dengan cara meng-klik warna yang terdapat pada bagian kanan lembar kerja. Berikut cara membuatnya: Buat segitiga dengan Bezier tool seperti gambar di bawah ini: .Gambar 22 adalah gambar pilihan warna.

Sehingga jadi hasilnya seperti ini: . 30 Lengkungkan panah tersebut. di tempatkan dimana-mana. kemudian mirrornya juga jangan lupa… Nah sudah jadi. maka akan tampak sebagai berikut hasilnya: Gambar. 29 Nah panah sudah jadi. 26 Klik salah satu (kanan atau kiri) segitiga tersebut dan beri warna hitam. 24 Kemudian copy segitiga tersebut Klik mirror pada gambar berikut: ^ Mirror yang ke kanan Gambar. Seperti di bawah ini: Gambar. Sudah lumayan bagus. dan menjadi melengkung seperti jalan. 25 Kemudian geser ke kanan hasi mirror. tapi ada yang kurang bukan? Sekarang kita membuat panah arah… Buat seperti gambar berikut dengan Beizer tool Gambar. sekarang buat yang melengkung sama seperti tadi membuat jalan. sebagaimana gambar di bawah ini: Gambar. sekarang waktunya untuk menyesuaikan besar dan kecilnya. kemudian copy salah satu anak panah.Gambar. 28 Kemudian garis lurusnya ke kiri sebagaimana gambar di bawah ini: Gambar. Tetapi itu masih belum yang melengkung. Tempatkan di kanan atas dan tepatkan ukurannya. 27 5.

Gambar. setelah itu pilih yang 1 point outline seperti gambar di bawah ini: Gambar. 33 Kemudian klik outline tool. Menambah tebal garis tepi Select (pilih) semua garis (seperti gambar 32) dan hasil pemilihan pada gambar 33: Gambar. seperti gambar berikut hasilnya: . 32 Gambar. Buat kotak mengelilingi denah lokasi Langkah terakhir sebelum penyimpanan menjadi gambar adalah memberi kotak pada denah lokasi yang telah kita buat. 6. 34 7. tetapi masih di corel draw dan garisnya masih tipis. 31 Gambar di atas sudah hampir selesai.

Gambar. 36 Kemudian akan muncul jendela baru: Gambar. misalnya .jpg. sebagaimana gambar di bawah ini: Gambar.jpg atau . kemudian export.png Klik Export Kemudian Ok Dan ada jendela baru lagi. klik Ok Kemudian silahkan chek pada folder dimana tempat menyimpan tadi… dan inilah kurang lebih hasilya: . 37 Pada File name tuliskan nama filenya Pada Save as type pilih format gambarnya. Kemudian kita simpan (export) gambar tersebut ke dalam format gambar yang bisa langsung dibuka seperti . 35 8. Pertama klik file. Akhirnya sudah jadi.

40 Biarkan jika penampakan dari Photoshop gambarnya jelek. Langkah akhir pembuatan denah lokasi biar mantap Buka gambar tersebut dengan Photoshop versi berapapun (kalau saya kebetulan CS 3). 38 Hasilnya masih aneh.Gambar. Ini sebelum dicrop: . Sekarang ikuti langkah akhir 9. karena tidak pas. kemudian pilih crop. seperti gambar di bawah ini: Gambar. 39 Gambar.

41 Kemudian tekan Enter Dan pilih file. akhirnya tutorial sederhana ini selesai.wordpress. .com Isna1907@yahoo. Semoga bermanfaat. save (Ctrl+S) Dan inilah hasil akhir setelah dicrop Gambar. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan melaui e-mail saya: Isna1907@gmail.com Atau mengunjungi blog saya: http://arexkediri. 42 ALHAMDULILLAH.com Jika belum memiliki coreldraw 11. 12 dan X3 bisa mengunjungi blog saya di tag software.Gambar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful