P. 1
MAKALAH KEIMANAN

MAKALAH KEIMANAN

|Views: 2,285|Likes:
Published by Didy N Ruhiyat

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Didy N Ruhiyat on Oct 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

MAKALAH

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM “KEIMANAN”

Disusun oleh: Kelompok III Muhamad Firman Ipah Hanipah Ratih Nurindah Sari

FKIP UNSIKA 2010 BAHASA INGGRIS

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, hanya berkat dan karunia Allah SWT, kami dapat menyelesaikan tugas Makalah Agama Islam yang membahas tentang “Keimanan”, Materi yang dibahas dalam makalah ini tentang Pengertian Keimanan, Tahap dan Tingkatan Iman, serta Keyakinan, Faktor-faktor yang mengurangi Keimanan. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Dosen kami yang terhormat, yaitu: H. Ceceng Syarif yang telah membimbing kami menyusun makalah ini serta rekan-rekan yang kami cintai. Akhirnya tak ada gading yang tak retak, kami sebagai penulis tentu tak luput dari kekurangan. Karena itu saran dan kritik konstruktif berbagai pihak sangat kami harapkan demi berlangsungnya iklim keilmuan yang sinergis dan dinamis.

Karawang, November 2010

Penyusun

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ……………………………………………………. DAFTAR ISI …………………………………………………………….. PENDAHULUAN I ……………………………………………………… a. Latar Belakang ……………………………………………………. b. Rumusan masalah ………………………………………………….. PENDAHULUAN II …………………………………………………….. a. Keimanan agama Islam ………………………………………….. b. Faktor-faktor mengurangi keimanan …………………………….. c. Tahap dan tingkatan iman serta keyakinan ……………………… KESIMPULAN ………………………………………………………….. DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………

PENDAHULUAN I

a.

Latar Belakang Penanaman keimanan jarang orang menyadari bahwa kunci pendidikan

terletak pada pendidikan agama di Sekolah, dan kunci pendidikan agama dalam rumah tangga ialah mendidik anak menghormati allah, orang tua, dan guru kunci menghormati Allah SWT, orang tua, dan guru terletak dalam iman kepada Allah. Iman ialah rasa, pengertian iman sebenarnya bukan terletak pada mengerti melainkan pada rasa iman, tegasnya, rasa selalu melihat Allah atau dilihat Allah. Kondisi seperti ini sama sekali tidak bila diterangkan dan dipahami dengan akal yang ada di dalam kepala.

b. Rumusan Masalah Adapun permasalahan yang akan dibahas ialah: 1. Pengertian keimanan. 2. Faktor-faktor yang mengurangi keimanan. 3. Tahap dan tingkatan iman serta keyakinan.

KESIMPULAN

Keimanan seseorang dapat dilihat dari akhlaq terpujinya. Beberapa sifat terpuji diantaranya: jujur, istiqomah dan lain-lain. Seperti rosul yang mempunyai gambaran seperti yang tertera di dalam Al-Qur‟an. Tahap-tahap keimanan dalam Islam dibenarkan di dalam qalbu, diikrarkan dengan lisan dan diamalkan. Faktor-faktor yang mengurangi keimanan adalah berkurangnya iman dengan meninggalkan sifat-sifat kesempurnaannya, berkurangnya iman dengan mengerjakan dosa-dosanya dan berkurangnya iman dengan meninggalkan cabangcabang keimanan.

DAFTAR PUSTAKA

Al-Attas, Syed Muhamad. Al-Naquib. 1979. Al-Attas, Syed Muhamad. Al Naqub. 1984. Konsep Pendidikan dalam Islam. Sulayman, fathiyah, Hasan. 1964. Al-Madhhab Al-Tarbawy „Ind AlGhazali. Aziz, Jum;ah. Amin Abdul. 1997. Fiqih Dakwah terj Abdus Salam Masyur. Solo: Era Intermedia.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, hanya berkat dan karunia Allah SWT, kami dapat menyelesaikan tugas Makalah Bahasa Indonesia yang membahas tentang “Proposal”, Materi yang dibahas dalam makalah ini tentang Pengertian Proposal, unsure-unsur proposal, dan contoh proposal Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Dosen kami yang terhormat, yaitu: Kiki Indrapuri, S.Pd yang telah membimbing kami menyusun makalah ini serta rekan-rekan yang kami cintai. Kami menyadari selaku penulis tentu tak luput dari kekurangan. Karen. Karena itu saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sekalian.

Karawang, November 2010

Penyusun

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR …………………………………………………… DAFTAR ISI …………………………………………………………….. PENDAHULUAN I ……………………………………………………… a. Latar Belakang …………………………………………………… b. Rumusan masalah ……………………………………………….. PENDAHULUAN II ……………………………………………………. a. Pengertian Proposal ……………………………………………… b. Sistematika Proposal ……………………………………………… c. Proposal formal …………………………………………………… d. Bahasa proposal …………………………………………………… e. Contoh proposal …………………………………………………… KESIMPULAN ………………………………………………………….. DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………

PENDAHULUAN I

a.

Latar Belakang Setiap kegiatan resmi di sekolah maupun masyarakat yang akan dilaksanakan

oleh sebuah kepanitiaan, umumnya membuat proposal kegiatan terlebih dahulu. Proposal merupakan rancangan kerja agar pelaksanaan kegiatan terencana dengan baik dan sistematis. Proposal dapat dijadikan salah satu acuan penilaian mengenai baik atau tidaknya rencana kerja yang akan dilaksanakan. Setelah pembelajaran ini diharapkan kami dan rekan-rekan sekalian mendaftar unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah proposal, menulis proposal sesuai dengan keperluan, membahas hasil tulisan proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan perbaikan.

b. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah: 1. Pengerian dari proposal. 2. Sistematika proposal 3. Proposal formal, dan 4. Bahas proposal

KESIMPULAN

Proposal merupakan rancangan kerja agar pelaksanaan kegiatan terencana dengan baik dan sistematis. Proposal sebuah karya tulis yang isinya tentang usulan mengenai perencanaan kegiatan yang terdiri dari sistematika proposal dari kegiatan umum dan kegiatan ilmiah sederhana.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->