Pengertian Java Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam.

Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Contoh Kode Program Sederhana Dalam Java Contoh program Halo dunia yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java adalah sebagai berikut: Code: class HaloDunia { public static void main(String[] argumen) { System.out.println("Halo Dunia"); } } Lebih Lanjut.... java adalah sebuah pemrograman yang bersifat OOP atau kata lainnya adalah, Object Oriented Programming,dimana didalamnya kita harus mememahami apa yang disebut dengan: encapsulation inheritance polymorphissm untuk mengatahui ini silahkan cari di google yah, sebab saya akan menjelaskan garis besarnya dasar java, dan yang terpenting adalah memahami bahasa pemrograman lewad contoh script yang sudah ada. Ok pada kali ini saya akan langsung memberikan bentuk dasar dari bahasa java.. dasar syntax dari java adalah seperti yang tertera dibawah ini: code dasar java: Code:

public class hello { public static void main(String[] args) {

} } nah seperti itu lah gamabaran global dari script java. Selanjutnya kita bisa menambahkan atau memodifikasi script itu secara sederhana: code 1: Code: public class hello { public static void main(String[] args) { System.out.println( Hallo java NetBeans ); } } output: Hallo java NetBeans perintah System.out.println digunakan untuk menampilkan data Setelaha kita bermain-main dengan script sederhana, sekarang kita akan melakukan basic dari java yang lainnya sekarang saatnya kita mengetahui type-type variable yang terdapat di bahasa pemrograman java. Untuk pengertian dari definisi variable gue anggap loh udeh pada

ngerti yah dalam java ada beberapa variable: byte short int long float double char String boolean untuk pengertian dari masing masing variable gue anggap juga loh semuanya udeh pada tahu yah, karena di bahsa pemrograman yang lain sudah sering dibahas, masa dibahas lagi sih, nanti jadi panjang dan g singkat donk sekarang setelah mengetahui variable variable apa saja yang terdapat dalam java, kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara mengdeklarasikan variable tersebut dalam code code deklarasi_variable: Code: public class Variables { public static void main(String[] args) { int myVariable }

xii cara lain pakai variable: code caralain_var: Code: public class lain { public static void main(String[] args) { int a = 5. ok ini sangat mudah. variabledua } } mudahkan..mari kita langsung pergi ke TKP (code) code deklarasi_variable_1: Code: public class Variablee { public static void main(String[] args) { int variablesatu. . kalo mau banyak yah tinggal di tambahkan saja varibalenya. xii..} nah seperti itu lah kita dapat mendeklarasikan variable didalam bahasa java. jika ada pertanyaan seperti ini: Bagaimana jika kita ingin mendeklarasikan 2 atau lebih variable yang sama jenis datanya???. Oh yah.

String bro = Hallo brother .out.println(a). jadi disini akan mencetak tuisan I is aqual 5 jika kondisi terpenuhi. perintah ini adalah untuk melakukan operasi apabila statement tersebut terpenuhi code if: Code: public class pilih { public static void main(String[] args) { int I = 5. System. Untuk lebih lanjutnya kita akan mengetahui pengertian dari beberapa operator: == berarti sama dengan != berarti tidak sama dengan .println(bro). } } mudahkan bukan. if (I == 5) System. karena ini hanya dasar. } } dan selanjutnya silahkan di exploitasi sendiri. dari sini kita bisa langsung paham dan mengerti.out.println( i is aqual 5 ). System. Untuk selnajutnya kita akan belajar mengenai IF argument atau biasa di sebut dengan IF decission atau pilahan menggunakan statement IF. jika tidak terpenuhi maka tidak akan mencetak.out.

. if (a == 3) System.out. Code: Code: public class ifnest { . maka kita sekarang akan mengtahui bagaimana fungsi dari if bersarang atau juga biasa di sebut nested if.else code: Code: public class codeifels { public static void main(String[] args) { int a = 2.println( a is aqual 3 ).. else System. } } nah setelah kita mengtahui bagaimana if dan if.else.println( a is not equal 3).out.>= berarti lebih besar sama dengan <= berarti lebih kecil sama dengan > berarti lebih besar < berarti lebih kecil sedikit contoh code pengunaan if.

switch deccission ada laha melakaukan sebuah pilihan dengan sama dengan if decission tapi bedanya ini melakukan pilihantanpa melihad kondisi terpenuhi apa tidaknya. } } ok setelah mengetahui bagaimana if bersarang. else System.println( Negative ).out. switch(b) { .println( Positive ). else if (a > 0) System. Code: Code: public class pilih { public static void main(String[] args) { int b = 3.out. langsung saja kita melihat code yang tersdia.println( Zero alias Nol ). maka saatnya kita belajar switch decission.public static void main(String[] args) { int a = 1. if (a < 0) System.out.

break. case 3: System. for (q = 0.println( b is 1 ).println( Ulang ).out. atau dikenal sebagai perulangan.println( b is 2 ).println( b is 3 ). } } oke deh.out.case 1: System.q <= 10.out.out.out.println( Invalid value you inputed ). For looping( perulangan dengan for statement) code: Code: public class ulang { public static void main(String[] args) { int q . case 2: System. } } . sekarang saat belajar looping. default: System.q++) System.

} } dan untuk perulangan dengan memakai do. Untuk contoh perulangan dengan while loop code: Code: public class ulangg { public static void main(string[] args) { int s = 1. while ( s <= 10) System..while code : Code: public class ulanggg { public static void main(string[] args).out.println( ulang ). { int d = 1. do { . s++.q++ adalah fungsi increement untuk penambahan bilangan yang akan di ulang jika kondisi yang dikerjakan tidak terpenuhi.

System. sebelumnya mungkin kalian sudah ada yang tahu mengenai tetang array. Code : . d++. Code: Code: public class larik { public static void main(string[] args) { int [] a. } while (d <= 5) } } wah sekalian telah mengerti kan dasar dari pemrograman java. deklarasi array secara umum. atau bisa juga disebut dengan matrik. yaitu array. seandainya kita mengusai yang terdahulunya seperti pascal. namanya juga share ilmu. sebab ini sama dengan bahasa pemrograman yang terdahulunya. } } setalah mengetahui bentuk dasar dari array sekarang kita akan membuat array itu berisi dengan sebuah nilai.. mudah bukan. c. kalo salah gue mohon maaf aja yah.. maka pemrograman java basic sangatlah mudah di mengerti. sekarang saatnya kita melanjutkan inti dari berbagai pemrograman yang ada. dan c++. array adalah sebuah larik. sedikit gue akan mengulangi pengertian array yang gue pelajarin selama ini.out.println( lang ).

tergantung si programmer yang buatnya. } } dari code diatas kita tahu bahwa sekarang array telah di definisikan dan di beri nilai sebesar 5 array juga bisa di definisikan denga perintah seperti ini.Code: public class larik { public static void main(string[] args) { int [] a = new [5].56}. sekarang kita akan belajar bagaimana array dapat digunakan.34. code : Code: public class matrik { public static void main(string[] args) { int [] g = {12. Code : Code: public class uselarik .45.23. } } nah setelah kita tahu bagaimana array.

} } contoh lainnya code : Code: public class lain { public static void main(string[] args) { int [] h = new int[5]. w[1] = 2.w++) h[w] = 0. w[0] = 1. for (int w = 0. w[3] = 4. w[4] = 5. } } . w[2] = 3.w <= 5. { int [] w = new int [5].{ public static void main(string[] args).

dan banyaknya fitur fitur baru yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya membuat java semakin melejit.print(). Sebenarnya cukup dengan memiliki compiler java. yaitu versi java yang digunakan untuk personal computer maupun notebook. Keunggulan dari Java yang lainnya adalah. kita sudah bisa mulai membuat aplikasi dengan menggunakan java. akan mengeluarkan output berupa Hello Words !!! . Untuk memulai membuat aplikasi dengan menggunakan Java kita harus mendownload compiler untuk java terlebih dahulu.Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati oleh banyak orang sekarang. Selain itu mudah dan simplenya syntax dari java juga membuat bahasa pemrograman yang satu ini banyak diminati. Setelah menginstall JDK dan Netbeans mari kita mulai membuat program dengan menggunakan Java. dll. } } Maka setelah program diatas kita compile. seperti Mobile Phone. Sedangkan J2EE adalah versi java yang digunakan untuk platform besar. yaitu Netbeans. perhatikan contoh penggunaannya dibawah ini. atau untuk aplikasi aplikasi bersekala besar. terdapatnya J2ME (Java 2 Platform Micro Edition). System. Untuk method yang mirip ini akan tetapi tidak berganti baris setelah selesai menampilakan text adalah System.out. akan tetapi jika kita mengalami kesulitan ketika meng-compile ataupun men-debug program kita maka saya sarankan untuk menginstal IDE untuk java sekalian.out. Dimana J2ME adalah versi Java yang digunakan untuk platform platform kecil. PDA . yaitu JDK.out. public class Welcome { public static void main( String args[] ) { System. karena fiturnya lengkap dan memudahkan kita saat membuat program. Tingkat kompatibelitas yang tinggi.println( "Hello Words !!!" ). public class Welcome { public static void main( String args[] ) . Mungkin saya sedikit merekomendasikan penggunaan Netbeans sebagai editor. Nah yang akan kita pelajari saat ini adalah J2SE.println( "Hello Words !!!" ). J2SE (Java 2 Platform Standart Edition) dan J2EE (Java 2 Platform Entreprise Edition). ini adalah method yang digunakan untuk menampilkan text didalam java dengan karakter setelah mencetak text yang kita inginkan ia langsung berganti baris. untuk permulaan perhatikan contoh dibawah ini yang merupakan program “Hello Word” menggunakan Java. Eclipse maupun JCreator.

print( "Words !!!" ).out.print( " Hello\nWords!!!" ). Supaya lebih jelas perhatikan program dibawah ini : public class Welcome { public static void main( String args[] ) { System.out. yaitu karakter karakter tertentu yang dipergunakan dalam bahasa pemrograman untuk memodifikasi pencetakan text. } } Maka output dari program diatas adalah Hello Words!!! Penggunaan escape character \n berfungsi untuk mengganti baris dari proses pencetakan text tersebut . System.print( "Hello " ). } } Maka setlah kita compile program diatas juga akan menghasilkan output yang sama yaitu Hello Words !!! Selanjutnya kita akan mempelajari tentang escape character.out.{ System.

out.print( " Masukan Bilangan Bulat Kedua: " ). } } import java.nextInt().println( "Jumlahnya Adalah : "+sum ). . dimana class tersebut digunakan untuk mengambil inputan dari user Scanner input = new Scanner( System. Menunjukan bahwa variable number1 digunakan untuk menampung inputan pertama dari user jumlah = angka1 + angka2. System. import java.println( "Jumlahnya Adalah : "+sum ). variable yang bernama input tersebut digunakan untuk mengambil inputan dari user angka1 = input.Scanner.nextInt(). System. Adalah cara untuk menampilkan suatu variable pada layar.in ).out. Pembagian #contoh : c = a / b. dimana program akan meminta inputan berupa dua buah bilangan integer atau bilangan bulat kepada user dan menampilkan hasil penjumlahannya ke layar.b.in ). angka1 = input. jumlah = angka1 + angka2.print( "Masukan Bilangan Bulat Pertama: " ). Pengurangan #contoh : c = a .Setelah kita membahas program Hello Words sederhana. jadi yang akan ditampilkan adalah text “Jumlahnya Adalah :” dan nilai dari variable jumlah. Sebagai contoh pertama perhatikanlah program dibawah ini. Scanner. int angka1. selanjutnya kita akan membahas mengenai input dan output yang digunakan dalam Java. Adalah pengambilan class dalam java library. angka2 = input. Adalah sebuah instansiasi variable input yang nantinya. public class Penjumlahan { public static void main( String args[] ) { Scanner input = new Scanner( System. Output dari program diatas adalah : Masukan Bilangan Bulat Pertama: 35 Masukan Bilangan Bulat Pertama: 65 Jumlahnya Adalah : 117 Selain penjumlahan operator artimatikan dalam Java juga bisa berupa : Perkalian #contoh : c = a * b. int angka 2.util.out.util.out. Modulo #contoh : c = a % b.nextInt(). System. Adalah operasi aritmatika yang menunjukan bahwa variabel jumlah diisi oleh penjumlahan dari variable angka1 dan angka1 System. int jumlah. Menunjukan bahwa variable number1 digunakan untuk menampung inputan pertama dari user angka2 = input.nextInt().

Kasus tersebut adalah contoh sederhana dari sebuah kasus percabangan. public class Grade { public static void main( String args[] ) { Scanner input = new Scanner( System. sebagai contoh lain adalah berikut : “Jika nilai lebih dari 60 maka lulus” hal ini bisa digambarkan dalam flowchart seperti dibawah ini : Maka dalam flowchart tersebut diilustrasikan bahwa jika “grade” lebih dari sama dengan 60 maka akan di-print “paseed”. yaitu menggunakan struktur “if. } } } Dalam program diatas dapat kita lihat bahwa percabangan sederhana dalam pemrograman komputer direpresentasikan dengan menggunakan if else.out. int grade = input.nextInt(). kita juga bisa menggunakan multi percabangan. } else { System. dimana pertama tama kita akan membahas tentang struktur percabangan. if ( grade >= 60 ) { System.in ). Sebagai contoh perhatikan kalimat berikut : “Jika hari hujan maka jalanan licin” sedangkan keadaan yang terjadi adalah hari tidak hujan maka jalanan tidak licin. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut : if (kondisi1) { Tindakan1 } else if(kondisi2) { Tindakan2 } else if(kondisi3) . Dimana cara penggunaannya adalah sebagai berikut: if ( kondisi ) { Tindakan1 } else { Tindakan2 } Selain percabangan ini.out.println( "Passed" ).util. Perbedaannnya adalah percabangan ini bisa digunakan untuk multi kondisi sehingga tidak hanya terbatas pada dua kondisi seperti if esle.else if”. hal ini dapat direpresentasikan dalam java sebagai berikut : import java.println( "Failed" ).[B]Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Control Statements. Yaitu sebuah cara dimana program akan membuat suatu decesion atau keputusan terhadap apa yang akan dilakukannya.Scanner.

out. } else if ( studentGrade >= 60 ) { System.println( "B" ).{ Tindakan3 } else if(kondisi4) { Tindakan4 } else { Tindakan5 } Untuk contoh programnya adalah sebagai berikut : import java.out. switch (angka) { case 1: System. jika 3 maka yang keluar adalah Tiga . if ( studentGrade >= 90 ) { System. } } } Selain menggunakan if.out.out. default: System. case 3: System.in ). break. jika kita inputkan 1. Sebagai contoh perhatikan program dibawah ini : public class Grade { public static void main( String args[] ) { Scanner input = new Scanner( System. jika 2 maka yang keluar adalah Dua .util. case 2: System.println( "C" ).println( "D" ).in ). } } } Maka ketika kita compile program diatas akan meminta inputan bilangan integer. break. . int angka = input. maka yang keluar adalah Satu . } else if ( studentGrade >= 70 ) { System. public class Grade { public static void main( String args[] ) { Scanner input = new Scanner( System.println( "F" ). else if.nextInt(). Ataupun Tiga!!!. } else if ( studentGrade >= 80 ) { System. Dua. Ataupun Tiga!!!"). kita juga bisa menggunakan Switch Case untuk merepresentasikan multi percabangan.out.println("Tiga").out. Dua.println( "A" ). int studentGrade = input.out.out.println("Satu"). break.out.nextInt().Scanner.println("Bukan Satu.println("Dua"). break. dan jika lain itu maka yang keluar adalah Bukan Satu. } else { System.

jika c++ ia melakukan prosess dulu baru mengincrement nilai c. Untuk lebih jelas perbedaan dalam penggunaannya maka perhatikan contoh program dibawah ini : public class Increment { public static void main( String args[] ) { int c. -. selanjutnya dilakukan increment atau penambahan pada angka yang akhirnnya sekarang variable angka bernilai 2. Nah sekarang mari kita bahas tentang perulangan.println( ++c ). System.out. then increment a by 1. System.println( c ). tapi jika ++c ia mengincrement nilai c terlebih dahulu baru melakukan proses. System.Use the current value of b in the expression in which b resides. System. terus di cek apakah Angka kurang dari 10 dan jika benar maka iterasi berjalan ke pencetakan angka yaitu “1”. Pertama tama kita inisialisai variable integer Angka dengan nilai 1. selanjutnya . System.println( c++ ).Sebelum menginjak ke Control Statements kedua yaitu perulangan atau “looping” kita akan membahas tentang increment decrement terlebih dahulu. kalo decrement adalah prosess pengurangan suatu bilangan dengan suatu konstanta. then use the new value of a in the expression in which a resides. -. Increment adalah proses iterasi atau penambahan suatu bilangan dengan suatu konstanta.out. c = 5. } }Maka output dari program diatas adalah sebagai berikut : 5 5 6 5 6 6 Perbedaan antara c++ dan ++c adalah penaruhan prosess incrementnya.println().out.println( c ).prefix decrement --b Decrement b by 1.out.println( c ). System.out. c = 5. ++ postfix increment a++ Use the current value of a in the expression in which a resides.out. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut : ++ prefix increment ++a Increment a by 1. then decrement b by 1. System.println( c ).out. then use the new value of b in the expression in which b resides.postfix decrement b-. untuk pertama kita akan bahas perulangan menggunakan while().

out. hal ini tentu saja bisa dibuat menggunakan while. yang akan kita bahas adalah perulangan yang menggunakan “for”. ++counter. do { System. dan jika dilihat flowchart diatas menghasilkan sederetan angka sebagai berikut : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Untuk reperesentasi ke bahasa pemrograman adalah sebagai berikut: public class WhileLooping { public static void main( String args[] ) { int angka = 1. begitu seterurnya hingga ankhirnya angka bernilai 11 dan setelah dicek ternyata angka tidak lagi kurang dari 10 maka perulangan berakhir sampai disini. perulangan menggunakan “for” kita gunakan jika kita telah mengetahui berapa kali perulangan akan dilakukan. misalnya sampai user menginputkan -1. Untuk contoh programnya adalah sebagai berikut : public class DoWhileTest { public static void main( String args[] ) { int counter = 1. sebenarnya inti dari perulangan “for” sama dengan perulangan yang menggunakan “while”. bari ia mengecek dam membuat keputusan apakah looping harus dilanjutkan atau tidak.out. } } } Selanjutnya kita akan membahas tentang perulangan menggunakan do-while. setelah selesai akan mengerjakan assigment.println(angka). 10kali.println(counter). } } Perulangan yang terakhir. akan tetapi kelebihan while adalah dia juga bisa melakukan perulangan dimana kita tidak tahu sampai kapan perulangan itu akan berhenti. tetapi assigment. ++counter.dicek lagi apakah angka kurang dari 10. supaya lebih mudah perhatikan flowchart dibawah ini : Gambar 4.2 Maka dari gambar Diatas akan terlihat jelas bahwa. misalnya 5kali. dan ternyata benar maka dilakukan pencetakan angka “2”. nah dalam hal ini kita tak pernah tahu berapa . atau nkali perulangan. akan tetapi perbadeaannya adalah dalam pemakaiannya saja. }while ( counter <= 10 ). dalam perulangan dowhile yang dilakuan terlebih dahulu bukanlah pengecekan seperti perulangan dengan while. while ( angka <= 10 ) { System.

yang kita tahu hanyalah perulangan akan berhenti kita kita menginputkan -1. Untuk lebih jelasnya perhatikan flowchart dibawah ini : Flowchart tersebut tidak berbeda jauh dengan flowchart while. counter++ ) { System. hal ini membuat setiap perulangan yang menggunakan for bisa diubah menjadi while.kali perulangan yang terjadi. Untuk representasi javanya dibawah ini : public class ForCounter { public static void main( String args[] ) { for ( int counter = 1. counter <= 10.out. akan tetapi perulangan while belum tentu bisa diubah menjadi for. } } } Untuk statement for yang lebih umum adalah sebagai berikut : .println( counter ).

11 pada indeks ke-1.out. for ( int counter = 0. public class InitArray { public static void main( String args[] ) { int array[] = new int[ 10 ]. misal array[4][4]. 90.printf( counter + “\t”+array[ counter ]). 70. . System.out. counter <> { System. } } } Maka ketika kita compile. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambarannya sebagai berikut : Jika kita mendeklarasikan variable primitif sebagai contoh int a = 10.printf( "Index\tValue" ). Berikut ini adalah contoh implementasi array pada java. array multi dimensi memiliki indeks legih dari satu digit. output array tidak lagi bernilai 0. Dengan demikian array “A” memiliki panjang 4 dan memiliki tipe data integer. maka dalam memori komputer akan menyimpan nama dari varibel tersebut beserta valuenya.printf( "Index\tValue" ). perhatikan contoh program dibawah ini : public class InitArray { public static void main( String args[] ) { int array[] = { 32. counter <> Maka setelah kita compile akan menghasilkan output demikian : Index Value 0 0 1 0 2 030405060708090 Contoh diatas merupakan array yang belum diberi nilai. kita juga bisa membuat array multi dimensi. 37 }.out. 27. dan 27 pada indeks ke 3. 64. Perbedaannya dengan array adalah. 18. for ( int counter = 0. berbeda dengan contoh contoh diatas tersebut. nah selanjutnya kita akan bahas mengenai bagaimana memberi nilai pada array tersebut. 14. dalam suatu varibel yang dideklarasikan sebagai array dia bisa menyimpan value lebih dari satu pada indeks yang berbeda maka dalam ilustrasi diatas bisa diartikan bahwa variabel array “A” dengan tipe integer memiliki nilai 10 pada indeks ke-0. karena sudah kita isi nilai didalamnya. perhatikan outputnya dibawah ini : Index Value 0 32 1 27 2 64 3 18 4 95 5 14 6 90 7 70 8 60 9 37 Penggunaan Array tidak hanya terbatas disitu saja. maka setiap indeks dalam array akan diisi nilai 0 oleh Java.Array adalah salah data type yang terdiri dari beberapa elemen atau kumpulan kumpulan values dari variable yang sejenis. 60. System. 19 pada indeks ke-2. 95. hal ini dapat direpresentasikan bahwa array tersebut memiliki jumlah kolom 4 dan baris 4.

14. 16 } }. 3. 2. 4 }. { 5. 7. { 5. 12 }. for(int i=0. 10. j="0. 8 }."> Maka jika kita compile akan menghasilkan output seperti dibawah ini : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 . 6. 10. { 13. 4 }. 6. i<4. 11. 15. 11.Gambar 5. 14. 15. { 9. { 9. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh program dibawah ini : public class Main { public static void main(String[] args) { int array[][] = { { 1. 12 }. 8 }. 7.3 Deklarasi array multidimensi tanpa memeberi nilai adalah seperti dibawah ini : int array[][] = new int[ 10 ]. { 13. 2. 3. dan untuk deklarasi array sekaligus memberi nilai pada array tersebut adalah seperti ini : int array[][] = { { 1. 16 } }.

} } } Maka ketika kita compile yang keluar bukanlah string "abcdefghij" akan tetapi justru sebaliknya yaitu "jihgfedcba".print(kata.nextLine(). sebagai contoh adalah mencetak suatu string secara terbalik seperti dalam contoh dibawah ini : public class Main { public static void main(String[] args) { String kata = "abcdefghij". sehingga karakter “a” pada stringg tersebut berada pada indeks ke-0 dan karakter “j” berada pada indeks ke “9”. i--) { System.charAt(i) adalah method yang digunakan untuk mendapatkan karakter string pada indeks ke-i. bahakan string bisa disebut array of char. sehingga membentuk suatu tipe data baru yang bisa menyimpan susunan huruf atau karekter lainnya. for(int i=kata.charAt(i)).length() Adalah method yang digunakan untuk mendapatkan panjang dari string tersebut. kata. public class Main { public static void main(String[] args) { Scanner in = new Scanner(System. System. yaitu array dari tipe data char (karakter).length()-1. kata. Untuk method method apa saja yang terdapat pada string bisa dilihat di Java Doc ketika menggunakan IDE NetBeans. output dari program diatas adalah : Nama Anda : Yohanda Mandala Selain itu kita juga bisa melakukan suatu rekayasa pada tipe data string dengan menggunakan method methodnya.String adalah suatu tipe data bentukan seperti halnya array. untuk penghitungannya dimulai dari 0. } } Jika kita compile program diatas akan meminta inputan dari user dan menampilkannya di layar.out.out. i>=0. . String nama = in.in). Didalam hal ini panjang dari string tersebut adalah 10.println("Nama Anda : " + nama).

untuk contoh method yang menerima passing variable tertentu perhatikan contoh dibawah ini : public class Main { public static void main(String[] args) { Maksimum(5. } static void Print() { System. Keyword void merupakan salah satu indikasi bahwa method ini tidak mereturn/mengembalikan nilai apapun. Method diatas adalah salah satu method yang tidak menerima passing variable apapun dan juga tidak mereturn variable apapun. } } Bagian yang diblok warna abu abu tersebut merupakan method berguna untuk mencetak string "Method Print Sukses Dipanggil!!!" tersebut.out.println("Dua Bilangan Tersebut Sama Besar"). merupakan faktorial bilangan n-1 dikali dengan n. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini : 5! = 4! * 5 4! = 3! * 4 3! = 2! * 3 2! = 1! * 2 1! = 1 Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa sebenarnya faktorial dari bilangan n. peristiwa pemanggilan method oleh dirinya sendiri inilah yang disebut rekursif.out.println("Nilai Maksimumnya Adalah : "+a). sehingga ketika mengerjakan program tersebut bisa dilakukan pembagian tugas kepada beberapa orang. Untuk lebih jelasnya perhatikan program dibawah ini : public class Main { public static void main(String[] args) { Print(). int c) { if(a>c) { System. } else { System. Ketika kita sudah mendevelop program dalam sekala besar maka kita perlu menggunakan yang namanya method. 7). maka kita harus menghilangkan keyword void pada method yang kita buat dan menggantikannya dengan jenis variable kembalian kita. } static int Kuadrat(int a) { return a * a. } } Untuk membuat method yang memiliki nilai kembalian/return value. atau return value.println("Nilai Maksimumnya Adalah : "+c). atau bahkan memanggil method itu sendiri. Keyword static disini diperlukan karena method tersebut berada di main class yang juga bersifat static sehingga method method menyertainya juga harus bersifat static. untuk method yang mereturn/mengembalikan suatu nilai tertentu akan kita bahas nanti. } static void Maksimum(int a.out.out. Contoh sederhana dari rekursif adalah faktorial (!). dan begitu seterusnya hingga n=1.out. Ketika n=1 .Method atau fungsi dalam java adalah suatu cara untuk memecah program menjadi beberapa bagian. Dimana method tersebut dipanggil pada bagian yang diblok warna kuning diatas. sebagai contoh perhatikan program untuk mencari nilai kuadrat bilangan integer dibawah ini dibawah ini : public class Main { public static void main(String[] args) { System. } else if( a <> { System.println("Method Print Sukses Dipanggil!!!"). dimana dalam contoh tersebut nilai kembalian / return value berupa integer.println( Kuadrat(5) ). Selain itu ada juga method yang memiliki nilai kembalian. dan dari dua variable integer yang dipassingkan tersebut akan dicetak variable mana yang lebih besar. Pengenalan Teknik Rekursif Dalam suatu method kita dapat memanggil method yang lainnya. } } } Dari contoh diatas dapat kita ketahui bahwa method Maksimum membutuhkan dua variable integer untuk dipassingkan.

Untuk implementasinya pada java.println(Faktorial(5)). jika tidak ada base case maka method rekursif ini akan mengalami infinite loop yang akan menghabiskan memori.1). .maka ada kasus spesial yaitu 1!=1. } } } Seperti halnya perulangan biasa.out. } else { return n * Faktorial(n . perhatikan program dibawah ini : public class Main { public static void main(String[] args) { System. } static int Faktorial(int n) { if (n == 1) { return 1.

Kemudian Tekan OK dan simpan semua pekerjaan. Download J2SDK Installer DI SINI 2. ubah patch dengan cara Klik Kanan My Computer > Advanced >Environment Variables 4. Ingat jangan hapus patch yang ada dan jangan lupa tambahkan tanda .C:\j2sdk1. Untuk Mengecek apakah Commnd Prompt dapat menjalankan perintah java maka bukalah CMD lalu ketikan javac. Lihat Gambar : 6.Banyak yang mengalami kesulitan untuk penginstallan J2SDK karena proses installasi yang sedikit beda karena harus merubah patch pada komputer.4.1\bin pada patch. Setelah proses installasi selesai. Kali ini ciebal akan memberikan sedikit pencerahan tentang cara menginstall Java 2 Sofware Development Kit atau lebih dikenal dengan J2SDK. tambahkan . sebelum menambahkan patch. Apabila proses berhasil maka akan tampil pada CMD seperti berikut ini : Apabila gagal maka yang akan tampil adalah : Semua proses installasi selesai. Kemudian pada System Variables pilih Patch > Edit 5. Install software seperti biasa 3. Berikut cara installasinya : 1. sekarang silahkan berkreasi dengan programprogram ciptaan ente . Terdapat beberapa patch.

System.close().println("Komunikasi terhubung"). while ((greeting=br.getHostAddress() + " : " + s.in)).getLocalPort()). } } } // program klien : Simpan dalam ClientKu1.out.out.*.*.*.println("Client pada port = "+ s. System.println("Selesai"). Socket s = ss.").").readLine())!=null) { System System.getLocalPort()).println("Client pada port = "+ s.1".getInetAddress(). System.println("Menunggu pesan.close(). . import java.2002).println("Klien telah masuk").net.println(greeting). } System. String greeting = "".class import java.accept().getPort()).0.0. import java.readLine()).println("Menunggu Klien.. br..printStackTrace().*.out.out.java // kompile menjadi ClientKu1.out.getOutputStream(). } pw.close(). String greeting = "".out.out.class import java. PrintWriter pw = new PrintWriter PrintWriter(s. System. true).out. Membuat Aplikasi Chatting Dengan Java // program server: simpan dalam ServerKu1. BufferedReader br = new BufferedReader( new InputStreamReader(s.java // kompile menjadi ServerKu1.getHostAddress() + " : " + s..out. System.getPort()). ss.getHostAddress() + " : "+ s.getInputStream())).io. while(!(greeting=br.Source Code/program Program Java : 1.out. s. System.close(). } catch (Exception e) { e..println(greeting). public class ClientKu1 { public static void main(String[] args) { try { Socket s = new Socket("127.println("Server pada port = "+ s.equals("")) { pw. System. BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System. System. public class ServerKu1 { public static void main(String[] args) { try { ServerSocket ss = new ServerSocket(2002).getLocalAddress().getHostAddress() + " : "+ s.io.getInetAddress().net.println("Server pada port = "+ s.getLocalAddress().

try { port = Integer.out. public class ServerKu2 { public static void main(String args[]) { int port.printStackTrace(). } } } 2.class import java. try { port = Integer.accept().println("Server menunggu klien di port " + server_socket. port = 2000.java // kompile menjadi ServerKu2.close().out.*. } catch (Exception e) { e. public class ServerKu2 { public static void main(String args[]) { int port.net. } .out. System.getLocalPort()).io. } catch (Exception e) { System. Client mengirim data ke Server // program server : Simpan dalam ServerKu2. ServerSocket server_socket.getInetAddress() // program server : Simpan dalam ServerKu2.parseInt(args[0]). // server mondar-mandir disini while(true) { Socket socket = server_socket.parseInt(args[0]).s. ServerSocket server_socket. BufferedReader input.*.class import java.java // kompile menjadi ServerKu2.println("port = 2000 (Standarnya)"). BufferedReader input.net. } try { server_socket = new ServerSocket(port). System.io. import java.println("Hubungan baru diterima " + socket.*.*. import java.

out. port = 2000. . System. } // Client menutup hubungan try { socket. // menampilakan data yang diterima try { while(true) { String message = input. PrintWriter output.io. String server = "localhost". input = new BufferedReader(new InputStreamReader(socket. System. if (message==null) break.println(e).println("Client telah menutup hubungan").out.net. } try { server_socket = new ServerSocket(port). } } catch (IOException e) { System.*.accept(). Socket socket = null.println(e).*.println(message).readLine(). BufferedReader input. // program client : Simpan dalam ClientKu2.getInetAddress() + ":" + socket.out.out.catch (Exception e) { System.close().class import java. public class ClientKu2 { public static void main(String[] args) { int port = 2002. System.println("Server menunggu klien di port " + server_socket.java // kompile menjadi ClientKu2.println("Hubungan baru diterima " + socket. } catch (IOException e) { System. import java. String lineToBeSent.getLocalPort()).getPort()). int ERROR = 1.out.getInputStream())). System.out.// server mondar-mandir disini while(true) { Socket socket = server_socket.out.println("port = 2000 (Standarnya)").

} catch (UnknownHostException e) { System. port).exit(ERROR).// read arguments if(args. } } // Koneksi ke server try { socket = new Socket(server.getInetAddress() + ":" + socket. System.getOutputStream().println("server port = 1500 (Standarnya)").true).in)).out.parseInt(args[1]).out. System.getPort()). .println("Terkoneksi ke server " + socket. output = new PrintWriter(socket.out. port = 2002. System.println(e).out. } catch (IOException e) { System. } catch (Exception e) { System.println(e).length == 2) { server = args[0].exit(ERROR). try { port =Integer. } try { input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.

Tulis / Ubah. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori 4.java'. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin . Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java 5. Muat.class' 3. Kompilasi. Jalankan.1. Verifikasi. 2. Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program menjadi bentuk berkas '. Pemrogram menulis program dan menyimpannya di media dalam bentuk berkas '.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful