PENGETAHUAN UMUM PENDIDIKAN JASMANI (PUP

)

A. ASAS DAN FALSAFAH PENJASKES 1. Asas 2. Falsafah 3. Filsafat (PHILOSOPHY) : dasar, dasar cita – cita (KBBI). : pandangan hidup (KBBI). : ilmu pengetahuan dan penyelidikan yang mempergunakan akal budi atau ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, epistemologi.

B. HAKIKAT OLAHRAGA Olahraga berasal dari kata DISPORTER (SPORT) yang artinya bersenang – senang, penghibur dan pemeliharaan. Istilah yang digunakan dalam penjas ◊ 1945 – 1950 ◊ 1950 – 1961 ◊ 1962 - 1975 ◊ 1976 – 1982 : Gerak Badan atau Taiso : Pendidikan Jasmani ( SGPD ) : Olahraga ( SMOA ) : Pendidikan Olahraga dan kesehatan ( SGK / SGO ) (DEP.OLAHRAGA – DEPDIKBUD ) : Pendidikan Jasmani (UUD NO.2 1989 ) : “ Pendidikan Olahraga dan Kesehatan ” diubah menjadi “Pendidikan Jasmani “.

◊ 1982 – 1995 ◊ Mendikbud NO. 413 / U / 1987

C. PERBEDAAN ANTARA PLAY, GAMES DAN SPORT ◊ Play : Suatu aktifitas yang tidak terikat dan sukarela dengan tujuan untuk kepuasan dan kesenangan. : Play yang sudah mempunyai bentuk dan peraturan. : Games yang dikhususkan.

◊ Games ◊ Sport

Adapun pengertian PENDIDIKAN JASMANI menurut para ahli antara lain : 1. kultural. intelektual dan emosional ( MENDIKBUD 1987 ). neuro – musculair. 2. : Pendidikan Jasmani adalah bentuk pendidikan yang memberikan perhatian pada pengajaran pengetahuan. DEFINISI PENDIDIKAN JASMANI Pendidikan Jasmani merupakan bagian yang integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan individu secara organik. 4. sosial. PENDIDIKAN JASMANI MENURUT MENPORA Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang yang dilakukan secara sadar dan sistimatik melalui kegiatan fisik untuk memperoleh keterampilan jasmani. emosional dan estetika. syaraf otot. ◊ Volter & Eslinger (1964) ◊ Seaton (1974) ◊ Baley & Field (1976) . sikap dan keterampilan gerak manusia.D. kecerdasan dan pembentukan watak. 3. PENDIDIKAN JASMANI MENURUT RIJSDROP Pendidikan Jasmani merupakan aksi motorik untuk mengembangkan kepribadian menuju kearah kedewasaan yang secara mandiri mampu menunaikan tugas hidupnya. PENDIDIKAN JASMANI MENURUT BUCHER Pendidikan Jasmani merupakan proses pendidikan yang memberikan perhatian pada aktifitas pengembangan jasmani manusia dan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan (1983). : Pendidikan jasmani adalah fase pendidikan melalui aktifitas fisik. PENDAPAT LAIN ◊ Nixson & Cozens (1959) : Pendidikan Jasmani adalah fase dari proses pendidikan keseluruhan yang berhubungan dengan aktifitas. : Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui aktifitas fisik yang akan menghasilkan adaptasi pada organik. intelektual.

5.dan mental manusia demi kebahagiaan dan kesejahteraan pribadi dan masyarakat. 4. Bentuk Belum tentu berbentuk pertandingan dan perlombaan G. 5. dan membina potensi fisik. 3. Olahraga menurut UNESCO yaitu Olahraga adalah aktifitas fisik berupa permainan yang berisi perjuangan melawan diri sendiri. DEFINISI OLAHRAGA Olahraga adalah kegiatan manusia yang wajar. F. Bahan Ajar Perhatian Peraturan Gerakan PENDIDIKAN JASMANI Pendidikan yang menyangkut seluruh aspek kepribadian anak Disesuaikan dengan kemampuan anak dan latihan terpusat pada anak Dipusatkan pada tingkah laku anal dan anak yang tertinggal tetap diperhatikan Tidak ada pembakuan peraturan Gerakan dalam kehidupan sehari – hari OLAHRAGA Prestasi Program latihan target harus tercapai Tidak berbakat di ganti Peraturan telah baku Fungsional dalam cabang olahraga yang bersangkutan (khusus) Berbentuk pertandingan dan perlombaan 6. sesuai dengan kodrat ilahi untuk mendorong .E. mengembangkan. 3.orang lain dan unsur – unsur alam. 4. Tujuan 2. KERJA Terpaksa Tidak ada kegembiraan Mendapatkan uang Terikat waktu Tidak berpikir sepenuhnya OLAHRAGA REKREASI Sukarela Gembira Tidak mendapatkan uang Tidak terikat waktu Berpikir penuh . rohani. PERBEDAAN ANTARA OLAHRAGA REKREASI DAN BEKERJA NO 1. PERBEDAAN ANTARA PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA NO ASPEK 1. 2.

Balance. Untuk WANITA terarah pada : Speed. Agility. CABANG OLAHRAGA ◊ Atletik ◊ Permainan ◊ Senam ◊ Bela Diri ◊ Olahraga Air ◊ Olahraga Dirgantara ◊ Olahraga Khusus . H. Agility. Strenght. Adapun unsur – unsur kesegaran jasmani yaitu : ◊ SPEED ( Kecepatan ) ◊ STRENGHT ( Kekuatan ) ◊ ENDURANCE ( Daya Tahan) ◊ POWER (Daya Ledak ) ◊ BALANCE (Keseimbangan ) ◊ FLEXIBILITY ( Kelentukan ) ◊ AGILITY (Kelincahan ) ◊ REACTION ( Reaksi ) ◊ ACURACY ( Ketepatan ) ◊ COORDINATION ( Koordinasi ) Untuk PRIA terarah pada : Speed. Endurance. Strenght.H. UNSUR – UNSUR KESEGARAN JASMANI KESEGARAN / KEBUGARAN JASMANI adalah suatu kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari – hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Balance dan Reaction.

FUNGSI PENDIDIKAN JASMANI ◊ Memberikan dasar – dasar pengetahuan pendidikan jasmani .I.

 - ff–ff ff –ff°¯f°¾ff°–f©f ¾ ¾f °–f° ff° ¯ ° °– ¯ °– ¯ f°–f°  f°¯ ¯ °f½ °¾€¾ f° f°¯ °f¯f°¾f ¯ ff–ff° f° ¾ ©f ff°½ f  f°¯f¾fff  ff–f¯ °D-.

- 9 °  f°f°–¯ °f°–¾ f¾½   ½ f f°f°f ¾ ¾ff° °–f° ¯f¯½f°f°f f°ff°  ½¾f½f ff°f ½¾ff°½f f°–fff°f f°f°ff°–  °––f f½ ½ ff° @ ff f½ ¯ ff°½ ff°  ff° ff¯  ½f°¾ f f  9 ¾f¾ 9–f¯ff° f– f¾ nf½f @ f  ff  –f° 9 ff° f f °–¾°f ff¯ nf f°–ff–f f°– ¾f°–f° %¾¾%  ° ½ f° °–f° f° ½ ¯ ff°  ° ¯ °  °½ f° °–f° f° ½ ¯ ff°   9 --@-  -           @ ½f¾f @ ff f – ¯ ff° . ° f½ff°f°– @ ff @ f ½¾ ½ °°f  f f  ¯ f @ f¯ ° f½ff°f°– @ f ff ½½ ° .--  - 9   @©f°     ff° ©f 9 ff° 9 ff°  ff° 9--.fff–ff fff€f¾€¾ ½f½ ¯f°f°f°– ¾½ ©f°–f°¯ ff° ¾ °  f°–f° f°°¾ °¾ff¯    9 --@9--.

 D-D D-D-.- -$ D-.-f ff¾f ¯f¯½f°¾ ¾ f°–° ¯ ff° –ff°ffff¾¾ f ff°½f¯ °–ff¯  ff°f°– f   f½°°¾ °¾ ¾ –ff°©f¾¯f°f  9% n ½ff°% @-@% ff°% -D-.

%ff@ff°% 9J%ff f%  -.

% ¾ ¯ f°–f°% O @%  °f°% @% °nff°% .

@-% f¾% .

D.

%  ½ff°% .

-@-% °f¾% D°9 ff½f f ½  °– ° f°n –  ff°n  f° fn°  D°J-@ ff½f f ½  °– –  ff°n    .

 -   9 ¯f°f°  °f¯  f ff–f ff–f–f°ff ff–f¾¾  .

- . D-9--. ¯ f° f¾f  f¾f½ °– ff°½ °  f°©f¾¯f°  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful