Bentuk-Bentuk Erosi

BY: NEVVI WIBELLA, MAYOLLA ADHA, MULYA FITRANDA, MAYA ANGGRAINI
TUGAS GEOGRAFI SMAN 4 SIAK

Erosi Percik (Splash erosion) adalah proses terkelupasnya patikel-partikel tanah bagian atas oleh tenaga kinetik air hujan bebas atau sebagai air lolos. Arah dan jarak terkelupasnya partikel-partikel tanah ditentukan oleh kemiringan lereng. erosi alur. erosi lembar. keadaan kekasaran permukaan tanah.Bentuk-Bentuk Erosi TA 2009/2010 Menurut bentuknya. 1. erosi dibedakan dalam : erosi percik. erosi tebing sungai. erosi internal dan tanah longsor (Suripin 2001). erosi parit. Terjadinya erosi percik secara singkat! 2 GEOGRAFI . dan penutupan tanah. kecepatan dan arah angin.

Bentuk-Bentuk Erosi Proses-proses erosi percik! 3 GEOGRAFI .

Erosi Lembar (Sheet erosion) adalah erosi yang terjadi ketika lapisan tipis permukaan tanah di daerah berlereng terkikis oleh kombinasi air hujan dan air larian (runoff). The water moves as broad sheets over the land and is not confined to small depressions in the soil. Permukaan tanah menjadi lebih rendah secara merata. erosi oleh air yang jatuh dan mengalir di permukaan tanah secara merata sehingga partikel-partikel tanah yang hilang merata di permukaan tanah.Bentuk-Bentuk Erosi 2. (Van Boun County) Walau tidak begitu terlihat tapi Erosi ini Berbahaya! 4 GEOGRAFI -sheet erosion- . Erosi ini terjadi bila permukaan tanah memiliki ketahanan terhadap erosi yang relatif seragam. Sheet erosion is the removal of a uniform layer of soil from the land surface as a result of rainsplash or runoff.

Bentuk-Bentuk Erosi 3. 5 GEOGRAFI . Alur-alur yang terjadi masih dangkal dan dapat dihilangkan dengan pengolahan tanah. Erosi Alur (Rill erosion) adalah pengelupasan yang diikuti dengan pengangkutan partikel-partikel tanah oleh aliran air larian yang terkonsentrasi di dalam saluran-saluran air.

Limpasan yang hasil dari situasi ini dikenal sebagai limpasan jenuh berlebih. Sebagai limpasan bergerak menurun. ini hasil umpan balik positif dalam kecil. Namun demikian. itulah sebagian kecil dari curah hujan yang tidak meresap (meresap ke dalam) tanah akan mengalir menurun di bawah aksi gravitasi. dengan cara limpasan dalam rills (saluran kecil) atau selokan (saluran yang lebih besar. subset A. melindungi tanah dari dampak hujan. dengan intensitas yang terlalu tinggi) untuk itu untuk menyusup: hasil limpasan yang kemudian dikenal sebagai infiltrasi limpasan kelebihan. namun terus tumbuh menjadi rills dan subset yang lebih kecil mungkin akan terus mengembangkan ke selokan. Menurunkan daerah bentuk jalur aliran khusus untuk aliran berikutnya. jika hujan tiba terlalu cepat (misalnya. permukaan tanah akan diturunkan sedikit. dan penyimpanan air di tahanan. dan umumnya tidak mampu memisahkan atau mengangkut partikel tanah. Dalam banyak kasus. Akhirnya. atau jika tanah membeku). Pertama. sebagai kedalaman permukaan air meningkat. dan mungkin dapat mulai transportasi dan bahkan memisahkan partikel tanah. Jika hujan terus. The microtopography (yaitu pola skala kecil-penyimpangan) dari permukaan tanah yang cenderung menyebabkan aliran darat untuk berkonsentrasi dalam depresi tertutup. limpasan dapat terjadi jika tanah sudah menyerap semua air yang dapat menahan (yakni karena sepenuhnya jenuh. microrills individu dari waktu ke waktu menjadi tidak efektif karena sedimentasi. Overland aliran yang dirilis dengan cara ini kemungkinan mengalir menurun lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih besar (yaitu memiliki aliran listrik lebih sebagai hasil dari energi kinetik). Kedua air mengalir. Di mana ia melakukannya. adalah pada awalnya film tipis baur air yang telah kehilangan hampir semua energi kinetik yang dimiliki sebagai hujan. Di banyak bagian dunia. itu kemudian dikenal sebagai limpasan atau aliran darat. atau limpasan Hortonian. yang perlahan-lahan mengisi: ini dikenal sebagai 'penyimpanan penahanan' atau 'ponding'. sehingga redistribusi rainsplash biasanya menurun dari waktu ke waktu dalam badai. konsentrasi linier yang jelas tentang aliran darat ('microrills' atau 'jejak'). interaksi kompleks antara rainsplash dan arus darat. Kedua. Proses 6 'kompetisi' antara microrills dan rills mengarah pada pembentukan self-organized GEOGRAFI . meningkatnya kedalaman air yang akhirnya akan melampaui microtopographic depresi. terlalu besar untuk dihapus oleh olah tanah). sungai kecil dan parit erosi adalah bentuk dominan dari erosi air. Limpasan dapat terjadi karena dua alasan. dan arus jalur ini pada gilirannya terkikis lebih lanjut.Bentuk-Bentuk Erosi Terjadinya erosi Alur dan erosi parit (gully erosion) Curah hujan juga dapat memindahkan tanah secara tidak langsung. Oleh karena itu hanya bergerak perlahan. memiliki kekuatan arus yang rendah.

tetapi saluran yang terbentuk sudah sedemikian dalamnya sehingga tidak dapat dihilangkan dengan pengolahan tanah biasa. 7 GEOGRAFI .Bentuk-Bentuk Erosi 4. Erosi Parit (Gully erosion) proses terjadinya sama dengan erosi alur.

Bentuk-Bentuk Erosi 5.-belakang kpr II. . Erosi Tebing Sungai (Streambank erosion) adalah pengikisan tanah pada tebing-tebing sungai dan pengerusan dasar sungai oleh aliran air sungai. 8 GEOGRAFI Lokasi semua foto dalam makalah: -belakang smpn 1 tualang.belakang sman4 siak.-hutan. Erosi tebing akan lebih hebat jika vegetasi penutup tebing telah habis atau jika dilakukan pengolahan tanah terlalu dekat tebing.

Bentuk-Bentuk Erosi 6. (tambahan) 9 GEOGRAFI . Erosi internal menyebabkan menurunnya kapasitas infiltrasi tanah dengan cepat sehingga aliran permukaan meningkat yang menyebabkan terjadinya erosi lembar atau erosi alur. Erosi Internal (Internal or subsurface erosion) adalah terangkutnya butirbutir primer kebawah ke dalam celah-celah atau pori-pori tanah sehingga tanah menjadi kedap air dan udara.

Bentuk-Bentuk Erosi 7. Tanah Longsor (Landslide) adalah suatu bentuk erosi yang pengangkutan atau pemindahan tanahnya terjadi pada suatu saat dalam volume yang besar. 10 GEOGRAFI .