Selamat datang

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

PENYUSUN

selaku penyusun presentasi ini. . karena karuniaNya yang begitu besar. Dalam kesempatan kali ini. mohon dimaafkan. sampai pada pembuatannya.Awal Kata Pengantar Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. Jika dalam penyusunan presentasi ini kami banyak kesalahan. Atas partisipasinya. sangat mendapat perhatian besar. sehingga kita masih mampu memberikan kontribusi yang baik bagi dunia pendidikan. kami berharap. kami. tentu sebagai pendamping makanan dan minuman. Dalam kesempatan di kata pengantar ini. Nata de Coco merupakan salah satu produk yang populer di kalangan keluarga di dunia. dalam ilmu teknologi pengolahan pangan. Nata de Coco. bisa memberikan informasi yang lebih. kelompok satu. atau siap konsumsi. khusunya di Indonesia. ingin menyampaikan kata pengantar daripada isi dari materi ini. menjadi bahan jadi. serta salam atas nabi Muhammad saw. karena menyangkut aspek pengolahan bahan mentah. apa yang dimaksud dengan Nata de Coco. kami ucapkan terima kasih.. Maka kehadirannya dapat dikategorigan dalam dunia pangan.

Awal Penyusun KELOMPOK 1 3 KA-2 Abdul Aziz Mohammad Ichsan Tamimah Khairah Ayu Trisna Imelda Suryani Riska Sari Evita Sari .

Nata de Coco Apa itu Nata de Coco? Bagaimana cara membuatnya? Apa manfaat Nata de Coco? Apa Kandungan Nata de Coco? Awal Galeri .

dan mulanya dibuat di Filipina. . "Nata de coco" dalam bahasa Spanyol berarti "krim kelapa". Nata de coco sebenarnya adalah selulosa murni produk kegiatan mikroba Acetobacter xylinum.Awal Lanjut Apa itu Nata de Coco? Nata de coco adalah hidangan penutup yang terlihat seperti jeli. Penamaan nata de coco dalam bahasa Spanyol karena Filipina pernah menjadi koloni Spanyol. Makanan ini dihasilkan dari fermentasi air kelapa. Di samping itu nata de coco dapat pula dipergunakan sebagai bahan baku industri. Produk ini dibuat dari air kelapa dan dikonsumsi sebagai makanan berserat yang menyehatkan. berwarna putih hingga bening dan bertekstur kenyal. Krim yang dimaksudkan adalah santan kelapa.

.Awal Sebelum Lanjut LANJUTAN… Produksi nata de coco banyak dipraktekkan di masyarakat sebagai usaha kecil dan menengah. nata de coco dikonsumsi sebagai bahan makanan tambahan dalam bentuk campuran minuman. puding. es mambo dll. Di tingkat industri kecil. coktail. Di tingkat industri menengah. Masalah yang umum dihadapi pengusaha nata de coco adalah masalah benih. nata de coco dipesan guna memenuhi permintaan industri sebagai bahan baku akustik dan sekat kedap suara. Puslit Bioteknologi-LIPI telah memurnikan mikroba Acetobacter xylinum mengembangkan benih murni nata de coco dan melakukan pengujian yang intensif. Saat ini produksi benih nata de coco telah dapat dilakukan dalam skala 100 liter dan siap bermitra baik untuk mengembangkan benih nata de coco dalam skala besar maupun produksi nata de coconya sendiri. Benih yang biasa dipakai kualitasnya dapat menurun sehingga tingkat keberhasilan produksi rendah dan menghasilkan bau yang kurang sedap dan mengganggu lingkungan.

Selain asam asetat. namun keefektifannya kurang untuk pertumbuhan bakteri Acetobacter xylinum. namun dalam jumlah yang banyak sekali. terutama dalam hal pembentukkan serat oleh bakteri. Ini terjadi pada penanaman bakteri ke dalam air kelapa murni yang telah diperkaya oleh senyawa karbon dan nitrogen. bisa digunakan juga asam organik lainnya. Aseam asetat yang paling baik digunakan adalah asam asetat glacial (99.8%). Dan sangat membutuhkan oksigen dalam pertumbuhannya.Awal Sebelum Lanjut LANJUTAN… Dalam hal ini.5. Asam asetat dalam percobaan juga dibutuhkan untuk menurunkan pH atau meningkatkan keasaman dari air kelapa. bakteri Acetobacter xylinum sangat banyak berperan.4 dan pada suhu 28oC—31oC. Namun pH yang ideal adalah 4.5—7. Bakteri Acetobacter xylinum dapat tumbuh subur dalam range pH yang berkisar pada angka 3. dimana bakteri merombak enzim zat gula menjadi ribuan rantai serat atau disebut selulosa. atau dalam konsentrasi yang lebih rendah bisa digunakan. .

• Gula pasir 200 gr. • Asam cuka glacial atau CH3COOH ½ sendok makan. • Pupuk ZA (urea) ½ sendok makan. • Bibit/starter bakteri Acetobacter xylinum 200 mL (Bisa diperoleh di laboratorium pertanian).Awal Lanjut Bagaimana Membuat Nata de Coco? Alat: • Panci besar • Kompor • Pengaduk • Saringan • Sendok makan • Stopless • Talenan • Ember plastik • Pisau Bahan: • Air kelapa 2 ½ liter. .

4. Setelah terbentuk lapisan nata. Tuang campuran ini dalam baskom atau loyang plastik hingga ketinggian air 2 cm. Tambahkan bakteri Acetobacter xylinum dan asam cuka. Kemas sesuai selera. aduk rata. Agar lebih tahan lama. Rebus semua bahan kecuali bibit bakteri dan asam.Awal Sebelum Lanjut LANJUTAN… Cara Kerja: 1. Potong-potong dan rendam dalam air bersih hingga rasa asamnya hilang. Inkubasikan/fermentasikan selama kurang lebih 1 minggu dalam suhu ruang dan di tempat yang gelap. Saring dan dinginkan dalam suhu 2530OC. 2. Tutup atasnya dengan kain kasa atau kertas. angkat lapisan yang menyerupai agar-agar ini. rebus nata selama 5-10 menit. 3. Rendam dalam larutan sirup gula atau sirup buah aneka rasa. .

Awal Lanjut Apa Kandungan Nata de Coco? Kandungan Protein Lemak Total Karbohidrat Diet Harian Kalsium Fosfor Zat Besi Persentase 50 g** 0.7 65 g** 7.2 800 mg 800 mg 15 mg .6 300 g** 25 g 1.

Awal Sebelum Lanjut LANJUTAN… Kandungan Natrium Kalium Tembaga Seng Retinol β.Karotena Total Retinol Ekuivalen 2400 mg 3500 mg 2 mg 15 mg 0 µg 2031 µg 800 µg 339 Persentase .

. Jumlah total 10% dari total energi. lemak total dan karbohidrat.Awal Sebelum Lanjut LANJUTAN… Kandungan Tiamina Riboflavin Niasin Asam Askorbat 1.7 mg 20 mg** 60 mg Persentase ** Lemak = = Persen energi dari perbandingan protein.5 mg 1. dengan angka 10 : 30 : 60.

4. 2.Awal Lanjut Apa Manfaat Nata de Coco? 1. Membantu mencegah kanker pencernaan dengan menstabilkan pH dalam sekitaran usus sampai pada sistem pencernaan lanjutan. dengan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh yang baik juga bagi metabolisme kerja hati. bagi individu yang ingin mendapatkan serat untuk menjaga sistem penceranaan. Memenuhi kebutuhan serat harian. 3. Mengurangi risiko timbulnya penyakit jantung koroner. . sehingga mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh. Bekerja dengan baik untuk mengikat ikatan senyawaan dari asam lemak bebas yang sudah terlanjur terkonsumsi oleh individu.

Awal Galeri Nata de Coco sebagai pendamping atau tambahan minuman Nata de Coco Nata de Coco masih dalam keadaan utuh Bibit Nata de Coco yang banyak dijual di pasaran .

.

_WZV[ SSZ W T`È_`S^`W^TS`W^ UW`[TSU`W^ Za   _S V\W^[W VST[^S`[^a \W^`SZSZ .

f  ¯ f°© -D@S^S W^S  WTa_ _WaS TSSZ WUaS TT` TS`W^ VSZ S_S S^ZY VSZ VZYZSZ VSS _aa  .

 STSSZ TS`W^ UW`[TSU`W^ Za VSZ S_S UaS SVa ^S`S aSZY US\a^SZ Z VSS TS_[ S`Sa [ SZY \S_` ZYYS W`ZYYSZ S^ U a`a\ S`S_Z S VWZYSZ SZ S_S S`Sa W^`S_ ZaTS_SZÈXW^WZ`S_SZ _WSS a^SZY WT ZYYa VSS _aa ^aSZY VSZ V `W\S` SZY YWS\  W`WS `W^TWZ`a S\_SZ ZS`S SZYS` S\_SZ SZY WZ W^a\S SYS^SYS^ Z [`[ZY\[`[ZY VSZ ^WZVS VSS S^ TW^_ ZYYS ^S_S S_SZ S SZY  YS^ WT `SSZ SS ^WTa_ ZS`S _WSS  WZ` WZVS VSS S^a`SZ _^a\ YaS S`Sa _^a\ TaS SZWS ^S_S  WS_ _W_aS _WW^S .

f f°© \S SZVaZYSZ S`S VW[U[ f° °–f° 9 °  ¯f @f f  f   ff° f¾¯ ¾€ f ¾ 9 ¾ °f¾ –&&  –&&  –&& –  ¯– ¯– ¯– .

f  ¯ f°© -D@f° °–f° -f¯ f¯ @ ¯ f–f  °–  ° f °f @f ° f ° ¯– ¯– ¯– ¯–  –  –  – 9 ¾ °f¾ .

f  ¯ f°© -D@f° °–f° @f¯°f  €f° -f¾° ¾f¯ ¾ f  ¯–  ¯– ¯–&& ¯– 9 ¾ °f¾ ÙÙ WS   W^_WZ WZW^Y VS^ \W^TSZVZYSZ \^[`WZWS `[`SVSZ S^T[V^S`VWZYSZ SZYS    aS `[`S VS^ `[`SWZW^Y .

f f°© \S SZXSS` S`S VW[U[  WWZa WTa`aSZ _W^S` S^SZ TSY ZVbVa SZY ZYZ WZVS\S`SZ _W^S` aZ`a WZSYS __`W \WZUW^SZSSZ  WZYa^SZY ^_[ `TaZ S \WZ S` SZ`aZY [^[ZW^ VWZYSZ WZYa^SZY SVS^ [W_`W^[ VSS `aTa SZY TS aYS TSY W`ST[_W W^S S`  WW^S VWZYSZ TS aZ`a WZYS` S`SZ _WZ ScSSZ VS^ S_S WS TWTS_ SZY _aVS `W^SZa^ `W^[Z_a_ [W ZVbVa _WZYYS WZYa^SZY `ZYS` [W_`W^[ VSS `aTa  WTSZ`a WZUWYS SZW^ \WZUW^ZSSZ VWZYSZ WZ_`STSZ \ VSS _W`S^SZ a_a_ _S\S \SVS __`W \WZUW^ZSSZ SZa`SZ .

f SW^ -ff .

n¾ f–f ½ ° f¯½°– ff f¯ ff° ¯°¯f° -ff .

n -ff .

n¯f¾ ff¯  f ff°    -ff .

nf°– f°f ©f  ½f¾ff° .