2010

RAK BUKU CANTIK

AMELIA HANI FAZRINA / X.B1 / 06 SMA NEGERI 2 MALANG 16/6/2010

KATA PENGANTAR Terima kasih kami sampaikan kepada Allah SWT. Oleh karena itu kami mengucapakan terimah kasih yang sebesarbesarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami. Yang telah melancarkan semuanya Tugas Seni yaitu makalah tentang apresiasi seni kriya. Malang. Laporan ini dapat diwujudkan dalam bentuknya yang sekarang setelah melalui berbagai tahap kegiatan dan berkat upaya serta partisipasi berbagai pihak. Mudah-mudahan makalah ini dapat memenuhi fungsinya. juni 2010 Penyusun . makalah ini disusun berdasarkan hasil pemikiran dan pencarian bersama untuk memenuhi kebutuhan dilapangan. Dengan hadirnya makalah ini diharapakan dapat meningkatkan motivasi belajar dan pengetahuan siswa dalam mengetahui cara mengapresiasikan seni kriya.

Bentuk dasar rak tersebut kotak. dilapisi dengan kertas kado.dapat dilihat bahwa : • • • Rak buku ini terbuat dari kerdus bekas. . Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan rak buku ini adalah : • • • • • kerdus atau sisa rak buku yang tidak terpakai kertas kado lem fox lakban kertas gunting Rak buku tersebut dibuat dengan cara : Tentunya kabinet yang sudah usang.DESKRIPSI Dalam foto rak buku ini.

Begini keadaannya. sudut-sudutnya sudah retak dan robek Kertas yang melekat saya buka dan dibuang beri lem secukupnya untuk merekatkan yang retak ini Agar lebih kokoh dan tidak mudah retak setiap sambungan di balut dengan lakban kertas termasuk sisisisi atas kabinet .

Rekatkan kertas ke permukaan kabinet (lem dibalurkan ke permukaan kabinet lalu tempelkan kertas.Setelah kabinet dibaluti lakban dan siap untuk dibungkus kertas Siapkan kertas kado. ukur atau plotkan kabinet ke kertas. lakukan setahap permukaan demi setahap permukaan untuk mengerjakan ini agar tidak ribet atau terburu kering lemnya). pertama potong dahulu kertas untuk permukaan sisi kanan dan kiri serta sisi belakang (menyambung). . Berikutnya permukaan depan kabinet dan terakhir permukaan bawah Jadilah rak buku cantik. lebihkan setiap pinggirannya kurang lebih 2 cm.

tetapi itu tidak mengurangi nilai keindahan dari benda tersebut. Warnanya tidak terlalu mencolok. Dalam memilih motif tersebut tidak ada yang kurang dalam hal pemilihan warna. Pemilihan motif kertas yang bagus membuat semakin indah rak buku tersebut. Jika dilihat dari segi fungsi. Disitu terdapat 2 ruang kosong. fungsi dari rak buku ini adalah sebagai tempat menaruh buku agar lebih rapi dan mempermudah untuk anak-anak yang malas menaruh buku di lemari. Pada saat melakukan pelapisan motif kertas pada kardus dilakukan pemilihan motif-motif kertas dari beebagai macam motif.ANALISIS FORMAL Karya tersebut dibuat dengan tangan manusia sendiri jadi tidak ada pembuatan dengan menggunakan tegnologi mesin yang canggih. Karena warna pada rak buku sudah cocok untuk menarik perhatan. Ada ruang kosong pada benda tersebut. . sangat cocok untuk ank-anak yang suka dengan warna cerah.

INTERPRETASI Makna dari pembuatan rak buku ini adalah bahwa kita sebagai pelajar harus mengerti terhadap setiap hasil dalam negeri yang dihasilkan. . dan kuat tahan lama. yang dapat menimbulkan pemajuan perekonomian dan pelestarian kebudayaan agar tidak hilang atau diambil oleh Negara lain.rapi. Dengan itu pula kita juga dapat menumbuhkan ide-ide kreatif yang lain. Karena jika kita bangga akan hasil dalam negeri maka secara tidak langsung kita sudah membantu perekonomian dalam negeri dan kita bisa melindungi hasil karya dalam negeri agar tidak diambil oleh Negara lain. Hal tersebut dapat dilihat dari kualitas dan motif-motif yang dipilih serta hasil akhir yang sangat indah. Orang-orang atau masyarakat Indonesia yang dapat membuat hasil karya seperti ini adlah orang yang pasti memiliki naluri seni yang sangat tinggi. Selain itu orangorang ini adalah orang yang memiliki imajinasi dan kreatifitas yang tinggi.

antara lain : • rak buku yang berlapis kertas ini sangat baik untuk anak-anak yang malas merapikan buku. Rak buku ini sangat bermanfaat bagi para pelajar.JUDGEMENT Rak buku ini memiliki berbagai kebaikan. • • rak buku ini dapat memperindah ruang belajar. Contohnya.dengan rak buku ini kita jadi tertarik untuk merapikan buku kita. . dengan begitu anak jadi rajin belajar. • Dan rak buku ini bermanfaat untuk mengurangi sampah. Rak buku ini juga dapat menarik perhatian karna pilihan motif kertas yang lucu. karena termasuk barang bekas yang di design sedemikian rupa agar tampil menarik. Sedangkan rak buku ini berasal dari barang bekas. tidak perlu membeli yang baru. jika kita sehabis pulang sekolah dan kita malas menata buku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful