P. 1
Klasifikasi Komputer

Klasifikasi Komputer

|Views: 525|Likes:
Published by Ifa Isozaki

More info:

Published by: Ifa Isozaki on Oct 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

PENGENALAN KOMPUTER

KLASIFIKASI DAN PENGELOMPOKAN KOMPUTER

A.

Generasi Komputer Berdasarkan generasinya, komputer dapat dibedakan menjadi :

1.

Generasi Pertama Permulaan dari generasi komputer

memiliki komponen elektronika berupa Vacum Tube. Komputer generasi pertama ini masih dalam ukuran yang sangat besar dan juga mengeluarkan udara panas serta masih memiliki kapasitas yang kecil dan sangat terbatas. Contoh komputer generasi pertama ini adalah IBM-650. 2. Generasi Kedua Transistor adalah awal dari masuknya generasi komputer kedua. Jika dibandingkan dengan tabung hampa, transistor jauh lebih kecil sehingga fisik komputer akan jauh lebih juga. Selain lebih kecil komputer generasi kedua juga memiliki kecepatan yang semakin tinggi dalam pengolahan data, tidak banyak mengeluarkan panas, dan kapsitas memori semakin besar serta telah memiliki Teleprocessing yaitu proses data jauh antara satu komputer dengan lainnya. Contoh komputer generasi kedua adalah IBM Model 1620, IBM 1410, dll.

3.

Generasi Ketiga

1 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer
Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan

Solid Logic Technologie dan Monolithic Integrated Circuit adalah sebuah penemuan besar dalam teknologi elektronika. 2 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan . dll. Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S/730. Dan mungkin Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang memiliki kemampuan yang lebih luar biasa untuk dapat meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Generasi Kelima Banyak kemajuan dibidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. model dengan sistem yang mampu mengkoordinasi banyak CPU untuk bekerja secara serempak yang dapat mempercepat informasi. Dengan ini ukuran komputer semakin kecil dan kapasitas memori semakin besar serta proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. 4. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi komputer generasi kelima. Pemrosesan paralel akan menggantikan model non Neuman. Large Scale Integration (LSI) dimana dapat memuat ratusan komponen dalam hanya sebuah chip. UNIVAC 1106. 5. Tak selang berapa lama (1980) kemudian juga ditemukan produk turunannya yaitu 1980-an. Salah satu produk chip adalahChip Intel 4004 yang dibuat pada pertengahan tahun 1971. Generasi Keempat Penemuan besar di generasi keempat. Very Large Scale Integration (VLSI) yang memiliki kemampuan luar biasa untuk dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip tunggal.

 Input dan output Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Klasifikasi Komputer Berdasarkan cara pengkalifikasiannya.B. Peralatan tersebut diantaranya adalah:  Pemroses (processing)  Memori. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah. alat untuk pengatur lampu lalu lintas. microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya. Engineering Workstation 3 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan . komputer dapat dibedakan menjadi : 1. sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. atau untuk menjalankan aplikasi bisnis. karena perangkatnya relatif sederhana. 2. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin. sedemikian atau komputer ini pribadi sudah mampu Komputer rupa untuk berinteraksi dengan penggunanya. Jika dilihat dari harga. Microcomputer Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user. Microcontroller Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. 3. biasa disebut juga dengan komputer (personal dirancang desktop computer).

Minicomputer Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan. dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Mainframe 4 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan . Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik. mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit. untuk komputer menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan pekerjaannya. baik secara tiga dimensi. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai. tergantung sistem yang digunakan. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan umumnya dengan ini komputer digunakan pribadi. Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses. atau dalam satuan perseribu detik. perhitungan Aplikasi dan yang penyelesaian digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. 5. dan time shared. bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. 4. maupun secara matematika lainnya.

Komputer Digital 5 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan . Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah.Pada tahap awal mulainya era komputerisasi. penghitung aliran BBM pada SPBU. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Supercomputer Komputer ini merupakan komputer yang powerfull yang ada. Komputer Analog Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog. biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka. komputer dapat dibedakan menjadi : 1. C. komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu. mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Komputer Berdasarkan Data yang Diolah Berdasarkan data yang diolah. Sebagai contoh. yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat. dan lain-lain. 2. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. mengukur kekuatan cahaya. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar. 6. karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang.

1. pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Perangkat yang ada pada komputer ini. huruf. sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. 3. dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. 6 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan . Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket dan untuk perawatan dari dokter. Komputer Hybrid Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka. tanda baca dan lain-lain.Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Komputer Berdasarkan Penggunaanya Special Purpose Computer Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. baik komponen input. General Purpose Computer Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum. output. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif. 2. D.

Small Scale Computer Komputer skala kecil. Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses. Large Scale Computer Komputer untuk skala besar. dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai. merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini. Medium Scale Computer Komputer untuk skala menengah. baik dalam melayani user. E. 3. 1. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. 2. 7 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan . Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat. pemrosesan aplikasi. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini. yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal .

com/2009/09/pengelompokan-komputer.one-forum.net/t2-d-klasifikasi-komputer (diakses pada 5 Oktober 2011) http://yohannesvirdaus.html (diakses pada 5 Oktober 2011) http://wahyurara.com/2008/02/04/pengelompokan-danklasifikasi-komputer/ (diakses pada 4 Oktober 2011) http://rrriiiian.html (diakses pada 5 Oktober 2011) http://pink.com/2009/09/21/jenis-jenis-komputer/ (diakses pada 5 Oktober 2011) 8 Klasifikasi dan Pengelompokan Komputer Isyarotullatifah Kelas A Semester I Teknologi Pendidikan .klikherry.com/2009/09/pengelompokan-komputer.blogspot.ngeblogs.wordpress.com/2010/11/29/pengelompokan-komputer/ (diakses pada 5 Oktober 2011) http://www.DAFTAR PUSTAKA http://ayobelajarnet.site88.net/index2.blogspot.php?option=com_content&do_pdf=1&id= 31 (diakses pada 5 Oktober 2011) http://robbynugraha03.wordpress.

8./.8/.749:.3.3 425:907 .7 . :39: 5034.  425:907 ./.3 /03. 0..3$.2 -..8.9: .9-078.3.38:/.2 :2.. 425:907 23  .3 40 8..70 .3 :39: 20. 5:3 .425:907 207:5.9    0/:2$.9047 3 .$..8: 0 /.25:.2 ..    .8.:8 5. 2083 90780-:9 /. . /.9 -07/..  207:5.38.3 9072.3 574808 /...3 40 425:907 20/:2 /.3 507..9 /./ .25:.2..5/03..8.808-07.5.2 20..3    $2.425:907/08945./.  425:907 .3 .8: 0 /..3 9072.3 5...25:.81.8.33.9:8.0425:907 425:907 :39: 8.8  /.3 .25:.7.39:..     . /.25:.3.:425:907 57-.::5 7:29 :39: /8008..9: 47. 20303..2 .9047 3 .3.33..3 02.5.3!0304254. 7./. -08.0.20  !.3 82.5.3 -.3 02.3 :2:23.8 /./:2-90723..5   !03:3.!07843. 425:907 2.3 /. :39: 202574808  -. 07:9 3 .3 5079:3.3 503:3.2./.3 9072./.3 :807  50274808.33.8.3 202 02..0425:907 425:907 8.3 02../.7  425:907 ../03. 20..3 8419..0425:907 425:907 :39: 8. 80.3 .9.3425:907  8.2. 8.02..3 .9 /...7.3.8: 0 /..8$0208907%0344!03//. /:3. 0.3 03.317.90473.91.2 .4394 /.9047 425:907 .90473     425:90707/./.70$.

%#!&$%   995.

.

.7309 -48549 .42..4-0.

 .

.

/.50304254.3 425:907 92 /.8085. 94-07   995.

.

42.7. -48549 ..:7.

 .

.

8085. 94-07   995.3 425:907 92 /.50304254./.

.

53 430 147:2 309.

8 425:907 /.9 / ./.81. 94-07   995.8085.

.

:8 47/57088 .4.3308.42.7/.

 .

.

.

81.50304254.3 .8 425:907.3 /.

 94-07   995. /./.8085.

.

42.777.3 47/57088 .

  .

.

.

3 425:907.50304254.

/. /.8085. 94-07   995.

.

 077 890 309.

/.3/0 5545943. 94-07   995.439039 /4*5/1 /  /.8085.42*.

.

 30-48 .74--3:7..42.

 .

.

.

038 038 425:907.

0.8085. /.8$0208907%0344!03//.3425:907  8.749:.8/.3 ./.81.3!0304254.91. 94-07     % .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->