P. 1
Cara Penulisan Proposal

Cara Penulisan Proposal

|Views: 3,061|Likes:
Published by ayies_eheem

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: ayies_eheem on Oct 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2015

pdf

text

original

PROPOSAL PENELITIAN

Pada bagian ini akan dipaparkan uraian tentang pengetikan, penomoran halaman, penggunaan huruf dan spasi

1.1 Bidang Pengetikan Hal-hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pengetikan adalah sebagai berikut: 1. Kertas yang digunakan adalah kertas HVS 80 gram ukuran A4 (29,7 cm x 21 cm) warna putih. 2. Margin kertas untuk pengetikan naskah dengan komputer adalah sebagai berikut:  Pinggir atas  Pinggir kiri  Pinggir kanan  Pinggit bawah : 3 cm dari tepi kertas : 3,5 cm dari tepi kertas : 3 cm dari tepi kertas : 3 cm dari tepi kertas

1

3.

Proposal dibuat rangkap 3, dengan rincian satu eksemplar untuk pembimbing, satu eksemplar untuk penilai, dan satu eksemplar untuk pembahas utama.

4. Jumlah halaman proposal minamal 20 halaman.

1.2 Penomoran Halaman Hal-hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan penomoran halaman sebagai berikut: 1. Halaman judul tidak diberi nomor urut halaman tetapi diperhitungkan sebagai halaman i (nomor halaman tersebut tidak diketik). 2. Nomor halaman naskah diletakkan pada lajur sebelah kanan atas, berjarak dua spasi dari margin atas kecuali untuk halaman chapter ditulis di tengah bagian bawah halaman dengan jarak 1,5 spasi dari teks.

2

1.3 Penggunaan Huruf dan Spasi Berkenaan dengan penggunaan huruf, berikut adalah standar cara penulisan: 1. Pengetikan hanya dilakukan pada satu muka kertas, tidak bolak-balik. 2. Huruf pertama alinea teks diketik menjorok ke dalam (sekitar 7 ketukan / 1 tab). 3. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman. 4. Ukuran huruf yang digunakan harus standar yaitu 12. 5. Ukuran huruf pada sampul depan dan halaman judul menggunakan huruf capital, dicetak tebal dengan ukuran 16. 6. Tinta yang digunakan adalah warna hitam. Adapun petunjuk mengenai penggunaan spasi dalam penulisan skripsi adalah sebagai berikut: 1. Jarak antarbaris dalam penulisan teks 2 spasi (spasi ganda).

3

2. Jarak antara judul bab (CHAPTER) dengan preface adalah 2 spasi. Jarak antara preface dengan subbab 2 spasi. 3. Jarak antara akhir paragraf dengan subbab 2 spasi. 4. Jarak antara subbab dengan awal baris atau sub-subbab 2 spasi. Apabila dalam suatu teks terdapat judul subbab atau hanya memuat satu baris sebaiknya diturunkan pada halaman berikutnya. 5. Jarak antara judul tabel atau gambar dengan teks tabel atau gambar 1,5 spasi. Teks tabel atau gambar ditulis 1 spasi. 6. Tulisan CHAPTER dan title ditulis di atas tengah (center). Subbab, sub-subbab dan seterusnya ditulis rata kiri (left).

4

SUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN

Pada bagian ini akan dijelaskan sistematika penulisan proposal penelitian untuk jenis proposal penelitian yang berbeda, meliputi; penelitian qualitative, quantitaive dan action reserach (PTK) 1.1 Proposal Penelitian Qualitative

CHAPTER I INTRODUCTION 1.1 Background of the Study 1.2 Problem Statement of the Study 1.3 Objective of the Study 1.4 Significance of the Study 1.5 Scope and Limitation of the Study 1.6 Definition of Key Terms CHAPTER II REVIEW OF LITERATURE

5

CHAPTER III RESEARCH METHOD 3.1 Research Design 3.2 Object of the Study 3.3 Source of Data 3.4 Data Collection 3.4 Data Analysis

1.2. Description

CHAPTER I INTRODUCTION

Pendahuluan merupakan bagian dari isi skripsi yang memuat 6 aspek: (1) background of the study (2) problem statement of the study, (3) objective of the study, (4) significance of the study, (5) scope and limitation, dan (6) definition of key terms.

6

1.1 Background of the Study Pada bagian ini diuraikan dengan jelas kontek penelitian dengan disertai alasan-alasan yang melatar belakangi pemilihan bidang masalah dan topik yang diteliti, serta pemilihan setting penelitian. Hasil-hasil penelitian sebelumnya juga dapat dapat dijelaskan sekadarnya untuk mempertegas posisi penelitian yang akan dilakukan.

1.2 Problem Statement of the Study Bagian ini berisi rumusan pertanyaan yang akan dijawab melalui penelitian yang dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan penelitian harus jelas, dan selaras dengan alasan-alasan penelitian.

1.3 Objective of the Study Peneliti harus menyakatan tujuan penelitian yang

dilakukanya. Tujuan penelitian ini harus sesuai dengan masalah penelitian dan dinyatakan dalam bentuk pernyataan.

7

1.4 Significance of the Study Penjelasan manfaat yang akan didapatkan dari penelitian tersebut baik dari aspek teoretis maupun dari aspek praktis.

1.5 Scope and Limitation of the Study Gambaran ruang lingkup masalah penelitian dan batasan penelitian yang hendak dilakukan.

1.6 Definition of Key Terms Guna menghindari kesalah pahaman, beberapa hal perlu ditegaskan sehingga tidak menimbulkan perbedaan penafsiran. Definisi harus operational dan berefensi.

8

CHAPTER II REVIEW OF RELATED LITERATURE

Bagian ini memuat konsep-konsep teoretis yang digunakan sebagai kerangka atau landasan untuk menjawab masalah penelitian. Pembahasan pada bagian ini difokuskan pada literatur-literatur yang membahas konsep teoretis yang relevan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Teori yang dikaji lebih lanjut digunakan untuk memahami temuan dan menjadi landasan pengembangan teori dari hasil penelitian.

9

CHAPTER III RESEARCH METHOD

Bagian ini memuat gambaran rinci tentang metode, langkah-langkah penelitian ynag meliputi: (1) research design, (2) object of the study, (3) source of data, (4) data collection, dan (5) data analysis.

3.1 Research Design Peneliti menjelaskan pendekatan dan jenis penelitian yang dilakukan dengan memberikan alasan-alasan pengunaan

pendekatan dan jenis penelitian tersebut.

3.2 Object of the Study Bagian ini menjelaskan apa yang diteliti, tempat, waktu pelaksanaan penelitian. Pemilihan object of the study harus didasarkan atas keunikan masalah yang diteliti.

10

3.3 Source of Data and Data Uraian meliputi sumber data yang dikumpulkan,

karakteristiknya, informan untuk mengetahui validitas data yang didapatkan serta disebutkan bentuk atau jenis data yang akan digunakan sebagai bahan analisis.

3.4 Data Collection Tekhnik-tekhnik yang digunakan untuk mendapatkan data. Diuraikan juga bagaimana cara atau prosedur pengambilan data (observation, interview, and documentation), waktu

pengambilan data dan prosedur perekaman data.

3.4 Data Analysis Analisis data menyajikan tahapan pengumpulan, penyajian, pengecekan keabsahan hingga analisis data untuk mendapatkan jawaban atas masalah penelitian.

11

2.1 Proposal Penelitian Quantitative CHAPTER I INTRODUCTION 1.1 Background of the Study 1.2 Problem Statement of the Study 1.3 Objective of the Study 1.4 Hypothesis 1.5 Assumption 1.6 Scope and limitation 1.7 Significance of the Study 1.8 Definition of Key Terms

CHAPTER II REVIEW OF LITERATURE

CHAPTER III RESEARCH METHOD 3.1 Research Design 3.2 Population and Sample 3.3 Instrument 3.4 Data Collection 3.5 Data Analysis

12

2.2. Description

CHAPTER I INTRODUCTION

Pendahuluan merupakan bagian dari isi skripsi yang memuat 6 aspek: (1) background of the study (2) problem statement of the study, (3) objective of the study, (4) hypothesis, (5) assumption, (6) scope and limitation, (7) significance of the study, dan (8) definition of key terms.

1.1 Background of the Study Pada bagian ini diuraikan dengan jelas alasan-alasan yang melatar belakangi pemilihan bidang masalah dan topik yang diteliti dengan menunjukkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan baik berupa kesenjangan teroritis, praktis maupun keduanya. Perlu juga di bahasan kajian kepustakaan yang terkait

13

dengan

topik

penelitian.

Penegasan

masalah

penelitian

dikemukakan pada akhir bagian ini.

1.2 Problem Statement of the Study Bagian ini berisi rumusan pertanyaan yang akan dijawab melalui penelitian yang dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan penelitian harus menunjukkan variable-variable yang akan diteliti serta hubungan antara variable-variable tersebut.

1.3 Objective of the Study Tujuan penelitian ini harus sesuai dengan masalah penelitian dan dinyatakan dalam bentuk pernyataan.

1.4 Hypothesis Hipotesis merupakan jawaban tentative terhadap masalah penelitian. Peneliti harus menyatakan hipotesis dengan jelas baik bersifat direksional ataupun non-direksional. Ho: (Hypothesis null)

14

Ha: (hypothesis alternative)

1.5 Assumption Anggapan dasar yang digunakan peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Asumsi penelitian bisa bersifat substantif maupun metodologis.

1.6 Scope and Limitation Gambaran ruang lingkup masalah penelitian dan batasan penelitian yang hendak dilakukan berupa keterbatasan-

keterbatasan baik bersifat tekhnis maupun metodologis.

1.7 Significance of the Study Penjelasan manfaat yang akan didapatkan dari penelitian tersebut baik dari aspek teoretis maupun dari aspek praktis.

15

1.8 Definition of Key Terms Guna menghindari kesalah pahaman, beberapa hal perlu ditegaskan sehingga tidak menimbulkan perbedaan penafsiran.

16

CHAPTER II REVIEW OF LITERATURE

Bagian ini memuat konsep-konsep teoretis yang digunakan sebagai kerangka atau landasan argumentative untuk mengkaji masalah penelitian dan hipotesis yang peneliti bangun. Untuk itu kajian kepustakaan yang digunakan haruslah: 1) relevan, dan 2) muktahir.

17

CHAPTER III RESEARCH METHOD

Bagian ini memuat gambaran rinci tentang metode, langkah-langkah penelitian ynag meliputi: (1) research design, (2) population and sample, (3) instrument, (4) data collection, dan (5) data analysis.

3.1 Research Design Peneliti menjelaskan pendekatan dan jenis penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan variable-variable yang akan diuji.

3.2 Population and Sample Bagian ini menjelaskan tentang populasi dan sample, karakteristik, jumlah dan cara penarikan samplenya.

18

3.3 Instrument Peneliti menjelaskan jenis, alasan dan prosedur pengunaan instrument yang dipakai untuk mendapatkan jawaban penelitian.

3.4 Data Collection Tekhnik-tekhnik yang digunakan untuk mendapatkan data. Diuraikan juga bagaimana cara atau prosedur pengambilan data, waktu pengambilan data serta hal-hal lain yang diangap penting untuk dikemukakan.

3.4 Data Analysis Analisis data bagian penelitian yang menyajikan tentang jenis statistik yang dipakai untuk menganalisis data serta alasan mengapa jenis tersebut yang dipakai.

19

3.1. Proposal Penelitian Action Research (PTK)

CHAPTER I INTRODUCTION 1.1 Background of the Study 1.2 Problem Statement of the Study 1.3 Objective of the Study 1.4. Hypothesis 1.5 Significance of the Study 1.6 Scope and Limitation 1.7 Definition of Key Terms CHAPTER II REVIEW OF LITERATURE CHAPTER III RESEARCH METHOD 3.1 Research Design 3.2 Object of the Study 3.3 Source of Data and Data 3.4 Data Collection 3.4 Data Analysis

20

3.2. Description

CHAPTER I INTRODUCTION Pendahuluan merupakan bagian dari isi skripsi yang memuat 6 aspek: (1) background of the study (2) problem statement of the study, (3) objective of the study, (4) hypothesis, (5) significance of the study, (6) scope and limitation, dan (7) definition of key terms.

1.1 Background of the Study Pada bagian ini diuraikan dengan jelas alasan-alasan yang melatar belakangi pemilihan bidang masalah dan topik yang diteliti dengan menunjukkan kesenjangan yang terjadi dlam proses pembelajaran serta solusi pemecahan masalah yang ditawarkan. Pemecahan masalah harus disertai argumentasi yang kuat mengapa hal perlu dilakukan.

21

1.2 Problem Statement of the Study Bagian ini berisi rumusan pertanyaan yang akan dijawab melalui penelitian yang dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan penelitian harus jelas, dan selaras dengan alasan-alasan penelitian. Masalah penelitian dinyatakan pertayaan. dalam bentuk

1.3 Objective of the Study Peneliti harus menyakatan tujuan penelitian yang

dilakukanya. Tujuan penelitian ini harus sesuai dengan masalah penelitian dan dinyatakan dalam bentuk pernyataan.

1.4 Hypothesis Hipotesis tindakan dirumuskan dengan menyebutkan

perubahan yang diharapkan terhadap masalah yang hendak dipecahkan.

22

1.5 Significance of the Study Penjelasan manfaat yang akan didapatkan dari penelitian tersebut baik dari aspek teoretis maupun dari aspek praktis.

1.6 Scope and Limitation Gambaran ruang lingkup masalah penelitian dan batasan penelitian yang hendak dilakukan.

1.7 Definition of Key Terms Guna menghindari kesalah pahaman, beberapa hal perlu ditegaskan sehingga tidak menimbulkan perbedaan penafsiran.

23

CHAPTER II REVIEW OF LITERATURE

Bagian ini memuat konsep-konsep teoretis yang digunakan sebagai kerangka atau landasan untuk menjawab masalah penelitian. Pembahasan pada bagian ini, difokuskan pada literatur-literatur yang membahas konsep teoretis yang relevan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Teori yang dikaji lebih lanjut digunakan untuk memahami temuan dan menjadi landasan pengembangan teori dari hasil penelitian. Hasil penelitian sebelumnya juga dinyatakan pada bagian ini.

24

CHAPTER III RESEARCH METHOD

Bagian ini memuat gambaran rinci tentang metode, langkah-langkah penelitian ynag meliputi: (1) research design, (2) object of the study, (3) source of data and data, (4) data collection, dan (5) data analysis.

3.1 Research Design Peneliti menjelaskan pendekatan penelitian dalam PTK (Action Research). Peneliti juga menjelaskan kehadiran peneliti baik sebagai guru kelas atau berkolaborasi dengan guru kelas dalam penelitian tindakan kelas itu.

25

3.2 Object of the Study Bagian ini menjelaskan apa yang diteliti, tempat, waktu pelaksanaan penelitian. Ciri-ciri yang relevan dipaparkan di sini agar dampak dari tindakan dapat teridentifikasi.

3.3 Source of Data and Data Uraian meliputi sumber data yang dikumpulkan berupa proses pembelajaran, interaksi guru-murid, kontek dan situasi lingkungan perlu juga dijelaskan agar data yang diperoleh menjadi simpulan yang bermakna.

3.4 Data Collection Tekhnik-tekhnik yang diguanakan untuk mendapatkan data. Diuraikan juga bagaimana cara atau prosedur pengambilan data, siapa yang mengumpulkan data, waktu pengumpulan data dan prosedur pengumpulan data.

26

3.4 Data Analysis Analisis data bagian penelitian yang menyajikan tahapan pengumpulan, penyajian, pengecekan keabsahan hingga analisis data untuk mendapatkan jawaban atas masalah penelitian.

27

Halaman Sampul Proposal Penelitian
4,5 cm dari tepi atas kertas 2,5 cm

CODE MIXING DEMONSTRATED BY THE STUDENTS OF SEVENTH SEMESTER OF MADURA UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2010-2011

2 cm

THESIS

0,5 – 1 cm 2 cm

BY LISNA INDERAWATI NPM. 06.02023.298

1,5 cm

3 cm

3 cm

3 cm

MADURA UNIVERSITY FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION ENGLISH DEPARTMENT 2011

2,5 cm

3 cm dari tepi bawah kertas

28

Halaman Persetujuan Pembimbing Proposal

This is to certify that thesis proposal of ……(name)………… has been approved by the advisor

Pamekasan, …………………….. Advisor

(full name)

29

PELAKSANAAN SEMINAR
Pada bagian ini akan dijelaskan tentang hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan seminar serta persyratan yang harus dipenuhi oleh peserta seminar. 1.1 Jadwal Pelaksanaan Seminar akan dilaksanakan pada 26-31 Desember Jadwal secara rinci akan ditentukan oleh KAPRODI.

1.2 Kehadiran Mahasiswa Setiap peserta seminar wajib memgikuti seluruh rangkain kegiatan seminar sekurang-kurangnya 80%. Apabila tidak memenuhi ketentuan tersebut dengan sendirinya kan dianggap GAGAL.

1.3 Pelaksana Seminar Seminar akan melibatkan: a. Seorang moderator (Pemimpin seminar) b. Seorang penyaji (Mempresentasikan proposal) c. Seorang pembahas utama (menyajikan makalah bandingan) d. Pembahas umum (memberikan tanggapan terhadap penyaji).

30

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->