RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 1 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008

-2009 Standar Kompetensi: Mengapresiasi karya seni kriyaKompetensi Dasar: -Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah nusantara -Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya s eni kriya di wilayah nusantaraIndikator: -Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang diperhatikan dalam gagasan karya seni -Menyebutkan keunikan seni kriya -Menyebutkan macam-macam teknik batik -Menyebutkan macam-macam motif batik -Menjelaskan dan menyebutkan macam-macam teknik mencetak -Menguraikan proses pengerjaan teknik pahat -Menjelaskan pengertian apresiatif -Menyebutkan kriteria penilaianAlokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. Tujuan PembelajaranSiswa dapat: -Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah nusantara -Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya s eni kriya di wilayah nusantara B. Materi PembelajaranPertemuan Ke-1 dan 2 1. Keunikan gagasan dan teknik 2. Apresiatif keunikan gagasan dan teknik seni kriya 3. Kriteria penilaian karya seni kriyaApresiatif merupakan kemampuan untuk mengh argai, mengagumi, menilai dan menghayati nilai seni C. Metode PembelajaranDiskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan D. Langkah-langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan Ke-1 dan 2 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang pengertian seni kriyaMotivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari keunikan gagasan dan teknik seni kriyaKe giatan Inti: 1. Dengan informasi siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik 2. Dengan ceramah siswa dapat menerangkan apresiatif keunikan gagasan dan teknik seni kriya 3. Dengan diskusi siswa dapat mengetahui kriteria penilaian karya seni kriyaPenu tup: 1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Alat dan Bahan Alat : Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. Penilaian 1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Instrumen/soal : a. Jelaskan yang disebut seni kriya! b. Sebutkan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam proses penciptaan! c. Jelaskan dan berikan contoh pembuatan karya dengan teknik butsir! d. Sebutkan media-media dalam pembuatan teknik sambung/merakit!

e. 1TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka . NIP. Faktor-faktor apa saja yang menentukan kualitas hasil karya? Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP.

mengatur. Langkah-langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan Ke-3 dan 4 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang keunikan gagasan dan teknik seni kriyaMotivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara membuat seni kriyaKegiatan Inti: 1.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 2 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengekspresikan diri melalui karya seni kriyaKompetensi Dasar: -Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah nusa ntara -Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah nusant ara -Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekol ah -Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di se kolahIndikator: -Menjelaskan pengertian rancangan karya seni kriya -Mempraktikkan/menggambar contoh rancangan -Menyebutkan persiapan-persiapan sebelum rancangan -Menjelaskan dan menyebutkan teknik ukiran -Mempraktikkan/membuat karya seni kriya -Menyebutkan persiapan-persiapan pameran -Menata. maka perlu pengelompokan karyadan den ah C. Materi PembelajaranPertemuan Ke-3 dan 4 1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Penilaian 1. Tujuan PembelajaranSiswa dapat: -Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah nusa ntara -Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah nusant ara -Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekol ah -Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di se kolah B. inkuiri. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Metode PembelajaranDiskusi kelompok. Membuat dan menata karya seni kriya 2. Sebutkan kelompok-kelompok hasil karya dalam penataan pameran! . membuat denah dalam pameranAlokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. tanya jawab. Dengan informasi siswa dapat menjelaskan persiapan pameran di kelas atau di s ekolahPenutup: 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Alat dan Bahan Alat : Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. Dengan tanya jawab siswa dapat memahami membuat dan menata karya seni kriya 2. indah dan rapi diatur sebaik mungkin. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Instrumen/soal : a. dan penugasan D. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Persiapan pameran di kelas atau di sekolahAgar penataan karya seni kriya mena rik.

Gambarkan desain asimetris dengan kreasi Anda sendiri! c. NIP.b. Bagaimana langkah pengerjaan desain pembuatan cangkir dari tanah liat? d. Sebutkan dua faktor dalam penilaian karya seni kriya! Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. Jelaskan yang disebut cetak stencill print! e. 2TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka .

Dengan ceramah siswa dapat menerangkan makna dan peranan musik tradisional 2. inkuiri. Makna dan peranan musik tradisional 2. Jelaskan yang disebut musik tradisional! b. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-5 dan 6 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang pengertian seni musik Motivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari makna dan peranan musik tradisional Kegiatan Inti: 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. nil ai seni tinggiAlokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Alat dan Bahan Alat : Atlas Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. Dengan diskusi siswa dapat mengetahui nilai-nilai musik tradisional Nusantara Penutup: 1. Tujuan PembelajaranSiswa dapat: -Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara -Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya s eni kriya di wilayah Nusantara B. Instrumen/soal : a. tanya jawab. Nilai-nilai musik tradisional Nusantara Musik tradisional adalah musik yang lahir dari budaya daerah yang sudah ada seja k nenek moyang secara turun temurun C.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 3 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengapresiasi karya seni musikKompetensi Dasar: -Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara -Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya s eni kriya di wilayah NusantaraIndikator: -Menjelaskan makna musik tradisional -Menyebutkan peranan musik tradisional -Menyebutkan nilai-nilai musik tradisional -Menjelaskan nilai-nilai musik tradisional -Menyebutkan contoh lagu-lagu yang mempunyai nilai-nilai budi pekerti luhur. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. dan penugasan D. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok. Materi Pembelajaran Pertemuan Ke-5 dan 6 1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Sebutkan minimal tiga nilai-nilai musik tradisional sebagai media komunikasi! . Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Penilaian 1.

Jelaskan bahwa musik tradisional bernilai sebagai media komunikasi! d. Sebutkan salah satu peranan musik tradisional! Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . Jelaskan contoh lagu tradisional Riau! e.c. NIP. 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. 3TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka .

Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Penilaian 1. Alat dan Bahan Alat : Atlas Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. media. media. prosedur. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Materi PembelajaranPertemuan Ke-7 dan 8 Cara mengaransir dan merancang karya musik tradisionalYang disebut akor adalah d ua nada atau lebih dibunyikan serentak menghasilkan nada yang harmonis C. Metode PembelajaranDiskusi kelompok.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 4 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengekspresikan diri melalui karya seni musikKompetensi Dasar: -Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan me nggali beragam proses. dan penugasan D. Sebutkan jenis-jenis suara wanita! c. dan materi musik tradisional nusantara -Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelas B. 4TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka . Guru memberikan tugas rumah (PR) E. prosedur. 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. teknik. NIP. Instrumen/soal : a. Bagaimana menurut Anda agar musik tradisional digemari oleh kaum muda? Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . Jelaskan yang disebut konduktor! e. Langkah-langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan Ke-7 dan 8 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang peranan musik tradisionalMotivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara mengaransir laguKegiatan Inti: Dengan tanya jawab siswa dapat memahami cara mengaransir dan merancang karya mus ik tradisionalPenutup: 1. tanya jawab. Tujuan PembelajaranSiswa dapat: -Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan me nggali beragam proses. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. inkuiri. dan materi musik tradisional nusantara -Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelasIndikator: -Mempraktikkan mengaransir lagu -Menjelaskan tentang akor -Menyebutkan dan menjelaskan warna suara manusia -Menyebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam penulisan aransemen -Menyebutkan media mengaran-semen lagu -Menyebutkan contoh-contoh musik tradisional -Menyebutkan contoh-contoh lagu daerah/tradisionalAlokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. Sebutkan beberapa hal yang diperhatikan dalam penulisan aransemen! d. Dengan cara apakah agar aransemen lagu dapat serasi dan harmoni? b. teknik.

.

Guru memberikan tugas rumah (PR) E. modern) -Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya -Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal -Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum. Perkembangan tari tunggal NusantaraYang disebut tari tunggal adalah tari yang dalam pementasannya dibawakan oleh penari secara individu C. peran. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. feodal. Jelaskan bahwa tari tunggal berperan dalam mengembangkan bakat! e. Jelaskan yang disebut tari tunggal! b.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 5 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengapresiasi karya seni tariKompetensi Dasar: -Mengidentifikasi jenis. Materi PembelajaranPertemuan Ke-9 dan 10 1. Metode PembelajaranDiskusi kelompok. Sebutkan apa saja yang harus diamati dalam pementasan tari tunggal! . tanya jawab. iringan. dan penugasan D. iringan. Sebutkan jenis-jenis tari tunggal! d. inkuiri. Penilaian 1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Jenis dan unsur estetis tari tunggal 2. Alat dan Bahan Alat : Atlas Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. peran. dan perkembangan tari tunggal nusantara sesuai k onteks budaya masyarakat -Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara dari hasil pengamatan pert unjukan -Mengidentifikasi keunikan tari tunggal nusantara dalam konteks budaya masyaraka tIndikator: -Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal -Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal -Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif. Dengan ceramah siswa dapat menerangkan perkembangan tari tunggal NusantaraPen utup: 1. Tujuan PembelajaranSiswa dapat: -Mengidentifikasi jenis. Instrumen/soal : a. Sebutkan secara garis besar ragam gerak tari tunggal! c. dan perkembangan tari tunggal nusantara sesuai k onteks budaya masyarakat -Mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara dari hasil pengamatan pert unjukan -Mengidentifikasi keunikan tari tunggal nusantara dalam konteks budaya masyaraka t B. gerak) -Menyebutkan fungsi kostum. gerakAlokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. Dengan informasi siswa dapat menjelaskan jenis dan unsur estetis tari tunggal 2. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Langkah-langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan Ke-9 dan 10 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang pengertian seni tariMotivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari jenis tari tunggalKegiatan Inti: 1.

2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP.Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . NIP. 5TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka .

Tuliskan ragam gerak ke-1. tanya jawab. Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan tari tunggal di Indonesia? Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . dan penugasan D.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 6 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Kompetensi Dasar: -Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara -Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara Indikator: -Menjelaskan pengertian sinopsis tari -Menyebutkan tahapan-tahapan menyusun sinopsis tari -Menyebutkan contoh sinopsis tari -Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Materi Pembelajaran Pertemuan Ke-11 dan 12 Cara menyusun sinopsis tari Sinopsis adalah rangkuman dalam isi dan gerak tari C. Apa fungsi musik pada sebuah tarian? e. Instrumen/soal : a. Alat dan Bahan Alat : Atlas Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok. inkuiri. Penilaian 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. hitungan ke-2 pada tari nelayan! d. Sebutkan unsur-unsur komposisi tari! c. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat: -Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara -Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari nusantara B. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-11 dan 12 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang jenis tari tunggal Motivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara menyusun sinopsis tari Kegiatan Inti: Dengan diskusi siswa dapat mengetahui cara menyusun sinopsis tari Penutup: 1. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Jelaskan yang dimaksud sinopsis! b. 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran .

6TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka . NIP.NIP.

Instrumen/soal : a. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. Metode PembelajaranDiskusi kelompok. berakar dan tumbuh hidup pada pranata budaya daerah Indonesia C. Materi PembelajaranPertemuan Ke-11 dan 12 Makna dan peran teater tradisionalTeater tradisional adalah teater yang berkemba ng. serta peran teater tradisional dalam ko nteks kehidupan budaya masyarakat -Menunjukkan kualitas estetis teater tradisional nusantara berdasarkan pengamata n terhadap pertunjukan -Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional nusantara B. Alat dan Bahan Alat : Atlas Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 7 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengapresiasi karya seni teater Kompetensi Dasar: -Mengidentifikasi makna simbol/ filosofi. Tuliskan pesan moral pada kisah Baratayuda! . tanya jawab. Sebutkan nama-nama teater tradisional pada zaman sebelum Jepang! c. Jelaskan yang disebut teater tradisional! b. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. Penilaian 1. Jepang Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. serta peran teater tradisional dalam k onteks kehidupan budaya masyarakat -Menunjukkan kualitas estetis teater tradisional nusantara berdasarkan pengamata n terhadap pertunjukan -Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional nusantara Indikator: -Menjelaskan makna simbol/filosofi -Menjelaskan pengertian teater tradisional -Menyebutkan peran teater tradi-sional -Menjelaskan dan menyebutkan kualitas/bobot teater tradisional -Menunjukkan pesan moral/kearifan lokal teater tradisional (kisah Baratayuda dan Ramayana) -Menyebutkan unsur-unsur estetis teater tradisional -Menyebutkan nama-nama teater tradisional pada zaman Belanda. dan penugasan D. inkuiri. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Sebutkan peran teater tradisional! d. Langkah-langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan Ke-11 dan 12 Pendahuluan Apersepsi: Siswa diingatkan tentang pengertian seni teaterMotivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari makna teater tradisionalKegiatan Inti: Dengan tanya jawab siswa dapat memahami makna dan peran teater tradisionalPenutu p: 1. Tujuan PembelajaranSiswa dapat: -Mengidentifikasi makna simbol/filosofi.

e. NIP. 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. Bagaimana pendapat Anda agar teater tradisional dapat berkembang? Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . 7TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka .

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-11 dan 12 Pendahuluan . dan suara -Merancang karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisio nal nusantara -Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater -Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional nusantara Indikator: -Menjelaskan . pikiran contoh latihan eksplorasi olah tubuh contoh latihan eksplorasi olah pikiran contoh latihan eksplorasi olah suara tahapan dalam olah pikiran dan menyebutkan persiapan rancangan karya teater bagian-bagian staf produksi dan tata artistik yang merupakan bagian sama berteater Alokasi Waktu: 8 jam pelajaran (4 x pertemuan) A.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 8 Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/Semester : XI/1 Tahun Ajaran : 2008-2009 Standar Kompetensi: Mengekspresikan diri melalui karya seni teater Kompetensi Dasar: -Mengeksplorasi teknik olah tubuh. pikiran. dan penugasan D. dan suara -Merancang karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisio nal nusantara -Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater B. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat: -Mengeksplorasi teknik olah tubuh. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok. Persiapkan dalam pembuatan karya teaterEksplorasi teknik olah tubuh fokus uta manya adalah bagaimana menampilkan organ-organ tubuh untuk melakukan gerakan akting C. Objek yang menjadi sasaran dalam kegiatan eksplorasi 2. dan suara -Menyebutkan -Menyebutkan -Menyebutkan -Menjelaskan -Menjelaskan -Menyebutkan dalam kerja dan memberikan contoh tentang eksplorasi teknik olah tubuh. pikiran. tanya jawab. Materi Pembelajaran Pertemuan Ke-11 dan 12 1. inkuiri.

Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis 3. 2008 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. Alat dan Bahan Alat : Atlas Bahan : -Buku paket Seni Budaya XI -Buku lain yang relevan F. Dengan informasi siswa dapat menjelaskan objek yang menjadi sasaran dalam keg iatan eksplorasi 2. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu 2. Jelaskan yang disebut merancang karya seni teater! c. Instrumen/soal : a. Sebutkan tiga wilayah pembentukan suara! b. Penilaian 1. Mengapa dalam pementasan perlu adanya sound efek? Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 adalah sebagai berikut: Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100) . Siswa dan guru melakukan refleksi 3. Sebutkan macam-macam kostum berdasarkan sifatnya! e. Sebutkan tugas-tugas sutradara! d. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi 2. 8TUNTAS/PKBM/1/08-09 Graha Pustaka .Apersepsi: Siswa diingatkan tentang makna teater tradisional Motivasi: Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara merancang karya teater Kegiatan Inti: 1. Guru memberikan tugas rumah (PR) E. Dengan ceramah siswa dapat menerangkan persiapkan dalam pembuatan karya teate r Penutup: 1. NIP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful