MANAJEMEN MUTU PELAYANAN

RUMAH BERSALIN PURI ADISTY

Disusun oleh: kelompok 3

KELOMPOK 3:
Vivin Ariyani  Nana Heliana  Domisiana Sri Lestari  Yuliana Haren Sugiarti  Novita Bunga Pertiwi  Aulia Rahmi

LATAR BELAKANG
Mahalnya biaya kesehatan saat ini membuat banyak rakyat dengan tingkat ekonomi menengah kebawah tidak mampu mengakses layanan kesehatan dengan layak.

NEXT....
 Termasuk

ibu-ibu hamil dari keluarga kurang mampu yang seringkali kesehatannya tidak terjaga selama kehamilan. Termasuk proses persalinan juga tidak mendapat penanganan secara memadahi (Prawirohardjo, 2005).

 Peran Rumah bersalin merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang sangat membantu untuk kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak dan sebgai tempat untuk mengurangi angka kematian. .

NEXT.S. Berdasarkan pada latar belakang kondisi tersebut.Sc. Nunik Endang S..M..IP. membuka Rumah Bersalin (RB) dengan memberikan pelayanan kepada yang bermutu dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat . Ny.

Untuk mengetahui mutu dirumah bersalin puri adisty .Untuk mengetahui manajemen dirumah bersalin puri adisty b.TUJUAN tujuan umum: Untuk mengetahui manejemen mutu di rumah bersalin puri adisty Tujuan khusus: a.

PENGERTIAN PELAYANAN BIDAN Pelayanan kebidanan adalah pelayanan yang diberikan oleh bidan sesuai dengan kewenangan yang diberikan dengan maksud meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas. bahagia dan sejahtera. .

PENGERTIAN MANAJEMEN  Manajemen adalah suatu proses yang komplek yang dijalankan oleh manager(pemimpin) .

PROSES MANAJEMEN  Perencanaan Perencanaan adalah proses yang menghasilkan suatu uraian rinci dan langkah tentang langkah-langkah yang akan dilakukan/dilaksanakan untuk mencapai tujuan .

 Pengorganisasi Pengorganisasian adalah pengaturan dan pengalokasian sumber daya agar semua langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam rencana dapat dilaksanakan secara terpadu. . efisien dan efektif.

memimpin. memotivasi. . Pengarah dan Pelaksana Proses Pengarahan dan pelaksanaan merupakan proses melaksanakan rencana melalui pemberian pengarahan. dan komunikasi agar rencana dapat terlaksana dengan baik.

Prosesnya mencakup aktivitas memonitor. mengevaluasi dan mengambil tindak lanjut untuk menghindari penyimpangan terhadap rencana. Pengendalian Pengendalian adalah proses untuk memastikan bahwa pelaksanaan telah dijalankan dan tujuan tercapai. .

sampai kelengkapan administrasi. . seperti tempat dan ruangan praktik.PRINSIP DASAR DALAM PENGEMBANGKAN A.Kepatuhan terhadap Aturan dan Hukum:  Registrasi  Lingkup pelayanan kesehatan yang diijinkan  Kewenangan yang diberikan kepada bidan  Penyelenggaraan praktik bidan. perlengkapan dan peralatan kesehatan.

Profesionalisme dan Keahlian Kehandalan dalam pelayanan yang didasarkan pada keahlian dan profesionalitas sangat diperlukan. C. Etika Profesi Bidan perlu memegang teguh etika profesi sebagai landasan dalam menjalankan usahanya. .B.

. Oleh karenanya langkah awal bagi seorang bidan adalah memastikan keahliannya sudah memenuhi syarat dan standar yang telah ditetapkan dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen.

 Pengembangan Bertahap Karena pelayanan kebidanan memerlukan keahlian dan sumber daya yang cukup besar. . usaha pelayanan kebidanan ini sebaiknya dilakukan melalui proses pengembangan secara bertahap yang direncanakan secara sistematis. Melalui perencanaan yang sistematis memungkinkan bidan meraih keberhasilan.

. pasar atau ketetapan mananjemen.PENGERTIAN MUTU  Mutu adalah faktor keputusan mendasari dari pelanggan mutu adalah penentuan pelanggan bukan ketetapan insinyur.

 Dan mutu dalam pelayanan kesehatan adalah tekhnik medis yang hanya berhubungan langsung antara pelayanan medis dan pasien saja atau mutu kesehatan dari sudut pandang sosian dan sistem pelayanan kesehatan secara keseluruhan. termasuk akibat-akibat manajemen administrasi. peralatan dan tenaga kesehatan. . keuangan.

 Berdasarkan menurut Edwards Deming mutu adalah pemecahan masalah untuk mencapai penyempunaan terus menerus. .

PLANNING (PERENCANAAN) RB Puri Adisty .

S.IP. Nunik Endang S.33 Rw. Beralamatkan di Jl.X kelurahan Rejowinangun. .Sc. Kotagede.M.SEJARAH SINGKAT RUMAH BERSALIN PURI ADISTY Didirikan pada tanggal 10 bulan Juni tahun 1998.Yogyakarta. Dibawah pimpinan Ny. Depokan Rt.

VISI DAN MISI Visi : ‘’Menjadi Rumah Bersalin Yang Unggul Dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak’’ .

MISI  Memberikan Pelayanan Yang Bermutu dan Terjangkau Oleh Semua Lapisan Masyarakat  Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Pelatihan  Menjalin Hubungan Kemitraan dengan Pemerintah dan Relasi Kerja  Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan  Pengembangan Fasilitas Baru  Menggerakkan Seluruh Karyawan Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan .

ORGANIZING (PENGORGANISASIAN) .

o G Dr.Sp.Direktur Manager Operasional Dokter penanggu ng jawab Konsultan medis Urusan TU Dr.Sp.Umum KoordinatorI bidan jaga Koordinator II bidan jaga Koordinator III Bidan jaga .keuanga n Bag. A Bag.

nama dan tugas masing-masing bagian .JOB DISKRIPSI  Dalam menjalankan tugasnya tiap bagian memiliki kewenangan dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan.

. Ketua Yayasan juga berwenang menentukan produk yang akan dihasilkan.a) Direktur bertugas mengawasi dan bertanggung jawab terhadap hasil perkembangan yayasan.

 c) Dokter Penanggungjawab Rumah Bersalin Puri Adisty Memiliki tugas internal dan eksternal d) Tugas bidan kordinator  Mengawasi kinerja bidan jaga  Melaporkan hasil kinerja bidan kepada atasan  Merencanakan kegiatan marketing baik eksternal maupun internal  Memberikan skill lab kepada bidan tentang kegawatdaruratan obstetri dan neonatal .

INC dan pemeriksaan lain bila diperlukan .  Mambuat laporan harian dan mengontrol obat-obatan tablet dan injeksi  Merapikan ruangan kamar bersalin (VK) dan ruang kerja  Melakukan ANC.d) Uraian Tugas-tugas Setiap Hari bagi Bidan Jaga  Membaca laporan  Pergantian jadwal jaga dan keliling ruangan (kontrol pasien)  Perawatan ibu dan bayi (perawatan perineum. membantu ibu menyusui dan kontrol pasien post partum).

termasuk bertanggung jawab terhadap komplain dari pasien. b) Manajer Operasional Rumah Bersalin Puri Adisty bertugas memberikan pertanggungjawaban operasional.NEXT... .

ACTUATING (PELAKSANAAN) RB PURI ADISTY .

5033123.LEGALITAS PURI ADISTY Diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta N0. Ijin Gangguan (HO) No.1301/0312.KG/2009 .

JENIS PELAYANAN YANG TERSEDIA Fasilitas Tindakan Tindakan Persalinan .

Dua unit Paviliun Anggrek :  2).SARANA DAN PRASARANA  1). Satu unit Dahlia 2 . Satu unit dahlia I  4). Dua unit Bougenvile  3).

Simbulin adalah simpanan / tabungan c).PROGRAM UNGGULAN RUMAH BERSALIN PURI ADISTY a). Puri Adisty dengan menghadirkan pembicara yang kompeten sesuai dengan tema seminar. Puri Adisty b). Happy Card adalah kartu tanda keanggotaan dari RB. Seminar & Sosialisasi kegiatan rutin yang diadakan secara berkala oleh RB. .

Pengajian Bulanan . d). Hypnobirthing  e). Bantuan Sosial RB. Senam Ibu Hamil  g). Puri Adisty  f).

CONTROL (EVALUASI) RB PURI ADISTY .

Dialog Interaktif 3).KEBIJAKAN MANAGEMEN PURI ADISTY DALAM MENINGKATKAN HUNIAN 1). Customer Service 2). Skill 4). Kemitraan 5). Keuangan Puri Adisty dikelola oleh bagian Keuangan .

Cara yang digunakan untuk Menjaga Mutu Pelayanan Cara menjaga manajemen mutu pelayanan dengan meningkatan pendidikan. lab skill dan pembinaan individu . pelatihan/ seminar.

Cara Menilai Mutu Pelayanan Kesehatan Cara menilai mutu pelayanan kesehatan dengan :  Evaluasi kinerja karyawan  Kuisioner Pasien  Meeting bulanan  Meeting tahunan  .

audit maternal dan perinatal apabila ada kasus. pengawasan langsung kepada Bidan sesuai dengan SOP dan kompetensi Bidan. . Penilaian kinerja karyawan dengan pemberian bintang kepada karyawan yang berprestasi dengan nominal uang.

Kepada yang berbuat kesalahan diberikan punishment mulai dari teguran secara lisan. dan sp 3 . Di rumah bersalin puri adisty memberikan reward dan punishment kepada yang berprestasi diberikan reward.sp 1.sp 2.

Target dibuat setiap tahun pada meeting akhir tahun dan prestasi yang sudah diraih adalah :  Piagam Penghargaan sebagai Rumah Bersalin Sayang Bayi dari Walikota Kota Yogyakarta Tahun 2011  Kunjungan dari Menteri Kesehatan pada tahun 2000 dalam rangka pemberian Imunisasi UNIJECT pada bayi umur kurang dari 1 bulan .

1464/MENKES/PER/X/2010 Kepmenkes No. 369/Menkes/III/2007 tentang Standart Profesi Bidan.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) Sesuai dengan PerMenKes No. .

PEMBAHASAN  Rumah bersalin merupakan unit organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan yang mempunyai misi sebagi pusat pengembangan pelayanan kesehatan. yang melaksanakan binaan dan pelayan secara menyeluruh dan terpadu untuk masyarakat disuatu wilayah kerja tertentu dan sudah ditentukan secara mandiri. .

.Dalam pelayanan di rumah bersalin Puri Adisty sudah mempuyai visi dan misi yang sangat baik untuk memenuhi standar operasional prosedur yang sudah ada. Manajemen mutu pelayanan salah satunya karyawan di rumah bersalin Puri Adisty dalam melayani klien sangat memperhatikan sopan santun dan keramah tamahan dalam bertindak.

1464/MENKES/PER/X/2010 dan kepmenkes 369 tahun 2007. . Di rumah bersalin Puri Adisty mempunyai standar mutu pelayanan yang kompetensi dan sesuai dengan kewenangan bidan yang diatur dalam PerMenKes No.

Dalam pelayanan rumah bersalin Puri Adisty sudah memenuhi standar pelayanan dengan manajemen mutu yang sesuai dengan sistem POAC dalam teori diatas telah dijelaskan cara menjaga mutu dalam pelayanan kebidanan yaitu dengan meningkatan pendidikan. lab skill dan pembinaan individu. . pelatihan/ seminar.

. SpOg dan juga sudah membuka dua cabang rumah bersalin. SpA dan dr. sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan mempunyai tenaga medis yang cukup untuk membantu masyarakat didaerah tersebut. Dalam rumah bersalin puri adisty juga sudah berkolaborasi dengan dr.KESIMPULAN Berdasarkan hasil pengamatan diatas dapat disimpulkan bahwa rumah bersalin Puri Adisty mempunyai manajemen mutu pelayanan yang baik.

.SARAN BAGI RUMAH BERSALIN PURI ADISTY Dapat memberikan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak yang unggul dalam melayani masyarakat serta mempunyai tenaga medis seperti bidan yang profesional dan mandiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful