P. 1
Evaluasi Sumatif

Evaluasi Sumatif

|Views: 150|Likes:
Published by matius_yoga

More info:

Published by: matius_yoga on Oct 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

Evaluasi Sumatif

Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan waktu yang didalamnya tercakup lebih dari satu pokok bahasan, dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana peserta didik telah dapat berpindah dari suatu unit ke unit berikutnya. Winkel mendefinisikan evaluasi sumatif sebagai penggunaan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan. Evaluasi sumatif , yaitu penilaian hasil-hasil yang telah dicapai secara keseluruhan dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Waktu pelaksanaan pada saat akhir proyek sesuai dengan jangka waktu program dilaksanakan. Untuk program yang memiliki jangka waktu enam bulan, maka evaluasi sumatif dilaksanakan menjelang akhir bulan keenam. Untuk evaluasi yang menilai dampak suatu program, dapat dilaksanakan setelah program tersebut berakhir dan diperhitungkan dampaknya sudah terlihat nyata. Evaluasi sumatif adalah bentuk narasi dari evaluasi formatif.

Isinya adalah diagnosa, penjalbaran hasil dari implementasi yang dilakukan yang di jelaskan perdiagnosa.

Cara membuatnya bikin evaluasi formatif dulu baru bikin evaluasi formatif

Bentuk Evaluasi formatif terdiri dari: tanggal No diagnosa Data subyekti Data objektf analisa Plainng

No diagnosa

Evaluasi

Sebelum dibuat evaluasi sumatif. Kemudian evaluasi kelebihan dan kekurangan program .7-an evaluasi somatif: Mengukur pencapaian program dan mengetahui tingkat keberhasilan dari implementasi yang di lakukan Fungi evaluasi sumatif: Untuk mengetahui keberhasilan program yang dilakukan atau dilaksanakan selama proses asuhan keperawatan. Evaluasi ini sebagai sarana untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesuadah diadakannya program tsb. Mengubah format evaluasi formatif menjadi sebuah narasi 3. Dan jika program tidak berhasil. jabalkan alasan program tidak berhasil dan bagaimana seharusnya program tsb agar berhasil 5. Langkah2 pembuatan evaluasi sumatif: 1. Kemudian d tambahkan kiteria keberhasilan dan bukti keberhasilan program tsb 4. terlebih dahulu di buat evaluasi formatif 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->