P. 1
tugas mm_agustiana

tugas mm_agustiana

|Views: 21|Likes:
Published by Itha DeLovaa

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Itha DeLovaa on Oct 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2011

pdf

text

original

Makalah analisis tentang “BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN METODE INTERAKTIF”

Disusun oleh: Agustiana Budiasih 09.12.0900 SI 09 B

STMIK AMIKOM PURWOKERTO 2011/2012

1. Latar belakang

Huruf hijaiyah merupakan ilmu yang wajib dipelajari oleh umat muslim. Untuk mempelajari itu perlu dilakukan sedini mungkin. Dalam dunia pendidikan suatu metode

pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sekarang ini dapat dikembangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran. Terkadang anak cenderung bosan dalam dalam belajar membaca Al-Qur’an. Oleh sebab itu perlu diadakan sebuah sarana yang baru untuk dapat lebih menarik anak agar mereka dapat membaca Al-Qur’an dengan mudah dan tidak merasa bosan. Karena itu maka di rancang belajar membaca Al-Qur’an metode interaktif.

2. Tujuan pembuatan aplikasi

Untuk mempersiapkan masa depan anak islam indonesia dan untuk memudahkan dalam belajar membaca A l-Qur’an.

3. Pangsa pasar

Dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat dalam pendidikan maka dibuatlah aplikasi ini untuk mempermudah mempelajarinya, biasanya orang mempelajari dengan buku atau Iqro tetapi kali ini dibuatkan aplikasi untuk mempermudah belajar Al-Qur’an dengan grafik, gambar dan suara yang lebih menarik.

4. Kebutuhan sistem

Analisis kebutuhan sistem sangat dibutuhkan dalam mendukung kinerja sistem, apakah sistem yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Fungsi sistem adalah untuk memberikan informasi tentang media belajar Al-Qur’an berbasis multimedia. Perencanaan dan pengembangan sistem memiliki tujuan agar dapat memperoleh informasi yang lebih cepat dan tepat serta meningkatkan kualitas pembelajaran.

5. Naskah/isi cerita

Aplikasi ini di buat untuk mempermudah anak-anak dalam belajar membaca AlQur’an di dalamnya terdapat huruf hijaiyah,.dapat mempermudah kita dalam memahaminya.dan di buat sangat menarik.

6. Story board

-

Tampilan awal pada pembukaan aplikasi.

-

Back sound

-

Menu utama yang terdapat bagianbagian untuk masuk ke menu yang akan dipilih.

-

Back sound

-

Terdapat bagian untuk mengetahui huruf hijaiyah.

-

Back sound

-

Terdapat bagian untuk mengetahui huruf mad.

-

Back sound

-

Terdapat huruf-huruf hijaiyah untuk mengetahui sukun dan tasydid.

-

Back sound

-

Terdapat cara untuk membaca tentang idgham.

-

Back sound

-

Terdapat tampilan untuk belajar tentang ikhfa.

-

Back sound

-

Macam-macam tanda waqof dan cara membacanya.

-

Back sound

7.

Rancangan desain

Pada tahapan ini yang di gunakan adalah merancang konsep ( alur cerita ) atau bisa dikatakan merancang storyboard secara urut dari awal sampai akhir. Dengan menggabungkan unsur media meliputi media teks, suara, gambar, animasi, serta naskah yang diusulkan untuk media belajaran Al-Qur’an berbasis multimedia.

8. Manual book a.

Tombol bulan

Gambar ini merupakan tampilan awal dari aplikasi, jika diklik tombol bulan maka akan masuk kemenu utama.

b.

men u

Gambar ini merupakan tampilan menu utama untuk mulai belajar, klik menu-menu yang bergambar bulan yang terdapat pada gambar diatas. c. Tombol untuk suara

Tombol back

Tombol play

Tombol Next

Gambar ini merupakan salah satu contoh dari menu yg dipilh tampilan untuk belajar membaca Al-Qur’an untuk memulai klik tombol play, untuk backsound klik tombol bergambar perempuan berjilbab, untuk melanjutkan pembelajaran yang selanjutnya klik tombol next.

9.

Pemeliharaan sistem

Pemeliharaan system di lakukan untuk mengecek system apakah masih bisa di gunakan / tidak, pemeliharaan system perlu di lakukan apabila ada kerusakan dapat di ketahui dan di perbaiki.sehingga dapat di gunakan kembali.

10. Pencapaian akhir sistem

Pencapaian akhir dari system ini bisa membuat anak-anak paham dan mengerti tentang aksara jawa.dan mampu membaca dan menulis Al-Qur’an.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->