P. 1
MODUL 3 Perfect 3.10 Neww

MODUL 3 Perfect 3.10 Neww

|Views: 551|Likes:

More info:

Published by: Randa Fahlevi Chandrawinata on Oct 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2014

pdf

text

original

MODUL 3 : RUANG LINGKUP DAN CAKUPAN KONSEP DASAR IPS

RANGKUMAN : RUANG LINGKUP DAN CAKUPAN KONSEP DASAR IPS Istilah pendidikan IPS dalam penyelenggara pendidikan di Indonesia masih relatif baru digunakan .pendidikan IPS merupakan pedoman dari social studies dalam konteks kurikulum di amerika serikat istilah tersebut pertama di gunakan di amerika serikat pada 1913 mengadopsi nama lembaga social studies yang mengembangkan kurikulum d AS karena dalam pendidikan IPS peserta didik di harapkan memperoleh pemahaman terhadap sejumlah konsep dan mengembangkan serta melatih SIKAP,NILAI,MORAL dan keterampilan berdasarkan konsep yang telah di milikinya.

Pada dasarnya tujuan dari pendidikan ips adalah mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar pada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat minat kemampuan lingkungan serta berbagi bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berdasarkan pengertian dan tujuan dari pendidikan IPS tampaknya di butuhkan suatu pola pembelajaran yang mampu menjembatani tercapainya tujuan tersebut kemampuan dan keterampilan guru dalam memilih dan menggunakan berbagaimodul metode dan strategipembelajaran senantiasa terus di tingkatkan gar pembelajaran pendidikan IPS benar-benar mampu mengkondisikan upaya pembekalan kemampuan dan keterampilandasar bagi peserta didik untuk menjadi manusia dan warga Negara baik hal ini d karenakan pengkondisian iklim belajar merupakan aspek penting tercapainya tujuan pendidikan.

Karakteristik mata pelajaran IPS berbeda dengan disiplin ilmu-ilmu yang bersifat mendidik IPS merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu-ilmu social seperti : SOSIOLOGI,SEJARAH,GEOGRAFI,EKONOMI,POLITIK,HUKUM DAN BUDAYA RUMUSAN ips berdasarkan realitas dan fenomena social melalui pendekatan indisipliner.

Konsep yang memiliki dasar pengertian pada suatu bidang ilmu social di sebut konsep dasar, konsep dasar ini merupakan cakupan dan ruang lingkup pengembangan pembelajaran IPS dan dapat di katakan bahwa ilmu social ini mempunyai suatu kepentingan pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi disamping itu bidang teknologi,komunikasi ,transportasi dan lainya.

Secara teutorial konseptual.IPS dan ilmu social sama-sama memiliki subjek dan objek yang sama mempelajari tentang prilaku manusia.untuk memenuhi kebutuhan materinnya. ANTROPOLOGI. konsep geografi erat hubunganya dengan konsep-konsep antropologi. SOSIOLOGI.suatu konsep dasar dengan konsep konsep dasar yang lain dapat di pisahkan.pemanfaat sumber daya alam yang ada di bumi mengatur kesejahteraan dan pemerintahnya untuk mengatur kehidupan masyarakat manusia.serta untuk mampu menjadi warga Negara yang baik dan selalu wajib mempelajari ilmu.serta demikian n seterusnya Ilmu politik sebagai salah satu ilmu bidang ilmu sisial. dan psikologi social .ruang lingkup kajianya adalah penyelenggaraan kehidupan Negara dan pelaksanaan pemerintah dengan seluk beluk serta persoalanya oleh karena itu . memenuhi kebutuhan budayanya. IPS berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dalam memenuhi aspek kebutuhan hidupnya..kebutuhan jiwanya. .MODUL 3 : RUANG LINGKUP DAN CAKUPAN KONSEP DASAR IPS RANGKUMAN : KARAKTERISTIK CAKUPAN KONSEP SEJARAH.SERTA PSIKOLOGI SOSIAL Di dalam pendidikan IPS (ilmu pengetahuan social) suatu konsep merupakan salah satu strategi .GEOGRAFI EKONOMI.mengajar n membelajarkan yang bermakna terutama dalam pengembangan sumber daya alam dan generasi muda yang memiliki kemampuan konseptual di masa yang akan datang. Konsep dasar IPS adalah suatu cerita mental tentang objek konkret atuapun gagasan yang abstrak konsep IPS mencerminkan suatu fenomena atau gejala benda-benda yang berkaitan dengan IPS .ilmu politik.berkaitan dengan bagaimana cara manusia menggunakan usaha. untuk memahami dan menghayati proses penyelenggaraan pemerintah .POLITIK PEMERINTAHAN.namun dalam proses berpikir yang integratif tersebut berkaitan satu sama lain .

. Keberadaan IPS untuk memfokuskan kepentngan kependidikan di dunia persekolahan di bidang ilmu social dan bias juga di perguruan tinggi atau di pelajari di masyarakat umum.merupakan tugas kewajiban guru. khusunya guru IN yang perlu di jadikan panggilan diri guru masing masing.peadogogik. IPS menggunakan ilmu-ilmu social sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran di lengkapi dengan mempertimbangkan seperti psikologis. Kepribadian sebagai suatu konsep dasar psikologis merupakan suatu perpaduan potensi . 4. (Social science) terdapat beberapa perbedaan sebagai berikut : 1. Dalam IPS menggunakan pendekatan multi disiplin atau interdisiplin .IPS (ilmu pengetahuan social) sebagai bidang study dengan disiplin ilmu social. kemampuan dan asset diri tiap individu yang menjadi jati diri masing – masing pengembangan dan pembinaankepribadian peserta didik menjadi sumber daya alam yang handal . IPS bukan suatu disiplin ilmu seperti halnya ilmu social. tetpi IPS lebih tepat di lihat sebagai suatu ujian terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. 2. 3. sedangkan ilmu social menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau moto disiplin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->