P. 1
jantung pisang

jantung pisang

|Views: 1,747|Likes:
Published by ai3nma

More info:

Categories:Types, Research
Published by: ai3nma on Oct 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

MENGOLAH JANTUNG PISANG MENJADI KERIPIK

DISUSUN OLEH: SARAH TIARI SHINTYA SRI REZEKI VIVI NOVITA SULI

XI IPA 1 SMAN 3 BATAM 2011/2012

DAFTAR ISI
A. B. C. D. E. Latar Belakang Masalah................................................................................................................... 3 Rumusan Masalah............................................................................................................................ 3 Tujuan Penelitian ............................................................................................................................. 3 Manfaat Penelitian ........................................................................................................................... 4 Kajian Teori .................................................................................................................................... 4 Manfaat jantung pisang bagi tubuh diantaranya sebagai berikut :...................................................... 4 F. G. Hipotesis ......................................................................................................................................... 6 Metodologi Penelitian ...................................................................................................................... 7

A. Latar Belakang Masalah Keripik merupakan salah satu jenis dari makanan ringan yang sangat populer di masyarakat. Umumnya bahan dasar keripik yaitu singkong, pisang, kentang, keripik berbahan dasar buah ataupun bahan dasar lainnya, tetapi yang paling populer di masyarakat yaitu keripik singkong dan keripik pisang. Untuk membuat variasi baru dari keripik, jantung pisang merupakan salah satu alternatif untuk menjadi bahan dasar keripik. Selain untuk mengurangi biaya produksi dan memanfaatkan jantung pisang, jantung pisang juga kaya akan manfaat yang dapat mencegah jantung koroner, penyembuhan diabetes dan lain-lain. Jantung pisang banyak mengandung serat dan ada zat yang berguna yang disebut tannin (ant ioksidan alami). Selama ini kebanyakkan jantung pisang hanya diolah menjadi hidangan sayaur-mayur oleh masyarakat . Karena itu diperlukan kreatifitas yang baru untuk mengolah jantung pisang tersebut menjadi sesuatu yang berbeda dan menjadi makanan yang disukai oleh masyarakat serta ekonomis. Salah satu caranya adalah mengolah jantung pisang menjadi keripik. Dengan cara tersebut dapat menambah variasi dari bahan dasar keripik dan variasi olahan apa saja yang dapat dihasilkan dari jantung pisang.

B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana memanfaatkan jantung pisang yang selama ini umumnya hanya diolah menjadi hidangan sayur mayor menjadi olahan baru yaitu keripik jantung pisang? 2. Bagaimana memberikan olahan makanan ringan dan sehat yang dapat disukai oleh masyarakat?

C. Tujuan Penelitian 1. Dapat memanfaatkan jantung pisang menjadi salah satu jenis makanan ringan selain diolah menjadi hidangan sayur-mayur. 2. Dapat memberikan olahan makanan ringan dan sehat yang dapat disukai oleh masyarakat.

D. Manfaat Penelitian 1. Untuk menyelesaikan Tugas Mulok Kelas XI IPA TP. 2011/2012.

E. Kajian Teori 1. Struktur Pohon Pisang

2. Kandugan dan Manfaat Jantung Pisang Kasiat jantung pisang menurut ahli teknologi pangan dan gizi IPB (Institut Pertanian Bogor), jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, mineral (terutama fosfor, kalsium. dan besi) maupun vitamin seperti beta karotin, Vitamin B1 dan C. Sebagai sayur, jantung pisang juga mengandung serat pangan yang tinggi. Manfaat jantung pisang bagi tubuh diantaranya sebagai berikut :
• •

Memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat mencegah obesitas. Mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi semakin sedikit dan baik bagi penderita diabetes.

Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meninggkatkan pergerakan usus besar

• •

Mengikat lemak dan kolesterol yang kemudian dikeluarkan melalui feses Mengurangi resiko penyakit jantung.

Jantung pisang harusnya menjadi salah satu bahan yang patut lebih dipertimbangkan dari segi manfaat sebagai sayuran yang dapat divariasikan dalam menu sehari-hari. Bahkan dapat dijadikan sebagai makanan alternative untuk para vegetarian karena seratnya yang cukup memadai. Bila dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan , jantung pisang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.(Dikutip dari: http://holichaxor.com/tag/manfaat-jantungpisang)

3. Pemanfaatan Jantung Pisang

Menurut PKM-K-10-NUPI (NUGGET JANTUNG PISANG).2010.www.scribd.com. Jantung pisang adalah salah satu alternatif untuk menggantikan fungsi daging dalam nugget. Selain untuk mengurangi biaya produksi jantung pisang juga kaya akan manfaat yang dapat mencegah jantung koroner, penyembuhan diabetes dan lain-lain.

Menurut Warkop Mbah Lalar.2011.www.warkoplalar.blogspot.com. Jantung pisang dapat dijadikan sebagai makanan alternatif untuk para vegetarian karena seratnya yang cukup memadai. Bila dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan, jantung pisang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Menurut misterluthfi.wordpress.com.2011. Jantung pisang dapat disulap menjadi bakso yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga enak. Berdasarkan penelitian labolatorium dan kajian ilmiah melalui beberapa literatur, jantung pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu juga mengandung protein, mineral terutama fosfor, kalsium, dan besi, serta sejumlah vitamin A, B1 dan C. Komponen penting lainnya yang terdapat pada jantung pisang adalah serat pangan yang sangat bermanfaat

Menurut jabar.tribnunews.com.2 Februari 2009. “Kalau diamati tekstur serat jantung pisang mirip serat daging. Lalu saya coba membuat bumbu dendeng sehingga jadi menu denjapi,” jelas sarjana ekonomi yang pernah bekerja di perusahaan perangkat water heater.

Menurut jabar.tribnunews.com.2 Februari 2009. Bambang seorang pengusaha makanan di Jawa Barat, dengan dibantu putrinya meneliti rebusan air jantung pisang yang bisa mencegah pendarahan otak bila diminum secara rutin.

Menurut www.myquran.org. 16 November 2006. Jantung pisang dimanfaatkan menjadi olahan jatung pisang masak sarden.

Menurut www.myquran.org. 16 November 2006. Jantung pisang dimanfaatkan menjadi olahan pepes teri jantung pisang.

Menurut www2.bbpp-lembang.info. 6 juli 2010. Dendeng jantung pisang mempunyai kondisi fisik yang khas sehingga memungkinkan untuk diolah menjadi dendeng buatan. Dendeng jantung pisang dibuat dari jantung pisang yang direbus, dihancurkan (ditumbuk), ditambah dengan bumbu-bumbu, dan kemudian dikeringkan serta digoreng bila hendak disantap. Hasilnya sangat sama dengan dendeng asli berbahan daging, Sehingga untuk menekan biaya produksi pembuatan dendeng, jantung pisang bisa digunakan sebagai bahan tambahan. Dengan teknik ini bisa untuk membuat ”daging palsu” yang sangat cocok untuk para vegetarian, setelah mengganti bahan yang ada dengan bahan nabati seluruhnya.

Menurut www.balipost.co.id.28 September.2010. Pemanfaatan Jantung Pisang sebagai Bahan Pengawet Daging.

Menurut ahmadsyahbio.blogspot.com.31 agustus 2010. Jantung pisang banyak sekali ditemukan di lingkungan sekitar. Namun keberadaannya belum bisa di manfaatkan oleh masyarakan dengan baik. Orang hanya memanfaatkan buah pisangnya saja untuk di konsumsi, sedangkan Jantungnya di buang tanpa di manfaatkan atau di olah sebagai bahan makanan. Padahal jantung pisang banyak sekali manfaat dan kegunaannya, salah satunya dijadikan Cobek sebagai pelengkap Lauk Pauk untuk di konsumsi bersama keluarga.

F. Hipotesis Jantung pisang dapat diolah menjadi keripik (makanan ringan).

G. Metodologi Penelitian

Alat - baskom - pisau - wajan - pengaduk - kompor

Bahan - jantung pisang - garam - kapur sirih - minyak goreng - air gallon

Mengolah Jantung Pisang: 1. Jantung Pisang dipotong kemudian dicuci bersih 2. Diiris tipis sesuai dengan yang diinginkan 3. Direndam dengan air kapur selama 10 menit kemudian ditiriskan 4. Direndam dengan air garam selama 10 menit kemudian ditiriskan 5. Direndam dengan air gallon dibiarkan selama 1 hari 6. Ditiriskan kemudian dijemur hingga kering 7. Siap untuk digoreng

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->