ANALISIS PENGEMBANGAN KEGIATAN ANAK USIA DINI PADA PAUD BAITUL MUTTAQIN COT DARAT

LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS

Oleh : NIM.

JURUSAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TERBUKA

2011

2

Waktu Pelaksanaan : Tempat Penelitian Juli 2011 : PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat 3 .LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS Judul Penelitian : “ANALISIS PENGEMBANGAN KEGIATAN ANAK USIA DINI PADA PAUD BAITUL MUTTAQIN COT DARAT”.

Dalam penyusunan penelitian ini. 2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat yang telah membantu kami sehingga terlaksananya semua kegiatan perkuliahan yang telah penulis jalani dari pertama hingga akhir perkuliahan.KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. selaku Ketua Program S1 PG PAUD UT di Kab. karena atas Rahmat dan Karunia-Nyalah. maka sepantasnyalah peneliti menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang terhormat : 1. Penelitian ini merupakan tugas akhir sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan pendidikan pada program S1 PG PAUD pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. Oleh karena itu. bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak maka kesulitan tersebut dapat teratasi. Namun berkat dorongan. i . maupun dalam proses penyusunannya. . . selaku pembimbing dan penanggung jawab mata kuliah Analisis Kegiatan pengembangan pendidikan Anak Usia Dini. yang telah membimbing dan mengarahkan bakal pengetahuan dalam bentuk materi perkuliahan yang mendukung penelitian ini terlaksana. sehingga penyusunan penelitian ini dapat selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.. 3. banyak kesulitan yang peneliti hadapi baik dalam proses pengumpulan bahan data. Aceh Barat yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.

sampai penulisan ini selesai. UT. UT yang telah turut memberi sumbangan pikiran kepada peneliti. 5. Assalamu Alaikum Wr. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi para orang tua. guru dan pemerhati pendidikan pada anak usia dini. ii . Agustus 2011 Penulis.1 PG PAUD.1 PG PAUD. Kepada teman-teman mahasiswa S. Wb Meulaboh .4. Kepada orang tua dan saudara-saudaraku yang dengan ikhlas dan sabar mendorong dan mendoakan akan keberhasilan studi di program S.

................... B......................................... A... Tujuan Penelitian.................................................... DAFTAR PUSTAKA........................... BAB III METODOLOGI PENELITIAN........................................ Analisis Kritis..... Daftar Isi............................................................................................................................................................................................................ B................................................. BAB IV ANALISIS DATA.............................. Tabulasi Data................................................................... A........................................................................................................................ Latar Belakang Penelitian..................................................................................... C.................................................. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.. BAB I PENDAHULUAN...... BAB II LANDASAN TEORI......................................................................................... Fokus Penelitian........................................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar............... LAMPIRAN-LAMPIRAN Janji PAUD Daftar Nama Pengasuh dan Pendidik Jadwal Kegiatan PAUD Daftar Menu i iii 1 1 1 2 3 5 6 6 9 11 12 iii .................

Program S1 PG-PAUD Universitas Terbuka menargetkan lulusannya menjadi tenaga pendidik PAUD profesional yaitu yang dapat mengembangkan program PAUD dan membuat inovasi-inovasi. bimbingan sosial dan pendidikan semua kegiatan dilakukan sambil bermain karena pada masa ini adalah masa bermain pada anak. Program di PAUD direncanakan dan dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh antara pengasuhan. B. Fokus Penelitian Setelah diadakan observasi PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat maka penelitian ini berfokus pada salah satu kegiatan PAUD yaitu : Pengelolaan PAUD dalam proses kegiatan pembelajaran di PAUD disesuaikan dengan kelompok usia. PAUD menyelenggarakan program pendidikan sekaligus pengasuhan terhadap anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun dengan prioritas anak usia 4 tahun ke bawah. 1 .BAB I PENDAHULUAN A. Pendirian PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat merupakan salah satu bentuk PAUD pada Jalur Non Formal sebagai wahana kesejahteraan yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja. perawatan. Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut maka telah dilakukan penelitian di PAUD Baitul Muttaqin Cot Daratyang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan-kegiatan yang dianggap perlu di teliti lebih lanjut untuk selanjutnya dianalisis kritis. Latar Belakang Penelitian PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat merupakan salah satu PAUD di Sulawesi Selatan. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia dini.

3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis Baitul Muttaqin Cot Darat. Memberi masukan terhadap kegiatan penyelenggaraan PAUD Melatih mahasiswa melakukan penelitian kelas. suatu kegiatan anak di lembaga PAUD. 2. 2 . Tujuan Penelitian Penelitian ini bermanfaat untuk : 1.C.

maju. mandiri. 4. baik kelangsungan hidup. hak tumbuh kembang. misalnya : perlakuan kasar dan eksploitasi. serta hak untuk berpartisipasi penuh dan pendayagunaan waktu luang secara bermanfaat. 3. minat. olahraga. d. b. Asuh Asuh dimaksudkan untuk mewujudkan kualitas kepribadian dan jati diri agar memiliki karakteristik : a. nasionalisme dan kepeloporan Rasa tanggungjawab. emansipasi. 2. Tempa Yang dimaksud dengan tempa adalah untuk mewujudkan kualitas fisik anak dini usia melalui upaya pemeliharaan kesehatan peningkatan mutu gizi. Integritas iman dan takwa Patriotisme. serta upaya pembinaan lanjutan dengan mengutamakan prinsip kepentingan terbaik bagi anak. hak mendapat perlindungan dari pengaruh yang dapat merugikan pertumbuhan dan perkembangan. persepsi dan kreativitas intelektualnya secara berkelanjutan dan prospektif. Asah Asah dimaksudkan agar anak usia dini memiliki kondisi intelektual yang berkembang. sebagai upaya mewujudkan dan menjamin pemenuhan kebutuhan anak. c. Asih Asih pada dasarnya merupakan pendampingan dan perlindungan anak usia dini. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan untuk menumbuhkembangkan potensi. keehatan. maka filsafat pendidikan di PAUD dapat dirumuskan menjadi : 1.BAB II LANDASAN TEORI PAUD Untuk mendukung mewujudkan anak usia dini yang berkualitas. demokrasi dan berprestasi. bakat. apresiasi. sehat dan berkualitas. demokratis. dan tahan uji 3 . jiwa kesatria dan sportivitas Jiwa kebersamaan.

e. g. kreatif dan profesional 4 . f. Jiwa tanggap (penguasaan ilmu pengetahuan. dan teknologi) Optimis dan keberanian mengambil resiko Jiwa kewirausahaan.

Observasi yaitu untuk melihat fenomena yang unik / menarik untuk Wawancara yaitu untuk menggali informasi lebih mendalam Dokumentasi yaitu untuk mengumpulkan bukti-bukti dan dijadikan fokus penelitian. mengenai fokus penelitian. Subyek Penelitian Subyek penelitian ini adalah anak-anak pendidik dan pimpinan PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat. 3. Instrumen Penelitian Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : a. penjelasan yang lebih luas mengenai fokus penelitian. 2. b. Metode Penelitian Metode ini menggunakan interpretative yaitu menginterpretasikan data mengenai fenomena / gejala yang diteliti di lapangan. 5 .BAB III METODOLOGI PENELITIAN 1. c.

berikan adalah Observasi Dokumentasi Dalam rencana kegiatan tertulis bahwa anakanak di kelompokkan sesuai umurnya dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. usia anak yang anak akan cepat mulai 3 bulan dapat sampai usia 6 menguasai bulan. gambar. Dalam dokumen pendirian lembaga tercantum bahwa salah satu tema pendirian PAUD Baitul Muttaqin Cot Daratadalah membantu ibuibu agar dapat bekerja dengan tenang sehingga dapat tercapai prestasi kerja yang optimal serta menghindarkan anak dari kemungkinan terlantarnya pertumbuhan 6 . Tabulasi Data Untuk memudahkan analisis data. bacaan dan S mampu edangkan usia 3-4 menuangkan tahun kami berikan perasaannya kegiatan mewarnai lewat tulisan. membaca dan anak-anak. demikian anak menulis dan akan lebih cepat berhitung baik belajar yang penjumlahan lainnya juga maupun karena sudah pengurangan mampu melalui kegiatan memahami yang diberikan. menarik akan semakin garis | –– C / \ O cepat anak U belajar yang sia 1-2 tahun lain dengan kegiatan yang kami berpikir kritis. K menulis serta ami di PAUD ini dapat berhitung.BAB IV ANALISIS DATA A. kemampuan U tersebut sia 5-6 tahun kami nantinya. maka data hasil penelitian dibuat tabulasi sebagai berikut : Wawancara dengan Wawancara Guru dengan Pimpinan Anak-anak dalam Dproses kegiatan i PAUD kami Saya berkeyakinan pembelajaran di sudah dengan PAUD Baitul mengembangkan meletakkan Muttaqin Cot kemampuan anak dasar yang kuat Darat menulis. sudah siapkan Dengan belajar membaca. membaca untuk disesuaikan dan berhitung sejak kemampuan dengan usia dini.

potensi anak edukatif yang walaupun beda sejak dini yang digunakan kegiatannya namun kami rancang adalah mainan kesempatan sedemikian yang sudah Observasi Guru menggunakan sumber kegiatan anak sesuai dengan usia anak. baik jasmani.d 1 perkembangan tahun adalah secara wajar pengasuhan. P embagian Kami lebih Dalam rencana kelompok menekankan kegiatan tertulis dilakukan di pada bahwa salah sesuaikan dengan pengembangan satu alat peraga usia anak. A rohani dan danya kaitan sosialnya. Wawancara dengan Wawancara Dokumentasi Guru dengan Pimpinan U dan sia 3 bulan s.bermain untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Lembar kerja 7 . dengan pengembangan kemampuan membaca dan menulis pada usia 5-6 tahun di PAUD kami akan memudahkan anak mendengar dan bercakap-cakap karena kedua kegiatan ini akan memungkinkan anak menambah kosa kata yang mereka perlukan nanti untuk memahami bacaan dan tulisan serta mampu mengembangkan aspek kognitifnya.

untuk anak 3-6 tahun. pertanyaan-pertanyaan. Kedua. anak saat memasuki belum bisa bercerita kegiatan inti dan mengekspresikan pendidik seluruh perasaannya mengarahkan jika perlu kita gali anak-anak untuk pertanyaan. Bermain anak usia 1-2 tahun. mencoret- Kami berkeinginan agar anak-anak mendapat pendidikan yang benar sejak dini sehingga anakanak akan lebih mendidik sedini mungkin dan berkembang potensinya sesuai perkembangannya. kami ajak bermain. rupa sehingga anak bukan hanya sekedar bermain tapi terarah pada suatu pencapaian perkembangan optimal. disiapkan oleh pendidik. seni dan kognitifnya dan dalam lingkungan PAUD kami atur sedemikian rupa sehingga anak merasa betah dan nyaman berada dalam pengasuhan kami. karena bermain bagi anak usia dini masih sangat penting karena untuk mengembangkan aspek fisik morotiknya. bermain masih diprioritaskan. Wawancara dengan Guru bahasanya. melakukan anak mungkin tidak kegiatan dengan berani berbicara tanpa mengelompokkan diminta ia menjawab usia anak. Dinding kelas banyak ditempel gambar-gambar dengan tulisantulisan dibawahnya - Ba nyak cara lain yang kami lakukan misalnya : melatih motorik bahasanya. - Dalam rencana kegiatan tertulis pendidik menggunakan metode tanya jawab dan bercakapcakap. - 8 . Ketiga. Observasi Wawancara dengan Pimpinan Dokumentasi Pendidik minta Per anak duduk tama. anak belum melingkar sambil dapat menyusun kosa bercakap-cakap kata jadi masih perlu kemudian pada dituntun.

mengenai gambar tersebut. bercakap-cakap. Pelaksanaan pengembangan kemampuan dasar anak menanamkan berbagai aspek-aspek perkembangan dasar anak. tahun b. menggunting. Untuk menambah kosa katanya anak kami putarkan video tentang cerita anak serta hasil kegiatan anak kami pajang di dinding tersebut. Apa yang dilakukan di PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat yaitu menanamkan dasar-dasar kemampuan membaca dan menulis melalui berbagai kegiatan baik mendengar. bercerita serta melalui kegiatan bermain plastisin. B. Lingkungan PAUD Kelompok besar 4 Tahun – Kelompok kecil 2 Tahun – Kelompok bayi 3 bulan – 1 9 . menggambar. mewarnai gambar. coret di kertas. Analisis Krisis Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan “proses kegiatan pembelajaran dengan mengelompokkan usia anak” merupakan suatu kegiatan yang bermaksud pengembangan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya. Pengelompokan anak di PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat adalah usia : a. dsb. dan lain-lain. pengembangan kemampuan dasar anak di PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat merupakan prioritas program yang dicantumkan dalam dokumen pendirian lembaga. mewarnai. 4 tahun Lokasi PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat berada dikomplek Mesjid Baitul Muttaqin Desa Cot Darat Samatiga Aceh Barat. 3 tahun c.

Ruangan disesuaikan dengan jumlah peserta didik. c. sehingga anak merasa dirumahnya sendiri. Ruangan juga harus dilengkapi dengan penerangan dan ventilasi yang cukup. kursi. Kegiatan penyambutan. Ruangan PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat mempunyai : 1. Satu ruangan tempat cuci tangan. Hal ini untuk mengurangi rasa takut pada lembaga di mana anak dititipkan. pengelola dan pengasuh). Mengenai perabot ruangan di PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat dilengkapi dengan perabot sesuai dengan keperluan dan ketersediaan dana. calon peserta didik. Kegiatan ini dilakukan anak bersama pendidik yang mencakup : 10 . telepon. dan lain-lain. makan dan tidur anak. radio. Satu ruang serba guna untuk proses pembelajaran. 2. b. Adapun kegiatan dalam satu hari di PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat adalah : a. yang perlu diperhatikan agar anak dapat leluasa bergerak tidak bertabrakan satu anak dengan anak lainnya. kegiatan ini merupakan transisi anak dari Kegiatan bermain bebas (menonton TV) Kegiatan anak di sentra bermain 1) Pijakan sebelum main 2) Belajar seraya bermain rumah untuk melakukan kegiatan pembelajaran di PAUD. rak-rak untuk permainan bab. Satu kamar mandi / WC untuk orang dewasa (pendidik. kasur. Satu dapur 4. almari.harus dapat menciptakan suasana rasa aman kepada anak untuk belajar dan berkembang. seperti meja. anak aman dan tenang. Satu kamar mandi /WC anak 5. tempat tidur. 6. perlengkapan administrasi. Satu ruangan untuk kantor / administrasi 3. Lingkungan hendaknya disesuaikan dengan kegiatan dan jumlah anak mengenai tempat belajar PAUD hendaknya didirikan dengan bangunan/gedung permanen yang mudah dijangkau oleh orang tua. TV.

f. g. 11 . e. 4) Membersihkan mainan d.3) Mengulang kembali sebagai penguatan ingatan setelah bermian. Makan bersama Tidur siang/ istirahat Mandi sebelum pulang ke rumah Kegiatan untuk menyerahkan anak kepada orang tua / wali yang menjemput anak pulang.

12 . Alasan pengembangan membaca dan menulis di terapkan di PAUD ini karena ada usia 6 tahun yang akan siap memasuki pendidikan dasar.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. kalau door supaya pengembangan fisik motorik kasarnya bisa berkembang. Pengembangan kognitif anak mulai usia 3 bulan – 6 tahun Lingkungan PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat disiapkan sudah dikembangkan. bisa jangan di lantai dua karena sangat berbahaya bagi keselamatan anakanak yang dititipkan. 3. 2. 3. 1. Sebaiknya di PAUD ada tim medis di siapkan untuk mengantisipasi anak yang sakit. sedemikian rupa sehingga dapat membimbing pencapaian kemampuan dasar-dasar pengembangan. Saran Dalam pengelolaan PAUD sebaiknya ada permainan out Sebaiknya pengelolaan PAUD bangunan permanen. B. 1. menulis serta pengembangan kognitif dan motorik halus. Kesimpulan PAUD Baitul Muttaqin Cot Darat mempunyai program Dari tabulasi dan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal yaitu : pengembangan membaca. 2.

Jakarta : Universitas Terbuka. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Dkk. Prosedur Penelitian(Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. 2010 Hafidin. 2010 13 .DAFTAR PUSTAKA Teknis Penyelenggaraan Tema Penitipan Anak oleh : Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Departemen Pendidikan Nasional. Winarmi.Evaluasi Kegiatan untuk Anak Usia Dini . 2002 Wijana.Jakarta : Rineka Cipta. Jakarta : Universitas Terbuka 2010 Yufiarti. Jakarta : Universitas Terbuka.2002. Kurikukulum Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : Prodi PAUD FIP UNJ Suharsimi. Luluk. Asmawati. Profesionalitas GURU PAUD. Arikunto.

IBU WATI 1. ADIL. Memandikan D. IBU ANA 1. Menidurkan 3. Membersihkan 2. JUJUR. Bagian-bagian bayi E. IBU KARMILA 1. Mendidik . Mengasuh C. Bayi 2. Mencuci 3. IBU RABIAH 1. Menyetrika 3. PATUH DAN TAAT BERIBADAH 2. Membersihkan 2. Administrasi 3. IBU ROS 1. Mendidik 2. Mendidik 2. RENDAH HATI DAN SETIA KAWAN 5. PATUH DAN TAAT PADA GURU 4. TIDAK LUPA BELAJAR SETIAP WAKTU DAFTAR NAMA PENGASUH DAN PENDIDIK SERTA TUGAS MASING-MASING A. Buat susu B. Bagian perlengkapan bayi 2. PATUH DAN TAAT PADA ORANG TUA 3. Dapur 3. Pendidik F.LAMPIRAN JANJI PAUD DI PAUD BAITUL MUTTAQIN COT DARAT 1. IBU ITA 1.

2 .

sambel goreng Buah Nasi / Nasi Tim Osengoseng / cah kangkung Udang goreng Tepung / abon Buah Nasi / Nasi Tim Semur daging / bakso Rempeyek Buah Sore Snack SELASA Roti Kue Snack RABU Pisang goreng Bolu Kukus Snack KAMIS Mie goreng Donat Snack 3 .10 09.30 10.30 11.30 – 14.30 – 12.00 – 12.00 12.30 15.30 – 09.30 15.30 14.15 – 14.30 – 11.LAMPIRAN JADWAL KEGIATAN PAUD BAITUL MUTTAQIN COT DARAT 08.45 14.00 08.10 – 10.15 12.00 – 15.45 – 15.00 15.30 – 16.30 08.15 – 15.00 Penerimaan Anak Berbaris Sarapan Kegiatan lingkaran Inti (sesuai tema) Makan siang Shalat bersama Tidur siang Melanjutkan kegiatan / audio visual Merapikan pakaian anak Mandi sore Snack sore Persiapan pulang DAFTAR MENU Hari SENIN Pagi Nasi goreng Agar-agar Siang Nasi / Nasi Tim Sup ayam / sup kacang merah Balado telur / balado tahu Buah Nasi / Nasi Tim Sayur bening Sayur labu Ikan goreng.

JUMAT Dadar / Oplu Es buah SABTU Mishu Tim Tim Goreng - Nasi / Nasi Kari ayam Sup makroni Buah Nasi / Nasi Mie Kuah Ayam Buah Snack Snack 4 .