Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan

LINIER PROGRAMING

PENYUSUN : Dwi Manggala Saputra

MKDPK .2009210300 2 Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan .

.............................................. 6 Analisis......................................6 Data.........................................................................................................7 3 Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan ..................................................................................................7 Manual .........................................Table of Contents Table of Contents.............4 Metode...........................................................................................................................................................................................................4 Metode Grafik..................................................MKDPK ..........................................................................................6 Fungsi Batasan................................................3 Linier Programing....................................................................................................................................5 Rumusan/ Model.......................7 Software.......4 Metode Simplex..........................6 Fungsi tujuan.....................................................................................................

MKDPK . sedangkan pembatasanya berupa persamaan linier.tenaga karja.dan modal dengan cara sebaik mungkin sehingga diperoleh maksimasi yang dapat berupa maksimum keuntungan biaya atau minimasi yang dapat berupa minimum biaya. kerja mesin . Metode Metode Grafik Metode ini menunjukkan konsep dasar dari pengembangan teknik umum bagi pemrograman linier. 4 Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan .Linier Programing Program linier (linier programming di singkat LP) adalah:metode atau teknik matematik yang digunakan untuk membantu manajer dalam pengembalian keputusan.bahan baku. jam. Linier programming digunakan untuk menentukan kapasitas optimal dari sumber daya yang dimiliki perusahaan. Metode ini dapat digunakan apabila persoalan program linier yang akan diselesaikan hanya memiliki dua variabel yang digambarkan dalam koordinat X-Y.Secara umum dapat dikatakan bahwa masalah dengan linier programming adalah pengalokasian sumber daya yang terbatas seperti .

Metode Simplex Metode ini menunjukkan konsep dasar dari pengembangan teknik umum bagi pemrograman linier. tidak dapat digambarkan garis fungsi. 2. 5 Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan . Mencari titik yang paling menguntungkan (optimal) dihubungkan dengan fungsi tujuan. Karena terdapat lebih dari dua variabel.Langkah – langkah pengunaan metode Grafik dapat ditunjukkan secara ringkas sebagai berikut: 1. Metode ini dapat digunakan apabila persoalan program linier yang akan diselesaikan memiliki lebih dari dua variabel. Menggambarkan masing-masing garis fungsi batasan dalam satu sistem salib sumbu. Mengidentifikasi batasan-batasan yang berlaku dan mamformulasikannya dalam bentuk matematik. Didalam metode simplex ini. Menentukan fungsi tujuan dan memformulasikannya dalam bentuk matematik. Mengidentifikasi batasan-batasan yang berlaku dan mamformulasikannya dalam bentuk matematik. Menentukan fungsi tujuan dan memformulasikannya dalam bentuk matematik. Mencari titik yang paling menguntungkan (optimal) dihubungkan dengan fungsi tujuan. 2.MKDPK . 3. Langkah – langkah pengunaan metode Grafik dapat ditunjukkan secara ringkas sebagai berikut: 1. 4. 3.

100. Dari data di atas.000Y ≤ 1. Angin Mamiri memproduksi 2 jenis barang. yaitu X dan Y. buatlah model linier programming dan carilah hasil produksi maksimum apabila modal yang tersedia hanya Rp.MKDPK . Beberapa data yang berhubungan dengan produk tersebut adalah sebagai berikut : • Marginal income (per unit) untuk produk X rp.) : produk X dan Y masing-masing membutuhkan rp.2000 dan produk Y rp.000.000.Rumusan/ Model Fungsi tujuan Fungsi tujuannya adalah : Zmax = 2000X+3000Y Fungsi Batasan Fungsi batasannya adalah : • • • 12X + 6Y ≤ 72 bahan 7X + 10Y ≤ 70 waktu 100. 6 Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan .000 modal Data Contoh soal : PT.3000 • Pemakaian bahan (unit) : produk X membutuhkan 12 unit dan Y membutuhkan 6 unit • Waktu pengerjaan (jam) : produk X membutuhkan 7 jam dan Y membutuhkan 10 jam • Modal (Rp.000X + 100.

fungsi batasan. maupun grafiknya. jam kerja maksimal 4. Analisis Manual Analisis dengan menggunakan manual (tanpa software) menggunakan cara matematis.1. Dikerjakan berurutan. menggambar grafik. dan bahan maksimal 72 unit. Data tinggal di input kemudian bisa dapat diketahui hasilnya. mulai dari fungsi tujuan. dapat diketahui titik-titik sumbu X dan Y adalah sebagai berikut .MKDPK . Dari contoh soal diatas.200 menit. Baik titik optimal. Y = 10 bahan waktu modal Setelah diketahui titik-titik yang terdapat pada sumbu X dan Y. 7 Metode Kuantitatif Dalam Pengambilan Keputusan . Y = 7 X = 10 . Y = 12 X = 10 . dan menentukan titik optimal dari data yang ada.000. Software Software yang digunakan adalah QM dan WinQSB. menentukan titik-titik.000.-. • • • X = 6 . barulah tahap berikutnya adalah membuat grafik dari data yang tersedia. Kemudian menentukan titik optimal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful