PENGERTIAN DEMOKRASI : Demokrasi berasal dari bahasa yunani “Demos yang berarti rakyat dan Kratos yang berarti

kekuatan. Oleh karena itu demokrasi adalah suatu sistim pemerintahan negara di mana kedaulatan berada di tangan rakyat.kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat.

b.Atas dasar prinsip idiologi
1. Demokrasi Liberal) konstitusional (Demokrasi

Demokrasi yang didasarkan pada kebebasan / individualisme,kekkuasaan pemerintahan dibatasi konstisusi . 2. Demokrasi rakyat / Demokrasi Proletar. Berhaluan Marsisme-Komunisme.

PENGERTIAN BUDAYA DEMOKRASI Pengertian budaya demokrasi adalah :P0la-p0la sikap yang bersumber dari nilai nilai dasar demokrasi. PRINSIP – PRINSIP DEMOKRASI Menurut Robert A. Dahl sbb: 1. Kontrol atas keputusan pemerintah. 2. Pemilihan yang teliti dan jujur. 3. Hak memilih dan dipilih 4. Kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman . 5, Kebebasan mengakses informasi . 6. Kebebasan berserikat . MACAM-MACAM DEMOKRASI

PRINSIP-PRINSIP ADALAH:

BUDAYA

DEMOKRASI

Kerja sama,saling percaya,menghargai keaneka ragaman,toleransi,kesamaan derajat,menghormati penalaran,dan keadaban.

a.Menurut cara penyaluran kehendak rakyat dibedakan menjadi dua yaitu :
1. Demokrasi langsung : paham demokrasi yang mengikut sertakan setiap warga negaranya dalam menentukan kebijaksanaan umum negara/uu. 2. Demokrasi tidak langsung : paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistim perwakilan,dilaksanakan melalui pemilu.

Prinsip demokrasi universal adlh :

yang

berlaku

secara

• Adanya pembagian kekuasaan . • Keterlibatan warga negara pembuatan keputusan politik . dalam

• Persamaan/ Kesetaraan diantara warga negara (egalyty ) • Supremasi hukum . • . Kebebasan dan kemerdekaan yang diakui

Hikam Masyarakat madani adalah wilayah.yaitusikap salingmenghargai dan menghormati aktifitas yg dilakukan orang lain. gerakan kemasyarakatan . Ciri-ciri masyarakat madani Adapun ciri-ciri masyarakat madani : a.Free public sphere yaitu adanya ruang publik yg bebas sebagai sarana dalam mengemukakan pendapat. S.Pengertian Masyarakat Madani (civil society ) Difinisi mayarakat madani menurut : e.Demokratis c. PENGERTIAN MASYARAKAT ( CIVIL SOCIETY ) MADANI Syamsudin Haris : Masyarakat Madani adalah Suatu lingkungan interaksi sosial yang berada di luar Pengaruh negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab seperti keluarga . Mohammad A. . yaitu pertalian sejati kebhinekaan dalam ikatan-ikatan keadaban. keswadayaan (self supporting )kemandirian yang tinggi terhadap negara .sukarela . b.Toleran. dan berkaitan dengan norma dan nilai – nilai hukum yang ditaati warganya.wilayah kehidupan sosial yang teorganisir dan bercirikan antara lain kesukarelaan( voluntary ) . d.Keadilan sosial. keswasembadaan (self generating).Pluarisme. dan berbagai bentuk lingkungan komunikasi antar warga masyarakat.yaitu keseimbangan untuk menyebutkan keseimbangan dan pembagian yg proposional terhadap hak dan kewajibannya. Asosiasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful