P. 1
peraturan perguruan

peraturan perguruan

|Views: 201|Likes:
Published by astagpirullah

More info:

Published by: astagpirullah on Oct 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

PERATURAN PERGURUAN Nomor : 01 tahun 1997 TENTANG ORGANISASI

Diantaranya adalah : LAMBANG, PANJI PUSAKA DAN BENDERA PERGURUAN A. Lambang Perguruan Adalah identitas dari perguruan IKS.PI KERA SAKTI dengan bentuk atau warna sebagai berikut : 1. Lambang / Bedge berbentuk perisai : Melambangkan bahwa ilmu yang diajarkan di perguruan IKS.PI Kera Sakti hanya digunakan untuk melindungi diri (Tameng) dan bukan untuk dipakai sewenang – wenang. 2. Gambar Perisai dengan tiga tingkatan : Melambangkan tingkatan yang diajarkan terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu : Tingkat I Warga (Sabuk Biru), Tingkat II / Pendekar (Sabuk Merah), Tingkat III / Dewan Guru (Sabuk Merah Strip Kuning Emas) 3. Gambar manusia dibayangi kera Melambangkan bahwa pelajaran Bela Diri yang diajarkan kepada semua Anggota Perguruan IKS.PI Kera Sakti adalah menggunakan jurus atau Gerakan Silat Aliran Kera 4. Huruf Q : Melambangkan Kekuatan Rohani / Qontak (Tenaga Dalam) 5. Warna Merah : Melambangkan Keberanian 6. Warna Kuning : Melambangkan Kepandaian / Ilmu 7. Warna Hitam : Melambangkan Kekuatan Jasmani 8. Warna Putih : Melambangkan Kesucian dan Keluhuran Budi 9. Besar Bedge : Lebar : 10,5 cm Panjang / Tinggi : 11,5 cm Huruf Q di tengah Bedge dengan diameter 7 cm. 10. Penggunaan Bedge hanya khusus pada pakaian Seragam dan Bendera.

Jumlah tali pengikat ke tiang 3 buah . Bendera Pusaka diikatkan pada tiang bendera dengan tiga buah tali pengikat dan panjang tiang 2 meter berbentuk bulat f. Misalnya mimbar ditengah.PI Kera Sakti. Penempatannya disesuaikan dengan sistem penataan ruangan yang dipergunakan. Ditengah – tengah bendera terdapat gambar Bedge Perguruan d. 1. Bendera Pusaka Khusus untuk Pusat Perguruan IKS. Panji Pusaka 1. Bendera Perguruan Bendera Perguruan bisa dimiliki oleh semua Cabang. disamping kanan diletakkan Bendera Merah Putih dan disamping kiri Bendera Pusaka. Kirap Warga secara besar – besaran serta dalam upacara – upacara pengesahan. Koordinator maupun Ranting diseluruh Jajaran IKS. Di tengah – tengah bendera terdapat gambar Bedge Perguruan d. Warna Dasar Biru Laut c. Penggunaan Bendera Pusaka : Bendera Pusaka IKS. Bentuk dan Warna : Bendera Perguruan IKS. Warna dasar bendera biru laut dengan pinggiran diberi rumbai – rumbai warna kuning c.PI Kera Sakti.PI Kera Sakti dengan ketentuan sebagai berikut : a. Bentuk dan Warna : Panji Kebesaran IKS. Bendera Perguruan IKS. Pada puncak Bendera (Puncak Tiangnya) diberi tiara atau mustika 2. Ditiga sisinya (yang tidak melekat pada tiang bendera) diberi rumbai – rumbai kuning emas e. MUBES.PI Kera Sakti setiap saat dicanangkan disamping Bendera Nasional dalam rapat diruangan.PI Kera Sakti berbentuk bendera dengan ketentuan sebagai berikut : a. Panjang 120 cm dan lebar 90 cm b. Untuk itu Bendera Pusaka IKS.B.PI Kera Sakti tidak boleh disamakan penggunaannya dengan Bendera Perguruan. C. HUT Perguruan.PI Kera Sakti berbentuk persegi panjang dengan perbandingan panjang 90 cm dan lebar 60 cm b. 3.

Cara menggunakan sabuk diikatkan diperut dan disimpulkan disamping kanan .e. Celana Latihan Celana Latihan yang harus dipakai pada waktu latihan : a. Pada bulan keempat sampai dengan mengikuti ujian kenaikan tingkat ke Warga menggunakan Sabuk Kuning c. Warna Putih dengan kerah melingkar sampai bawah dengan warna hitam ukuran lebar dipasang 5 sumbu b. Penggunaan Bendera Perguruan Bendera Perguruan dapat dipergunakan dimana saja dalam rangka kegiatan para siswa atau anggota Perguruan IKS. Pada sisi baju bagian bawah diberi setrip hitam dengan ukuran 1 cm dan kanan kiri bagian baju diberi variasi cengkok ke atas. Celana Latihan berwarna putih polos b. Pada kedua ujung lengan diberi 2 setrip hitam dengan ukuran 1 cm jarak antara strip 2 cm c. 2. Pada kedua ujung kaki dikerut dengan elastik / karet (tidak dibenarkan tali) 3. Bedge Perguruan pada bendera dengan perbandingan 2 : 3 2. Baju Latihan Baju Latihan yang harus dipakai pada waktu latihan : a. Pakaian Siswa Tingkat Dasar 1. Sabuk Latihan a.PI Kera Sakti dilaksanakan baik dalam upacara maupun kegiatan lain dilapangan KETENTUAN – KETENTUAN PAKAIAN SISWA DAN WARGA A. Pada saat nol latihan sampai dengan 3 bulan menggunakan sabuk hitam dengan kedua ujung diberi variasi (digunting menyerupai huruf V) b.

Pakaian Tingkat II 1. hanya sabuk latihannya yang berbeda yaitu menggunakan sabuk Biru Laut. Atribut yang lain dilarang sama sekali digunakan B. Bentuk Lis baju dan ukuran lebar lis 1 cm 2. Celana Pendekar Stelan / Pasangan baju kebesaran Perguruan IKS. Celana berwarna hitam polos b.PI Kera Sakti dengan cirri – cirri sebagai berikut : a. Pada dada sebelah kanan dipasang Badge federasi Silat (IPSI) b. Pada dada sebelah kiri dipasang badge atau lambang Perguruan c. Pada kedua ujung kaki celana dikerut dengan elastic / karet (tidak dibenarkan tali) . Pakaian Siswa Tingkat I (Warga) Pakaian latihan untuk siswa tingkat I (Warga) sama dengan pakaian tingkat Dasar. Pada kedua lengan baju bagian dalam berwarna putih c. C. Baju Pendekar Baju kebesaran IKS. Atribut Yang dipakai pada baju latihan sebagai berikut : a.4. Warna Hitam dengan model kerah berdiri b.PI Kera Sakti dengan ciri – cirri sebagai berikut : a.

silahkan melihat di buku AD ART Perguruan. Atribut yang lain dilarang sama sekali digunakan d. Pada dada sebelah kanan dipasang Badge federasi Silat (IPSI) b. D. diatas Badge IKS dipasang Badge Tingkatan sesuai dengan tingkatannya. Pada dada sebelah kiri dipasang badge atau lambang Perguruan c. Atribut yang digunakan Lihat butir C. Untuk lebih lengkapnya. Celana Dewan Guru Lihat pada keterangan butir C Pakaian Tingkat II 3. . Sabuk Dewan Guru Berwarna Merah dengan Setrip Kuning Emas ditengah – tengah dan Kedua ujung digunting menyerupai huruf V dengan ukuran lebar 8 cm 4. ada tanda khusus. Khusus untuk baju Kebesaran.3. Terimakasih. Baju Dewan Guru Lihat pada keterangan butir C Pakaian Tingkat II 2. Atribut yang digunakan a. Note : Peraturan Perguruan yang kami cantumkan diatas adalah cuplikan dari beberapa yang ada. Pakaian Tingkat III ( Dewan Guru ) 1. Sabuk Pendekar Berwarna Merah dengan kedua ujung digunting menyerupai huruf V dengan ukuran lebar 8 cm 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->