P. 1
Makalah PPKN Pembahasan BAB II - III

Makalah PPKN Pembahasan BAB II - III

|Views: 39|Likes:
Published by Abdurrahman Bilal

More info:

Published by: Abdurrahman Bilal on Oct 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

BAB II PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN WARGA NEGARA

Pada masa lalu terjadi diskriminasi terhadap suatu bangsa atau ras lain yang berada di Indonesia dan dalam praktiknya masyarakat di wilayah negara Republik Indonesia tidak hanya ada warga negara Indonesia tetapi ada warga negara asing pula di dalamnya. Gagasan ini menyentuh pula persoalan kewarganegaraan yang harus ditata kembali sesuai dengan tuntutan demokratisasi dan kebutuhan reformasi lainnya agar masalah hak dan kewajiban warga negara Indonesia yang jelas. Siapa saja yang harus mematuhi atau melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak sesuai yang tercantum dalam tata perundang undangan di Indonesia. Hal mengenai warga negara Indonesia diatur dalam UU No.12 tahun 2006 tentang

kewarganegaraan. Terdapat beberapa pengertian warga negara yaitu sebagai berikut :    Warga Negara adalah orang yang terkait dengan sistem hukum Negara dan mendapat perlindungan Negara. Warga Negara secara umum ada anggota suatu negara yang mempunyai keterikatan timbal balik dengan negaranya. Warga negara adalah orang yg tinggal di dalam sebuah negara dan mengakui semua peraturan yang terkandung di dalam negara tersebut.

Anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia yang pada waktu lahir tidak jelas status kewarganegaraan ayah dan ibunya. 5. 9. Anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNA yang diakui oleh seorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum anak tersebut berusia 18 tahun atau belum kawin. Anak yang dilahirkan di luar wilayah Republik Indonesia dari ayah dan ibu WNI. 7. Anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI dan ayah yang tidak memiliki kewarganegaraan atau hukum negara asal sang ayah tidak memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut. 4. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Menurut UU ini. Anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu warga negara asing (WNA). dan ayahnya itu seorang WNI. 3. 2. Anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI. Anak yang baru lahir yang ditemukan di wilayah megara Republik Indonesia selama ayah dan ibunya tidak diketahui. 11. Anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal dunia dari perkawinan yang sah. yang karena ketentuan dari negara tempat anak tersebut . 8. Anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI. Setiap orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah menjadi WNI. atau sebaliknya. orang yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) adalah : 1. 10. Anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia apabila ayah dan ibunya tidak memiliki kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya. 6. Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam UU no. Warga Negara Indonesia menurut Pasal 26 UUD 1945 adalah : Orangorang bangsa Indonesia asli dan bangsa lain yang disahkan Undangundang sebagai warga Negara.

yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraan Indonesia. Anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin. Anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin. diakui pula sebagai WNI bagi: 1. yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraan Indonesia. berada dan bertempat tinggal di wilayah RI. berada dan bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia. 12. 2. kemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia. Anak warga negara asing yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurut penetapan pengadilan sebagai anak oleh warga negara Indonesia. 4. belum berusia 18 tahun dan belum kawin. baik warga asli negara tersebut atau pun warga asing dan negara . 3. diakui secara sah oleh ayahnya yang berkewarganegaraan asing. Anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraannya. yang diangkat secara sah sebagai anak oleh WNA berdasarkan penetapan pengadilan. 2. Selain itu. Jadi. warga negara adalah orang yang tinggal di suatu negara dengan keterkaitan hukum dan peraturan yang ada dalam negara tersebut serta diakui oleh negara. Anak WNI yang lahir di luar perkawinan yang sah. Kewarganegaraan Indonesia juga diperoleh bagi seseorang yang termasuk dalam situasi sebagai berikut: 1. Anak WNI yang belum berusia lima tahun.dilahirkan memberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan. Anak WNA yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurut penetapan pengadilan sebagai anak oleh WNI.

maka yang bersangkutan dapat menggunakan hak repuidasi yaitu hak untuk menolak pemberian kewarganegaraan tersebut.Dalam pewarganegaraan aktif.prinsip ini berlaku di Amerika. terkecuali di Jepang. Unsur Pewarganegaraan ( Naturalisasi) Syarat-syarat atau prosedur pewarganegaraan disesuaikan menurut kebutuhan yang dibawakan oleh kondisi dan situasi negara masingmasing. 3. dan Indonesia. UNSUR-UNSUR YANG MENENTUKAN KEWARGANEGARAAN 1. Jepang.seseorang yang tidak mau dijadikan warga negara suatu negara. seseorang dapa menggunakan hak opsi untuk memilih atau mengajukan kehendak menjadi warga negara dari suatu negara. Amerika. dan Indonesia. Inggris. Dalam pewarganegaraan ini ada yang aktif ada pula yang pasif. 2. . Unsur Darah Keturunan (Ius Sanguinis) Kewarganegaraan dari orang tua yang menurunkannya menentukan kewarganegaraan seseorang. Perancis. Unsur Daerah Tempat Kelahiran (Ius Soli) Daerah tempat seseorang dilahirkan menentukan kewarganegaraan. prinsip ini berlaku diantaranya di Inggris. B. Sedangkan dalam pewarganegaraan pasif.tersebut memiliki ketentuan kepada siapa yang akan menjadi warga negaranya. Perancis.

Undang-Undang ini pada dasarnya tidak mengenal kewarganegaraanganda (bipatride) ataupun tanpa kewarganegaraan (apatride Kewarganegaraan ganda yang diberikan kepada anak dalam Undang¬Undang ini merupakan suatu pengecualian. 3. beberapa asas khusus juga menjadi dasar penyusunan Indonesia. bukan berdasarkan negara tempat kelahiran.C.tingan nasional Indonesia. Asas kewarganegaraan tunggal adalah asas yang menentukan satu kewarganegaraan bagi setiap orang. Selain asas tersebut di atas. Asas kepentingan nasional adalah asas yang menentukan bahwa peraturan kewarganegaraan mengutamakan kepen. Asas kewarganegaraan ganda terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang ini. 4. 2. Asas ius soli (law of the soil) secara terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan negara tempat kelahiran. yang bertekad mempertahankan kedaulatannya sebagai negara kesatuan yang memiliki cita-cita dan tujuannya sendiri. yang diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalarn Undang-Undang ini. Asas ius sanguinis (law of the blood) adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan. 1. ASAS-ASAS WARGA NEGARA Menurut UU yang sekarang berlaku (UU no 12 thn 2006) maka asas yang dipakai Indonesia dalam menentukan kewarganegaraan adalah : 1. Asas perlindungan rnaksimum adalah asas yang menentukan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan penuh kepada setiap Undang-Undang tentang Kewarganegaraan Republik . 2.

5. 4. Asas persamaan di dalam hukum dan pemerintahan adalah asas yang menentukan bahwa setiap Warga Negara Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. dan memuliakan hak asasi manusia pada umumnya dan hak warga negara pada khususnya. 6. pemerintah lazim menggunakan stelsel aktif dan stelsel pasif. Asas nondiskriminatif adalah asas yang tidak membedakan perlakuan dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara atas dasar suku. 7. jenis kelamin dan gender. 8. melindungi. STATUS WARGA NEGARA Dalam menentukan status kewarganegaraan suatu negara. Asas kebenaran substantif adalah prosedur pewarganegaraan seseorang tidak hanya bersifat administratif.Warga Negara Indonesia dalam keadaan apapun balk di dalam maupun di luar negeri. Menurut stelsel aktif orang harus melakukan langkah-langkah hukum tertentu agar diakui kewarganegaraannya. Asas keterbukaan adalah asas yang menentukan bahwa dalam segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara hams dilakukan secara terbuka. golongan. sedang stelsel pasif orang yang berada . D. ras. Asas pengakuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia adalah asas yang dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara hams menjamin. tetapi juga disertai substansi dan syarat-syarat permohonan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 3. Asas publisitas adalah asas yang menentukan bahwa sescorang yang memperoleh atau kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia agar masyarakat mengetahuinya. agama.

yaitu hak opsi untuk memilih kewarganegaraan(dalam stelsel aktif) dan hak repudiasi yaitu hak untuk menolak suatu kewarganegaraan (dalam stelsel pasif). 2. Mengapa seseorang bisa kehilangan kewarganegaraan Indonesia? Karena : a. E. CARA MEMPEROLEH KEWARGANEGARAAN Bagaimana Cara orang asing bisa masuk menjadi warga negara Indonesia? Tentunya melalui proses naturalisasi. Kawin dengan laki-laki asing b. Seh ubungan dengan hal tersebut maka terdapat dua hak yang dimiliki oleh warga negara.dalam suatu negara dengan sendirinya dianggap menjadi warga negara tanpa harus melakukan tindakan hukum tertentu. Menjadi tentara luar negeri c. Naturalisasi biasa Mengajukan permohonan kepada Menteri hukum dan HAM melalui kantor pengadilan negeri setempat dimana ia tinggal atau di Kedubes RI apabila di luar negeri permohonan ini ditulis dalam bahasa Indonesia. Naturalisasi istimewa Diberikan kepada orang asing yang berjasa kepada negara. Mempunyai paspor dari negara asing . Diangkat anak secara syah oleh laki-laki asing d. Ada 2 cara : 1. Bila lulus maka ia harus mengucapkan sumpah setia di hadapan pengadilan negeri.

yaitu UUD 1945 Bab X sampai Bab XIV pasal 27 sampai pasal 34. berkumpul. 2. Persamaan atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan (ekonomi) Pasal 27 ayat (2) menyatakan bahwa “tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. dan mengeluarkan pendapat. berikut ini dijelaskan secara lebih rinci tentang persamaan kedudukan warga negara. Setiap individu mendapat perlakuan yang sama dari negara. PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA INDONESIA Warga negara adalah sama kedudukannya. Pasal ini mencerminkan bahwa negara Indonesia bersifat demokratis dan memberi kebebasan yang bertanggung jawab bagi setiap warga negaranya untuk melaksanakan hak dan kewajibannya dalam bidang politik. .” Pasal ini juga memperlihatkan kepada kita adanya kepedulian adanya hak asasi dalam bidang hukum dan politik. Ketentuan ini secara tegas termuat dalam konstitusi tertinggi kita. Persamaan dalam hal kemerdekaan berserikat dan berkumpul (politik) Pasal 28 E ayat (3) menetapkan warga negara dan setiap orang untuk berserikat.F. Dalam Bab X A tentang hak asai manusia dijelaskan secara tertulis bahwa negara memberikan dan mengakui persamaan setiap warga negara dalam menjalankan HAM. Persamaan dalam HAM. 1. 3. Ini berarti hak asasi ekonomi warga negara dijamin dan diatur pelaksanaanya. dalam berbagai bidang kehidupan. hak dan kewajibannya.” Pasal ini memencarkan persamaan akan keadilan sosial dan kerakyatan. 4. Persamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintah Pasal 27 ayat (1) menyatakan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

” Berdasar pasal ini tersurat jelas bahwa begara menjamin persamaan setiap penduduk untuk memeluk agama sesuai dengan keinginannya. Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 menyatakan bahwa “negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. pasal 30 UUD 1945 memuat ketentuan pertahanan dan keamanan negara. Selanjutnya pasal 34 memuat ketentuan tentang kesejahteraan sosial dan jaminan . Persamaan dalam agama.” Lebih lanjut. Persamaan dalam upaya pembelaan negara Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Kedua pasal tersebut secara jelas dapat kita ketahui bahwa negara memberikan kesempatan yang sama kepada setiap warga negara yang ingin membela Indonesia. 7. 6. Setiap warga negara mendapat porsi yang sama dalam kedua masalah ini. Persamaan dalam perekonomian dan kesejahteraan sosial Persamaan kedudukan warga negara dalam perekonomian dan kesejahteraan diatur dalam Bab XIV pasal 33 dan 34. 5. 8. Pasal 31 dan 32 UUD 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak dan kedudukan yang sama dalam masalah pendidikan dan kebudayaan. Kedua pasal ini menunjukan bahwa begitu konsen dan peduli terhadap pendidikan dan kebudayaan warga negara Indonesia.Mekanisme pelaksanaan HAM secara jelas ditetapkan melalui pasal 28 A sampai dengan pasal 28 J. Pesamaan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME dijalankan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. pasal 33 mengatur masalah perekonomian nasional yang diselenggarakan berdasar atas asas kekeluargaan dengan prinsip demokrasi ekonomi untuk kemakmuran rakyat secara keseluruhan.

5. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan. Contoh dari hak adalah: 1. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat. PENGERTIAN HAK Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Setiap warga negara bebas untuk memilih. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran. G. 4. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku. 6. 3. . 2. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.sosial diman fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara (pasal 1) dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak (pasal 3).dan 7. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.

Hak dan kewajiban dalam bidang politik. tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.dan Hak dan kewajiban dalam bidang ekonomi. 2.yang meliputi: 1. Contoh dari kewajiban adalah: 1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela. 3. hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. serta dijalankan dengan sebaik-baiknya. Setiap warga negara berkewajiban taat. Hak dan kewajiban dalam bidang hankam. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara. 4. 4. Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya. mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh (pasal 30 UUD 1945). Sebagaimana yang telah diatur oleh UUD 1945 maka kita harus melaksankan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara dengan tertib. . 2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda). 3. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. PENGERTIAN KEWAJIBAN Kewajiban adalah sesuatu yg dilakukan dengan tanggung jawab.dan 5.H.

Latar Belakang Awal tahun 1993. Marsinah (lahir 10 April 1969 – meninggal 8 Mei 1993 pada umur 24 tahun) adalah seorang aktivis dan buruh pabrik PT. Karyawan PT. Akhirnya.I. dikenal sebagai kasus 1713. Sidoarjo. Nganjuk. Mayatnya ditemukan di hutan di Dusun Jegong Kecamatan Wilangan.. Dr. Pada pertengahan April 1993. Himbauan tersebut tentunya disambut dengan senang hati oleh karyawan. karyawan PT. Catur Putra Surya (CPS) Porong. Marsinah memperoleh Penghargaan Yap Thiam Hien pada tahun yang sama. CONTOH KASUS PELANGGARAN HAM YANG PERNAH TERJADI DI INDONESIA Salah satu kasus pelanggaran HAM yanag pernah terjadi di Indonesia adalah kasus Marsinah. Haroen Atmodirono (Kepala Bagian Forensik RSUD Dr. 1992 yang berisi himbauan kepada pengusaha agar menaikkan kesejahteraan karyawannya dengan memberikan kenaikan gaji sebesar 20% gaji pokok.Kasus ini menjadi catatan ILO (Organisasi Buruh Internasional). Soetomo Surabaya). Dua orang yang terlibat dalam otopsi pertama dan kedua jenazah Marsinah. 50/Th. Jawa Timur yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993 setelah menghilang selama tiga hari. Haryono (pegawai kamar jenazah RSUD Nganjuk) dan Prof. Marsinah tewas akibat penganiayaan berat. Catur Putera Surya (PT. CPS memutuskan untuk unjuk rasa tanggal 3 dan 4 Mei 1993 menuntut kenaikan upah dari Rp 1700 menjadi Rp 2250! . dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat. Gubernur KDH TK I Jawa Timur mengeluarkan surat edaran No. namun di sisi pengusaha berarti tambahannya beban pengeluaran perusahaan. CPS) Porong membahas Surat Edaran tersebut dengan resah. menyimpulkan.

Catur Putera Surya yang aktif dalam aksi unjuk rasa buruh. para buruh mencegah teman-temannya bekerja. Siang hari tanggal 5 Mei.7.250.700 per hari menjadi Rp 2. Di tempat itu mereka dipaksa mengundurkan diri dari CPS. Marsinah lenyap. Mereka dituduh telah menggelar rapat gelap dan mencegah karyawan masuk kerja. Marsinah bahkan sempat mendatangi Kodim Sidoarjo untuk menanyakan keberadaan rekan-rekannya yang sebelumnya dipanggil pihak Kodim. Sampai dengan tanggal 5 Mei 1993. keberadaan Marsinah tidak diketahui oleh rekan-rekannya sampai akhirnya ditemukan telah menjadi mayat pada tanggal 8 Mei 1993. tanpa Marsinah. termasuk perusahaan harus menaikkan upah pokok dari Rp 1. sekitar pukul 10 malam. 13 buruh yang dianggap menghasut unjuk rasa digiring ke Komando Distrik Militer (Kodim) Sidoarjo. 4 Mei 1993.Kronologis Kejadian Marsinah adalah salah seorang karyawati PT.Mulai tanggal 6. para buruh mogok total mereka mengajukan 12 tuntutan. termasuk oleh buruh yang absen. Proses Penyidikan . Keterlibatan Marsinah dalam aksi unjuk rasa tersebut antara lain terlibat dalam rapat yang membahas rencana unjuk rasa pada tanggal 2 Mei 1993 di Tanggul Angin Sidoarjo.8. Komando Rayon Militer (Koramil) setempat turun tangan mencegah aksi buruh. Tunjangan tetap Rp 550 per hari mereka perjuangkan dan bisa diterima. Marsinah menjadi salah seorang dari 15 orang perwakilan karyawan yang melakukan perundingan dengan pihak perusahaan. Marsinah masih aktif bersama rekanrekannya dalam kegiatan unjuk rasa dan perundingan-perundingan. Setelah itu. 3 Mei 1993.

Trimoelja D. akhirnya diketahui mereka sudah mendekam di tahanan Polda Jatim dengan tuduhan terlibat pembunuhan Marsinah. sedangkan sejumlah stafnya yang lain itu dihukum berkisar empat hingga 12 tahun. Setelah tiga hari Marsinah disekap. termasuk Mutiari selaku Kepala Personalia PT CPS dan satu-satunya perempuan yang ditangkap. Pengacara Yudi Susanto. Soerjadi. mengalami siksaan fisik maupun mental selama diinterogasi di sebuah tempat yang kemudian diketahui sebagai Kodam V Brawijaya. Yudi Susanto divonis 17 tahun penjara. Suprapto (pekerja di bagian kontrol CPS) menjemput Marsinah dengan motornya di dekat rumah kos Marsinah. Dia dibawa ke pabrik. namun mereka naik banding ke Pengadilan Tinggi dan Yudi Susanto . Delapan petinggi PT CPS ditangkap secara diam-diam dan tanpa prosedur resmi. Hasil penyidikan polisi ketika menyebutkan. Yudi Susanto. Salah seorang dari 10 orang yang diduga terlibat pembunuhan tersebut adalah Anggota TNI. mengungkap adanya rekayasa oknum aparat kodim untuk mencari kambing hitam pembunuh Marsinah. Tim Terpadu telah menangkap dan memeriksa 10 orang yang diduga terlibat pembunuhan terhadap Marsinah. lalu dibawa lagi dengan Suzuki Carry putih ke rumah Yudi Susanto di Jalan Puspita. Secara resmi. Setiap orang yang diinterogasi dipaksa mengaku telah membuat skenario dan menggelar rapat untuk membunuh Marsinah. juga termasuk salah satu yang ditangkap. Pemilik PT CPS. Di pengadilan. Sebagai penanggung jawab Tim Terpadu adalah Kapolda Jatim dengan Dan Satgas Kadit Reserse Polda Jatim dan beranggotakan penyidik/penyelidik Polda Jatim serta Den Intel Brawijaya. Suwono (satpam CPS) mengeksekusinya. Baru 18 hari kemudian.Tanggal 30 September 1993 telah dibentuk Tim Terpadu Bakorstanasda Jatim untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus pembunuhan Marsinah. Surabaya.

setidaknya telah menimbulkan ketidakpuasan sejumlah pihak sehingga muncul tuduhan bahwa penyelidikan kasus ini adalah "direkayasa". Komite Solidaritas Tahun 1993. CPS melawan Kodam V/Brawijaya. KSUM adalah komite yang didirikan oleh 10 LSM. dibentuk Komite Solidaritas Untuk Marsinah (KSUM). Depnaker Sidoarjo dan PT. CPS Porong yang dianggap sebagai dalang unjuk rasa.Munir menjadi salah seorang pengacara buruh PT. KSUM merupakan lembaga yang ditujukan khusus untuk mengadvokasi dan investigasi kasus pembunuhan aktivis buruh Marsinah oleh Aparat Militer. CPS Porong atas pemutus hubungan kerja sepihak yang dilakukan oleh aparat kodim sidoarjo terhadap 22 buruh PT. . Putusan Mahkamah Agung RI tersebut. Dalam proses selanjutnya pada tingkat kasasi. Mahkamah Agung Republik Indonesia membebaskan para terdakwa dari segala dakwaan (bebas murni).dinyatakan bebas. KSUM melakukan berbagai aktivitas untuk mendorong perubahan and menghentikan intervensi militer dalam penyelesaian perselisihan perburuhan.

Pengetahuan tentang hal ini merupakan sesuatu yang penting. Kewajiban warga negara merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh setiap warga negara sebagai badan hukum yang terikat dalam suatu negara. 3.1 Kesimpulan Hak dan kewajiban bagi warga negara merupakan hal yang fundamental dalam kehidupan berbangsa.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3.2 Saran Diperlukan kesadaran atas hak dan kewajiban dari warga negara itu sendiri untuk menghayati apa hak dan kewajibannya. Sedangkan hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. . Hak dan kewajiban warga negara tersebut dapat dihayati dari UUD Republik Indonesia 1945. Hak dan kewajiban itu harus di jalankan secara seimbang dalam pengaplikasiannya.

9907 $& 20...8..3 .3. :3 # 90780-:9  809/.783.8.3 507808.2:3... 5030/.3 02-.8  %.40 5.8:8 502-:3:.35./.3 . 2032-:./..5:.34/./.93.8:39: 203/4743 507:-. -:7: !%  !$ 20.8  .202-0-. 4290 ./3.9.8  .907/.2 57480880.3.8 .8...3 503.8 &39: ../.2.3 /9::. 8047.3-. $&  $& .8-:7:.3 :37203.3 3.8 2:73  !:9:8...9.. .:3   /-039:4290 $4/..79.. 90.3/ 203039.3 -0-...3:93.3 40   $  $& 207:5.783.803.8 /./ 8.380:2. :3#05:-3/4308.2 503008.780.:9:/:.7.7.038 2907 /.  4290$4/.2...:..3 -07-.3 507-:7:.3 -0-.5.8.9 .4.3 3907../70..79.3 :8:8 :39: 203..3.089.8:83.9./. 5./.309/.9.7. .3 //7.2 '.

3 40 .5.580-.8. .7.07 $/4.3:3:7.          .:..9.9 4/2 8/4.3 07.7./.8 502:9:8 :-:3.74 907.3 !%  !$ !4743.74 /. 805.3.3 /.  053..3/.../.5  -:7: !%  !$ !4743 .

7. 30.-.7.30.3 9: .7.-..:.2 8:.308.3. 203./.3 808:. /. /.3./.9/.3-07-.3 0. /.7.2503.38.3 50393  0.9..9: 30.33.5 .7. !0309. . -.33.7. /.3.9: .907.3.3907.30.  .3 507:.  $!&$#    0825:.39039.9/. 808:...3207:5./.2039.7. 207:5.80-.3.5. 90780-:9/.3 .8.7.  .9 /.     $.30. 30.20/:5./ 2 9. .3 0.380...3 0..7.3/.3 1:3/.3 2:9..30. 207:5.802-.-./..39:305.-.3808:.3.30.7.-.9..3 503:3..7.3 .3 ::2 .-.7.9 . /.33./.8.9:.3 -..7:8 /.7&&#05:-3/4308.5.9:803/7 :39: 203./.9: .5..3 .  $0/..7:8 / .7.3 40 809. . .3/.7.803/7 .3  .3 .8.7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->