PERENCANAAN AGROINDUSTRI

AGROINDUSTRI adalah setiap jenis industri /usaha yang berkaitan dengan sektor pertanian. Tidak terbatas hanya pada proses penanaman atau budidaya saja tetapi lebih luas dari itu. Agroindustri juga mencakup usaha pengolahan hasil pertanian, usaha penyediaan produk kebutuhan pertanian, usaha penyuluhan / pendidikan tentang pertanian, usaha ternak, perdagangan hasil pertanian dan lain sebagainya. Bila kita menghendaki atau berencana untuk mendirikan usaha Agroindustri apapun jenisnya, ada beberapa pertimbangan yang harus kita perhatikan. Beberapa pertimbangan ini dapat dijadikan acuan atau pedoman untuk membangun usaha Agroindustri agar tercapai keberhasilan. Adapun beberapa pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Pemilihan Teknologi Teknologi adalah sesuatu yang pasti dibutuhkan dalam usaha Agroindustri, apapun bidangnya. Teknologi yang dimaksud disini tidak harus selalu dikaitkan dengan teknologi yang sangat maju dengan biaya yang mahal. Karena hakekatnya bagaimanapun sederhananya cara yang kita terapkan dalam mengelola Usaha Agroindustri adalah teknologi. Dari pengetahuan yang paling sederhanapun bisa dikatakan sebuah teknologi apabila diterapkan dalam sebuah tindakan. Sebagai seorang wirausahawan yang baik, setelah kita menentukan jenis usaha Agroindustri apa yang akan kita tekuni, maka kita harus menentukan

Dimana semua keputusan akan pemilihan teknologi itu membawa konsekuensi masing-masing. maka kita harus menyiapkan mesin dengan kualifikasi mampu menghasilkan produk kacang telur yang kita inginkan. Dengan teknologi yang bagaimana pengolahan kacang tanah itu dilakukan. Apakah teknologi yang maju atau masih menggunakan teknologi yang sederhana. Tentunya penyiapan mesin ini membutuhkan biaya dalam pembelian yang tidak kecil nilainya. apabila kita memilih opsi menggunakan tenaga manusia sebagai unsure dominan dalam pengolahan. kita akan mendirikan Agroindustri yang bergerak dalam bidang pengolahan Makanan ringan (Kacang tanah). . Kemampuan kita dalam memenuhi biaya tersebut tergantung pada kekuatan modal yang kita miliki. Bahkan teknologi yang maju pun.jenis teknologi yang akan kita pakai. Sebagai contoh . Namun sebaliknya. ataukah menggunakan tenaga manusia sebagai unsure dominan dalam pengolahan. Oleh karena itu kita harus pandai memilih teknologi mana yang paling tepat kita gunakan. Apakah kita akan menggunakan mesin sebagai unsure dominan dalam pengolahan. maka kita harus siap dengan sejumlah SDM dan alat bantu yang mampu mengerjakan proses pengolahan sampai terbentuk produk akhir berupa Kacang telur. Diawal kita harus sudah memutuskan bagaimana cara kita mengolah kacang tanah tersebut. Produk akhir yang kita inginkan adalah kacang telur. Karena tidak semua teknologi yang ada bisa kita terapkan dalam Industri kita. Apabila kita memilih mesin sebagai unsure dominan pengolahan.

menghemat waktu. Lokasi dikatakan ideal bila memenuhi minimal beberapa hal sebagai berikut: a. besar upah regional yang harus dibayarkan kepada tenaga kerja. dan berkaitan dengan peraturan pemerintah terhadap tenaga kerja. dan dalam jelas pengangkutan. b. apalagi untuk produk-produk holti yang secara umum tidak tahan lama. Ketersediaan Tenaga Kerja di sekitar Lokasi Yaitu menyangkut jumlah tenaga kerja yang tersedia dibandingkan dengan kebutuhan perusahaan. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang . Memudahkan tenaga. Dekat dengan Lokasi Pemasaran Perusahaan Agroindustri yang dekat dengan lokasi pemasaran akan sangat mempermudah penjualan. menghemat menghemat biaya yang dikeluarkan.2. Semakin hal-hal diatas mudah didapat maka akan semakin memperlancar dan mendukung kelangsungan Perusahaan Agroindustri di masa yang akan datang. Pemilihan Lokasi Lokasi menjadi hal yang penting terhadap kelangsungan masa depan perusahaan pertanian (Agroindustri). d. Ketersediaan Bahan baku Semakin perusahaan dengan tempat bahan baku maka akan semakin menghemat biaya transportasi bahan baku. c. kualitas dan spesifikasi tenaga kerja yang diinginkan perusahaan.

3. atau produksi masal saat musim panen kemudian hasilnya disimpan untuk persediaan. maka kita harus pandai – pandai mengelola agar produksi tetap bisa berjalan.Seperti misalnya : fasilitas jalan raya. Mungkin dengan jalan membuat tempat penyimpanan yang besar saat musim panen tiba. fasilitas listrik dan sarana lain yang dibutuhkan. ketersediaan tempat pembuangan limbah. 4. Apabila bahan baku yang akan kita gunakan bersifat tanaman / buah musiman. Hal ini untuk mencegah agar dikemudian hari tidak terjadi kemacetan produksi karena tidak tersedianya bahan baku di pasar. Fasilitas Persediaan dan Masukan Hal ini menyangkut kebutuhan Perusahaan Agroindustri terhadap persediaan bahan baku dan bahan pendukung lain di masa yang akan datang. Perencanaan bahan pelengkap produksi pengolahan Bahan baku produksi pengolahan tidak selalu dapat diproduksi tanpa adanya bahan pelengkap yang lain. Bahan baku dan bahan pendukung lain mutlak diperlukan dalam perusahaan Agroindustri. ketersediaan air bersih. Sebagai contoh : Apabila kita akan . Apabila kita akan mendirikan perusahaan Agroindustri maka kita harus memastikan apakah persediaan bahan baku yang akan kita gunakan dalam produksi tersedia secara cukup di lingkungan / pasar sekitar kita.

Desain produksi juga berkaitan dengan bagaiman Skala perusahaan yang akan kita dirikan. jenis kemasan apa yang akan kita gunakan untuk memasarkan produk kacang telur tersebut. dan lain sebagainya) untuk mencapai tujuan produksi yang akan kita capai. Mesin Produksi. kita tidak cukup hanya menggunakan kacang tanah saja tanpa menggunakan bahan pelengkap yang lain seperti telur. Setelah produk kacang telur jadi. Apabila kemasan menarik tentu kita akan lebih mudah memasarkan produk kacang telur tersebut. atau kita buat lebih istimewa dengan kemasan plastik warna lengkap dengan merk dan sejenisnya. . Pemilihan akan hal tersebut tentu mempertimbangkan besarnya biaya yang akan kita keluarkan. SDM. Apakah kemasan plastik biasa. Perencanaan Desain Produksi Desain produksi yang dimaksud adalah bagaimana kita akan mengolah dan memberdayakan Sumber Daya yang kita miliki Modal. Oleh karena itu persediaan dan akan bahan pelengkap ini juga perlu diperhatikan . Tempat. tepung tapioka. kita juga perlu mempertimbangkan. Untuk memutuskan itu kita perlu meninjau kemampuan Sumber Daya yang kita miliki. apakah berskala besar atau berskal sedang atau berskala rumahan. 5. Bahan Baku. Disesuaikan dengan ketersediaan modal usaha yang kita miliki.mendirikan Perusahaan Kacang telur. dan bumbu.

lahan yang luas. bangunan yang cukup yang kesemuanya itu membutuhkan modal yang besar untuk memenuhinya.Perusahaan yang besar akan membutuhkan banyak mesin produksi. peluang keuntungan yang akan didapat dikemudian hari juga akan besar. Namun. sebanding dengan modal yang telah kita keluarkan. . banyak tenaga kerja.

PERENCANAAN AGROINDUSTRI Tugas Mata Kuliah Manajemen Perusahaan Pertanian Disusun Oleh: IHWANUL MUSLIMIN H0605053 FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful