P. 1
Sejarah Komputer

Sejarah Komputer

|Views: 544|Likes:
Published by Arego Kecil'z
Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa....
Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa....

More info:

Published by: Arego Kecil'z on Oct 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2013

pdf

text

original

Sejarah Komputer

Nama : Argo Sadewo Kelas : Teknik Informatika Nim : 11043079

Sejarah Komputer
Gagasan tentang komputer dan sejarah komputer sebagai alat hitung mulai muncul pertama kali pada tahun 1822, ketika seorang ahli matematika bangsa Inggris yaitu Charles Babbage menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematik. Kemudian pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini dinamakan analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin inilah yang untuk pertama kali dikenal sebagai general purpose digital komputer. Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer zaman sekarang karena prinsip kerja dari kedua mesin itu merupakan dasar kerja komputer sekarang, termasuk di dalamnya peralatan input, memory komputer, stoed program dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini, Charles Babbage dianggap sebagai bapak komputer modern. Kemudian pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem, seorang ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya secara mekanik elektronik. Kemudian dengan bantuan perusahaan IBM, pada tahun 1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik. Komputer yang baru diberi nama “Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC). Komputer inilah yang merupakan suatu realisasi dari apa yang diimpikan oleh Charles Babbage. Komputer Harvard Mark I ini, jika dibandingkan dengan komputer sekarang tentu mempunyai perbedaan yang sangat menyolok, terutama dalam hal kecepatan.

Sejarah Komputer, Seri 2
Tahun 1939 Hewlett-Packard telah didirikan. David Packard dan Bill Hewlett mendirikan HewlettPackard di Palo Alto, California. Produk pertama mereka adalah HP 200A Audio Osilator, yang dengan cepat menjadi populer berupa sebuah alat uji untuk insinyur. Walt Disney Pictures meminta delapan model 200 & untuk digunakan sebagai generator efek suara untuk film 1940 “Fantasia.” Tahun 1940 Complex Number Calculator (CNC) selesai. Pada tahun 1939. Kalkulator ini Bell Telephone Laboratories selesai dirancang oleh peneliti George Stibitz. Pada tahun 1940, Stibitz menunjukkan CNC pada konferensi Matematika American Society diadakan di Dartmouth College. Stibitz tertegun kelompok dengan melakukan perhitungan jarak jauh di CNC (terletak di New York City) menggunakan Teletype terhubung melalui saluran telepon khusus. Hal ini dianggap sebagai demonstrasi pertama dari komputasi akses remote. Tahun 1941 Konrad Zuse menyelesaikan komputer Z3. Z3 ini merupakan komputer awal dibangun oleh insinyur Jerman Konrad Zuse yang bekerja dalam isolasi penuh dari perkembangan di tempat lain. Menggunakan 2.300 relay, yang digunakan Z3 aritmetika titik mengambang biner dan memiliki panjang 22 bit kata. Z3 yang asli dihancurkan dalam serangan bom di Berlin pada akhir tahun 1943. Namun, kemudian rekonstruksi Zuse dari Z3 tahun 1960-an yang saat ini dipamerkan di Museum Deutsches di Berlin. 1941 juga The Bombe pertama selesai. Berdasarkan sebagian pada desain dari Polandia “Bomba,” alat mekanis decrypting komunikasi militer Nazi selama Perang Dunia II, Bombe Inggris desain sangat dipengaruhi oleh karya pelopor komputer Alan Turing dan lain-lain. Banyak bombes dibangun. Bersama-sama mereka secara dramatis meningkatkan pengumpulan intelijen dan kemampuan pengolahan pasukan Sekutu. Tahun 1942 Komputer Atanasoff-Berry selesai. Dibangun di Iowa State College, sekarang Universitas, Komputer Atanasoff-Berry (ABC) telah dirancang dan dibangun oleh Profesor John Vincent Atanasoff dan Berry Cliff mahasiswa pascasarjana antara 1939 dan 1942. Namun komputer ABC tidak pernah berfungsi secara penuh, itu memenangkan sengketa paten berkaitan dengan sejarah penemuan komputer ketika Atanasoff membuktikan bahwa ENIAC codesainer John Mauchly datang untuk melihat ABC tak lama setelah selesai.

komputer_kalkulator

Komputer_Bombe

Sejarah Komputer, Seri 3
Lanjut belajar komputer pada artikel kedua tentang peridosasi sejarah komputer. pada artikel sebelumnya telah dibahas awal munculnya komputer dengan berbagai situasinya. Tahun 1943 The Interpolator Relay selesai. Angkatan Darat Amerika Serikat meminta Bell Labs untuk merancang mesin untuk membantu dalam pengujian M-9 Gun Director. Di Bell Labs matematikawan George Stibitz direkomendasikan menggunakan kalkulator berbasis relay untuk proyek tersebut. Hasilnya adalah Interpolator Relay, kemudian disebut Bell Labs Model II. The Interpolator Relay yang menggunakan 440 relay dan karena itu dapat diprogram dengan kaset kertas, digunakan untuk aplikasi yang lain mengikuti perang. Project Whirlwind dimulai. Selama Perang Dunia II, Angkatan Laut Amerika Serikat mendekati Massachusetts Institute of Technology (MIT) tentang membangun sebuah simulator untuk melatih awak pesawat pembom. Tim pertama membangun sebuah komputer analog besar, tapi ternyata tidak akurat dan tidak fleksibel. Setelah desainer melihat demonstrasi dari komputer ENIAC, mereka memutuskan untuk membangun sebuah komputer digital. Pada saat angin puyuh selesai pada 1951, Angkatan Laut telah kehilangan minat di proyek, meskipun Angkatan Udara AS pada akhirnya akan mendukung proyek yang akan mempengaruhi desain program SAGE. Tahun 1944 Harvard Mark-1 selesai. Disusun oleh profesor Harvard Howard Aiken, dan dirancang bangun oleh IBM, Harvard Mark-1 adalah sebuah kalkulator berbasis relay.Mesin ini memiliki panjang lima puluh kaki yang disinkronkan dari ribuan bagian-bagian komponen mesin. The-Mark 1 digunakan untuk menghasilkan tabel matematika tapi segera digantikan oleh program komputer lalu disimpan. Tahun 1945 John von Neumann menulis ” First Draft of a Report on the EDVAC ” di mana ia menjabarkan arsitektur komputer-program yang tersimpan. Penyimpanan informasi Elektronik dan data pemrograman menghilangkan kebutuhan untuk metode pemrograman yang lebih kaku, seperti menekan pita kertas – sebuah konsep yang telah ditandai pembangunan komputer mainstream sejak tahun 1945. Kelahiran Hungaria von Neumann menunjukkan keahlian luar biasa dalam hidrodinamika, balistik, meteorologi, teori permainan, statistik, dan penggunaan perangkat mekanik untuk perhitungan. Setelah perang, ia berkonsentrasi pada pengembangan Princeton Institute for Advanced Studi komputer di seluruh dunia. Tahun 1946 Pada bulan Februari, masyarakat mendapat sekilas pertama dari ENIAC, mesin yang dibangun oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert yang ditingkatkan dengan 1.000 kali pada kecepatan yang sezaman.

Mulai dari proyek : 1943 Selesai : 1946 Diprogram: papan plug dan switch Speed : 5.000 operasi per detikInput / output : kartu, lampu, switch,plugs Lantai ruang 1.000 meter persegi Pemimpin Proyek : John Mauchly dan J. Presper Eckert.

:

Colossus Computer

John von Neumann

Sejarah Komputer, Seri 4
Semakin jauh kita tentang belajar komputer pada sejarah komputer. Pada artikel keempat ini kita akan melihat lanjutan perkembangan. Tahun 1948 Norbert Wiener menerbitkan “Cybernetics,” yang berpengaruh besar terhadap penelitian kemudian hari dalam hal kecerdasan buatan. Dia menarik pada karyanya Perang Dunia II dengan eksperimen sistem anti-pesawat yang mengantisipasi perjalanan pesawat musuh dengan menginterpretasikan gambar radar. Wiener menciptakan istilah “cybernetics” dari Kata Yunani “steersman” atau jurumudi. Selain “cybernetics,” sejarawan Wiener mempunyai catatan untuk analisis tentang gelombang otak dan eksplorasi tentang kesamaan antara otak manusia dan mesin komputasi modern, memori yang mampu mengasosiasi pilihan, dan pengambilan keputusan. Tahun 1949 Maurice Wilkes merakit EDSAC, program komputer pertama yang praktis disimpan, di Cambridge University. Ide-idenya tumbuh dari Moore School. Untuk pemrograman EDSAC, Wilkes mendirikan sebuah perpustakaan program pendek yang disebut subrutin yang disimpan pada kertas kaset.bTeknologi: tabung hampa udara Memori: Kata 1K, 17 bit, mercury delay line Kecepatan: 714 operasi per detik Tahun 1950 Teknik Penelitian Minneapolis membangun Associates ERA 1101, komputer pertama yang diproduksi secara komersial; pelanggan pertama adalah Angkatan Laut AS. Komputer ini menggunakan 1 juta bit pada drum magnet nya, perangkat penyimpanan magnetik awal. Drums terdaftar sebagai pulsa magnetik informasi pada trek sekitar silinder logam. Drums akhirnya menyimpan sebanyak 4.000 kata dan mengambil salah satu dari mereka waktunya hanya lima perseribu detik. Tahun 1951 Komputer komersial pertama Inggris, Lyons Electronic Office, memecahkan masalah administrasi. Presiden Lyons Tea Co memiliki komputer, model setelah EDSAC, dibangun untuk memecahkan masalah penjadwalan produksi harian dan pengiriman kue ke toko teh Lyons. Setelah keberhasilan LEO pertama, Lyons masuk ke komputer perusahaan manufaktur untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat untuk pengolahan data sistem. Tahun 1952 John von Neumann pemilik komputer IAS menjadi operasional di Institute for Advanced Studi di Princeton, NJ. Kontrak mewajibkan pembangun untuk berbagi desain mereka dengan lembaga penelitian lainnya. Hal ini mengakibatkan beberapa klon yaitu MANIAC di Los Alamos Scientific Laboratory, ILLIAC di University of Illinois, Johnniac di Rand Corp, SILLIAC di Australia, dan lain-lain. Sejarah komputer ini akan berlanjut lagi pada periode berikutnya.

Sejarah Komputer, Seri 5

Tahun 1954 Sejarah komputer IBM 650 magnetic drum calculator memantapkan dirinya sebagai komputer pertama yang diproduksi secara massal, dengan penjualan 450 unit dalam satu tahun. Spinning 12.500 rpm, 650′s magnetik penyimpan data memungkinkan akses lebih cepat untuk materi yang tersimpan dari memori mesin. Tahun 1956 Peneliti MIT membangun-TX 0 untuk tujuan umum pertama sebagai komputer yang diprogram dengan transistor. Untuk memudahkan penggantian, desainer menempatkan sirkuit transistor dalam setiap botol, mirip dengan tabung vakum. Dibangun di Laboratorium Lincoln MIT, yang-TX 0 pindah ke MIT Research Laboratory of Electronics, di mana dilakukan beberapa tes imajinatif awal pemrograman, termasuk film Barat ditampilkan di TV, 3-D tic-tac-toe.

Tahun 1958 SAGE – Semi-Automatic Ground Environment – terkait ratusan stasiun radar di Amerika Serikat dan Kanada pada jaringan berskala besar komunikasi komputer pertama. Seorang operator mengarahkan perintah dengan menyentuh pistol cahaya ke layar. Sistem pertahanan udara dioperasikan pada komputer AN/FSQ-7 (dikenal sebagai angin puyuh II selama perkembangannya di MIT) seperti komputer sentral. Setiap komputer menggunakan kekuatan megawatt penuh untuk menggerakkan 55.000 tabung vakum dioda dan 13.000-175.000 transistor.

Tahun 1959 Mainframe IBM seri 7000 adalah sejarah komputer pertama transistorized. Di bagian atas baris komputer semuanya muncul secara signifikan lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada mesin tabung vakum duduk 7030. Juga dikenal sebagai ” Stretch”. Sembilan dari komputer, yang menampilkan kata 64-bit dan inovasi lainnya, dijual ke laboratorium nasional dan pengguna ilmiah lainnya LR Johnson pertama menggunakan istilah “architecture” dalam menjelaskan Stretch.

Tahun 1960 Prekursor untuk komputer mini ini, DEC PDP-1 terjual seharga $ 120.000. Salah satu dari 50 yang dibangun, PDP-1 rata-rata termasuk dengan tabung sinar katoda menampilkan grafik, tidak perlu AC dan hanya dibutuhkan satu operator. Itu ruang lingkup besar yang menarik hacker awal di MIT, yang menulis video game pertama komputerisasi, SpaceWar. SpaceWar permainan yang kemudian digunakan sebagai bukti standar pada 50 komputer lain.

Sejarah Komputer, Seri 6
Tahun 1961 Lanjut lagi tentang sejarah komputer. Menurut majalah Datamation, IBM memiliki 81,2 persen pangsa pasar komputer pada tahun 1961, tahun di mana ia memperkenalkan Seri 1400. Mainframe di seri 1401 yang pertama, menggantikan tabung vakum dengan lebih kecil, transistor lebih dapat diandalkan dan menggunakan memori magnetis. Permintaan diperkirakan lebih dari 12.000 dari 1.401 komputer, dan keberhasilan mesin yang semakin kuat untuk menggunakan komputer untuk tujuan umum daripada sistem khusus. Tahun 1962

The LINC (Laboratory Instrumentation Computer) yang ditawarkan pada laboratorium pertama pengolahan data. Dirancang oleh Wesley Clark di Laboratorium Lincoln, Digital Equipment Corp itu kemudian diperdagangkan sebagai-Linc 8. Fakultas Penelitian datang ke sebuah lokakarya di MIT untuk membangun mesin mereka sendiri, yang sebagian besar digunakan dalam penelitian biomedis. Tahun1964

IBM mengumumkan System/360, keluarga dari enam komputer yang saling kompatibel dan 40 peripheral yang dapat bekerja sama. Investasi awal sebesar $ 5 miliar segera dikembalikan sebagai perintah untuk sistem naik menjadi 1.000 per bulan dalam waktu dua tahun. Pada waktu System/360 IBM dirilis, perusahaan itu membuat transisi dari transistor diskrit ke sirkuit terpadu, dan sumber utama pendapatan pindah dari peralatan punched-card ke sistem komputer elektronik.

Tahun1965

Digital Equipment Corp memperkenalkan PDP-8, komputer mini komersial pertama yang berhasil. PDP-8 dijual $ 18.000, seperlima harga dari 360 mainframe IBM kecil. Kecepatan, ukuran kecil, dan biaya yang wajar memungkinkan PDP-8 untuk masuk ke ribuan pabrik, usaha kecil, dan laboratorium ilmiah.

Sejarah Komputer, Seri 7

Tahun 1966 Kontrak The Department of Defense Advanced Research Projects Agency dengan University of Illinois untuk membangun sebuah komputer besar pengolahan paralel, IV ILLIAC, yang tidak beroperasi sampai tahun 1972 di NASA Ames Research Center. Array komputer berskala besar pertama, IV ILLIAC mencapai kecepatan komputasi 200 juta instruksi per detik, sekitar 300 juta operasi per detik, dan 1000000000 bit per detik I / O transfer melalui kombinasi yang unik dari arsitektur paralel dan tumpang tindih atau “pipalining” struktur dari 64 elemen pemrosesan.

foto ini menunjukkan salah satu dari 13 ILLIAC’s disk Burroughs, komputer debugging, unit sentral, dan kabinet unit pengolahan dengan elemen pemrosesan. Tahun 1968

Data General Corp, dimulai oleh sekelompok insinyur yang telah meninggalkan Digital Equipment Corp, memperkenalkan Nova, dengan 32 kilobyte memori, sebesar $ 8,000. Dalam foto itu, deCastro Ed, presiden dan pendiri Data General, duduk dengan komputer mini Nova. Arsitektur sederhana dari Nova set instruksi terinspirasi Apple Steve Wozniak delapan tahun kemudian.

Dikutip dari http://agussale.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->