Budaya Demokrasi

A. PENGERTIAN DEMOKRASI
Demokrasi adalah sebuah gagasan yang berasal dari bahasa Yunan, yaitu demos dan cratein. Demos berarti rakyat, sedangkan cratein berarti kekuasaan atau pemerintahan. Jadi dalam hal tersebut yang dimaksud dengan demokrasi adalah kekuasaan di tangan rakyat. Definisi semacam ini juga pernah diungkapkan oleh seorang negarawan asal Amerika:”Abraham Lincoln” bahwa yang disebut dengan demokrasi adalah sistim pemerintahan yang dilaksanakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi juga memiliki pengertian dalam arti sempit ataupun arti luas. Dalam arti sempit demokrasi meliputi bidang politik saja, di mana dalam sistem pemerintahannya hanya membicarakan sistem pemerintahan yang mencakup tentang pengertian pengakuan hak azasi manusia. Sedangkan pengertian demokrasi dalam arti luas meliputi bidang politik ditambah dalam bidang ekonomi dan sosial.

Pada masa itu. ekonomi. Direct democracy biasanya dilakukan rakyat Yunani untuk : a) Memilih calon pemerintah b) Mengadakan suatu rapat penting c) Mengadakan suatu pertemuan mengenai kondisi wilayah Yunani Hal ini menyebabkan negara – negara bagian di Yunani yang menjalankan pemerintahan secara demokratis mengalami kemajuan yang sangat pesat.B. baik warga atau rakyat biasa sampai pemimpin/penguasa Namun pada jaman Romawi sampai dengan abad pertengahan (abad XV ) pelaksanaan demokrasi sempat mengalami kemunduran. Adapun hal yang menyebabkan “Athena” dapat menjadi kota polis yaitu : 1) Rakyat kota yang masih sehingga mudah untuk dikumpulkan dan kemudian mengadakan suatu rapat atau pertemuan 2) Rakyat kota yang 98% mengerti politik dan merespon positif adanya demokrasi 3) Adanya keterbukaan dalam mengemukakan pendapat. ajaran demokrasi bangkit kembali dengan pertimbangan : 1) Rakyat tidak senang dengan adanya praktek sewenang-wenang oleh penguasa 2) Rakyat menuntut persamaan hak dalam bidang politik. direct berarti langsung sedangkan democracy berarti demokrasi.oleh. . karena banyak berkembang praktek-praktek tirani. Tetapi praktek-praktek merugikan tersebut tidak bertahan lama. bahwa rakyat akan memilih wakil-wakilnya untuk melaksanakan kekuasaan negara. akhirnya pada abad ke XIX.dan untuk rakyat. demokrasi dilakukan secara langsung yang disebut dengan “Direct Democracy”. pada masa Yunani Kuno. SEJARAH DEMOKRASI Gagasan mengenai demokrasi sebenarnya telah muncul sejak abad ke V SM. dan ktator. Bahkan kota “Athena”sempat mendapat julukan sebagai kota polis dunia. oligarki. jadi dalam perkembangannya demokrasi ini akan menghasilkan suatu gambaran. sosial dan budaya 3) Pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep atau teori-teori demokrasi yang mengarah pada prinsip hak azasi manusia Pada dasarnya demokrasi adalah pemeritahan dari.

Sistem pemmerintahan seperti ini cenderung labil (goyah).MACAM DEMOKRASI Macam.cenderung sebagai oposisi yang selalu berusaha menjatuhkan pemerintah yang berkuasa. ini tergantung kepada faktor dalam negeri dari negara yang bersangkutan yaitu faktor ipoleksos budhankam (ideologi. Disini Presiden memiliki rangkap jabatan yaitu sebagai kepala pemerintahan.macam demokrasi suatu negara menganut sistem demokrasi yang mana. Sistem Demokrasi ini terjadi di Inggris.wakilnya melelui pemilu. Adapun macam. Dalam halini. b) Demokrasi Tidak Langsung Demokrasi tidak langsung yaitu suatu sistem pemerintahan di mana rakyat tidak secara langsung ikut serta terlibat di dalam menentukan jalannya pemerintahan melainkan dengan jalan memilih wakil. ekonomi. dan India. Dalam hal ini sistem pemerintahan berjalan dengan melibatkan rakyat.macam sistim demokrasi. Dilihat dari Penyampaian Aspirasi Rakyat a) Demokrasi Langsung Demokrasi langsung disebut juga demokrasi terlibat. . b) Demokrasi Libral Presidensial Demokrasi libral presidensial adalah suatu sistem dimana kedudukan legislatif dan eksekutif sama kuat serta tidak saling menjatuhkan. budaya.C. Malaysia.mentrimentrinya bertanggung jawab kepada Presiden bukan DPR. karena partai politik tidakmendapat posisi dalam pemerintahan. Cina. politik. sosial. dan pertahanan keamanan). artinya bahwa mentri secara atau bersama-sama berada dibawah kekuasaan perdana mentri yang bertanggung jawab kepada DPR. Dilihat dari Hubungan Antar Lembaga Negara a) Demokrasi Libral Parlementer Demokrasi libral parlementer yaitu suatu sistem pemerintahan di mana kekuasaan legislatif sebenarnya berada diatas kekuasaan eksekutif. 2. DI DUNIA 1. MACAM. sebagai berikut : A.

Refrendum Obligator Refrendum obligator adalah refrendum yang terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dari rakyat sebelum suatu UU disahkan 2. Rakyat dibebaskan dari keterkaitan kepada kepemilikan pribadi. Refrendum Fakultatif Refendum fakultatif adalah refrendum yang dilaksananakan sejumlah orang tertentu untuk mengadakan suatu refer kepada rakyat untuk menguasai/ memantau UU yang baru terbentuk. Karena demokrasi pancasila dianggapcocok dengan cara hidup bangsa yang lebih mengutamakan musyawarah. Refendum Konsultatif Refrendum konsultatif adalah sebuah refrendum yang menyangkut masalah teknis penyusunan mentri perundang-undangan. DI INDONESIA a). Demokrasi Refrendum Refrendum bersaldari kata refer berarti mengambalikan. Demokrasi ini hanya dianut oleh Warga Negara Indonesia (WNI). yaitu: 1. sama rasa. b). 3. Demokrasi rakyat juga disebut demokrasi terpinpin atau demokrasi proletar. yang dalam pemerintahannyamengutamakanmusyawarah mufakat. Refrendum ada 3macam. Demokrasi Rakyat. . tanpa ada penindasan serta paksaan. Demokrasi Pancasila Demokrasi pancasila menghendaki adanya keselarasan keserasian dan keseimbangan segala aspek kehidupan. Menurut “Kranenburg” Demokrasi rakyat lebih mendewa-dewakan pemimpinnya. Sistem demokrasi refrendum berarti pelaksanaan sistem pemerintah didasarkan dari pengawasan rakyat.B. c). Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yangtidak mengenal kelas sosial yaitu sama rata.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful