P. 1
Management Waktu

Management Waktu

|Views: 61|Likes:
Published by Syahrir Aditya

More info:

Published by: Syahrir Aditya on Oct 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 1

MANAJEMEN DIRI
Secara sederhana organisasi dapat diberi pengertian sebagai suatu sistem yang saling berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Lengkapnya dapat dinyatakan sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masingmasing, utamanya lagi kesatuan tersebut mampunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya. (Lubis dan Martin,1989). Proses manajemen diri hanya dapat dilakukan dengan mengenal diri sendiri dengan cara obyektif mengenal diri, hargai diri sendiri, jangan memusuhi diri sendiri, berfikir positif dan rasional. Aspek-aspek manajemen diri adalah: 1. Integritas pribadi Setiap individu manusia merupakan subyek/pelaku, karena tentunya eksistensi diharapkan mampu menggerakkan organisasi

organisasi akan sangat bergantung pada kualitas individu sebagai bagian dari komponen organisasi. Individu yang diharapkan adalah seorang aktivis dengan kemampuan mengintegrasikan kualitas personal melalui proses aktualisasi diri sehingga tercipta sinergisitas organisasi secara optimal dan profesional. Profesionalitas organisasi akan terwujud jika setiap individu mempunyai komponen-komponen kompetensi sebagai berikut: • Kompetensi spesialis yaitu kemampuan dan keterampilan dalam menguasai satu bidang yang belum tentu dikuasai pribadi yang lain serta mengorganisasikannya di dalam menangani masalah.
cintapejuang@yahoo.co.id / http://pcscluster.blogspot.com

dapat dipercaya serta mempunyai motivasi-kreatif. menganalisa informasi. demikian juga dalam hal berorganisasi pun diperlukan individu yang mempunyai power dan right untuk mampu mentransfer beberapa kewenangan kepada pihak lain bahkan untuk mempengaruhi (influences) orang lain. Sehingga baginya tidak terjadi dikotomi antara kerja cintapejuang@yahoo.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 2 • Kompetensi metodik yaitu kemampuan mengumpulkan. Hidup yang penuh arti adalah hidup yang dijalani dengan sungguh-sungguh dan sempurna yang di dalamnya manusia dapat mewujudkan dirinya dengan mengembangkan kecakapan-kecakapan untuk memenuhi kebutuhannya. cukup. memecahkan segala misteri alam dan kehidupan sosial” (Tilaar. • Kompetensi individu yaitu kemampuan untuk berinovatif. Proses manajemen diri akan berjalan sempurna bila ditunjang oleh pengetahuan mempunyai yang pijakan. Pada masa ini tumbuh pandangan humanisme yaitu kepercayaan terhadap kemampuan akal sebagai jalan menuju kesatuan humanitas. dengan pengetahuan dapat manusia akan power Pengetahuan meningkatkan seseorang. 2. • Kompetensi bekerja sosial yaitu kemampuan secara berkomunikasi dengan kelompok. berorientasi tujuan kerja / organisasi dan bekerja secara sistematis.com . 3. Integritas tinggi sebagai manusia sejati adalah ketika individu mampu menempatkan kegiatan mental dan fisiknya menjadi satu kesatuan yang utuh. Pengetahuan / knowledge “Sejak masa aufklarung terjadi pergeseran nilai dan masa menuju abad pengetahuan yang rasional. aspek manajemen diri harus mampu berimplikasi pada kehidupan sosial masyarakat. Sebagai manusia yang utuh.id / http://pcscluster.co. Kepekaan sosial Kehidupan manusia akan berarti apabila telah dinyatakan dalam kerja konkrit. 2005).blogspot.

Padahal. yakinlah bahwa kesuksesan atau kegagalan seseorang atau organisasi dalam urusan dunia maupun akhirat adalah sangat bergantung pada bagaimana keunggulannya dalam menyikapi dan mengelola waktu. tetapi tidak bisa menjadi unggul. Kita saksikan betapa banyak orang yang mengeluh karena merasa tidak pernah punya waktu. Akan lebih ideal jika kerja individu dapat berimplikasi pada kemanfaatan organisasi. Setiap orang pastilah akan mendapat jumlah waktu yang sama. sebaliknya sebagian orang yang lain selalu mencari cara untuk membunuh waktu.com .Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 3 individu dengan kerja kelompok. dan 24 jam setiap hari ditempat manapun di dunia ini. sungguh cintapejuang@yahoo. Allah dengan Maha cermat dan Maha adil telah membagikan waktu dengan seadil-adilnya. tidak membedakan kegiatan untuk dirinya maupun untuk masyarakat. Padahal. Salah satu sebabnya adalah karena ketidakmampuannya dalam mengelola waktu. Akan tetapi jika dilihat produktifitasnya dalam mengisi jatah waktu yang sama itu. dengan secermat-cermatnya tanpa akan luput satupun. yaitu 60 menit setiap jam.id / http://pcscluster. MANAJEMEN WAKTU DALAM BERORGANISASI Banyak orang ataupun organisasi yang cukup potensial.co.blogspot.

id / http://pcscluster.co. Dilain pihak setiap manusia dalam perjalanan hidupnya selalu akan menjadi anggota organisasi dari bermacam-macam organisasi. “Manajemen pengarahan adalah dan proses perencanaan. tetapi tidak lengkap. militer atapun organisasi perusahaan. directing.) Ada empat hal mendasar yang bisa dibahas dari definisi di atas. karena manajemen juga dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisasi dan dalam semua tipe organisasi. manajemen dibutuhkan dimana saja orang-orang bekerja sama (organisasi) untuk mencapai tujuan bersama. A. Hani Handoko. pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan” (T. seperti organisasi sekolah. 8. manajemen termasuk sumber daya waktu MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN ? cintapejuang@yahoo. ada yang sedang. planning. hal. orang atau organisasi tidak memiliki produktifitas sama sekali adalah kekurangmampuannya dalam memanajemen waktu. 4. dan controlling Manusia (anggota organisasi) sebagai objek maupun subjek Menggunakan sumber-sumber daya organisasi lainnya. perkumpulan olah raga. pengorganisasi. 1. ada yang rendah. kelompok musik. Stonner mengemukakan. Ada yang produktifitasnya tinggi.com . 2.blogspot. perusahaan atau bisnis! Tentu saja benar sebagian.F. Dalam praktek. Manajemen itu suatu proses Manajemen itu memiliki fungsi-fungsi pokok manajerial.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 4 sangat beragam sekali. Salah satu sebab. APA ITU MANAJEMEN ?? Siapa yang membutuhkan manajemen ? Pertanyaan ini sering kali dijawab. organizing. bahkan ada yang tidak memiliki produktifitas sama sekali. 2003. 3.

Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi. Seringkali tujuan individu dan organisasi saling bertentangan. jelas bagi kita bahwa waktu adalah salah sumber daya organisasi yang paling penting dan utama. semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Ada tiga alasan utama diperlukannya manajemen : a. Untuk menjaga keseimbangan. Untuk mencapai efisensi dan efektifitas. padahal cintapejuang@yahoo. c.blogspot. SUMBER DAYA ORGANISASI ? Dengan hanya mengutip salah satu definisi manajemen di atas. Dua konsepsi utama untuk mengukur prestasi kerja (performance) manajemen dan organisasi adalah efisensi dan efektifitas. jika tidak ingin tujuan organisasi maupun perorangan gagal berantakan ditengah perjalanannya. Kita jarang sekali merasakan bahwa sesungguhnya waktu adalah sesuatu yang sangat berharga sehingga kita kadang-kadang membiarkannya berlalu sia-sia. efektifitas adalah “Melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things) dan efisiensi adalah “Melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right)” APA ITU ORGANISASI ? Banyak sekali definisi yang diberikan terhadap pengertian organisasi. Peter F. untuk itu manajemen diperlukan untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan tujuan-tujuan tersebut.” WAKTU. Drucker. Kita sering membiarkannya berlalu begitu saja. sehingga harus dikelola dengan baik.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 5 Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi.co.id / http://pcscluster.com . Untuk Mencapai Tujuan. namun secara ringkas dapat dikatakan bahwa “Organisasi adalah suatu sistem yang terdiri dari pola aktifitas kerjasama yang dilakukan secara teratur dan berulang ulang oleh sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan. b. karena tanpa manajemen.

Karakteristik waktu memang sebuah keunikan.co. sehingga menyia-nyiakan waktu berarti menghamburhamburkan ongkos dan penyebab tingginya biaya organisasi. tercatat dalam buku harian. Waktu adalah teramat panjang karena ia adalah ukuran keabadian. Begitu pentingnya waktu.blogspot.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 6 semestinya kita mengerti bahwa modal kita yang sebenarnya dalam aktifitas organisasi adalah waktu. bahkan ia suatu misteri kehidupan ini yang terekam dalam detak jam. orang sejak dulu telah mengabadikannya dalam ungkapan-ungkapan yang sangat indah : a.Waktu tak pernah kembali dalam situasi yang sama. yang terus berjalan tiada henti. Orang ataupun organisasi yang mengibaratkan waktu adalah pedang. Waktu akan berlalu cepat bagi mereka yang bersuka cita dan akan berjalan sangat lambat bagi yang dirundung derita. berarti suatu bentuk motivasi diri. Waktu laksana pedang.id / http://pcscluster. terhitung dalam kalender tahunan. dan pada gilirannya kerugianlah yang diperoleh karena pemanfaatan waktu yang diidentikan dengan pendapatan ternyata lebih kecil dari ongkos tadi. hidup kita adalah waktu itu sendiri. c. Ya. Walau sebenarnya ukuran-ukuran itu kurang berarti sebab ukuran waktu yang nyata adalah kehidupan kita sendiri. yang berarti sampainya sebuah kematian.com .Waktu adalah uang (time is money) Orang atau organisasi apapun yang menjadikan slogan ini nafas kegiatan dan aktifitasnya. terukir dalam prasasti-prasasti kehidupan. Waktu adalah saksi sejarah yang akan membeberkan cintapejuang@yahoo. selalu mengidentikan perjalanan waktu itu sebagai uang. karena tidak pernah cukup untuk menyelesaikan tugas hidup. Suatu fakta yang menunjukan bahwa masih saja ada orang atau organisasi yang menyesali berlalunya waktu. agar tidak menyia-nyiakan. karena akan menjadi sebilah pedang yang sewaktu-waktu siap menebas leher. dan berharap waktu yang berlalu itu dapat datang lagi dalam kondisi yang sama. b. Waktu ternyata memiliki tabiat tersendiri. waktu adalah teramat singkat.

Satu-satunya pilihan dalam hidup ini adalah hari ini harus lebih baik dari kemarin. barang kali dua prinsip berikut ini sangat baik jika di jadikan tekad dan acuan kita dalam mengisi waktu : • Jatah waktu memang sama. Orang malang. Mengapa ? Karena pada detik yang sama si C dapat berbuat lebih banyak dari pada yang lain. tak ada peningkatan. Orang sukses. dan si C mengayuh dua putaran. Waktu adalah perekam abadi yang akan menegkalkan segala keagungan dan kemuliaan seseorang. Dalam menyikapi waktu. • Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. tetapi memberi isi yang berbeda. 3. yaitu orang yang menggunakan waktu dengan optimal dan ia melakukan sesuatu yang tidak diminati oleh orang yang gagal. 2. yaitu orang yang bersedia melakukan sesuatu kekecewaan dan selalu memulai sesuatu pada keesokan harinya. Nah. kita dapat mengelompokan orang terkait dengan waktu atas tiga kelompok : 1. Coba bayangkan. Bahkan kalau bisa sekarang ini harus lebih baik dari pada beberapa saat yang lalu. “Dont wait till tomorrow what you can cintapejuang@yahoo.co.id / http://pcscluster. Ingatlah.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 7 segala kehinaan dan kenistaan yang dilakukan oleh siapapun. Ia punya motto. Maka dengan meyakinkan si C lah yang akan berpeluang menjadi juara. bahwa jika hari ini sama dengan hari kemarin.com . sekarang juga.blogspot. begitupun kita semua. berarti kecepatan kita sama. dalam hal apapun. yaitu orang yang hari harinya diisi dengan Orang hebat. semakin banyak dan baik hal positif yang kita lakukan dalam waktu yang sama. Siapakah yang jadi jadi juaranya ?. maka takakan pernah bisa menyusul siapapun. Insya Allah kita akan lebih dekat dengan kesuksesan. Dari uraian di atas. Andaikata orang lain selalu meningkat maka kita akan tertinggal dan jadi pecundang. andaikata dalam suatu perlombaan balap sepeda. Kalau tidak demikian maka harus diakui bahwa hari ini adalah hari yang gagal dan rugi. si B setengah putaran. dalam satu detik si A berhasuil mengayuh satu putaran.

Kebiasaan berantakan. teratur dan dapat dipahami dengan baik. MANAJEMEN WAKTU DALAM BERORGANISASI Berikut ini dipaparkan beberapa kiat praktis dalam mengelola waktu : 1. maka kitalah yang harus membuat aturan terlebih dulu secara jelas. Atau kalau kalau belum ada aturan.id / http://pcscluster. Ambillah barang yang dengan cara terbaik dan selalu kembalikan diperlukan ketempatnya semula dengan cara terbaik pula. Karena kesalahan melanggar aturan akibat kekurangtahuan atau waktu terbuang karena tidak mengerti yang harus dilakukan. • Selalu Rapi dan Bersih. Jangan pernah enggan. sedang bekerja atau usai bekarja. Bagi orang ini.co. tiada hari esok. tetapi manfaat dikemudian hari akan berdampak besar sekali. suasana ruangan dan penyimpanan segala peralatan harus selalu dalam keadaan rapi. hanya memakan waktu yang sedikit. Biasakanlah sejak awal. tidak rapi dan tidak teratur adalah kebiasaan memalukan yang menunjukan prilaku cintapejuang@yahoo. bersih dan teratur. tetapi suatu pembunuhan. Buanglah segala hal yang tidak diperlukan lagi. Sebagai pemimpin sebuah organisasi maupun sebagai anggota.blogspot. Tertib dalam menyimpan. sehingga tak ada waktu yang terbuang. Biasakan Tertib dan Teratur Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk bisa tertib dan teratur antara lain adalah :” • Tahu dan Taat aturan. juga akan menghambat efektifitas kerja. karena selain akan menambah masalah. pastikan saudara mengawali segala tindakan dengan berusaha mengetahui dan memahami aturan yang berlaku dengan baik dan benar.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 8 do today”. kotor.com . malas dan ceroboh. padahal suatu pekerjaan akan mudah dilakukan jika kita memahami. • Tertib Mengambil dan Menyimpan. karena ia mengatakan bahwa membuang waktu bukan saja sesuatu kejahatan.

kewajiban untuk beribadah. kewajiban kepada orang tua. Kenalilah situasi ruangan. 2. terukur. seperti kewajiban belajar. yaitu hal-hal mendadak yang tidak sesuai rencana dan jangan pula terlena oleh sifat malas atau lalai. Kita harus membaca dengan situasi yang akan kita hadapi dengan segala seksama kemungkinan yang tak terduga. kita juga harus adil dengan kewajiban lain yang harus dipenuhi. Jangan tergiur oleh kegiatan atau kesenangan yang sifatnya spontan. peralatan. (Jika gagal mebuat rencana berarti merencanakan sebuah kegagalan) atau (Lebih baik bersimbah peluh dalam latihan daripada bersimbah darah dalam pertempuran). Selain realistis. dan membuat suasana hatipun menjadi runyam.com . bulanan atau jangka panjang.blogspot. Pelajari teknik membuat rencana dan buatlah rencana yang matang dan teruji. barangbarang. Tidak boleh kehilangan waktu sedikitpun hanya karena lupa atau sulit mencarinya.co. Oleh karena itu kita harus selalu membuat rencana ”B” dan ”C” sebagai rencana cadangan. dan lain-lain. Buatlah program rencana dalam bentuk harian.id / http://pcscluster.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 9 tidak professional dan juga merupakan kunci pemborosan waktu. • Siapkan Rencana Cadangan. kelompokan dengan baik dan beri tanda atau nama yang jelas. tempat penyimpanan dan tata letak barang dengan baik. Setiap ketidakadilan pasti akan menimbulkan masalah yang akan menghambat terealisasinya rencana. • Displin Dalam Melaksanakan Rencana. Selalu Terencana Ada motto yang baik untuk direnungkan. cintapejuang@yahoo. Unsur-unsur penting dalam perencanaan adalah : • Harus Ada Target. tidak akan ada artinya sama sekali andaikata kita tidak berdisiplin dalam melaksanakannya. Rencana juga harus rasional dari segi ukuran waktu dan target. • Segalanya Mudah Dikenali. Sehebat apaun program kita susun. • Program harus Adil. serta usahakan agar segala sesuatu dapat dikenali dan dicari dengan mudah.

Sediakan Peralatan dan Perlengkapan Memadai. Awali Dengan Tahu Aturan Pakai. 4. bukan penambah masalah. bahkan sangat dianjurkan andaikata terdokumentasi lengkap.co.id / http://pcscluster. jelas detail. pastikan mudah dipahami oleh si penerima. Waspadalah terhadap distorsi informasi.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 10 3. Biasakan Dengan Data dan Informasi Yang Akurat. Namun harus pula berani mengatakan tidak. • Ready To Using. walaupun kita sangat menyukainya. • Selalu Jelas dan Akurat Harus menjadi mekanisme standar diri dan organisasi kita untuk selalu mengirim dan menerima data atau informasi secara akurat. Juga Bagaimana supaya peralatan menjadi awet dan optimal fungsinya. • Bukan Hanya Tahu. jika tidak • cocok dalam perhitungan. Pastikan setiap usai pemakaian peralatan dan perlengkapan kita selalu kembali dalam posisi rapi dan bersih serta cintapejuang@yahoo. maka yang harus kita lakukan adalah mengejar dan mengecek pemahaman kita terhadap informasi tersebut. • Sediakan Peralatan Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan. yaitu kesalahan dalam memahami informasi yang akan berakibat pula dalam kesalahan menyampaikan atau dalam melaksanakannya. cara perawatannya.blogspot.com . Jika kita menerima informasi. Tapi juga Paham. Jangan pernah puas dengan data ala kadarnya. Begitu pula dalam mengirimkan informasi. Bersabarlah untuk tidak tergesa-gesa memakai alat sebelum benar-benar mengetahui aturan pemakaiannya dengan baik. Belilah peralatan jika betul betul sangat dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan. cara pencegahan dan perbaikan bagi kerusakan. hal yang boleh dan terlarang. Setiap tindakan dan keputusan berdasarkan informasi yang tidak jelas dan tidak akurat akan menimbulkan masalah dan kerugian besar. Memiliki alat adalah melaksanakan separuh pekerjaan dan alat adalah penyelesaian masalah.

• Jangan Menunda dan Mengulur Waktu. maka akibatnya mudah ditebak. kita akan selalu siap untuk beraktifitas di dalam organisasi kapan saja. jika anda menundanya karena anggota belum lengkap. • Rawat Berkala Jangan pernah menunggu peralatan menjadi rusak. cintapejuang@yahoo. 5. • Siapkan Cadangan Untuk mengantisipasi keadaan darurat. • Selalu tepat Waktu. selalu merasa dikejar waktu yang tidak pernah cukup leluasa dalam mengerjakannya dan tentu saja hasilnya tidak pernah maksimal. Buatlah jadwal dan list perawatan dan rawatlah selalu secara kontinyu dan seksama.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 11 selalu siap pakai kembali. Andaikata anda melaksanakan suatu rapat organisasi. akan serba tergesa-gesa. setiap kita menunda berarti akan hak waktu tersebut beradu dengan hasil penundaan kita. Dengan adanya kesiapan secara fisik dan mental.. setiap waktu yang akan kita jalani sudah ada beban tersendiri yang harus dipikulnya. maupun kondisinya. selain kita tidak nyaman dalam mengerjakannya. niscaya biaya dan waktu yang dikeluarkan sangat besar. Kesiapan diri secara fisik dan mental. Saudara menghemat waktu yang luar biasa jika selalu siap dengan cadangan. atau kegiatan apapun. baik dalam tata letak.co. Wajib bagi kita untuk melaksanakan segala sesuatu tepat pada waktunya sesuai dengan rencana atau kespakatan.id / http://pcscluster. Ketahuilah. maka berarti anda menghukum yang hadir tepat waktu semata-mata karena menunggu yang belum datang. jangan pernah rela sedetikpun meleset. sungguh ketidakadilan yang sangat buruk. kita harus memiliki peralatan cadangan.blogspot. kita harus sangat menikmati segalanya tepat pada waktunya.com . Artinya. terutama untuk jenis-jenis yang sangat penting.

disadari dan • dianggap sebagai kerugian serta setiap penghematan dianggap suatu keuntungan. Seringkali kita secara sadar atau tidak membiarkan waktu yang sangat berharga dicuri oleh hal-hal kejadian. Kalau bisa cepat mengapa harus lambat ? Tanya kenapa ? Kalau bisa dikerjakan dalam lima menit.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 12 • Biar Cepat dan Ringkas Asal Selamat. • Buat Standar Waktu. sering juga kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik dari perilaku individu terbawa-bawa dalam organisasi. kenapa harus sepuluh menit. keisengan dan kesenangan tiada arti. cintapejuang@yahoo. selain membuat kekuatan tubuh meningkat juga sangat mempengaruhi kegesitan dan ketangkasan seseorang dalam bertugas yang tentu ujungnyanya sangat menghemat waktu. sebagai pemimpin suatu organisasi maupun anggota organisasi. • Waspadai Pencuri Waktu. Kita harus mengawali dengan membuat standar waktu yang dibutuhkan dengan layak dan wajar. Demikian juga.blogspot. sifat-sifat dengki yang senang melihat orang susah. seringkali kita terjebak untuk membicarakan hal-hal yang tidak penting. Oleh karena itu setiap kita berbicara harus terkendali dengan baik. dan susah melihat orang senang. dan lain-lain. Berlatih Agar Gesit dan tangkas.co. melaksanakan hobi yang tak berarti.id / http://pcscluster. Tidak dapat dipungkiri gerakan yang lamban. seperti terlalu asyik nonton acara TV dan radio. Oleh karena itu latihan fisik yang baik dan teratur. lamunan sia-sia. dan harus berani menghentikannya tatkala obrolan sudah tidak bermutu dan tidak bermanfaat. dan seterusnya. lesu selain sangat boros waktu juga membuat dongkol siapapun yang melihatnya. atau barang yang remeh tak berharga. Dalam rapat-rapat organisasi atau kegiatan-kegiatan organisasi. sehingga setiap keterlambatan yang tidak perlu dapat diketahui.com . penuh kesadaran.

serta semua orang. kelompok dan pemimpin organisasi menyikapi dan memanfaatkan waktu. Manajemen sebagai ilmu dan seni melalui fungsi pengorganisasian mencoba memberikan dasar-dasar pengelolaan organisasi yang efektif dan efisien. Indikator efektif dan efisiennya pengelolaan organisasi salah satunya tercermin dari bagaimana individu. masih sangat jarang ditemukan. LAMPIRAN Kelemahan-Kelemahan Terkait Dengan Fungsi Manajerial : • • • • • • • • • • • • • • • Tidak Memiliki Visi dan Misi Yang Jelas Kurang Mampu Membuat Strategi Kesulitan Merumuskan tujuan dan sasaran Tidak mampu melihat kekuatan organisasi Tidak Menyadari adanya kelemahan organisasi Kurang mampu peluang Tidak menyadari adanya ancaman Malas membuat perencanaan Kurang menguasai dalam mengorganisir kegiatan Kurang mampu mengelola anggota tim Tidak memiliki sistem kontrol yang efektif Enggan melakukan perbaikan Tidak memiliki kemampuan analisa Kurang mampu membuat skala prioritas Menilai kinerja rekan secara subyektif Kelemahan-Kelemahan Terkait dengan Masalah Komunikasi cintapejuang@yahoo.com . Namun dengan memahami bahwa waktu merupakan salah satu sumber daya organisasi yang bersifat abstrak. namun ternyata mengisinya dengan berbagai tingkatan kualitas.blogspot.Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 13 Analisis Manajemen yang khusus membahas bagaimana mengelola waktu dalam berorganisasi.id / http://pcscluster. karuniah gratis dari Tuhan Yang Maha Esa.co. baik sebagai individu maupun sebagai anggota organisasi mendapat jatah waktu yang sama.

Diklat Manajemen Organisasi 2009 “Manajemen Waktu” 14 • Kurang percaya diri • Kurang lancar dalam berbicara • Sulit menjadi pendengar yang baik • Cenderung menilai negatif • Tidak memberikan umpan balik yang seimbang • Maunya menang sendiri • Kurang memiliki tenggang rasa Kelemahan-Kelemahan Terkait dengan Masalah Kerjasama • Sulit menyamakan persepsi • Sulit untuk diajak bekerja sama • Menganggap dirinya paling penting dan dirinya terlihat menonjol dan sombong • Rasa curiga yang sangat tinggi Kelemahan-Kelemahan Terkait Dengan Keteladanan • Disiplin yang rendah • Sering melakukan penyimpangan • Tidak menunjukan etos kerja yang tinggi • Tidak mau menerima kritik dan saran Kelemahan-Kelemahan Terkait Dengan Pengambilan Keputusan • Terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan • Mengambil keputusan dalam keadaan marah • Tidak konsisten dengan keputusan yang diambil • Keputusan cendrung membuat konflik cintapejuang@yahoo.blogspot.id / http://pcscluster.co.com .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->