P. 1
Bimbingan Dan Konseling Smp Bhakti Mulia

Bimbingan Dan Konseling Smp Bhakti Mulia

|Views: 65|Likes:
Published by Ucik Wieni

More info:

Published by: Ucik Wieni on Oct 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2012

pdf

text

original

Nama Kelompok : Loka Sugati Sudarmaji Sumiyah Ucik Wieni

BIMBINGAN DAN KONSELING SMP BHAKTI MULIA
Pengamatan Bimbingan dan Konseling yang kelompok kami laksanakan pada hari selasa, 4 Oktober 2011 di SMP Bhakti Mulia dan hasil wawancara bersama Bapak H. Rachmat Effendi S. Pdi selaku Kepala Sekolah dan sekaligus merangkap sebagai Guru Bimbingan dan Konseling pada sekolah tersebut. Dari hasil wawancara tersebut kelompok kami menyimpulkan bahwa pelaksanaan Bimbingan dan konseling di SMP Bhakti Mulia tersebut dilaksanakan sesuai dengan prosedur Bimbingan dan Konseling yang mencakup : 1. Pecegahan Layanan pencegahan diberikan kepada siswa agar terhindar dari berbagai masalah yang menghambat perkembangannya. 2. Pemahaman dan Pengembangan Sikap Guru Bimbingan dan Konseling harus mengetahui karakter, kebiasaan, bakat, dan minat dari anak yang dibimbing sehingga dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Guru akan lebih mudah dalam menangani permasalahan yang dihadapi oleh anak yang dibimbing. 3. Perbaikan Fungsi bimbingan yang akan menghasilkan dan terpecahkannya berbagai masalah yang dialami siswa. 4. Pemeliharaan dan Pengembangan Pemeliharaan dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling di SMP Bhakti Mulia dapat membantu siswa dalam memeliahara dan mengembangakan keseluruhan pribadinya secara mantap, terarah, dan berkelanjutan.

Layanan ini menyangkut perkembangan remaja tentang kemampuan dan perkembangan pribadinya. Layanan Bimbingan Belajar (Pembelajaran) Layanan ini mengembangkan siswa yang berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. 5.Selain hal – hal tersebut diatas juga dijelaskan tentang jenis layanan yang dilaksanakan di SMP Bhakti Mulia tersebut di antaranya adalah sebagai berikut : 1. 4. Dan juga pelayanan bantuan untuk masalah pribadi. Usaha yang dilakukan adalah dengan mengenali bakat. anggota keluarga dan masyarakat. Layanan Orientasi Dalam layanan orientasi ini mencakup pengenalan terhadap lingkungan dan fasilitas sekolah. 2. pelajar. 3. Layanan Konseling Perorangan Layanan Konseling Perorangan yaitu proses pembantuan terhadap individu dan usaha menyelesaikan permasalahan yang dialami siswa. disini cenderung memberikan bimbingan bahwa belajar bukan hal yang terpaksa tetapi penting untuk masa depan dan juga mengembangkan komunikasi. peranan kegiatan bimbingan karier. minat dan bagaimana penyaluran dan pengembangannya. jurusan sesuai dengan bakat dan potensi serta kondisi pribadinya. dan pelayanan bimbingan dihadapi siswa. sosial. dan konseling dalm membantu segala jenis masalah yang . 6.peraturan dan hak – hak serta kewajiban siswa. kelompok belajar. Layanan Bimbingan Kelompok Layanan bimbingan yang dilakukan di SMP Bhakti Mulia ini dilaksanakan seminggu sekali di dalam kelas dengan metode ceramah hal ini dilakukan untuk menunjang kehidupan sehari –hari sebagai individu. belajar dan karier. Layanan Informasi Layanan informasi ini sangat penting untuk mengarahkan siswa dalam pertimbangan dan pengambilan keputusan. Layanan Penempatan dan Penyaluran Jenis layanan ini misalnya penempatan di dalam kelas. tingkah laku dalam hubungan sosial dan masyarakat luas.

Layanan Konseling Kelompok Konseling kelompok ini melatih anggota kelompok agar berani berbicara dengan banyak orang serta mengembangkan bakat dan minat masing.7.permasalahan kelompok.masing anggota kelompok dan mengentaskan permasalahan. Peran Guru Bimbingan dan Konseling ini selain menangani kasus –kasus yang dialami siswa juga melakukan penghimpunan data secara administrasi sehingga data-data tersebut terjaga kerahasiannnya dan tersusun dengan rapi. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->