P. 1
Slide Tugas 1 Perbedaan Eko Mikro dan Makro

Slide Tugas 1 Perbedaan Eko Mikro dan Makro

|Views: 17|Likes:
Published by Melinda Tan

More info:

Published by: Melinda Tan on Oct 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2012

pdf

text

original

Oleh

:
1. 2.

3.
4. 5.

Dedi Haposan Sihite Melinda Natan Situmorang Ronal Polatua Panggabean Sutrimo

Oikos (Rumah Tangga) Ekonomi berasal dari Nomos (Aturan)

Ekonomi Mikro Ilmu Ekonomi dibagi 2 Ekonomi Makro

1.

2.

3.

4.

Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro; Permasalahan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro; Pasar menurut Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro; Para Pelaku Ekonomi.

Ekonomi Mikro : cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen rumah tangga dan perusahaan atau produsen, pemerintah dengan unit-unit lainnya dalam menentukan pilihan, penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan serta mempelajari bagaimana interaksi ketiga pelaku ekonomi ini dikoordinasikan oleh kekuatan pasar.

Ekonomi Makro : cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak) terhadap halhal tersebut. Ekonomi makro baru muncul pada tahun 1930an setelah terjadi DEPRESI BESAR di Eropa.

Dalam Ekonomi Mikro ada 2 permasalahan: 1. Bagaimana memenuhi kebutuhan individu; 2. Bagaimana mencapai kepuasan individu. Dalam Ekonomi Makro permasalahan sudah cukup kompleks. Secara garis besar permasalahan dibagi 2 yaitu: 1. Permasalahan jangka pendek yakni menjaga agar stabilitas ekonomi terhindar dari penyakit utama yakni: inflasi, pengangguran dan ketimpangan neraca pembayaran. 2. Permasalahan jangka panjang yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara terus menerus melalui pertumbuhan ekonomi.

Pasar dalam Ekonomi Mikro dibedakan menurut individu komoditi, misalnya pasar beras, pasar jagung, pasar pakaian dan lainlain dengan ketiga fungsinya yang diterangkan diatas. Pada ekonomi mikro, pasar juga dibedakan atas dua kutub ekstrim yaitu pasar bersaing sempurna (perfectly competitive market) dan pasar monopoli (monopoly market).

Pasar dalam Ekonomi Makro dibedakan berdasarkan jenis komoditi aggregate yang ditransaksikan, yaitu pasar tenaga kerja, dan pasar uang atau financial. Pada ekonomi makro, pasar juga dibedakan atas dua kutub ekstrim yaitu pasar bebas (free market) dan pasar yang terkontrol (controlled market).

Dalam Ekonomi Mikro pelaku ekonomi hanya dikelompokkan atas dua kelompok besar yaitu konsumen dan produsen. Sedangkan dalam Ekonomi Makro pelaku ekonomi dikelompokkan menjadi lima yakni: rumah tangga, konsumen (household); produsen, bisnis (business); pemerintah (government); Negara-negara lain (foreign countries) dan lembaga keuangan (financial).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->