PERMUTASI

Definisi
Permutasi adalah susunan berurutan dari semau atau sebagian elemen dari suatu himpunan. Sebagai contoh,permutasi 3 elemen dari huruf {a,b,c,} adalah{abc,acb,bca,bac.cba,cab},permutasi 2 elemen dari tiga huruf{a,b,c} adalah {ab,ac,ba,bc,ca,cb}

Notasi factorial
Identitas berikut menunjukan arti dari n faktorial, atau n!. 2! =1.2 = 2, 4!=1.2.3.4 = 24, 3!=1.2.3 = 6, n!=1.2.3……n, (r-1)!=1.2.3……(r-1)

Catatan : didefinisikan 0!=1

Symbol n pr menyatakan banyaknya permutasi (susunan berurutan) pengambilan r elemen dari n elemen. Jadi 8p3 menyatakan banyaknya permutasi pengambilan 3 elemen dari 8 elemen dan 5p5 menyatakan banyak permutasi pengambilan 5 elemen ari 5 elemen.
Catatan : symbol p(n,r) yg kadang-kadang di gunakan mempunyai arti yg sama dengan npr

Permutasi pengambilan r elemen dari n elemen yg berbeda.

n r

p = n(n-1)(n-2)…….(n-r+1) =

apabila r =n, npr = npn = n(n-1)(n-2)….1= n! jadi
5 1=

p p

5

5 2 =5.4=20

p

5 3 =5.4.3=60

p

5 4 =5.4.3.2=120

5 5 =5.4.3.2.1=120

p

10 7

p =10.9.8.7.6.5.4=604800

Sebagai contoh,banyaknya cara 4 orang dapat duduk dalam 6 tempat duduk adalah
6 4 =6.5.4.3

p

=360

satu anak menerima satu koin.banyak cara untuk membagi 3 puluhan dan 7 dua pul.Permutasi dengan elemen yg sama.a dan seterusnya adalah P= dimana n1+ n2+ n3+ …= n. Maka 10 orang bisa duduk pada keliling sebuah meja dalam (10-1)!=9! Cara. = 120 Seri buku schaum teori dan soal-soalMatematika dasar.SPIEGEL kasir iskandar.dimana n1 sama n2 sama n3 sa. MURRAY R.uh limaan kepada 10 orang anak laki-laki.adalah Permutasi keliling Banyak cara penyusunan n obyek yg berbeda pada keliling sebuah lingkaran adalah (n -1)! Cara. Banyak permutasi p dari n elemen di ambil semuanya sekaligus.erlangga1987 .di ambil sekaligus. Sebagai contoh.

5.org/wiki/Kombinasi_dan_permutasi . Yang mendapat suara kedua terbanyak akan diangkat menjadi wakil ketua. DDD.4. jika kamu memiliki huruf A.Permutasi pengulangan Jika urutan diperhatikan dan suatu objek dapat dipilih lebih dari sekali maka jumlah permutasinya adalah: di mana n adalah banyaknya objek yang dapat dipilih dan r adalah jumlah yang harus dipilih. Dan yang mendapat suara ketiga terbanyak akan menjadi sekretaris. dst. Yang mendapat suara terbanyak akan diangkat menjadi ketua organisasi tersebut. Sebagai contoh. Kelima kotak kosong itu hanya boleh diisi dengan angka 1. dan D dan kamu ingin mencari tahu ada berapa cara untuk menyusunnya dalam suatu grup yang berisi tiga angka maka kamu akan menemukan bahwa ada 43 atau 64 cara untuk menyusunnya. ada sebuah pemungutan suara dalam suatu organisasi. Beberapa cara untuk menyusunnya adalah: AAA. BBB. r adalah jumlah yang harus dipilih dan ! adalah simbol faktorial. Umpamakan jika n = r (yang menandakan bahwa jumlah objek yang bisa dipilih sama dengan jumlah yang harus dipilih) maka rumusnya menjadi: karena 0! = 1! = 1 Sebagai contoh. C. http://id. Ada berapa banyak hasil pemungutan suara yang mungkin terjadi? Dengan menggunakan rumus di atas maka ada 5!/(5-3)! = 60 permutasi.2. Kelima kotak kosong itu harus diisi (tidak boleh ada yang kosong). Permutasi tanpa pengulangan Jika urutan diperhatikan dan setiap objek yang tersedia hanya bisa dipilih atau dipakai sekali maka jumlah permutasi yang ada adalah: di mana n adalah jumlah objek yang dapat kamu pilih. ada lima kotak kosong yang tersedia. Ada berapa banyak cara untuk mengisi kotak kosong? Dengan menggunakan rumus n! maka ada 5! = 120 permutasi.wikipedia. B.3. Kandidat yang bisa dipilih ada lima orang. ABB. DBB. CCC. CBB. Sebagai contoh.

Contohnya ada 4 orang anak yaitu A.b. Kalo dikerjakan dengan rumus maka.a. jika permutasi adalah pengabungan beberapa objek dengan memperhatikan urutan jadi {a.b.a. welah kok malah ngelantur lha mana rumusnya ? Rumus permutasi: Rumus kombinasi: Oke penggunaannya. {A.B}.C}.c} berbeda dengan {b. {merah.D} dan {C. dan saya anggap udah bisa.c} sama dengan {b. C dan D.c}.web.D}.hijau}. Akn diambil 2 orang untuk mewakili sekolah dalam lomba menggambar maka kemungkinan 2 orang tersebut ada 6 yaitu {A. hijau dan merah.a.merah}. jadi {a.merah}.b} dan sama dengan urutan yang lain asalkan terdiri dari 3 huruf tersebut. {hijau. Jika menggunakan rumus = dengan n=banyaknya bola r = banyaknya pengambilan Sedangkan kombinasi adalah penggabungan beberapa objek dengan tidak memperhatikan urutan.C}.D}.id/uncategorized/membedakan-permutasi-dan-kombinasi/ .hijau}. {kuning.kuning}.c} juga sama dengan {c. B . Contohnya adalah jika terdapat 3 bola dengan warna berbeda yaitu kuning. {B. {hijau. {A. {B.kuning} dan {merah. Kombinasi = dengan n=banyaknya anak dan r=banyaknya yang diambil http://duritajam.Membedakan Permutasi dan Kombinasi Dalam urusan permutasi dan kombinasi kita harus tahu terlebih dahulu tentang notasi faktorial (!) dan penggunaannya. ambil 2 bola dengan memperhatikan urutan maka permutasi yang mungkin terjadi adalah 6 yaitu {kuning.