ATOM, ION, MOLEKUL, SENYAWA, UNSUR DAN CAMPURAN

Disusun oleh: Yola Sulistyaningrum 10 TP / 28

Unsur terbagi menjadi tiga. * Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Tujuan 1. unsure logam b. molekul unsure. 2 . Rumusan Masalah 1. unsure non logam c. Apa yang dimaksud dengan anion ? Jelaskan! 4. perbedaannya dengan ion adalah kalu ion masih merupakan bagian dari atom. kation. molekul senyawa * Senyawa adalah zat yang terbagi akibat dari gabungan atau lebih unsure yang berbeda dengan komposisi atau perbandingan tertentu melalui reaksi kimia. Apa yang disebut dengan kation ? Jelaskan! 3. * Unsur adalah zat tunggal paling sederhana yang tidak dapat dibagibagi lagi. yaitu: a. Atom terdiri dari beberapa lintasan electron dan inti atom. . Apa perbedaan senyawa dan campuran ? Jelaskan! 5. dan ion tersebut adalah atom yang bermuatan listrik. Molekul terbagi menjadi dua. Atom adalah bagian terkecil suatu materi atau zat yang tidak dapat dibagi lagi. Campuran terdiri dari berapa bagian ? 3. yaitu: a. Ion dibagi menjadi dua. Latar Belakang * Atom merupakn bagian dari suatu materi atau zat yang tidak dapat dibagibagi lagi. Apa perbedaan atom dengan ion ? 2. anion * Molekul adalahgabungan dua atau lebih atom sejenis maupun berbeda jenis. dan b. unsure metalloid * Campuran adalah zat yang terbentuk dari hasil gabungan beberapa unsure maupun senyawa tanpa perbandingan tertentu dan tidak melalui reaksi kimia. dan b.BAB I PENDAHULUAN 1. yaitu: a.

Mempelajari materi ini akan sangat bermanfaat. Senyawa adalah zat yang terbagi akibat dari gabungan atau lebih unsur yang berbeda dengan komposisi atau perbandingan tertentu melalui reaksi kimia. Manfaat Kita dapat mempelajari dan mengetahui bagian dari kehidupan seharihari yang biasanya dianggap sepele. campuran adalah zat yang terbentuk dari hasil gabungan beberapa unsur maupun senyawa tanpa perbandingan tertentu dan tidak melalui reaksi kimia. yaitu: campuran homogen dan campuran heterogen. . Kation adalah atom yang bermuatan listrik positip. seperti contohnya campuran. Perbedaannya dengan campuran. senyawa dan kawan-kawannya. 5. 4. Campuran dibedakan menjadi dua bagian. karena penerapannya ada di kehidupan sehari-hari. Anion adalah atom yang bermuatan listrik negatip. 4. 3.2.

Thomson  Macam – macam model atom 1. sedangkan electron berada di luar inti atom ( lintasan electron ). *) Penemu partikel prnyusun atom partikel Proton Neutron Elektron penemu Eugene Golgstein James Chadwick J. ~ Atom terdiri atas : lintasan elektron Inti atom ~ Atom terdiri atas tiga partikel. • Neutron : partikel atom netral. J. . Di dalm inti atom terdapat proto dan neutron. • Elektron : partikel atom yang bermuatan negatip. yaitu: • Proton : partikel atom yang bermuatan positip. Model atom John Dalton Atom adalah bagian trkecil dari suatu zat yang berbentuk bola pejal bermuatan positip.BAB II ISI • ATOM Atom adalah bagian terkecil dari suatu materi atau zat yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.

J. Model atom J.J. Model atom Ernest Rutherfoard Atom adalah bagian terkecil dari suatu zat yang terdiri atas inti atom yang bermuatan positip dan electron yang bergerak mengelilingi inti atom. Kelemahan model atom Rutherford adalah Ruherford tidak mampu menjelaskan alas an mengapa electron tidal tertarik masul ke dalam inti atom seperti diketahui bahwa elekron adalah partikel bermuatan negatip sedangkan proton adalah partikel bermuatan positip yang seharusnya mengalmi gaya tarik-menarik. Gambar: . Model atom J. Thomson ini dikenal dengan nama model atom kismis. Thomson Atom adalah bagian terkecil dari suatu zat yang berbentuk bola pejal bermuatan positip dan terdapat electron yang letaknya menyebar.Gambar: 2. Gambar: - 3.

Hal ini mampu menjelaskan kelemahan model atom milik Rutherford. Model atom Niels Bohr Atom adalah bagian terkecil dari suatu zat yang terdiri dari inti atom yang bermuatran positip dan electron yang bergerak mengelilingi inti dalam suatu lintasan energi tertentu. yaitu model atom ini hanya dapat digunakan untuk menjelaskan atom hydrogen sedangkan untuk atom yang memiliki nomor atom lebih tinggi dari hydrogen belum mampu untuk menggambarkan bentuk atomnya. Gambar: . Model atom kuantum Merupakan model atom yang paling sempurna diantara model atom yang lain.- - + 4. Namun model atom Niels Bohr juga memiliki kelemahan . Eksitasi adalah perpindahan electron dari satu lintasan ke lintasan lain. Bahwa electron saat bergerak mengeklilingi inti atom berada pada lintasan energi tertentu dan dapat pula mengalami eksiktasi yang menyerap atau melepaskan sejumlah energi pula. karena model atom ini mampu menyempurnakan model atom milik Niels Bohr. Gambar: Lintasan elektron Inti atom 5.

Kation Kation adalah atom bermuatan listrik positip. K+. Isoton. Isobar a. Br♣ Isotop. Contohnya: O2-. Isotop Isotop yaitu unsure-unsur yang memiliki nomor atom sama. tetapi nomor massa berbeda. Isoton Isoton yaitu unsure-unsur yang memiliki jumlah neutron sama.Lintasan 3 Lintasan 2 Lintasan 1 Inti atom • ION Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Cl-. Contohnya: Na+. Isobar Isobar yaitu unsure-unsur yang memiliki nomor massa sama tetapi nomor atom berbeda. Mg2+ 2. yaitu: 1. c. Ion terbagi menjadi dua. b. Ca2+. • . F-. Anion Anion adalah listrik negatip.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful