Laporan Hasil Observasi

Perakitan & Perbaikan PC Jaya Plaza

Kelompok 7
- Hardiyan Ichsan Gunawan - M. Ammar Fadhlur Rahman - Muhamad Kresna Setiadi

X – TKJ B

Hal ini memungkinkan CPU dapat dipasang tanpa harus di solder. Yang membedakan socket satu dengan socket yang lainnya adalah jumlah pin yang ada pada Processor. Mulai dari pertama pembuatan Socket Processor pada tahun 1970-an hingga sekarang. untuk memasang CPU diperlukan socket khusus. Socket Processor ini sangatlah menguntungkan bagi orang yang ingin mengganti Processornya. maka Socket Processor yang pas untuk Processor itu adalah Socket LGA 775 (Intel). Processor ditempatkan pada motherboard melalui sebuah dudukan yang disebut Socket Processor. processor (CPU) memiliki peranan penting yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah Personal Computer (PC). Pada saatnya Socket Processor semakin lama semakin berubah. Socket Processor biasanya digunakan pada PC atau Server. Biasanya.Pendahuluan Seperti yang kita ketahui. Contoh Processor Intel Dual Core memerlukan Socket Processor tipe LGA 775 berbeda dengan Processor Intel Core i3 yang membutuhkan Socket Processor tipe LGA 1155. Jika Pin Processor berjumlah 775. Mungkin pada saat yang akan datang Socket Processor akan bertambah lagi jumlah tipenya dan Processornya pun semakin canggih. Pengertian dari Socket CPU adalah komponen mekanik yang menyediakan hubungan mekanik dan elektris antara microprocessor dengan printed circuit board (PCB). .

Tujuan Tujuan dari observasi ini ada untuk mengetahui berbagai macam Socket Processor dan Processor yang dapat dipakai di socket – socket tertentu. Selain itu observasi ini juga bertujuan untuk mengetahui harga dari berbagai macam peripheral komputer dan menegosiasi harga dari sebuah peripheral. .

Dimana socket processor ini adalah komponen mekanik yang menyediakan hubungan mekanik dan elektris pada microprocessor dan Printed Circuit Board. Itulah salah satu keuntungan dari socket processor. Pada saat observasi kami mengumpulkan data sebagai berikut : No. Tanpa adanya socket processor. Dengan adanya socket processor. 4. 5. 1. Processor Intel Dual Core Intel Core 2 Duo Intel Core 2 Quad Intel Core i3 Intel Core i7 AMD X2 AMD X4 AMD Phenom X2 AMD Phenom X4 AMD Phenom X6 Jenis/Tipe Socket Processor 578 LGA 775 LGA 775 LGA 1155/1156 LGA 1155/1156/1366 PGA 754 AM2 AM2/AM2+ AM2/AM2+ AM3 . kami menemukan berbagai macam socket processor. 9. untuk memasang CPU akan mengalami kesulitan. 8. 2. orang akan mudah memasang dan membuka untuk mengganti processor tanpa harus menyoldernya lagi. 6.Isi Berdasarkan hasil observasi ke tempat Jaya Plaza. 3. 7. 10.

.JAYA PLAZA KOSAMBI Lt.Demikian hasil yang kami peroleh dari observasi di Jaya Plaza. Kami tawar harga Flashdisk Kingston 4GB menjadi RP 100.1 blok L-8 . Kami menanyakan harga sebuah Flashdisk Kingston 4GB yang harga aslinya Rp 115.Jaya Plaza Kosambi Lt.000.Wintech Comp : GD.1 Blok H1 . Negosiasi Harga Pada saat melakukan observasi kami juga menanyakan harga dari sebuah komponen komputer. Kosambi.-.dan penjual pun setuju.BIVANS PHERIPERAL : Gd.000. Toko Yang Dikunjungi .

Socket processor yang menghubungkan kerja antara processor dengan printed circuit board atau motherboard. Tanpa socket processor orang akan kesusahan melepas dan memasang CPU karena harus di solder lagi. Pada jaman sekarang socket processor lebih kompleks dari socket processor sebelumnya. Socket processor biasa digunakan pada PC atau server. Berikut foto hasil kami observasi: . Salah satu keuntungan dari socket processor adalah mempermudah manusia untuk memasang dan melepas CPU pada sebuah komputer.Kesimpulan Jadi sebuah Socket Processor adalah dudukan dimana tempat CPU berada.

9Df ff¯½° °¯ f°f°– ¯ ° ff° °–f°¯ f° f°  ¾f°ff¯n½n ¾¾ °–f° ½° nn f %9.

% f°¯ ¯°–°f°.

9D f½f ½f¾f°–f°½f f¾ ¾   f¾f°f °¯ ¯f¾f°–.

9D ½ f°¾n ¾¾  .

°9n ¾¾° f.

 ¯ ¯ f°n 9n ¾¾½   f °–f°9n ¾¾° .

 f°–¯ ¯ f°n 9n ¾¾ ½  n 9n ¾¾ f¾f°f –°ff°½f f9.

ff    n 9n ¾¾°¾f°–ff¯ °–°°–f° f–f°–f°–°–° ¯ °––f°9n ¾¾°f 9f f¾ff°fn 9n ¾¾¾ ¯f°f¯f¾ ¯f°  f .f f½ f¯f½ ¯ ff°n 9n ¾¾½f ff° f° °––f¾ ff°– f°–¯ ¯ ff°¾n ¾f °–f°¾n f°–f°°f f ff©¯f½°f°–f f½f f9n ¾¾ f9°9n ¾¾ ©¯f  ¯ffn 9n ¾¾f°–½f¾°9n ¾¾f ffn  %° % .°–°½f f¾fff°–ff° ff°–n 9n ¾¾ff° f¯ f f–©¯f½ °f f°9n ¾¾°f½°¾ ¯f°nf°––        .

  %::.3  @©f° f ¾ f¾°f f°¯ °– f  f–f¯fnf¯n  9n ¾¾ f°9n ¾¾f°– f½f ½ff ¾n  ¾n   °  f°  ¾ f¾°©–f ©f°°¯ °– ff–f f  f–f¯fnf¯ ½ ½ f¯½  f°¯ ° –¾f¾f–f f¾ f½ ½ f                   .

  ¾   f¾ff°f¾ ¾ f¾  ¯½fff9ff f¯¯ ° ¯f°  f–f¯fnf¯¾n ½n ¾¾ ¯f°f¾n ½n ¾¾°f ff ¯½° °¯ f°f°–¯ ° ff° °–f°¯ f° f°  ¾½f f ¯n½n ¾¾ f°9° .

n f @f°½ff f°f¾n ½n ¾¾  °¯ ¯f¾f°–.

9Dff°¯ °–ff¯ ¾f°  °–f°f f°f¾n  ½n ¾¾ f°–ff°¯ f¯ ¯f¾f°– f°¯ ¯ f°¯ °––f° ½n ¾¾f°½ff¾¯ ° °ff– f¾ff¾f °°–f° f ¾n ½n ¾¾ 9f f¾ff ¾ f¾f¯¯ °–¯½f° ff¾ f–f    -                           9n ¾¾  ° f.

 .$.$.+ .     °¾$@½ n 9n ¾¾    $ $$ 9 .  ° .+ .

   ° .

f   ° . .

  ° .

9 °¯O  .O       .O .9 °¯O  .9 °¯O  .  .

8.  9f f¾ff¯ ff° ¾ f¾f¯©–f¯ °f°ff°f–f f  ¾ f¯½° °¯½  f¯¯ °f°ff°f–f¾ ff¾ ¾ °–¾° f°–f–ff¾°f½  f¯fff–ff¾ ¾ °–¾° ¯ °©f 9   f°½ °©f½°¾ ©   %44.7.3:3:3    J° n.   ¯f°f¾f°–f¯½   f ¾ f¾ ff9ff ¾f¯   048.

     I-99  ff9ff¾f¯              .¯½  9.

   0825:.3   f ¾ fn 9n ¾¾f ff  f° ¯f°f ¯½f.

9D f f n ½n ¾¾f°–¯ °– °–f° ©ff°ff½n ¾¾ °–f° ½° nn f ff¯  f @f°½f¾n ½n ¾¾f°–ff°  ¾¾ff°¯  ½f¾ f°¯ ¯f¾f°–.

9Df °ff¾ ¾ f– ff¾f  °°–f° f¾n ½n ¾¾f ff¯ ¯½ ¯ f¯f°¾f° ¯ ¯f¾f°– f°¯  ½f¾.

9D½f f¾ f¯½  n ½n ¾¾ f¾f –°ff°½f f9.

ff¾   9f f©f¯f°¾ ff°–¾n ½n ¾¾  ¯½ ¾ f¾n ½n ¾¾¾ ¯°f   €f¾f¯ ¾ f¾   .

 .