BPHTB

Keberatan keberatan adalah upaya yang diajukan wajib pajak karena bagi wajib pajak, terdapat selisih paham / perbedaan pendapat mengenai isi dari surat ketetapan yang ditetapkan oleh direktur jenderal pajak, keberatan BPHTB dapat diajukan atass SKBKB,SKBLB,SKBKBT,dan SKBN. Keberatan, mengenai tata cara pengajuan dan penyelesaian keberatan BPHTB di atur di KepMen 22 tahun 1997, sekarang diatur sesuai dengan perda masing2.

Pengurangan Pengurangan adalah upaya yang dilakukan wp untuk meminta keringanan atas beban pajaknya yang dianggap terlalu berat. Alasan terhadap pengurangan yaitu, antara lain, karena kondisi OP, karena sebab2 tertentu, dan karena OP merupakan organisasi social, atau pendidikan yang tidak mencari keuntungn. Pengurangan diatur dalam KMK 561 2004 jo. PMK 91 PJ 2006 Perbedaan keberatan dan pengurangan, adalah keberatan mengandung pertentangan antara wajib pajak dengan fiskus, wajib pajak tidak setuju atau memiliki perbedaan pendapat mengenai ketentuan materiil dari fiskus, sementara pengurangan, wajib pajak tidak memiliki pertentangan, tetapi wajib pajak hanya merasa beban pajaknya terlalu besar dan minta pengurangan, jadi dalam hal pengurangan, wajib pajak tidak menolak besar ketetapan pajak. Persamaan keberatan dan pengurangan, dari satu sisi, persamaanny wajib pajak ingin membayar ketetapan dengan jumlah yang lebih rendah. Secara teknis, sama2 membuat permohonan tertulis, menyampaikn ke DJP, dll, itu yang bersifat formal. Dari segi material, intinya pengurangan dan keberatan adalah upaya wajib pajak dalam hal mengurangi beban pajaknya.

2. Pengertian pemberian hak baru didalam Pasal 9 ayat 1(J) tentang saat dan tempat pajak terutang pasal 9 ay 1J berbunyi pemberian hak baru atas tanah sebagai kelanjutan dari pelepasan hak adalah sejak tanggal ditandatangani dan diterbitkannya surat keputusan pemberian hak. Maksud dari pemberian hak baru ini adalah suatu pihak baik orang pribadi maupun badan hukum memperoleh hak baru dari negara sebagaimana hasil dari kelanjutan dari pelepasan hak pihak lain untuk memakai tanah tersebut. (seolah-olah tanah itu diberi oleh negara) Pengertian penggabungan Penggabungan usaha yaitu penggabungan dua atau lebih badan usaha/badan hukum yang dilakukan dengan cara mempertahankan berdirinya salah satu bdan, dan dengan melikuidasi badan2 yang ikut bergabung.

serta penyetorannya harus dilakukan di kabpten/kota yang wilayahnya meliputi daerah objek pajak. pembayaran. adalah pejabat lelang. yaitu berguna bagi up-dating data PBB tahun berikutnya. Sehingga proses pemungutan BPHTB mulai dari pendataan/pendftaran.pengertian peleburan peleburan yaitu penggabungan usaha dua atau lebih. -BPHTB menganut sistem self assessment murni berarti wajib pajak BPHTB. yang dimaksud risalah lelang adalah Berita Acara Pelaksanaan lelang. menyetor. WP melakukan kewajibannya dengan menggunakan SSB. penaghan. Pengertian pemekaran pemekaran yaitu pemisahan suatu badan usaha menjadi dua atau lebih badan usaha. . -telah diketahui bahwa tempat pajak terutang dari BPHTB diatur pada pasal 89 ayat 2. -Yang melakukan penunjukan pemenang lelang. UU PDRD. bahwasanya BPHTB yang terutang dipungut di wilayah daerah tempat tanah dan/atau bangunan berada. yang merupakan bukti otentik dari pelelangan. lalu menyetornya ke bank persepsi dengan menggunakan SSB. WP menghitung BPHTB. melakukan kewajiban menghitung. dan melaporkan BPHTB itu sendiri. SSB itu berfungsi juga sebagai SPOP PBB. tanpa melikuidasi badan yang melakukan pemekaran tersebut. memperhitungkan. dan memiliki kekuatan pembuktian sempurna dari pihak2 yang melakukan pelelangan. badan usaha/hukum yang dilakukan dengan cara mendirikan badan usaha baru dengan melikuidasi semua badan-badan yang ikut bergabung. yang dilakukan dengan mengalihkan sebagian aktiva dan passiva badan tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful