P. 1
Pengertian Islam Menurut Istilah

Pengertian Islam Menurut Istilah

|Views: 177|Likes:
Published by Winony Mutiara

More info:

Published by: Winony Mutiara on Oct 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2012

pdf

text

original

Pengertian Islam dapat kita bagi menjadi dua, yaitu dari segi bahasa dan dari segi istilah

. Pengertian Islam menurut bahasa dapat kita ambil dari kata-kata pada bahasa Arab. Sedangkan untuk pengertian Islam menurut istilah banyak didefinisikan oleh para ahli ataupun pemuka agama. Berikut beberapa pengertian Islam ditinjau dari segi istilah:  Islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada masyarakat manusia melalui Nabi Muhammad saw. sebagai Rasul. Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenal satu segi, tetapi menganal berbagai segi dari kehidupan manusia.  Islam adalah agama perdamaian; dan dua ajaran pokoknya, yaitu keesaan Allah dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia menjadi bukti nyata bahwa agama Islam selaras benar dengan namanya  Islam adalah ‘ketundukan seorang hamba kepada wahyu Ilahi yang diturunkan kepada para nabi dan rasul khususnya Muhammad SAW guna dijadikan pedoman hidup dan juga sebagai hukum/ aturan Allah SWT yang dapat membimbing umat manusia ke jalan yang lurus, menuju ke kebahagiaan dunia dan akhirat.  Islam adalah agama Allah SWT yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penyempurna agama agama sebelumnya dan menjadi rahmat keseluruh Makhluk alam semesta  Islam adalah agama yang bersumber dari wahyu Allah yang diturunkan pada nabi dan rasul Allah berisi hokum Allah dan sunnah Rasul sebagai pedoman hidup yang wajib disebarkan pada umat manusia untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat  Islam adalah agama Tauhid (mengesakan Allah) meneruskan risalah yang dibawa para utusan Allah dari nabi Adam hingga masa diutusnya Rasulullah dengan kitab suci Alquran sebagai penyempurna 3 kitab suci sebelumnya Dari beberapa definisi di atas, dapat kita simpulkan dalam beberapa poin penting, yaitu :

firman Allah SWT (QS. 3 : 84) “Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri. 53 : 3-4 : “Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). 45 : 20): "Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia. dan anakanaknya." ) Membenarkan hal ini. petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini." ) Allah berfirman (QS. Ya`qub. 5 : 49-50) - . dan apa yang diberikan kepada Musa." ) Allah berfirman (QS. Isma`il. `Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Allah berfirman QS. Islam sebagai wahyu ilahi ( ) Mengenai hal ini. Ishaq.1.

dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain). dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah). Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa. maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan . 16 : 97) Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh. Membim Allah berfirman (QS. Dan berhatihatilah kamu terhadap mereka. baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman. 6 : 153) ) “Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus. maka ikutilah dia.” ) Allah berfirman (QS. dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?” 5. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.“Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah.

blogspot.html http://bused.answers.com/2008/11/marifatul-islam-1-pengertian-islam.multiply.yahoo.com/journal/item/4/Pengertian_ISLAM http://id.com/question/index?qid=20090210062829AACOPIA .yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan Sumber : http://el-misbah.

./.3    $:2-07 995.35./.305..07. ..2070.3808:3:3.390..5.3./..30--.8./03.7.2070.2-07-..3-...

.

42. -48549 .0 28-.

 .

.

71.9: 8.3 8.2.2  503079.2 92 995.

.

-:80/ 2:95 .42.

4:73..

902.

.

!03079.3*$ 995.

.

/ .44 .38078 .42.

6:08943.

3/06/    !   .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->