Ilmu Tajwid : Makhorijul Huruf & File Flash

Posted on 21 November 2009 by Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

Bab Makhorijul huruf adalah salah satu bab yang

sangat penting dalam ilmu tajwid. Makhroj (‫ )المخرج‬secara bahasa adalah: “Tempat keluar” (‫)محل خروج‬ Dan secara istilah adalah :
‫محل خروج الحرف وتمييزه من غيره‬

“Tempat keluarnya huruf dan pembeda antara satu huruf dengan huruf yang lainnya.” Tempat-tempat keluarnya huruf ini dibagi secara umum dan secara khusus. Tempat-tempat keluarnya huruf secara umum ada 5 : 1. 2. 3. 4. 5. Rongga mulut (‫)الجوف‬ Tenggorokan (‫)الحلق‬ Lidah (‫)اللسان‬ Dua bibir (‫)الشفتين‬ Rongga hidung (‫)الخيشوم‬

Adapun tempat-tempat keluarnya huruf secara rinci ada 17 : 1. Rongga mulut (huruf mad yang tiga : ‫)ا،و،ي‬ 2. Pangkal tenggorokan (‫)ء،ه‬ 3. Tengah tenggorokan (‫)ع،ح‬ 4. Ujung tenggorokan (‫)غ،خ‬ 5. Pangkal lidah paling belakang (‫)ق‬ 6. Pangkal lidah sedikit ke depan (‫)ك‬ 7. Tengah lidah dengan langit-langit (‫)ج،ش،ي‬ 8. Sisi lidah bertemu geraham atas (‫)ض‬ 9. Dibawah sisi lidah setelah dhad (‫)ل‬ 10. Ujung lidah setelah lam (‫)ن‬ 11. Ujung lidah setelah nun (‫)ر‬ 12. Ujung lidah bertemu gusi atas (‫)ط،د،ت‬ 13. Ujung lidah bertemu ujung gigi depan yang atas (‫)ظ،ذ،ث‬

Bibir bawah bagian dalam bertemu ujung gigi atas (‫)ف‬ 16. Abu Abdil Haq Syarh al-Muqoddimat al-Jazariyyah.baiytessalafyat. Abu Azzam Khumais bin Nashir al-Umari Bimbingan Tahsin dan Tajwid. Dua bibir (‫)و،ب،م‬ 17.14. Ujung lidah diantara gigi atas dan gigi bawah (lebih dekat ke bawah) (‫)ص،س،ز‬ 15. semoga bermanfaat … >> Download file Flash nya << [Sumber : Posting oleh Ummu Shofa di http://www. yang ana dapatkan dari baiyt-essalafyat.php?t=1664&page=1] Maroji’ : • • • • al-Khulashoh min Ahkamit tajwid.com/vb/showthread. Rongga hidung (ghunnah/ dengung) Berikut file flash makhorijul huruf untuk memudahkan dalam belajar. DR Ibrohim bin Said adDausari Forum Baiyt-essalafyat .

[3] Dengan demikian hukum pidana bukanlah mengadakan norma hukum sendiri.H Hukum Pidana adalah bagian daripada keseluruhan hukum yang berlaku di suatu negara.[1] Menurut Prof. Menentukan kapan dan dalam hal-hal apa kepada mereka yang telah melanggar larangan-larangan itu dapat dikenakan atau dijatuhi pidana sebagaimana yang telah diancamkan. tolong hapus pesan ini. Sedangkan menurut Sudarsono. Menentukan dengan cara bagaimana pengenaan pidana itu dapat dilaksanakan apabila ada orang yang disangka telah melanggar larangan tersebut. yang mengadakan dasar-dasar dan aturan-aturan untuk [2]: Menentukan perbuatan-perbuatan mana yang tidak boleh dilakukan dan yang dilarang. ensiklopedia bebas Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk kedalam tindak pidana.[2] 2. Diadakan untuk menguatkan ditaatinya norma-norma lain tersebut.[2] 1.Hukum pidana Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Setelah dirapikan. misalnya norma agama dan kesusilaan. dengan disertai ancaman atau sanksi yang berupa pidana tertentu bagi barang siapa yang melanggar larangan tersebut. Moeljatno.[3] . melaikan sudah terletak pada norma lain dan sanksi pidana. S. serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya. pada prinsipnya Hukum Pidana adalah yang mengatur tentang kejahatan dan pelanggaran terhadap kepentingan umum dan perbuatan tersebut diancam dengan pidana yang merupakan suatu penderitaan.[2] 3.

ketenangan serta kesehjahteraan. Bila kita menggunakan angka sebagai logika untuk jawaban ini. Jadi bila kita mengadaikan apa yang terjadi dengan Indonesia saat ini.Soal berbagai teori tentang bagaimana sebuah negara itu terbentuk memiliki sejarah yang cukup lama.id or safitri@safitri. maka negara itu terbentuk oleh karena adanya kehendak rakyat yang menyatakan diri secara sukarela untuk bersatu dengan menentukan hukum dan kebiasaan apa yang menjadi anutan atau kepatuhan yang mereka sepakati bersama.Bukankah kalau begitu pemimpin bangsa ini tidak .com Hukum & Pemerintahan Yang Bersih ( Law & Clean Governemnt ) Bila saya mengingat kembali tentang pelajaran Ilmu Negara yang pernah diajarkan ketika masih tingkat pertama di fakultas hukum. yang jelas rakyat yang membuat sebuah negara hampir semuanya menginginkan adanya kemakmuran. memang kita harus kembali mengingat apakah negara ini sejak diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan saat ini telah memberikan kemakmuran dan kesehjahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.net. maka sejak tahun 1945 yang tentunya 200 juta bangsa ini masih banyak yang hidup digaris kemiskinan. Motik & Tim'S email :safitri@dnet.Daftar isi [sembunyikan] • • • • • 1 Sumber-Sumber Hukum Pidana 2 Asas-Asas Hukum Pidana 3 Macam-Macam Pembagian Delik 4 Macam-Macam Pidana 5 Referensi By Indra Safitri Senior Partner in Safitri. Bila kemudian ada negara yang pemimpinnya berubah menjadi sepert Hitler ataupun Slobadan Milosovic itu merupakan pemimpin yang dapat digolongkan sebagai "penjahat perang" yang wajib diajukan kemahkamah internasional dan segera dijatuhkan hukum mati buat mereka.

Hukum diperlukan untuk menata sebuah pemerintahan yang bersih. . Persoalan bukan itu saja namun bagaimana negara yang diwakili oleh organisasi pemerintahannya harus berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang menjadi kesepakatan dan bukan sebaliknya rakyat beserta sumber alam yang ada menjadi objek hukum yang memberikan legitimasi untuk diexploitasi oleh sekelompok atau segolongan manusia yang tinggal di negeri ini. Oleh sebab itu reformasi hukum yang sedang berjalan saat ini hanya akan berhasil dan memiliki efektifitas bagi kesehjahteraan rakyat bila pemerintahan yang akan datang merupakan pemerintahan yang bersih. dan sebaliknya pemerintahan yang bersih merupakan pemerintahan yang menegakan supermasi hukum sebagai pedoman dalam menjalankan amanat dan kehendak rakyat yang berlangsung secara konstitusional. jawaban bisa ia bisa tidak. Kemerosotan moral dan akhlak yang menjadi roh jahat yang mendorong subur praktek korupsi dinegeri tidak lain karena struktur dan tatanan negara yang tercipta belum tergolong sebagai negara yang memiliki pemerintahan yang bersih (clean government ) sehingga sangatlah wajar bila segala bentuk kehancuran struktural yang ada saat ini merupakan akumulasi dari tidak adanya supermasi hukum yang mengatur setiap tatanan negeri ini. tergantung dari mana anda dan apa yang telah anda rasakan selama ini.berhasil untuk menjalankan amanat dengan format negara kesatuan yang telah disepakati.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful