P. 1
Ideologi di dunia

Ideologi di dunia

|Views: 4,130|Likes:

More info:

Published by: Silvia Oktaviani Puspandini on Oct 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2013

pdf

text

original

TUGAS KEWARGANEGARAAN Silvia O.P.

1. Ideologi menurut Destutt de Tracy, adalah studi terhadap ide-ide atau pemikiran tertentu.

Namun menurut saya, Ideologi adalah ide orang-orang besar tentang dasar kehidupan sosialisasi manusia.

2. Macam-macam Ideologi yang ada di dunia :
a.

Ideologi Komunisme Ideologi Komunisme adalah pemikiran bahwa setiap manusia harus memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk hidup. Kelebihan dari ideologi ini adalah, mampu membuat rasa persamaan yang sama antar masyarakat tanpa perbedaan status sosial atas kepemilikan sesuatu. Tetapi, kekurangannya adalah masyarakat menjadi tidak bebas memilih hak-hak yang bisa mereka dapatkan dalam kehidupannya. Ideologi ini diterapkan dalam hidup sehari-hari oleh masyarakat Negara tertentu, misal : Uni Soviet, Suriname, Korea Utara, dll.

b.

Ideologi Sosialisme Ideologi Sosialisme adalah gagasan tentang hidup manusia yang rukun tanpa kerusuhan sosial. Hampir sama dengan ideologi komunisme, tetapi tidak mengharuskan masyarakat untuk memiliki hak dan kewajiban yang sama, yang terpenting adalah menjaga kerukunan antar masyarakat. Kelebihannya adalah mampu membuat rasa solidaritas antar warga meningkat. Tetapi kekurangannya adalah tidak ada batasan yang jelas tentang bagaimana kerukunan antar warga yang sesungguhnya.

c.

Ideologi Kapitalisme Ideologi Kapitalisme adalah suatu ide tentang penguasaan suatu wilayah. Orang yang berkuasa yang menang. Ideologi ini mirip seperti hukum rimba, kelebihannya adalah mampu mengangkat status sosial orang yang berkuasa. Namun, membuat orang yang tidak memiliki kekuasaan semakin lemah dan tertindas serta tidak memiliki kebebasan berekspresi.

d.

Ideologi Fasisme Ideologi fasisme adalah gagasan gerakan totaliter atau kekuasaan penuh pada satu pemimpin. Biasanya orang yang menganut ideologi ini, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi karena mau mematuhi peraturan penguasanya meski terkadang melanggar HAM. Kelebihannya adalah rakyat lebih mudah berkonsentrasi menjalani kewajibannya sebagai warga negara karena hanya ada perintah dari satu pemimpin. Sementara kekurangannya adalah pemimpin tidak menyadari apabila membuat keputusan yang merugikan rakyat, dan membuat peraturan sesuai keinginannya saja. Contoh negara yang menganut ideologi ini pada tahun-tahun yang silam : Jerman saat dipimpin Adolf Hitler, yang membuat banyak kejahatan genosida atau penindasan terhadap kelompok tertentu, dan juga Italia saat dipimpin Benito Mussolini.

e.

Ideologi Pancasila Ideologi Pancasila adalah sebuah gagasan Negara Indonesia sebagai landasan dasar Negara yang mencakup kehidupan beragama dan kemanusiaan. Ideologi ini merupakan ideologi Terbuka bangsa karena memiliki tujuan untuk mengedepankan Bangsa khususnya moral rakyat. Ideologi ini dicetuskan oleh Bangsa Indonesia dan hanya dipakai di Indonesia, guna mencapai arah-arah dasar sila-sila dari kelima sila pada Pancasila.

f.

Ideologi Konservatisme Ideologi Konservatisme adalah pemikiran tentang bagaimana menjaga nilai-nilai leluhur atau nilai tradisional. Ideologi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain, dapat membuat masyarakat mengamalkan cara hidup lampau kebudayaan mereka dan melestarikannya, namun ideologo ini juga dapat membuat masyarakat menjadi kurang maju dalam pengembangan global karena setiap hal harus sesuai dengan tradisi yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->