P. 1
Manajemen Dan Pengelolaan File

Manajemen Dan Pengelolaan File

|Views: 621|Likes:
Published by Wikarso Fahri
Manajemen dan Pengelolan File pada Windows dengan menggunakan Windows Explorer
Manajemen dan Pengelolan File pada Windows dengan menggunakan Windows Explorer

More info:

Published by: Wikarso Fahri on Oct 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

Manajemen & Pengelolaan File

Created © by Wikarso

Art ikel ini dipublikasikan di htt p://scribd.com /wikarso

Profil:
Mail to : wikarso@gmail.com Add as Friend : http://www.facebook.com/wikarso Follow me : http://twitter.com/wikarso Visit to : http://wikarso.blogspot.com Go to : http://wikarso.blogdetik.com

Kepada para pembaca DIPERBOLEHKAN untuk mengutip sebagian atau seluruh dokumen ini dengan syarat : 1. Bukan untuk tujuan komersil 2. Artikel dikutip utuh tanpa ada penambahan atau pengurangan, ataupun digabungkan dengan tulisan yang lain yang bukan berasal dari Wikarso 3. Setiap naskah kutipan harus menyebutkan sumber artikel

Manajemen dan Pengelolaan File
 Mengelola file berfungsi untuk menata dan mengatur file-file yang ada di media penyimpanan serta mengelompokkan file/ dokumen berdasarkan kelompok tertentu. Misalnya kita kelompokkan file musik ke dalam folder My Music dan file video ke dalam folder My Video. Manajemen dan pengelolaan file meliputi :

A. Windows Explorer Aplikasi/ program yang digunakan untuk mengatur/ menata file/folder adalah Windows Explorer.

Gambar 1 : Tampilan Windows Explorer di Windows XP dan Windows 7

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 2

Di dalam Windwos Explorer, kita bisa membuat folder baru, mengganti, menggandakan dan memindahkan file/folder. Serta masih banyak lagi fungsi Windows Explorer. Untuk membuka program Windows Explorer dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya : 1. Melalui Start Menu Langkah-langkah membuka Windows Explorer melalui Start Menu antara lain : a) Klik Start → Program/All Programs → Accessories → Windows Explorer.

Gambar 2 : Membuka Windows Explorer melalui start menu 1

b) Klik Start → Documents → My Documents Gambar 3 : Membuka Windows Explorer melalui start menu 2

c)

Klik Start → Documents / Computer

Gambar 4 : Membuka Windows Explorer melalui start menu 3

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 3

2.

Melalui Klik Kanan Start Menu Klik kanan menu Start → Explore Gambar 5 : Membuka Windows Explorer melalui klik kanan start menu

Jika di Windows Seven, klik kanan Start Menu → Open Windows Explorer. 3. Melalui Shortcut Klik 2x icon My Document/My Computer di desktop. Gambar 6 : Membuka Windows Explorer melalui shortcut di desktop

4.

Melalui Shortkey Tombol Windows  + E

B. Membuat Folder Folder merupakan sebuah tempat untuk meletakkan/mengumpulkan beberapa file/dokumen berdasarkan kumpulan tertentu tergantung keinginan. Untuk membuat sebuah folder baru, langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Di Windows XP Di Windows Explorer klik menu File → New → Folder. Atau bisa dilakukan dengan klik kanan di area kosong → New → Folder.

Gambar 7 : Membuat folder di Windows XP

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 4

Kemudian muncul folder baru bernama ‘New Folder’, ketikkan nama folder yang diinginkan dan tekan Enter. 2. Di Windows Seven Membuat folder di Windows Seven sama dengan membuat folder di Windows XP yaitu dengan klik kanan. Selain itu, untuk membuatnya di Windows Seven dilakukan dengan klik tombol New Folder di menu kemudian memberi nama folder dan tekan Enter.

Gambar 8 : Membuat folder di Windows Seven

C. Membuka File/Folder Membuka file/folder dilakukan dengan cara klik 2x file/folder yang diinginkan. Bisa juga dengan klik folder di jendela Folders (bagian kiri Windows Explorer). D. Mengganti Nama File/Folder Mengganti file/folder dilakukan dengan cara pilih file/folder yang diinginkan, klik kanan file/folder → Rename → ganti nama file/folder sesuai keinginan → tekan Enter. Langkah ini bisa juga dilakukan dengan cara pilih file/folder → File → Rename → ganti nama file/folder → tekan Enter.

Gambar 9 : Mengganti nama folder

E. Menggandakan File/Folder (Copy) 1. 2. Pilih file/folder → klik Edit → Copy atau pilih file → klik kanan, pilih copy (Ctrl+C). Jika di Windows Seven pilih file/folder → klik Organize → Copy. Pindah ke folder/tempat hasil file/folder akan diletakkan. Klik Edit → Paste atau klik kanan → Paste (Ctrl+V). Di Windows Seven pilih file/folder → klik Organize → Paste.

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 5

F. Menggandakan File/Folder ke dalam Documents/Flash Disk Berbeda dengan mengcopy file/folder ke tempat tertentu, menggandakan file/folder ke My Documents atau ke dalam flash disk cukup dengan satu langkah, yaitu mengirimkan file/folder tersebut ke My Documents/flash disk. Caranya adalah pilih file/folder, klik kanan file/folder → Send to → pilih My Document/nama flash disk yang ditentukan.

Gambar 10 : Copy file/folder ke Document/flash disk

G. Memindahkan File/Folder (Move) Memindahkan file/folder berarti file/folder yang asli akan hilang, diganti dengan file/folder yang baru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. 2. Pilih file/folder → klik Edit → Cut atau klik kanan file/folder → pilih Cut atau Ctrl + X. Jika di Windows Seven bisa juga dengan klik Organize → pilih Cut. Selanjutnya pilih tempat dimana file/folder akan dipindahkan. Klik Edit → pilih Paste atau klik kanan di tempat kosong → pilih Paste (Ctrl + V). Jika di Windows Seven bisa juga dilakukan dengan klik Organize → Paste.

H. Menghapus File/Folder Untuk menghapus satu file/folder, pilih file/folder kamudian tekan tombol delete di keyboard → OK. Jika akan menghapus file/folder secara berurutan pilih file/folder di bagian awal kemudian tekan tombol Shift dan klik file/folder di bagian akhir file/folder yang akan dihapus. Jika ingin menghapus file/folder secara acak, maka tekan tombol Ctrl sambil memilih file/folder yang akan dihapus. I. Mengarsipkan File/Folder Jika file/folder sudah tidak diedit atau diubah lagi, bisa diarsipkan untuk memudahkan dalam mengatur dan mengelola file/folder. Untuk mengarsipkan file, kita menggunakan aplikasi/program Winrar/Winzip. Caranya adalah sebagai berikut : 1. Pilih file/folder → klik kanan di atas file/folder → pilih Add to archive. Gambar 11 : Membuat arsip 1

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 6

2.

Muncul jendela Archive name and parameter, tentukan nama arsip di kotak archive name. Tentukan letak/tempat arsip akan diletakkan dengan klik Browse. Tentukan format arsip pada Archive Format (rar/zip).

Gambar 12 : Membuat arsip 2

3. J.

Tekan OK jika sudah selesai.

Perpindahan di Windows Explorer Perpindahan folder bisa dilakukan dengan memilih folder/drive di jendela Folders, melakukan navigasi di Recent Page atau melalui Address Pane. Jika di Windows XP, untuk menuju ke folder/drive di atasnya bisa dilakukan dengan menekan tombol Up, sedangkan untuk kembali ke folder/drive sebelumnya dengan menekan tombol Back.

Gambar 13 : Perpindahan Windows Explorer di Windows XP dan Windows 7 K. Mencari File/Folder 1. Di Windows XP a) Melalui Start Menu, yaitu dengan klik kanan start menu → pilih Search. Setelah itu muncul jendela pencarian. Di kotak pencarian, pilih kategori yang ingin dicari :
Manajemen dan Pengelolaan File Created by Wikarso 2011 | 7

  

Pictures, music or video : mencari jenis file gambar, musik atau video. Documents : mencari file jenis dokumen (Microsoft Word, Microsoft Excel, dsb.). All Files and Folders : mencari file and folder sesuai berdasarkan aturan tertentu.

Gambar 14 : Mencari file/folder di Windows XP b) Melalui Windows Explorer, yaitu dengan klik View → Explore Bar → Search, atau dengan klik ikon Search.

Gambar 15 : Mencari file/folder di Windows XP melalui ikon Search

2.

Di Windows Seven Mencari file/folder di Windows Seven sangat mudah dibandingkan di Windows XP. Ada berbagai cara mencari file/folder di Windows Seven, diantaranya : a) Melalui Start Menu, yaitu klik Start → kemudian ketikkan nama file/folder yang dicari. Hasilnya pun akan ditampilkan di start menu.

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 8

Gambar 16 : Pencarian di Windows Seven melalui Start Menu

b) Melalui Windows Explorer, yaitu dengan mengetikkan nama file/folder yang dicari di kotak pencarian.

Gambar 17 : Pencarian di Windows Seven melalui Windows Explorer

L. Mengatur Tampilan Windows Explorer Melihat tampilan file/folder dengan mengatur Views. Ada beberapa jenis tampilan file/folder, antara lain Extra Larga Icons (menampilkan file/folder dengan tampilan yang sangat besar), Large Icons (menampilkan file/folder denagn tampilan yang besar), Medium (tampilan yang sedang), Small Icons (kecil), List (berbentuk daftar), Detail, Title, Content. Untuk merubahnya klik View (kanan atas) di Windows Explorer.

Gambar 18 : Mengatur tampilan

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 9

M. Mengganti Ikon Folder Caranya, pilih dan klik kanan folder → pilih Properties → pilih tab Customize → pilih ikon sesuai keinginan → OK.

Gambar 19 : Mengganti ikon

Semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab

Tegal, 17 Muharram 1432 H Wikarso

Manajemen dan Pengelolaan File

Created by Wikarso 2011

| 10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->