BAB 1

PENGENALAN POWERPOINT 2000 / XP

1.MEMULAI MICROSOFT POWERPOINT 2000/XP
Microsoft PowerPoint 2000/XP telah mengalami banyak perubahan dari versi-versi sebelumnya. Program aplikasi PowerPoint berguna untuk membuat slide presentasi. Adapun file extention untuk program aplikasi PowerPoint adalah *.ppt. Untuk memulai program aplikasi PowerPoint 2000/XP Anda dapat mengikuti langkahlangkah sebagai berikut : • Klik menu Start pada taskbar • Pilih Program • Klik Microsoft PowerPoint

Gambar 1.1 Aplikasi PowerPoint 2000/XP

Gambar 1.2 Cara Pembuatan Presentasi baru

Langkah berikutnya anda akan mendapatkan tampilan di bawah ini yang artinya anda bisa membuat presentasi anda dengan beberapa cara:

Blank Presentation PowerPoint akan memberikan Slide tampilan kosong yang sesuai dengan keinginan Anda. Baik berisi teks saja, atau kombinasi antara teks dengan gambar ( tabel, picture dan Grafik ). • From Design Template PowerPoint akan memberikan pilihan kepada Anda untuk memilih beraneka ragam background gambar yang telah disediakan oleh default komputer. • From Existing Presentation Pilihan ini digunakan untuk membuka slide PowerPoint yang sudah pernah dibuat sebelumnya.

Gambar 1.3 Slide Layout

Gambar 1.4 Slide Design

Gambar 1.5 From Existing Presentation

Berikut ini adalah tampilan dan keterangan tentang lembar kerja PowerPoint dalam tampilan slide View.

Toolbars Standard

Toolbars Formatting Tombol Tampilan Toolbars Drawing

Office Assistant

Baris Status

Jendela Presentasi

Baris Penggulung

Gambar 1.6 Tampilan Utama Slide View

2 Microsoft PowerPoint

2.MENGENAL VIEW
Di sisi pojok kiri bawah window PowerPoint terdapat 5 buah tombol yang digunakan untuk pindah antar view. View yang sedang aktif ditandai dengan tombol yang menjorok ke dalam. Selain menggunakan tombol, cara lain untuk pindah antar view adalah dengan menggunakan menu view. Pilihlah salah satu dari kelima item pertama dalam menu tersebut. Penjelasan tentang kelima view tersebut adalah sebagai berikut :  Slide View Dengan Slide View anda dapat menambahkan teks maupun gambar pada tiap slide. Untuk melihat komposisi slide secara keseluruhan atau melihat secara detil, manfaatkan fasilitas zoom. Untuk pindah antar slide, manfaatkan tombol pada scrollbar vertikal di sisi kanan window PowerPoint.  Outline View Digunakan untuk mengorganisasikan ide-ide dalam menyusun presentasi, karena dalam view ini anda dapat melihat peralihan topik dari slide ke slide. Di sepanjang sisi kiri window Outline View terdapat tombol-tombol untuk mengatur urutan dan struktur topik presentasi.  Slide Sorter View Pada view ini seluruh slide anda ditampilkan semua, dalam bentuk yang lebih kecil tentunya. Dari view ini anda juga dapat menerapkan timing dan efek animasi transisi bagi tiap slide.  Notes Page View Berguna untuk mengetikkan catatan bagi pembicara presentasi. Catatan ini juga dapat dicetak.  Slide Show Untuk menjalankan presentasi. Tampilan Normal Slide Sorter Slide Show ( F5 ) Notes Page

Gambar 1.7 Tampilan ( View )

3.TAMPILAN POWERPOINT 2000 / XP
 Normal View Normal view terdiri dari tiga panel (pane), yaitu panel outline, slide, dan notes. Panel-panel tersebut memungkinkan anda bekerja di segala aspek presentasi di dalam satu tempat. Anda dapat mengatur ukuran panel-panel tersebut dengan men-drag border panel.  Panel Outline Microsoft PowerPoint 3

Gunakan panel outline untuk mengelola dan membangun isi dari presentasi. Anda dapat mengetikkan semua teks presentasi dan mengatur kembali point-point, paragraf, dan slide.  Panel Slide Di dalam panel ini, anda dapat melihat bagaimana teks dan objek lainnya telihat pada setiap slide. Anda daat menambahkan gambar, movie, dan sound, membuat hyperlink, dan menambahkan animasi pada slide individual.  Panel Notes Panel notes memungkinkan anda untuk menambahkan catatan atau informasi yang ingin diberikan pada audience. Jika anda menghendaki menampilkan gambar di dalam catatan, anda harus menambahkan pada mode tampilan notes page view.

LATIHAN !
1. Apa fungsi dari aplikasi Microsoft PowerPoint? 2. Apa file extention untuk Microsoft PowerPoint? 3. Sebutkan bagian-bagian pada normal view! Dan jelaskan masing-masing dari bagian tersebut!

4 Microsoft PowerPoint

BAB 2

BEKERJA DENGAN SLIDE

1.MENGUBAH TAMPILAN
PowerPoint dapat menampilkan presentasi anda dalam tampilan-tampilan yang berbeda yang akan mempermudah anda bekerja. Contohnya, tampilan Outline mempermudah anda melihat pengaturan presentasi secara menyeluruh di samping tampilan Slide Sorter dapat mempercepat anda mengatur kembali slide-slide. Gambar 2.1 menunjukkan tampilan-tampilan yang bisa didapatkan.

Gambar 2.1a Tampilan Slide

Gambar 2.1b Tampilan Outline

Gambar 2.1c Tampilan Slide Sorter

Cara mengubah tampilan, buka menu View, dan pilih tampilan yang diinginkan: Microsoft PowerPoint 5

Slide. atau geser kotak di dalam scroll bar sampai nomor slide yang diinginkan tampil. atau Notes Pages. kemudian lepaskan tombol mouse. atau geser kotak dalam scroll bar sampai nomor slide yang diinginkan ditampilkan.BERPINDAH DARI SLIDE KE SLIDE Jika anda mempunyai slide lebih dari satu dalam presentasi anda. Sebuah bingkai tebal muncul mengelilingi slide yang dipilih. click tombol Previous Slide atau Next Slide yang terletak di bawah vertical scroll bar. 2. gunakan scroll bar untuk menampilkan slide yang ingin anda kerjakan. click pada slide yang diinginkan.  Dalam tampilan Notes Pages. Slide Sorter. Outline. Cara-cara berpindah dari satu slide ke slide lain tergantung pada tampilan mana yang sedang anda gunakan :  Dalam tampilan Outline. atau click di sembarang tempat dalam text untuk mengeditnya. Drag tombol ini untuk melihat slide sebelum dan sesudahnya Previous Slide Next Slide Gambar 2. Ada cara yang lebih cepat untuk mengubah tampilan yaitu dengan meng-click tombol tampilan yang diinginkan di bagian bawah window presentasi. 6 Microsoft PowerPoint .  Dalam tampilan Slide. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Click pada icon Slide (icon yang terletak di sebelah kiri judul slide) untuk memilih slide tersebut. anda akan perlu untuk berpindah dari satu slide ke slide yang lain agar dapat mengerjakan slide tertentu.2 Gunakan tombol Previous Slide dan Next Slide  Dalam tampilan Slide Sorter.2. click tombol Previous Slide atau Next Slide.

(Lihat Gambar 3. click tombol Apply.1).3 Kotak Dialog Apply Design (2000) Microsoft PowerPoint 7 . Click sebuah nama file dalam daftar tersebut. Kotak dialog Apply Design ditampilkan. atau tekan Enter. 3. (Lihat Gambar 3.1). 2. Buka menu Format. ubahlah ke direktori \MSOFFICE\ TEMPLATES \ PRESENTATION DESIGNS. overhead berwarna. Anda akan kembali pada presentasi. menunjukkan seperti apa rupa template yang dipilih. dan template tersebut sekarang dalam kendali presentasi anda. dan slide show. 4. Setiap File berisi satu set template untuk sebuah bentuk presentasi khusus : overhead hitam putih. dan pilih Apply Design. sebuah slide muncul dalam area preview.3. Ketika anda meng-highlight nama template. Dalam daftar Directories. Gambar 2. Bila anda telah meng-highlight yang diinginkan.MENGGUNAKAN TEMPLATE PRESENTASI Secara sederhana anda bisa memilih sebuah template dengan melakukan langkah berikut ini : 1.

Gambar 2. Pilih salah satu templates yang diinginkan lalu klik OK.7 Presentation berisi contoh Format Presentasi yang sudah jadi dalam bahasa Inggris 8 Microsoft PowerPoint . cara membuka Template tersebut yaitu : 1.5 Template General berisi : Presentasi Baru yang Kosong Presentasi dengan Wizard Gambar 2.6 DesignTemplate berisi Background Image yang sudah disediakan dari Office Gambar 2.4 General Template pada Task Pane Gambar 2. pada Task Pane Klik General Templates 2. Klik menu File lalu New.Sedangkan Pada Office XP terdapat 3 Jenis Template. Keterangan lebih lengkap lihat gambar berikut. 3.

Click tombol Apply. lakukan langkah berikut : 1. 3.MENGGUNAKAN AUTO LAYOUTS Kalau template dapat digunakan untuk mengubah warna dan desain sebuah presentasi AutoLayouts dapat digunakan untuk mengeset struktur slide tunggal dalam presentasi. Contohnya. termasuk obyek-obyek teks dan grafik. Microsoft PowerPoint 9 . 2. 4. Text Objects (Place Holder) Graphic object Gambar 2. Click layout yang diinginkan. anda dapat mengedit sebuah obyek dengan cara meng-click atau mendouble-click pada obyek tersebut. jika anda ingin menambahkan grafik dan gambar pada slide. Untuk sebuah obyek teks. dan kemudian click di suatu tempat di mana tanda insert ingin anda letakkan.3. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. dan dapat memilih sebuah AutoLayout yang memiliki dua item untuk anda. Dalam Slide view.4. Untuk menggunakan AutoLayout. Kotak dialog Slide Layout ditampilkan.MENGEDIT DALAM TAMPILAN SLIDE Tampilan slide menyediakan sebuah cara mudah untuk mengedit seluruh obyek pada sebuah slide. atau gunakan tombol-tombol panah untuk menggerakkan bingkai seleksi pada layout tersebut.3 Mengedit dalam tampilan Slide untuk Office 2000 5. click pada obyek itu untuk memilihnya. Buka menu Format. tampilkan slide yang layout-nya ingin diganti. PowerPoint mengaplikasikan layout yang dipilih ke slide. dan pilih Slide Layout.

Kemudian anda dapat memodifikasi file salinan ini tanpa 10 Microsoft PowerPoint . seperti yang ditunjukkan dalam Gambar 2. 5. Click pada tombol OK. click daftar dropdown Save in dan kemudian pilih huruf drive. Dalam kotak teks File Name.MENYIMPAN SEBUAH PRESENTASI Segera setelah membuat sebuah presentasi. Kotak dialog Save As muncul. nama pembuat. Untuk menyimpan file tersebut dalam disk drive yang lain. buka menu File dan pilih perintah Save As. 6. 6. deskripsi subyek. Kotak dialog Summary Info muncul. PowerPoint secara otomatis akan menambahkan ekstensi PPT).Membuat Table Membuat Grafik Menyisipkan Clip Art Menyisipkan Gambar dari File Membuat Diagram atau Struktur Organisasi Menyisipkan Media Clip (Video) Gambar 2. (informasi ini mungkin nanti akan berguna bila anda akan mencari presentasi ini. 2. 3. Untuk membuat sebuah salinan presentasi dengan nama lain.4 Slide Layout pada Office XP Untuk Mengedit Layout pada Slide Pilih Menu Format lalu Slide Layout. atau tekan Ctrl+S. Click pada tombol OK. Untuk menyimpan file tersebut dalam direktori yang lain.4. pilih direktori yang dimaksud pada daftar direktori. Gunakan kotak dialog Save As untuk memasukkan nama yang berbeda untuk menyalinnya. (Optional) Ketikkan sebuah judul presentasi. ketikkan sebuah nama yang ingin anda berikan pada presentasi (Jangan mengetikkan ekstensi nama file. anda harus menyimpannya dalam sebuah file pada disk untuk melindungi pekerjaan yang telah anda selesaikan. Untuk menyimpan sebuah presentasi buat yang pertama kali lakukan langkah-langkah berikut: 1. kata-kata kunci dan komentar-komentar untuk presentasi.) 7. Buka menu File dan pilih Save. 4. File tersimpan ke disk.

lakukan langkah-langkah berikut : 1.4 Kotak dialog Save As 7.4. Langkah ini akan mengaktifkan window tersebut. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.MENUTUP SEBUAH PRESENTASI Anda dapat menutup sebuah presentasi kapan saja. click di sembarang bagian window yang ingin ditutup. Jika anda telah menyimpan file ini sebelumnya. lalu anda dapat menggunakan space pada layar untuk presentasi lain. 3. sebuah kotak dialog menanyakan apakah anda akan menyimpan perubahan-perubahan anda. dan window Presentasi ditutup. click tombol OK. Proses ini akan menutup window Presentation (ini tidak lalu keluar dari PowerPoint). Gambar 2. Jika kotak dialog Save As muncul. Untuk menutup sebuah presentasi. 4. Buka menu File. kotak dialog Save As muncul. masukkan sebuah nama untuk file tersebut informasi-informasi lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. click pada tombol Yes. dan pilih Close. Jika anda belum sekalipun menyimpan presentasi ini atau anda belum pernah menyimpan perubahan terakhir yang anda buat. Jika ini adalah presentasi baru. Microsoft PowerPoint 11 . Jika telah ditampilkan lebih dari satu window presentasi.mempengaruhi file asli. atau tekan Ctrl+F4. perubahan-perubahan anda akan disimpan dalam file. Lalu. Untuk menyimpan presentasi anda. 2.

anda harus memeriksa setup slide untuk menentukan apakah output.6.8. tapi bisa berbeda jika presentasi ini merupakan kelanjutan dari presentasi lain). PowerPoint membuka presentasi ini. masukkan dimensi yang diinginkan dalam kotak teks Width dan Height. Double-click pada nama file yang ingin anda buka. custom secara otomatis terpilih dalam daftar Slide Sized for.5 x 11 inci.PPT) yang ada di dalam direktori yang dipilih. (Biasanya langsung dimulai dari nomor 1. (Contohnya. Click daftar drop-down Look in dan pilih huruf drive mana file tersimpan. Dalam daftar di bawah kotak Look in. atau tekan Ctrl+O.6 Kotak dialog Page Setup muncul seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Lakukan langkahlangkah berikut: 1. Click pada tombol bergambar panah di sebelah kanan daftar Slides Sized for dan pilih bentuk output yang diinginkan untuk slide anda.5 Kotak dialog Open muncul. ukuran. slide 35mm. 2. Untuk membuka presentasi yang ada. Jika anda mengubah sebuah setting di salah satu kotak-kotak ini. Kotak dialog Open Gambar 2. 2. 5. 9.MEMBUKA SEBUAH PRESENTASI Sekali anda telah menyimpan sebuah presentasi ke dalam disk anda dapat membuka presentasi tersebut dan melanjutkan mengerjakannya. 12 Microsoft PowerPoint .) 3. anda dapat memilih kertas berukuran 8. Buka menu File dan pilih perintah Open. dan pilih Page Setup. ketikkan nomor yang anda tentukan sebagai awal penomoran slide. atau sebuah slide show onscreen.5). Daftar yang terletak di bawah kotak teks File Name menampilkan nama-nama semua file presentasi (file yang berekstensi . pilih direktori mana presentasi disimpan. 4. click pada file yang ingin anda buka. dan orientasi memenuhi keinginan anda. lakukan langkah-langkah berikut: 1. Dalam daftar Look in. Buka menu File.MENCETAK PRESENTASI Sebelum anda mencetak presentasi. 3. atau beri highlight pada nama file dan click tombol OK. (Optional) Untuk membuat ukuran sendiri. Kotak dialog Page Setup Gambar 2. 4. Slide pertama dalam presentasi ditampilkan dalam area Preview (lihat Gambar 2. Dalam kotak teks Number Slide From.

Bagaimana cara membuat lembar kerja menjadi kosong atau putih polos? 4.Dalam grup Orientation. anda mungkin akan menggunakan printer berwarna untuk mencetak transparansi OHP dan menggunakan printer hitam-putih untuk mencetak catatan pembicara). jika anda mempunyai dua buah printer. Diantara beberapa pilihan berikut. 6. Dalam daftar Printer. Kotak dialog Print muncul. Cara memilih sebuah printer.7 Kotak dialog Print Buka menu File. anda tidak perlu memilih sebuah printer (gunakan saja printer yang telah anda set dalam Windows). click pada tombol Name. seperti yang ditampilkan dalam Gambar 2. 2. pilih sebuah option untuk menentukan bagaimana slideslide. Jika anda mungkin perlu menunggu PowerPoint mengubah posisi slide-slide. biasanya secara otomatis lembar kerja pada Microsoft PowerPoint terdapat text box. Kotak dialog Print muncul. Bagaimana cara menambah lembar kerja baru pada Microsoft PowerPoint? 2. LATIHAN ! 1. 5. anda harus menentukan printer mana yang akan digunakan (Contohnya. click sebuah nama printer yang ingin anda gunakan. lakukan langkah-langkah berikut : 1. manakah cara yang salah untuk menampilkan toolbar drawing pada Microsoft PowerPoint adalah? 3. Apa fungsi dari Duplicate slide pada Microsoft PowerPoint ? BAB 3 13 Microsoft PowerPoint . Meski demikian. dan anda telah menggunakannya untuk semua aplikasi Windows. Untuk menggunakan printer yang lain. Gambar 2. Nama printer yang terpilih saat itu ditampilkan di bagian atas kotak dialog. Click tombol OK. 3.7. 10. MEMILIH PRINTER Jika anda hanya memiliki sebuah printer. Pada saat kita menambahkan lembar kerja baru. catatan-catatan dan handout-handout diposisikan pada halaman. dan pilih Print.

atau Notes Pages). Click tombol OK. Dalam Outline view. Dalam banyak kasus. Buka menu Insert. kotak dialog New Slide ditampilkan. 3. Ikuti arahan pada slide untuk menambah teks atau obyek lain.2). Slide Sorter.1 Slide yang baru berisi struktur-struktur (Office 2000) 5. Dalam mode view lain. PowerPoint menyi-sipkan sebuah slide kosong. Lakukan langkah-langkah berikut : 1. Sedangkan pada Office XP kita buat sebuah presentasi sederhana seperti tampilan berikut : 14 Microsoft PowerPoint . MENYISIPKAN SEBUAH SLIDE Anda dapat menyisipkan sebuah slide ke dalam presentasi setiap saat dan di sembarang posisi dalam presentasi. click layout slide yang diinginkan atau gunakan tombol-tombol panah untuk meng-highlight-nya. Dalam daftar Choose an AutoLayout. PowerPoint menyisipkan sebuah slide dengan layoutnya (Lihat Gambar 3. dan pilih New Slide. anda harus meng-click obyek untuk memilihnya dan kemudian baru mengetikkan entry anda. 2.MEMBUAT PRESENTASI 1. yang kemudian dapat diisi dengan sehuah judul dan daftar ber-bullet. 4. Gambar 3. Slides. (Anda dapat memilih slide dalam segala bentuk view: Outline. Pilih slide yang akan disisipi sesudah slide ini.

Buka Blank Presentation 2. Kemudian pada Slide pertama ketikkan pada Add Title dan Sub title nya seperti gambar 3. pada Menu bar Format lalu pilih Slide Design.2 Menyisipkan Slide Baru pada Office XP 3. • Instruktur dan Academic System selama 16 x pe Microsoft PowerPoint Kerjasama dengan Pihak • Dilaporkan min . lalu pada Task pane Pilih background sesuai keinginan.3 lalu pada Slide kedua buat seperti gambar 3.4 Slide 2 4. 15 • Materi yang su Untuk memperindah slide maka bisa diberi background template.3 Slide 1 Gambar 3.4 Lapo Gambar 3. atau bisa juga pada Toolbar Formatting di • Jumlah Pertem PIKMI CLEdS Icon . Untuk menambah Slide baru pilih Menu bar Insert.1. New Slide atau menggunakan shorcut Keyboard (Ctrl M) maka hasilnya terlihat seperti ini : Gambar 3.

6 Memberi Background beda 16 Microsoft PowerPoint . pilih Slide yang akan dirubah backgroundnya lalu klik panah kecil pada slide design lalu klik Apply to Selected Slide Background untuk semua Slide ( Background untuk semua Presentasi baru Blank Presentation) Tampilan Slide Design yang lebih besar Gambar 3.Gambar 3. Untuk memberikan background yang berbeda untuk setiap slidenya.5 Memberi Background template dari Slide Design 5.

anda harus memilih slide-slide. • Untuk memilih dua atau lebih slide-slide yang tidak bersebelahan (dalam Slide Sorter View atau dalam Outline view). dan memindah slide-slide. menyalin. tekan tombol Shift saat meng-click tiap slide. click slide tersebut. 3. Tampilkan slide-slide yang ingin dihapus (dalam Slide view atau Notes Pages view). 17 Microsoft PowerPoint . Lakukan langkahingkah berikut : 1. slide yang ditampilkan saat itu adalah otomatis slide yang dipilih. (dalam Slide view atau Notes Pages view. Buka menu Edit. MEMILIH SLIDE-SLIDE Dalam bagian berikut. dan kemudian tekan tombol Ctrl dan Shift saat meng-click slide terakhir dalam grup.Gambar 3. atau pilih slide-slide (dalam Outline view atau Slide Sorter view). click slide pertama. Meskipun demikian. dan pilih Delete Slide. anda tidak perlu meng-click-nya) • Untuk memilih satu atau lebih slide-slide yang bersebelahan (hanya dalam Outline view). anda akan menghapus. sebelum anda dapat memindah satu atau lebih slide. Slide yang terpilih akan dihapus. MENGHAPUS SLIDE Anda dapat menghapus sebuah slide dari sembarang view. sebagaimana berikut : • Untuk memilih sebuah slide. 2.7 Memberi Background beda pada Slide 3 2.

dan pilih Cut atau Copy. slide asal tetap ada dalam presentasi. Jika anda memilih Copy. Buka menu Edit. anda juga dapat menggunakan feature memotong (cut). Bagaimana cara memberikan design templates yang berbeda pada setiap slide bila kita punya lebih dari 2 slide? BAB 4 18 Microsoft PowerPoint . 4. Bagaimana cara menampilkan design templates pada Microsoft PowerPoint? 2. Untuk memotong (atau menyalin) sebuah slide dan menempelkannya dalam sebuah presentasi. Jika anda memilih Cut. menyalin (copy) dan menempel (paste) untuk membantu anda menyalin dan memindah slide-slide. atau tekan Ctrl+V. (Anda dapat juga mengclick tombol Paste dalam toolbar Standard. arahkan pointer sisip ke akhir teks slide yang di bawahnya akan disisipi slide salinan atau potongan. anda akan belajar bagaimana mengatur kembali letak slide-slide dalam Slide Sorter view atau Outline view. dan pilih Paste. 5. slide yang dipilih akan dihapus dari presentasi dan diletakkan dalam Windows Clipboard. LATIHAN ! 1. Bagaimana cara menghilangkan design templates pada lembar kerja? 3. Masuklah ke Slide Sorter view atau Outline view.) Slide salinan atau potongan akan disisipkan. • Dalam Outline view. pilihlah slide yang tempat sesudahnya akan ditempati slide salinan atau potongan. MEMOTONG.9 Menghapus Slide 1.4. Buka menu Edit. lakukan langkah-langkah berikut : Gambar 3. 3. MENYALIN DAN MENEMPEL SLIDE Dalam sub bab ini. Kerjakan salah satu langkah berikut • Dalam Slide Sorter view. Meskipun demikian. 2. Pilih slide-slide yang ingin disalin atau dipotong.

Ketik teks yang ingin anda tampilkan pada kotak teks.1 Kotak teks 2.1). Inserting Point Gambar 4. Lepaskan tombol mouse. kotak tersebut (sampai muncul 19 Microsoft PowerPoint . ikuti langkah-langkah berikut : 1. Kotak teks satu baris muncul. Untuk membuat paragraf baru tekan Enter.MENGATUR OBYEK TEKS PADA SLIDE 1. Click pada Textbox seperti Gambar berikut: 2. PowerPoint melanjutkan teks pada baris selanjutnya dan membuat satu baris lebih dalam. Anda dapat menggeser bingkai kotak untuk memindah kotak tersebut. jika anda ingin menambahkan teks pada slide. Ketika anda telah sampai pada sisi kanan dari kotak. PowerPoint akan men-wrap teks secara otomatis. Kotak teks umumnya digunakan untuk daftar ber-bullet. 3. pilih. anda harus lebih dulu membuat kotak teks. catatan dan label-label (digunakan untuk menunjukkan bagian penting dari ilustrasi). MEMILIH. MENGHAPUS DAN MEMINDAH KOTAK TEKS Jika anda kembali dan meng-click suatu tempat di dalam kotak teks. seperti yang Gambar 4. anda dapat menambahkan teks secara sederhana dengan mengetikkannya pada Outline atau Slide View. Tekan tombol mouse dan geser penunjuk mouse ke kanan sampai lebarnya sesuai keinginan. sesuai dengan ukuran kotak. sebuah kotak seleksi muncul mengelilinginya. Kotak teks digunakan untuk menempatkan teks. Untuk membuat kotak teks. handle muncul box mengelilingi kotak teks.2. Click mouse di luar kotak teks. 5.2 Menampilkan Handle ditunjukkan pada Gambar 4. atau geser handle (seperti yang ditunjukkan) untuk mengubah ukurannya. MEMBUAT SEBUAH KOTAK TEKS Jika anda hanya ingin menambahkan teks yang berupa judul dan dattar ber-bullet saja. Jika anda meng-click pada Placeholder Drag the border to move the bingkai kotak seleksi. 4. 6. Pindahkan penunjuk mouse ke arah mana sudut kiri atas kotak ditempatkan. Namun demikian. (Lihat Gambar 4. Untuk menghapus sebuah kotak teks.

atau Tekan Crtl+C. Arahkan I-beam pointer ke baris tempat teks akan ditambahkan. Tetapi bila Anda tidak menghendaki format font yang telah disediakan oleh template. Pindahkan penunjuk penyisipan ke tempat teks akan diletakkan (Dapat juga pada kotak teks yang lain). • Untuk menghapus teks. • Untuk mengganti teks. Format font dengan toolbar : 1. Pilih teks. pertama click di dalam kotak teks untuk memilihnya. Anda juga dapat menggunakan tombol Del atau BackSpace untuk menghapus satu huruf. • Untuk menyisipkan teks. ukuran. atau tekan Crtl+V.bingkai mengelilinginya). geser I-beam Pointer pada teks yang anda pilih (Untuk memilih satu kata. 3. 4. dan pilih perintah Copy dari menu Edit. Click dan ketik teks tambahannya. Klik border placeholder atau blok teks yang akan di format. Klik salah satu ikon toolbar formatting sesuai dengan yang dibutuhkan. dan tekan tombol Del. Untuk memilih seluruh kata pada paragraf gunakan triple-click). • Untuk menghapus dan meletakkan (memindah) teks. Kemudian ikuti langkah berikut : • Untuk memilih teks. Pindah penunjuk penyisipan ke tempat teks akan diletakkan (dapat juga pada kotak teks yang lain). dan pilih Paste dari menu Edit. MENGUBAH PERATAAN TEKS DAN SPASI BARIS  Mengatur Format Font Pada saat Anda membuat presentasi dengan menggunakan Design Templates. seperti yang ditunjukkan pada table berikut ini : 20 Microsoft PowerPoint . Pilih teks yang ingin anda ganti. Ketika anda memulai mengetik teks yang terpilih akan terhapus. Pilih teks yang ingin anda salin. warna font. MENGEDIT TEKS PADA KOTAK TEKS Untuk mengedit teks pada kotak teks. seperti font yang digunakan. • Untuk menyalin dan meletakkan teks. atau tekan Crtl+X. maka format font sudah ditentukan berdasarkan template yang digunakan. double-click pada kata tersebut. 2. dan ketik teks baru. dan efek-efek lainnya. dan tekan tombol Del. pilih teks yang ingin anda hapus dan pilih perintah Cut dari menu Edit. dan pilih Paste dari Menu Edit atau Ctrl+V. Anda dapat mengatur format font sesuai dengan yang diinginkan.

ICON TOOLBAR Memilih jenis font. atau pilih semua paragraf bila anda ingin mengganti spasi seluruh paragraf. 3. teks ditulis rata kiri pada kotak teks dan spasi antar baris adalah satu. Italic.3) Gambar 4. Click pada paragraf yang ingin anda ganti perataanya. 2.4 21 Microsoft PowerPoint . atau Justify untuk menentukan paragraf yang diinginkan (Contoh Lihat Gambar 4. Menentukan model cetak font (Bold. Buka menu Format. Kotak Dialog Line Spacing muncul. FUNGSI Menentukan ukuran font. Right. Sub menu Alignment muncul. Pilih Left. 2. kanan. dan pilih Line Spacing. Center. Untuk memindah perataan paragraf. ikuti langkah-langkah berikut : 1. Buka menu Format dan pilih Alignment. dan Underline) Menerapkan perataan teks (kiri. tengah.3 Perataan Paragraf Untuk mengubah spasi paragraf / ikuti langkah berikut : 1. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4. Click pada paragraf yang ingin anda ubah spasi barisnya. dan kanan kiri) Ketika anda pertama kali mengetik teks.

MEMBUAT DAFTAR BER-BULLET Pada sub bab selanjutnya anda akan belajar menyisipkan dan menghlapus dattar berbullet. 2. Click pada paragraf yang ingin anda ubah ke bentuk daftar ber-bullet. berikut ini adalah petunjuk cepat bagaimana mengubah teks menjadi daftar ber-bullet : 1. dan pilih Bullet. dan kemudian click pada tombol OK.4 Format. Ukuran spasi anda akan berubah 5. Kotak dialog Bullet tampil. Click pada tombol OK. Click pada Bullet yang diinginkan. atau pilih satu atau lebih paragraf. Line Spacing Gambar 4. (Jika anda 22 Microsoft PowerPoint . Before Paragraph Setting ini mengatur jarak antara paragraf saat ini dengan paragraf sebelumnya. 3. • After Paragraph Setting ini mengatur jarak antara paragraf saat ini dengan paragraf sesudahnya 4. Click pada tombol panah di sebelah kanan dan setiap kotak teks untuk mengubah • • spasi barisnya : Line Spacing Setting ini mengatur jarak antar baris pada sebuah paragraf.4 Buat Slide 4 dan coba atur spasinya 3.Gambar 4. PowerPoint mengubah teks yang terpilih menjadi daftar ber-bullet. Buka menu Format. Namun demikian.

Click pada bentuk bullet yang diinginkan. 23 Microsoft PowerPoint . click tombol drop down Color dan pilih warna yang diinginkan. Gambar 4. Pilih paragraf mana yang bentuk bullet-nya ingin anda ganti. PowerPoint menyisipkan sebuah titik besar sebagai bulletnya. anda dapat mengubah bullet setiap saat dengan mengikuti langkah-langkah berikut : 1. Untuk mengubah ukuran bullet. paragaf selanjutnya akan berbullet). 7. Untuk memilih warna bullet. 6. saat anda meng-click tombol Bullet pada toolbar Formatting untuk menyisipkan sebuah bullet.5 Kotak Dialog Bullet and Numbering 6. MENGUBAH KARAKTER BULLET Secara default. 2. 3. gunakan panah atas dan bawah pada Kotak Size text. dan pilih Bullet. Buka menu Format. Kotak dialog Bullet tampil. 5. Pilih tombol OK. maka akan tampil bingkai tebal mengelilingi bullet yang dipilih. Walaupun demikian.menekan tombol Enter di akhir paragraf ber-bullet. 4. Karakter bullet berubah pada semua paragraf yang dipilih. Untuk mendapatkan lebih banyak bentuk click Character.

seperti Underline. Untuk mengubah tampilan teks yang telah ada. Buka menuFormatdan pilihFont. 2. anda dapat menuliskan sembarang ukuran. Anda dapat mengubah font-font pada teks yang telah ada atau pada teks yang sedang anda ketik dengan mengikuti langkah-langkah berikut : 1. Pada group Effects. Gunakan kotak dialog Font jika anda ingin menambahkan beberapa pengembangan sekaligus. 7. (Regular mengembalikan bentuk yang telah anda aplikasikan ke bentuk biasa). bahkan ukuran yang tidak muncul pada daftar). Gunakan toolbar Formatting untuk menambahkan satu pengembangan dalam satu waktu. geser penunjuk pointer pada teks. seperti pada Gambar 4. superscript dan subscript. pilih bentuk huruf yang anda inginkan 4. 24 Microsoft PowerPoint . d sebelum UTS semester 1  Dikumpulkan berupa file CLEdS Pusat Surabaya da akurat dan sesuai dengan Biodata Siswa.7 3. pilih bentuk yang anda inginkan untuk mengetik. ketikkan ukuran yang diinginkan. 6.Kotak dialog Font tampil. 5. Pada kotak Size. MENGEMBANGKAN TEKS DENGAN KOTAK DIALOG FONT Anda dapat mengembangkan teks anda dengan menggunakan kotak dialog Font atau dengan beberapa tool pada toolbar Formatting.7 Kotak Dialog Font atau pilih ukuran dari daftar. (Dengan huruf TrueType.  Form Biodata Siswa Gambar 4. Gambar 4. atau Emboss.6 Merubah Bullet dari Customize untuk memilih bullet yang berbeda. Shadow. Dari daftar Font Style. Dari daftar Font.Form Biodata Siswa Pengisian Form Biodata Siswa untuk Kelas 3 sebagai acuan pengisian Sertifikat PIKMI CLEdS. pilih macam-macam efek yang ingin anda tambahkan pada teks. diberikan sebelum UTS semester 1 (Kelas 3).  Dikumpulkanberupa file di PIKMI CLEdS Pusat Surabaya dan Data harus akurat dan sesuai dengan Form Biodata Siswa.  Pengisian Form Biodata S Kelas 3 sebagai acuan pe Sertifikat PIKMI CLEdS.

teks yang akan anda ketik akan tampil dengan bentuk baru). dan gunakan kotak dialog yang tampil untuk menentukan warna). Bagaimana cara memperbesar atau memeperkecil tulisan dengan cepat? 4. click pada tombol bergambar panah disebelah kanan dari daftar font. (Jika anda memilih teks sebelum melakukan perubahan. Untuk mengganti warna teks. 8. miring. Untuk menambah bentuk atau efek pada teks (tebal. Untuk mengubah huruf.8 Toolbar Formatting Cara menggunakan toolbar formatting. (Untuk memberi warna yang lain. LATIHAN ! 1. U untuk garis bawah. MEMBENTUK TEKS DENGAN FORMATTING TOOLBAR Seperti tampak pada Gambar 4. dan atau bayangan) click tombol pada toolbar formatting yang sesuai yaitu : B untuk tebal. Untuk mengubah tampilan teks. ikuti langkah-langkah berikut : 1. dan click pada bentuk huruf yang diinginkan. click pada tombol bergambar panah di sebelah kanan dari daftar Color. Bagaimana cara merubah format huruf besar menjai huruf kecil dengan cepat ? 25 Microsoft PowerPoint . ukuran. dan S untuk bayangan. 4. teks akan tampil dengan bentuk baru. 8. I untuk miring. click di dalam kotak font size dan ketik ukurannya (dengan angka). Click pada tombol OK untuk menerapkan tampilan baru pada teks.7 Formatting toolbar berisi macam-macam bantuan untuk mengubah huruf. memilih teks.7. pilih teks dengan cara diblok tulisannya atau diklik pada batas border untuk memilih. Jika tidak. Gambar 4. Untuk menentukan ukuran yang lebih teliti. 2. 3. atau click pada tombol bergambar panah di sebelah kanan kotak teks dan pilih ukurannya. Bagaimana cara memberikan shading tulisan pada text box? 3. dan click pada warna yang diinginkan. bentuk dan warna dari teks. Bagaimana cara memberikan menambahkan text pada obyek? 2. click pada pilihan More Color pada tombol daftar.

(Lihat Gambar 5. atau memberi garis horisontal atau vertikal pada slide.1 Toolbar Drawing 2. 26 Microsoft PowerPoint . dan geser ke arah akhir garis atau sudut obyek yang akan tampil. 3. MENGGAMBAR GARIS ATAU BENTUK Cara menggambar obyek secara garis besar adalah sama untuk semua obyek yang ingin anda gambar : 1.BAB 5 MENGGAMBAR OBYEK PADA SLIDE Pada sub bab ini anda akan belajar bagaimana menggunakan tool drawing PowerPoint untuk menggambar obyek gambar pada slide.1). kemudian klik drawing. Toolbars. Tekan tombol mouse. Klik menu View 2. Gambar 5. Pindah penunjuk mouse ke arah yang anda inginkan sebagai awal garis atau salah satu sudut obyek. PowerPoint menyediakan beberapa tool drawing (bantuan menggambar) yang dapat anda gunakan untuk menggambar obyek pada slide. Cara menambahkan toolbar Drawing : 1. TOOL DRAWING POWERPOINT Mungkin anda perlu memasukkan obyek gratis dasar pada slide contohnya. Bantuan menggambar pada PowerPoint terletak di sebelah bawah dari layar presentasi pada Slide view dan Notes Pages view. 2. Click tombol pada toolbar Drawing untuk menggambar garis atau bangun yang anda ingin gambarkan. 1. anda ingin menggambar logo sederhana.

pilih kemudian tekan Del. double-click pada bantuan. klik tombol kanan mouse pada obyek dan pilih yang anda inginkan dari menu shortcut. pilih kemudian geser salah satu garisnya. • Untuk menghapus obyek. Gambar 5. • Untuk mengubah ukuran atau kotak obyek. Click pada tool AutoShapes pada toolbar Drawing. 3. Lepaskan tombol mouse. 27 Microsoft PowerPoint . 5. • Untuk memilih sebuah obyek. Click pada bentuk yang ingin anda gambar. Pindahkan penunjuk mouse ke sudut atau ke tengah dari bentuk. tekan tombol Ctrl ketika menggeser. tekan tombol Shift selama menggeser. • Untuk mengubah tampilan obyek dengan cepat.4. Lepaskan tombol mouse. 3. dan gunakan mouse untuk membuat bentuk-bentuk tersebut selanjutnya seperti yang anda inginkan. TIPS UNTUK BEKERJA DENGAN OBYEK Dengan mengikuti tips menggambar berikut dapat menghemat waktu anda dan dapat mengurangi kejenuhan: • Untuk menggambar banyak obyek yang sama bentuknya. (Optional) Selama menggambar obyek. 2.2 Kotak AutoShapes 4. Untuk menambahkan salah satu obyek tersebut. seperti Gambar 5. • Untuk memindah obyek. klik pada obyek tersebut.2. 4. yang disebut AutoShapes dan dapat anda tambahkan pada slide anda. pilih kemudian geser pada salah satu handle. Kotak AutoShapes tampil. • Untuk menyalin obyek. • Untuk menggambar obyek yang seragam (lingkaran atau kotak yang sempurna). 6. MENGGAMBAR POWERPOINT + AUTOSHAPE PowerPoint dilengkapi dengan beberapa obyek yang telah tergambar. tahan satu atau kedua tombol berikut: • Ctrl Untuk menggambar bentuk keluar dari posisi tengah. Tekan tombol mouse dan geser mouse untuk menggambar obyek. • Shift Untuk menggambar bentuk seperti pada plate AutoShapes. • Untuk menggambar obyek keluar agak ke tengah dari sudut tekan tombol Ctrl selama menggeser. ikuti langkah-langkah berikut : 1.

5. Pada Slide View tampilkan slide yang ingin anda sisipi Gambar clip-art. Untuk menyisipkan sebuah Gambar ClipArt dalam sebuah slide. Group Gambar 5. Gambar 5. Click pada tool Free Rotate pada toolbar Drawing (berupa tombol yang searah jarum jam). MENAMBAH GAMBAR Pada sub bab ini anda akan belajar bagaimana menambah clip art. lalu klik kanan. ikuti langkah berikut: 1. Click pada obyek yang ingin anda putar.4 Slide 5 membuat gambar dari Auto shapes dan di Group untuk memudahkan pengaturan gambar. MEMUTAR SEBUAH OBYEK Yang baru pada PowerPoint adalah tool Free Rotate yang memberi fasilitas kepada anda untuk memutar obyek pada porosnya. Gambar yang dibuat dengan program grafik lain dan rekaman suara ke dalam slide PowerPoint.3 Kotak Dialog drawing Free Rotate 4. 6. Tekan tombol mouse dan geser handle pada posisi yang sesuai. 3. Untuk memutar Obyek. Lepas tombol mouse. 2. 5. Pindah penunjuk mouse pada pegangan (handle) obyek. Grouping. ikuti langkah berikut: 1. 28 Microsoft PowerPoint . Untuk Meng-Group-kan shapes pilih shape yang akan digroup harus lebih dari satu dengan klik shape sambil menekan Shift di Keyboard.

Pada daftar ClipArt pilih gambar yang diinginkan.2. 4. Sebuah pembatas akan melingkari gambar tersebut. Buka menu Insert dan pilih Picture kemudian pilih ClipArt atau click pada 3. PowerPoint akan menempatkan gambar yang terpilih pada slide anda. 5. MENYISIPKAN GAMBAR YANG TELAH DIBUAT DENGAN APLIKASI-APLIKASI LAIN Sebagai tambahan untuk menyisipkan gambar ClipArt. Pindahkan penunjuk mouse pada obyek clip art. 6. pilih Insert. tombol Insert ClipArt pada toolbar Standard. ikuti langkah berikut ini : 1.6 29 Microsoft PowerPoint . Untuk menyisipkan sebuah gambar. kemudian pilih From File. Kotak dialog Insert Picture muncul. PowerPoint mempersilahkan anda menyisipkan gambar yang dibuat dari program grafik lain. Click kanan pada gambar. seperti yang dituniukkan pada Gambar 5. tekan dan tahan tombol mouse. Buka menu Insert. PowerPoint menampilkan gambar-gambar clip art dari kategori yang dipilih. pilih Picture. lalu geser obyek ke posisi yang diinginkan.5 Kotak Dialog Insert Clip Art 7. Click pada gambar yang diinginkan. Gambar 5.

Click pada tombol OK. Sebuah daftar file gambar akan muncul di bawah kotak Look in. anda bisa berpindah ke direktori yang berisi file.Gambar Gambar 5. pilih drive yang berisi file gambar yang diinginkan. Gambar akan disisipkan pada slide. Dari daftar drop-down Look in. Bagaimana cara menggabungkan 2 obyek menjadi 1 obyek? 3. 5. Bagaimana cara memberikan efek 3 dimensi pada obyek. Bagaimana cara membuat obyek berbentuk Heart pada Microsoft PowerPoint? Mr. LATIHAN ! 1. tekan dan tahan tombol mouse.6 Kotak dialog Insert Picture Gambar 5. 5. Bagaimana cara membuat obyek yang sama pada Microsoft PowerPoint? 2. Dari daftar Look in. 6. 4. Click pada nama file dari daftar tersebut. Bagaimana cara memberi warna bayangan pada obyek. Instruktu sedang Konsent 30 Microsoft PowerPoint . lalu geser gambar ke posisi yang diinginkan.7 Slide 6 menyisipkan gambar dan menambah keterangan 2. 4. 3. Pindahkan penunjuk mouse pada gambar.

Untuk meninggalkan Microsoft Graph dan kembali ke slide PowerPoint. atau buka menu Insert dan pilih Chart. 6. 7. Untuk membuat sebuab diagram. Ulangi langkah 3 dan 4 sampai semua data anda usai dimasukkan. anda akan belajar bagaimana cara membuat sebuah Grafik dan menempatkannya pada slide presentasi. dan Grafik muncul. 2. dengan window Datasheet ditampilkan depan. 5.1. ikuti langkah berikut ini : 1. 3. 31 Microsoft PowerPoint . Click pada tombol Insert Chart pada toolbar Standard. Tampilkan slide yang ingin ditambahkan Grafik. MENYISIPKAN SEBUAH GRAFIK PowerPoint hadir bersama sebuah program yang dikenal dengan nama Microsoft Graph.BAB 6 MENAMBAH SEBUAH GRAFIK KE SLIDE Pada sub bab ini. 1. Graph. Click di dalam sel yang berisi label atau nilai yang ingin anda ubah. yang akan mentransfer data mentah menjadi sebuah Grafik yang indah dilihat. click pada sembarang tempat di luar Grafik. Click pada sembarang tempat di dalam window Mic. Window Microsoft Graph akan muncul seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6. Click pada sel berikutnya yang ingin diubah. Window Datashet kemudian hilang. dan ketikkan masukan anda. 4. atau gunakan tombol-tombol panah untuk pindah dari sel ke sel.

2.3 Slide 7 menyisipkan Grafik dan mengubah data serta pattern 2. ikuti langkah berikut ini untuk kembali ke Microsoft Graph dan menampilkan Data sheet : 1. MENGEDIT DATA SHEET Jika anda telah kembali ke slide dan kemudian memutuskan untuk mengedit data yang dibuat Grafiknya. 32 Microsoft PowerPoint .Gambar 6.2 Insert Chart Datasheet Chart Gambar 6. Double-click di sembarang tempat di dalam Grafik PowerPoint akan menjalankan Microsoft Graph dan menampilkan Grafik.1Layout Graph di jendela presentasi Gambar 6. Tampilkan slide yang berisi Grafik yang ingin diedit.

Tab ke sel yang berisi nilai yang ingin diganti. Untuk memilih baris atau kolom. atau click pada tombol View Datasheet. Ketika anda sudah selesai. pilih baris. Jika anda memilih sebuah baris atau kolom. • Menyisipkan sel kosong. Pilih All (untuk menghapus isi dan formatting). click pada kotak kiri atas Data sheet. • Mengubah Lebar Kolom. Buka menu Insert. Jika anda mengetikkan masukan yang terlalu lebar untuk kolom tertentu. atau click tombol Copy pada toolbar. Jika window Data sheet tidak muncul. Contens (hanya untuk menghapus isi). dan pilih Cells. Untuk menyisipkan sel kosong. kotak dialog Insert Cells akan muncul dan bertanya apakah anda ingin menyisipkan di sekitar sel ke bawah atau ke kanan. Untuk menghapus isi sel. buka menu View dan pilih Datasheet. atau click tombol Paste pada toolbar. 3. tetapi ternyata 33 Microsoft PowerPoint . menyalin (copy) dan menempel (paste) sel. geser penunjuk mouse ke sel-sel yang diinginkan. Atau click tombol Cut pada toolbar. • Memotong atau Menyalin Sel. MENGUBAH SERI DATA Katakanlah anda telah membuat sebuah Grafik yang menunjukkan gambaran penjualan yang dilakukan beberapa sales selama lebih dari 4 minggu. Untuk memilih beberapa sel. • Menempel Sel. Sebagai tambahan untuk mengedit masukan data. dan pilih Clear. baris atau kolom akan disisipkan. atau jumlah sel yang ingin disisipkan. dan mengatur lebar kolom. pilih sel yang ingin disalin. 5. Penjelasan di bawah ini akan memberi sedikit gambaran : • Memilih sel. atau Formats (hanya untuk menghapus formatting). • Menghapus sel. Pindahkan penunjuk mouse pada huruf yang berada di atas kolom yang ingin diubah. pilih sel pada ujung kiri atas daerah yang ingin disisipi.3. Anda ingin setiap kolom Grafik menggambarkan seorang sales. Masukkan pilihan anda dan kemudian click tombol OK. Buka menu Edit dan pilih Paste. menghapus atau menyisipkan baris dan kolom. dan buka menu Edit dan pilih Copy. Untuk menempel hasil penyalinan atau pemotongan sel ke dalam Data sheet. dan masukkan penggantinya. Tahan tombol mouse dan geser mouse sampai lebar kolom sesuai dengan yang diinginkan. Untuk menyalin sel. 4. click sembarang tempat di dalam window Graph. Untuk memilih semua sel. Jika anda memilih lebih dari satu sel. Untuk memotong sel pilih sel yang ingin dipotong. (Baris akan disisipkan di atas baris yang dipilih. kolom. dan buka menu Edit dan pilih Cut. Window Data sheet akan muncul. Untuk memilih satu sel. click pada sel itu. Kolom akan disisipkan di sebelah kiri kolom yang dipilih). pilih sel dan kemudian buka menu Edit. anda dapat melakukan pemotongan (cut). Pindahkan penunjuk mouse ke arah kanan sehingga penunjuk berubah menjadi panah bermata dua. anda bisa menyesuaikan lebar kolomnya. click pada huruf di atas kolom atau angka ke sebelah kiri baris.

MENGUBAH TIPE GRAFIK Secara default. dan pilih Chart Type. Pilih tab Custom Types. APA YANG DAPAT ANDA TAMBAHKAN PADA SEBUAH GRAFIK ? Anda dapat memformat elemen yang sudah ada dan dapat menambah elemen ke dalam Grafik untuk mengembangkannya. seperti ditunjukkan gambar berikut ini : 3. Gambar 6. Click OK. MEMILIH DESAIN GRAFIK DENGAN AUTOFORMAT Microsoft Graph hadir dengan beberapa format Grafik yang telah dirancang awal yang dapat anda aplikasikan pada Grafik anda. pada group select from pilihlah Built-in. dengan menggunakan format yang dipilih. 4. pilihlah Type Grafik yang diinginkan 3. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6. ikuti langkah berikut ini: 1. 2. Anda cukup memilih desainnya. PowerPoint akan memformat ulang Grafik. . Double click pada Grafik. Jika ingin data anda ditampilkan dalam tipe Grafik yang berbeda. Click pada tombol OK. 4. 2. Buka menu Chart. Berikut ini adalah cara menggunakan AutoFormat untuk memilih desain suatu Grafik : 1.4 Chart Type Kotak dialog Chart Type akan muncul. Gambar 6. Buka menu Chart. Pada tab Standard Types.Tab Standard Types seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.kolom tersebut menggambarkan minggu. dan pilih Chart Type. 5. Untuk memperbaiki Grafik tersebut.5 Chart Type – Tab Custom Types 6. memberinya tampilan yang profesional. Pilih type Grafik yang diinginkan. Pilih Series in Row atau Series in Columns. Kotak dialog Chart Type akan muncul.4 2. Berikut ini adalah sebuah daftar beberapa pengembangan yang umum digunakan : 34 Microsoft PowerPoint . dan Microsoft Graph akan memformat ulang Grafik anda. anda dapat menukar seri data dengan mengikuti langkah berikut ini : 1. buka menu Data. Microsoft Graph akan membuat Grafik kolom 3 dimensi.3.

 Sumbu.  Warna. Dengan melakukan click pada sebuah obyek. Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan garis sumbu X dan sumbu Y. Sebagai contoh. Anda dapat menambah teks penjelasan atau teks lain pada kotak yang terpisah. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6. anda akan membuatnya aktif dan beberapa pegangan akan muncul mengelilinginya. Bagian berikutnya akan memberitahu anda tentang bagaimana cara menambahkan beberapa hal yang umum digunakan pada sebuah Grafik. Anda dapat mengubah warna teks atau garis. Y-Axis Gridline Legend X-Axis Gambar 6. 7. warna Grafik batang dan potongan-potongan Grafik lingkaran yang digunakan untuk menyajikan data. dan kemudian pilih sebuah pilihan dari menu Format atau menu Chart. label-label data dan sebuah judul Grafik. atau menambahkan bayangan latar belakang. anda harus mengerti bahwa sebuah Grafik terdiri dari beberapa obyek. Menu Chart memperbolehkan anda menambah obyek-obyek pada sebuah Grafik termasuk sebuah legend. dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini : • Double-click pada sebuah obyek untuk menampilkan kotak dialog yang memperbolehkan anda mengubah penampilan obyek.6 Bagian-bagian dari Grafik 35 Microsoft PowerPoint .  Kotak teks. Anda dapat menambahkan sebuah bingkai Pada Grafik. • Click tombol kanan mouse pada obyek. Tulisan. Anda dapat menentukan bentuk tulisan. BAGIAN-BAGIAN DARI SEBUAH GRAFIK Sebelum anda mulai mengembangkan sebuah Grafik. anda dapat mengganti warnanya.  Bingkai dan Bayangan. ukuran dan atribut-atribut untuk teks yang digunakan di dalam Grafik.4. jika anda double-click pada kolom sebuah Grafik kolom. • Pilih obyek. dan kemudian pilih pilihan format yang diinginkan dari menu shortcut. Anda kemudian dapat memindah atau mengubah ukuran obyek atau mengubah tampi1annya.

Jika anda click tombol kanan mouse pada judul Grafik. dan mengubah perataan teks pada kotak. Sebuah kotak teks akan muncul mengelilingi teks. 4. Buka menu Chart dan pilih Chart Option. judul sumbu X. dan pilih Selected Axis. Click OK. Kotak dialog ini terdiri dari tab-tab untuk mengubah jenis huruf (font). 10. Masukkan pilihan anda pada kotak dialog Format. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6. termasuk mengubah jenis huruf (font) teks. Kotak dialog Format Axis akan muncul. pilihan akan membaca Format Chart Title. Masukkan pilihan anda pada kotak dialog.8. Click tombol kanan mouse pada teks yang ingin diformat. Pilih pilihan Format.5. dan sebuah menu shortcut akan muncul 2. tetapi anda mungkin hanya memperoleh tab Font. menambahkan bingkai-bingkai dan bayangan pada kotak teks. MENAMBAHKAN SEBUAH JUDUL Anda dapat menambahkan judul-judul yang bervariasi pada sebuah Grafik untuk membantu mengenali arti Grafik. Click pada OK jika anda telah selesai. MEMFORMAT TEKS PADA SEBUAH GRAFIK Setiap teks yang anda tambahkan pada Grafik dimasukkan di dalam kotak teks. 3. 36 Microsoft PowerPoint . Click pada tab Title. dan anda dapat menambahkan judul sumbu yang akan muncul di sepanjang sumbu X dari sumbu Y. buka menu Format. Inilah cara bagaimana melakukannya : 1. mengatur skala sumbu dan mengubah format angka. Anda dapat menambahkan judul Grafik yang akan muncul pada bagian atas Grafik. atau click pada sumbu. MEMFORMAT SUMBU-SUMBU GRAFIK Anda dapat mengembangkan sumbu-X dan sumbu-Y dengan beberapa cara. judul sumbu Y 3. Berikut ini adalah cara-cara untuk memformat sumbu : 1. Grafik yang sudah dibuat telah punya judul. Untuk memformat teks yang telah anda tambahkan tadi lakukan berikut ini : 1. isikan judul Grafik. 9. Click tombol kanan mouse pada sumbu yang ingin anda format. 2. Pilihan Format berbeda-beda tergantung dari obyek. 2. dan pilih Format Axis.

Klik area grafik yang akan diformat. Rincian berikut memperlihatkan prosedur memformat bingkai: 1. 3. menempatkan di kanan grafik Left. Tampilkan presentasi dalam tampilan Slide View. Anda dapat memformat legend yang meliputi bingkai.7 Kotak Dialog Format Axis Legend adalah kotak berisikan keterang-an warna dari grafik. menempatkan di kiri grafik 12. pilihlah tab Placement yang berisikan posisi Legend. Tampil kotak dialog Format Legend. atau tekan Enter. menempatkan di bawah grafik Corner. MENYISIPKAN TABEL Coba buat bentuk table seperti berikut. menempatkan di atas grafik Right. PEMFORMATAN LEGEND Gambar 6. Anda dapat melakukan proses yang sama seperti proses di atas. 2. 5. 11. Klik icon Format Legend. Jika Anda ingin merubah posisi Legend. 4. untuk konfirmasi. Tempatkan pointer pada kotak Font. Click pada OK. untuk mengubah jenis font yang digunakan. menempatkan di pojok grafik Top. di mana pilihan tersebut adalah : • • • • • Bottom. Legend merupakan kotak keterangan dari grafik. font dan posisi legend. penjelasan lebih detail coba tanyakan pada Instruktur atau asisten : 37 Microsoft PowerPoint . 6. akan tampil teks berlatar kuning yang ber-tuliskan Legend. Setelah tampil kotak dialog format legend. Klik OK.3. Tempatkan pointer pada area legend.

4.1 Tombol-tombol Actions Buttons PowerPoint juga dilengkapi dengan beberapa Action Buttons (action buttons command. Action buttons terdiri dari shapes.8 Membuat Table LATIHAN ! 1. Bagaimana cara mengubah seri data? Bagaimana cara menambah seri data? Bagaimana cara mengubah tipe Grafik? Bagaimana cara memformat sumbu-sumbu pada Grafik? NAVIGASI 1. BAB 7 3. slide show meny) yang dapat Anda tambahkan dalam presentasi Anda dan digunakan sebagai hyperlink. TOMBOL-TOMBOL NAVIGASI NIS 38 Microsoft PowerPoint Gambar 7. 2. .Data Gambar 6.

3 Kotak dialog Action Settings 39 Microsoft PowerPoint . Gambar 7. Forward Or Next. atau Return. Pilih menu Slide Show. Beginning. Aktifkan slide yang akan beri Action Buttons. Kemudian ubah ukurannya dengan cara men-drag button tersebut. First (menuju slide pertama). Action button tersebut dapat Anda tambahkan sebagai tanda untuk Next (menuju slide selanjutnya). akan ditampilkan pilihan Action Buttons. Button yang Anda pilih akan ditampilkan di slide. Misalnya Home. Kemudian pilih Action Buttons. Untuk menambahkan actions buttons pada tampilan slide Anda dapat dilakukan prosedur berikut ini: 1. End. Jika muncul kotak dialog Action Settings muncul. pilihlah OK untuk menambahkan hyperlink. 5. Previous (menuju slide sebelumnya). 6. 2.2 Contoh slide yang menggunakan button action buttons yang Anda inginkan.sepert right dan left arrows. Pilih Gambar 7. 4. Back Or Previous. dan Last (menuju slide terakhir). 3.

serta animasi efek objek. anda dapat memilih latar belakang yang menyebarkan warna dari pojok kiri atas kanan menuju ke batas. bayangan fill. PENGERTIAN SKEMA WARNA DAN LATAR BELAKANG Skema Warna adalah himpunan warna pelengkap. Buat di setiap slide button seperti gambar diatas ! 2. dipilih secara profesional. Latar belakang didesain untuk mengendalikan bagaimana suatu warna dipakai pada slide. teks. Anda dapat memilih skema warna dan latar belakang untuk slide master (yang 40 Microsoft PowerPoint . dan item lain dalam slide. Lalu buat dengan shape atau teks dengan Hyperlink untuk Navigasi ke Slide lain ! BAB 8 BEKERJA DENGAN WARNA DAN LATAR BELAKANG Dalam sub bab ini anda akan belajar bagairnana mengubah warna skema (color scheme) dan desain latar belakang untuk presentasi.4 Kotak dialog Action Setting untuk Keluar dari Presentasi LATIHAN ! 1. 1. Dengan mempergunakan satu dari beberapa skema warna menjadikan presentasi anda tampak profesional dan menarik.Gambar 7. garis. didesain untuk dipergunakan sebagai warna utama pada presentasi. Tiap skema warna mengendalikan warna latar belakang. Sebagai contoh.

click warna yang ingin diubah. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 8. 2. MEMILIH SKEMA WARNA Anda dapat memilih skema warna untuk satu slide atau untuk seluruh slide dalam presentasi anda. anda dapat membuat skema warna yang cocok buat logo atau warna simbolis perusahaan anda. Muncul kotak dialog Slide Color Scheme 3. Tampilkan atau pilih slide yang ingin anda ubah skema warnanya 2.1 Kotak Dialog Color Scheme 4. 3. seperti Gambar 8. Buka menu Format.mengontrol seluruh slide dalam presentasi) untuk slide aktif.2 Click warna yang ingin anda gunakan 41 Microsoft PowerPoint . lakukan langkah berikut : Tampilkan atau pilih slide yang ingin diubah skema warnanya. atau untuk seluruh slide dalam presentasi. Gambar 8. Lakukan langkah-langkah berikut : 1. Sebagai contoh. dan pilih Slide Color Scheme.2 Kotak dialog Background Color kendali mereka). Buka menu Format. Click tombol Apply untuk memberikan skema warna baru hanya pada slide ini. Muncul kotak dialog Color untuk item yang dipilih.1 diatas Click tombol Custom. Bagian berikut menjelaskan bagairnana memilih dan memanipulasi skema warna dan latar belakang. (Warna-warna diberi label untuk menunjukkan item yang berhubungan dengan Gambar 8. atau click pada Apply to All untuk memberikan skema warna untuk seluruh slide pada presentasi. MENGUBAH WARNA DALAM SKEMA WARNA Anda dapat memodifikasi warna dalam skema warna untuk membuat kombinasi buatan anda sendiri. Click tombol Change Color. dan pilih Slide Color Scheme. Dari grup Color Schemes. Untuk mengganti warna dalam skema warna. click tampilan yang anda inginkan untuk slide anda. Muncul kotak dialog Color Scheme.

pilih warnanya langsung atau pilih salah satu pilihan. (Anda akan bisa memberikan perubahan latar belakang ke seluruh slide dalam presentasi) 2. dan pilih Background. Pilihan dalam fill effect adalah sebagai berikut : 42 Microsoft PowerPoint . Dalam grup Background Fill. seperti yang ditunjukkan dalam Gambar 8. Muncul kotak dialog Background.Click tombol OK untuk mengubah warna dan kembali ke kotak dialog Color Scheme Ulangi langkah 3 sampai 6 untuk mengubah warna yang lain Bila telah selesai mengubah warna. Untuk mengubah latar belakang untuk presentasi anda atau memodifikasi latar belakang yang sudah ada. MENGUBAH DESAIN LATAR BELAKANG Latar belakang yang efektif dapat membuat presentasi kelihatan lebih profesional. click tombol drop down color. Buka menu Format. lakukan langkah-langkah berikut : 1. more color untuk memilih warna yang lain atau pilih fill effect untuk memberikan latar belakang yang lebih menarik. Tampilkan atau pilih latar belakang slide mana yang ingin diganti. click tombol Apply atau Apply to All.3 3. 4.

Anda dapat melihat banyak slide dalam satu waktu.3 Kotak Dialog Background Click tombol Apply untuk memberikan latar belakang hanya pada slide tersebut. memberikan efek gradasi (perpaduan warna) Texture. Slide tersebut berpindah ke posisinya yang baru. 43 Microsoft PowerPoint . Lepas tombol mouse. lakukan langkah-langkah berikut : 1. Buka menu View. dan pilih Slide Sorter. memberikan background model-model Pattern. atau click Apply to All untuk memberikan latar belakang kepada seluruh slide dalarn presentasi. Selama anda menggeser. sebuah garis ditampilkan menunjukkan kemana slida akan dipindahkan. memberikan background motif Picture. Untuk mengatur letak slide-slide dalarn Slide Sorter view.PENGATURAN LETAK SLIDE DALAM SLIDE SORTER VIEW Slide Sorter view menampilkan versi miniatur dari slide-slide presentasi anda. 5. 4. Tekan tombol mouse dan geser pointer mouse untuk memindah slide tersebut. memberikan background gambar / photo Gambar 8. atau click tombol Slide Sorter View. seperti gambar disamping ini : 2. 4. Arahkan pointer mouse ke slide yang ingin diubah letaknya 3.• • • • Gradient.

44 Microsoft PowerPoint . memberi anda gambaran jelas mengenai isi dan pengorganisasian presentasi anda. 2. anda mungkin ingin mengatur penempatan slide-slide dalam Outline view. anda harus berusaha mengantisipasi kemungkinan adanya pertanyaan dari audiens dan mempersiapkan jawabannya. pilih Slide Show. Buka menu View.PENGATURAN LETAK SLIDE DALAM OUTLINE VIEW Dalam Outline view.) 2. Untuk mengembalikan slide yang telah di-hidden. Anda mungkin ingin membuat slide-slide yang membantu menjelaskan jawaban anda dan slide-slide ini dibuat hidden (tersembunyi) sampai anda memerlukannya. Tampilkan atau pilih slide-slide yang akan di-hidden. Atau click pada tombol Slide Show di dasar window presentasi. Buka menu View. atau click tombol Outline View. Arahkan pointer mouse ke icon slide yang dipilih tekan tombol mouse. Untuk menyembunyikan satu atau lebih slide. lakukan langkah-langkah berikut : 1. Untuk menampilkan slide selanjutnya tekan tombol mouse kiri. seperti gambar disamping ini : 3. 3.6. 8. (Anda dapat menghidden slide-slide dalam Slide view. Oleh sebab itu. anda dapat melihat judul-judul dan teks setiap slide. dan pilih Hide Slide sekali lagi. Jika anda dalam Slide Sorter view. ataupun Slide Sorter view. tampilkan atau pilih slide-slide itu. 3. langkahlangkahnya adalah : 1. dan geser ke bawah atau ke atas dalam outline. dan pilih Outline. Atau click tombol Move Up atau Move Down dalam toolbar Outlining. Click pada nomor slide atau icon slide di sebelah kiri slide yang akan dipindah. pilih menu Slide Show. 7. atau dari menu Slide Show. Outline view. MELIHAT PEMUTARAN SLIDE DI LAYAR MONITOR Anda dapat memperbesar tampilan slide setiap waktu untuk melihat bagaimana tampilan slide seperti dalam kenyataan. MENYEMBUNYIKAN SLIDE Sebelum anda melakukan presentasi. atau tekan tombol panah keyboard dan untuk keluar dari pemutaran slide tekan tombol Esc. Untuk memperbesar tampilan slide. seperti gambar disamping ini : 2. pilih View Show. dan pilih Hide Slide. Keseluruhan isi slide akan di-highlight. nomor slide yang di-hidden ditampikan dalam sebuah kotak bergaris. Buka presentasi yang ingin anda perbesar. Buka menu Slide Show. lnilah cara-caranya 1.

Jika anda menambah waktu transisi antar slide. pilih pada group Advance : • On mouse click. langkah-langkahnya adalah: 1. jangan anda click untuk berpindah dari satu slide ke slide selanjutnya. click pada tombol drop down untuk memilih jenis transisi yang diberikan dan dibawahnya untuk memilih kecepatan (speed) yang diberikan untuk transisi tersebut. anda harus meng-click mouse atau menekan tombol panah untuk berpindah dari slide satu ke slide yang lain. Pilih slide yang ingin anda tambah transisinya. seperti pada Gambar 8. Perpindahan antar slide dengan menekan tombol mouse atau 45 Microsoft PowerPoint . Untuk mengatur waktu perpindahan antar slide tingkat lanjut. Pada group Effect. MENAMBAH TRANSISI SLIDE Dalam bagian sebelumnya. kotak dialog Slide Transition akan ditampilkan. (Coba lihat transisi yang didemonstrasikan pada area preview yang disediakan).4 Gambar 8.4 Kotak Dialog Slide Transition (Office XP) 5. Buka presentasi yang ingin anda tambah transisi padanya.9. 6. 2. 4. Atau click pada tombol Slide Sorter View di dasar window presentasi. Tampilan akan dijalankan secara otomatis. Buka menu Slide Show. Buka menu View.4 Kotak Dialog Slide Transition (generasi sebelum XP) Gambar 8. dan pilih Slide Transition. dan pilih Slide Sorter. Untuk mengaplikasikan transisi slide ke dalarn slide. 3.

pilih Custom Animation. klik tab Effect terlebih dahulu. Pada kotak dialog tersebut pilih tab – Gambar 8. ikuti langkah berikut ini : 1. seperti gambar samping ini : Baris Toolbar Animation Effects akan ditampilkan. 16. 7. Buka menu Slide Show. pilih dan klik efek animasi yang anda inginkan. 7. Click tombol tampilan Slide View 2.6 berikut ini : 8. 10. click tombol perintah Preview 10.• Automatically after. MEMBERIKAN EFEK ANIMASI PADA OBJEK Untuk memberikan efek animasi pada objek. Pilih dan click objek yang ingin anda beri efek animasi 4. Lihat Gambar 8. 14. 12. 46 Microsoft PowerPoint .5 berikut ini : Animation – Tab Timing 6. Click tombol OK Selain dengan cara diatas Anda dapat juga memberi efek animasi pada objek. lihat Gambar 8. 13. 9. Untuk memilih efek animasi yang anda inginkan. Kotak dialog Custom Anima-tion akan ditampilkan. lihat Gambar 8. Pada kotak daftar pilihan Check To Animate Slide Object. dengan Gambar 8. 5. pilih efek animasi dan bunyi suara yang anda inginkan. Perpindahan antar slide dilakukan secara otomatis dalam jangka waktu yang ditentukan pada text box second.6 Kotak Dialog Custom langkah lain berikut ini : Animation – Tab Effect Click tombol tampilan Slide View Pilih slide yang anda inginkan Pilih dan click objek yang ingin anda beri efek animasi Click toolbar Animation Effects. 15.7 berikut ini : 11. Setelah selesai memilih click tombol Apply to All atau tombol Apply saja. Pilih slide yang anda inginkan 3.5 Kotak Dialog Custom Timing. Untuk melihat hasil pemilihan efek animasi dan bunyi suaranya. Dengan pilihan ini objek akan ditempatkan pada kotak Animation order. pilih objek yang akan diberi efek animasi. tekan tombol panah keyboard. Pada tombol daftar pilihan Entry animation and sound. Pada baris toolbar Animation Effects.

Gambar 8. Mengapa transisi slide diperlukan? BAB 9 47 Microsoft PowerPoint .8 Custom Animation pada Office XP LATIHAN ! 1.7 Toolbar Animation Effect (generasi sebelum XP) Gambar 8. Apa yang dimaksud latar belakang? 4. Manakah yang termasuk dalam tab fill effects untuk pemberian warna? 3. Apa fungsi dari color schemes pada aplikasi Microsoft PowerPoint? 2. Diantara beberapa pilihan di bawah ini.

data-data pendukung. Buka menu View. humor. 4. pilih prosentase pembesaran (100 % lebih baik). pilih Zoom. Untuk mensukseskan presentasi anda. Buka presentasi yang ingin anda buat catatan halamannya. dan catatan anda ditampilkan dibawah slide. MEMBUAT CATATAN PEMBICARA Anda telah memiliki bagian slide pada catatan anda. atau click pada tombol Notes Pages View di dasar window presentasi. atau penjelasan dengan menggunakan gambar). dan ulangi langkah 5. anda dapat mengambil rangkuman dalam catatan pembicara yang dapat menolong agar penyampaian presentasi efektif. dan pilih Notes Pages. Untuk melihat apa yang sedang anda ketik. 48 Microsoft PowerPoint . Yang harus anda kerjakan tinggal hanya mengetikkan catatannya. 7. Tampilan ini akan ditunjukkan pada Notes Pages. Click pada tombol Next Slide atau Previous Slide untuk berpindah ke catatan halaman yang lain.MEMBUAT CATATAN PEMBICARA (NOTES PAGES) Dalam sub bab ini. presentasi yang terpadu membuat anda tidak lupa tentang hal penting yang ingin anda sampaikan. Anda mengetikkan catatan dalam Notes Page view. seperti pada Gambar 9. Versi yang kecil dari slide ditampilkan di atas halaman. 1. anda akan belajar bagaimana membuat pembicara untuk membantu anda selama presentasi. tanpa mengatakan kepada audiens maksud intinya atau tanpa keterangan mengenai slide yang ditunjukkan. Format teks anda sesuai yang anda inginkan. Masing-masing catatan dibagi dalam dua bagian. 2. dan click pada tombol ok. seperti berikut : 1. Click pada kotak teks catatan di bagian tengah yang bawah dari catatan halaman yang dipilih. 6. buka menu View. 5. Ketik teks apa yang ingin anda gunakan sebagai catatan untuk slide anda (Anda dapat memasukkan peringatan.1 3. Masalah yang sering muncul dalam presentasi adalah seorang pemresentasi hanya menampilkan slide demi slide belaka.

Click pada bingkai untuk menampilkan pegangannya). memberikan audiens sedikit waktu untuk mempelajari semua data pada slide. Lepaskan tombol mouse. Anda dapat mewujudkannya dengan mencetak tampilan slide anda pada kertas. Click pada gambar atau kotak teks untuk memilihnya. Microsoft PowerPoint 49 . masing-masing catatan halaman berisi dua obyek yaitu slide dan kotak teks. 2.1 Tampilan Notes Page View Jika telah selesai. sebuah bingkai akan tampil mengelilinginya. 3. atau dasar untuk mengubah lebar atau panjangnya saja). (Gunakan pegangan pojok untuk mengubah lebar dan panjang obyek. Untuk itu seringkali bermanfaat bila anda memberikan handout atau memberikan salinan (copy) slide presentasi pada audiens. 3. 4. (Jika anda telah mengclick pada kotak teks. 2. MEMBUAT HANDOUT AUDIENS Dalam sub bab ini.Slide Notes text box Previous Slide button Next Slide button Gambar 9. MENGUBAH UKURAN SLIDE DAN KOTAK TEKS Seperti dijelaskan sebelumnya. atas. atau mencetak beberapa slide per halaman dengan memakai handout audiens. Pindahkan penunjuk mouse pada pegangan obyek. Gunakan pegangan samping. Agar presentasi berjalan dengan cepat dan lancar. Anda dapat mengubah ukuran masing-rnasing obyek seperti anda mengubah obyek lain dalam PowerPoint : 1. Tekan tombol mouse. dan drag pegangannya untuk mengubah ukuran dan dimensinya. anda akan belajar membuat handout untuk diberikan kepada audiens. anda dapat mencetak catatan halaman anda dengan atau tanpa menyertakan slide.

langkah-langkahnya adalah: 1. dan pilih Master. Buka menu View. jika anda membuka menu File dan pilih Print. anda lihat pilihan Handouts seperti Gambar 9. lalu mengclick daftar drop down Print What. 3. Sub menu Master akan ditampilkan.2 Gambar 9.seperti pada Gambar 9. Pilih Handout Master.2 Print Handout dan Handout Master 4. Handout master mempunyai slide image place holder sehingga anda dapat melihat di mana slide yang akan tempatkan pada handout. Untuk contoh. Untuk menampilkan handout master. 2.Membuat handout sangatlah mudah. menempatkan angka X pada slide di masing-masing halaman.2 LATIHAN ! 1. MENAMPILKAN MASTER HANDOUT Master handout mengontrol penempatan dan pengaturan slide pada handout audiens. anda tinggal menggunakan PowerPoint untuk mencetak handout audiens. Apa yang dimaksud catatan pembicara? Apa yang dimaksud handout audiens? Mengapa master handout diperlukan? 50 Microsoft PowerPoint . 2. Handout Master akan ditampilkan.

Gambar C Exit  Harus di kepada siswa Dikumpulkan SLIDE 5 SLIDE 6 Pusat Suraba dan di Setujui oleh Pe sesuai denga Microsoft PowerPoint Soal Ujian Icon Code untuk Ins PIKMI CLEdS pusat di S . diber  Soal Ujian yang akan di (Kelas 3).LATIHAN 1 ON MODUL ! Laporan SLIDE 1 51 SLIDE 2 • Materi yang s • Jumlah Pertem PIKMI CLEdS • Instruktur da Academic Syste memberi selam Form Bio menit Pihak Kerjasama dengan(24 Jam SMP SLIDE 3SMA / SMK / MA SLIDE 4 dalam Pengada •/ Dilaporkan mi Komputer &  dan UAS (ber Pengisian Fo  Ada 2 J enis Soal : Basic Pendidikan Komputer sebagai acua dan Intermediate (Men CLEdS.

Grafik jumlah siswa kelas X tah ta SLIDE 7 SLIDE 8 Data NIS 30 25 20 15 10 5 0 X-A1 4943 4944 Exit X-A2 Aditya Adityo X-A3 4951 4952 52 Microsoft PowerPoint Akhm Alfiat 4955 Andhi .