P. 1
Rumus trigonometri

Rumus trigonometri

|Views: 260|Likes:
Published by Ramdhan Ardyansyah

More info:

Published by: Ramdhan Ardyansyah on Oct 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

Rumus Trigonometri

Hubungan fungsi trigonometri

Penjumlahan

Rumus sudut rangkap dua

Rumus sudut rangkap tiga

Rumus setengah sudut

Perhatikan segitiga di kanan.Sinus Sinus dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). Nilai sinus sudut istimewa . berdasarkan definisi sinus di atas maka nilai sinus adalah Nilai sinus positif di kuadran I dan II dan negatif di kuadran III dan IV.

Nilai cosinus sudut istimewa . Berdasarkan definisi kosinus di atas maka nilai kosinus adalah Nilai kosinus positif di kuadran I dan IV dan negatif di kuadran II dan III. Perhatikan segitiga di kanan.Kosinus Kosinus atau cosinus (simbol: cos) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang terletak di sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o).

lambang tg.Tangen Tangen (bahasa Belanda: tangens. berdasarkan definisi tangen di atas maka nilai tangen adalah Nilai tangen positif di kuadran I dan III dan negatif di kuadran II dan IV. Perhatikan segitiga di kanan. Hubungan Nilai Tangen dengan Nilai Sinus dan Cosinus Nilai Tangen Sudut Istimewa . tan) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi segitiga yang terletak di sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o).

Sekan Sekan (lambang: sec) dalam matematika adalah perbandingan sisi miring segitiga dengan sisi yang terletak pada sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). berdasarkan definisi sekan di atas maka nilai sekan adalah Hubungan sekan dengan kosinus: . Perhatikan segitiga di kanan.

Kosekan Kosekan (disimbolkan dengan cosec atau csc) dalam matematika adalah perbandingan sisi miring segitiga dengan sisi yang terletak di depan sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o).4143 0. Perhatikan segitiga di kanan.94287 1 . berdasarkan definisi kosekan di atas maka nilai kosekan adalah Hubungan kosekan dengan sinus: Tabel Kosekan Sudu t 0° 30° 45° 60 90° Nilai Kosekan ~ 2 1.

atau cotan) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang terletak pada sudut dengan sisi segitiga yang terletak di depan sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). cotg. Perhatikan segitiga di kanan.Kotangen Kotangen (lambang: cot. berdasarkan definisi kotangen di atas maka nilai kotangen adalah Hubungan kotangen dengan tangen: .

Ruas kiri: pada persamaan (1) sin A : BC atau pada persamaan (2) BC : sin A.(2) Perhatikan bahwa pada masing masing ruas selalu terdapat nama segitiga tersebut yaitu ABC. Ruas tengah: pada persamaan (1) sin B : AC atau pada persamaan (2) AC : sin B. Rumus-rumus trigonometri yang sering digunakan untuk merubah fungsi: cos x = sin (90° . dan BC = CB segitiga ABC = segitiga BAC = segitiga CAB = segitiga BCA = segitiga ACB.x) ctg x = tg (90° .2 sin² ½ax cos²x = 1 . Catatan: sin A = sin BAC = sin CAB sin B = sin ABC = sin CBA sin C = sin ACB = sin BCA ruas garis AB = BA.Rumus Aturan Sinus pada segitiga ABC adalah: sin A : BC = sin B : AC = sin C : AB.sin²x .x) sin ax = 2 sin ½ax cos ½ax cos ax = 1.(1) karena perbandingan maka rumus aturan sinus pada segitiga ABC boleh juga ditulis: BC : sin A = AC : sin B = AB : sin C. …. …. AC = CA. Ruas kanan: pada persamaan (1) sin C : AB atau pada persamaan (2) AB : sin C.

didapat sin (α + n × 2π) = sin αº jadi f(x) = sin x merupakan fungsi periodic dengan periode 2π.Periode fungsi sinus dan cosinus Sesuai dengan definisi dari periodik. Demikian juga fungsi f(xº) = cos xº juga merupakan fungsi periodik dengan periode dasar 360º dan f(x) = cos x merupakan fungsi periodik dengan periode 2π. Grafik Sin Grafik Cos Grafik Tan . dapat dikatakan bahwa fungsi sinus f(xº) = sin xº adalah fungsi periodik dengan periode dasar 360º dengan demikian berlaku sin ( α + n × 360º ) = sin α º dan untuk sudut yang dinyatakan dalam ukuran radian.

.

(34) 3)Reza Dicky A. (35) 4)Rifda Azmi (36) 3/3/2009 .TUGAS MATEMATIKA 1)Navy Famella C. (27) 2)Ramdhan Ardiyansyah N.

SMA 75 Jakarta .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->