BAB 1

SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN

ZAMAN PEMIKIRAN MITOLOGIS

Sebelum abad ke-4 dan ke-5 SM, ilmu pengetahuan belum berkembang,

berdasarkan pengamatan manusia saat itu >> alam yang berupa bumi yang dihuninya itu datar dan ada tutupnya berupa sungkup

Pandangan antroposentris >> manusia menganggap bahwa dialah pusat dari segalanya, pusat dari alam semesta. Zaman itu disebut zaman mitos atau zaman mitologis, karena sesuatu yang ada belum dapat dipikirkan secara rasional. Segala yang ada selalu dikaitkan dengan adanya kekuatan supernatural yang menguasai alam dan kehidupan manusia

Karena bumi tertutup oleh sungkup, maka ada mitos bahwa hujan itu datangnya dari surga melalui jendela yang ada di langit.
Bahwa gunung berapi itu meletus karena penguasanya marah. Kalau melihat pelangi di langit lalu dihubungkan dengan cerita mitologis, bahwa pelangi itu adalah selendang bidadari yang turun dari surga dan akan mandi di laut. Zaman mitos ini disebut juga Zaman Pemikiran Babilonia

ZAMAN PEMIKIRAN YUNANI Pada abad ke-4 dan ke-5 SM. Adanya gempa bumi membuka pemikiran bahwa bentuk bumi tidaklah amat stabil seperti daratan yang ditutupi sungkup . para filsuf mulai merenungkan tentang gejala alam.

. bila laut sedang bergelombang maka terjadilah gempa bumi. timbul pemikiran bahwa bentuk bumi adalah seperti piring yang mengapung di laut.Kejadian-kejadian tersebut dianalisis sehingga rasio(penalaran) mulai berkembang.

Pada saat itu. . tetapi bumilah yang menjadi pusatnya(pandangan geosentris).Manusia merasa bukan lagi sebagai pusat alam semesta. Pada zaman itu. Kaisar the Great dari Macedonia ingin melihat dunia Timur (Cina). dunia timur yang dikenal hanyalah India dan Cina.

Alexander the Great dan pasukannya bergerak terus ke Timur. sehingga tidak terlihat daratan di seberang sungai . sampailah mereka ke Sungai Gangga yang sedang banjir.

Lalu para jenderal melaporkan sampai batas Timur (kalau menurut film The Silk Road yang dibuat Jepang. Alexander the Great dan pasukannya sampai di Sungai Indus yang sedang banjir) Karena beranggapan paling timur. maka mereka kembali ke barat karena takut terjatuh dalam jeram .

berkembanglah pemikiran Yunani yang disebut juga filsafat Yunani. .Antara abad ke-4 dan ke-5 SM sampai abad ke-15 M. Pada saat itu zamannya para filsuf antara lain Plato dan Aristoteles. Filsafat disebut orang sebagai ilmu pengetahuan antik.

pada saat itu imu pengetahuan belum berdiri sendiri. Jadi. dapat dikatakan bahwa filsafat adalah induk ilmu pengetahuan. Zaman tersebut disebut Zaman Pemikiran Yunani .Dalam filsafat terkandung dan terungkap adanya ilmu pengetahuan. tetapi masih bersama-sama dalam pemikiran filsafat Oleh karena itu.

Para penguasa mulai terganggu karena aturan-aturan yang dibuat oleh para penguasa selalu dipertanyakan terlebih dahulu apa manfaatnya.Namun. apa kegunaannya. . dan sebagainya. perkembangan ilmu pengetahuan tidak berjalan mulus. apa untung ruginya.

Namun. penguasa meminta mereka diam.Oleh karena itu. penguasa meminta agar para filsuf ini berhenti mempertanyakan sesuatu agar mereka patuh saja kepada aturan yang diberikan. cara ini tidak berhasil. dan Socrates menjadi korbannya .

. di Eropa timbul Renaissance yang berarti ‘hidup kembali’ atau disebut juga Rediscovery of Man. sampai abad ke-14 M atau Abad pertengahan disebut Abad Kegelapan.ZAMAN RENAISSANCE Di Eropa. karena para pemikir itu tidak dapat menuangkan hasil pemikirannya secara terbuka. Pada abad ke-15 M.

bahwa manusia berpikir sesuai haknya.Saat itu mulai timbul Humanisme. Renaissance membawa wawasan baru . manusia menentukan sendiri keinginannya. Jadi. hal yang demikian menimbulkan banyak pemikiran baru. faham yang memanusiakan manusia. secara manusiawi.

Hasil penelitian Copernicus tertuang dalam bukunya The Revolution of the Celestrial Orbs pada tahun 1530. . ia membuat hipotesis bahwa bumi itu bulat. Nicolas Copernicus (Polandia-1473-1543) Sebagai penemu astronomi modern. Ia tertarik pada teori Phytagoras yang menyatakan bahwa bumi berputar pada sumbunya sendiri.

ia menahan diri untuk mempublikasikannya hingga 13 tahun.Namun. karena takut bertentangan dengan pendapat sebelumnya. didedikasikan untuk Paus . Lalu Copernicus mempublikasikan hipotesisnya melalui The Nurenberg Press.

Karena mengajarkan teori Copernicus tentang hipotesis bumi itu bulat. Namun kemudian ia direhabilitasi dan tahun 1889 M di Roma dibuat patungnya untuk menghormatinya. ia dihukum penjara pada tahun 1598 M dan dibakar hidup-hidup tahun 1600 M di Roma.Giordano Bruno (Italia) Seorang pengajar astronomi. .

. Columbus menceritakan hipotesis tersebut kepada Ratu Isabella.Hipotesis bumi itu bulat telah menarik banyak pihak. seorang kapten kapal berkebangsaan Italia. beliau juga tertarik dengan hipotesis tersebut. termasuk Columbus.

Harga rempah-rempah tinggi sekali. dikatakam seperti emas putih karena didapatkan dari pedagang Gujarat yang membawanya dari timur .Ratu Isabella akan memberikan dukungan bagi orang-orang yang pergi ke Timur karena Eropa membutuhkan rempah-rempah.

Banyak orang-orang Eropa yang ke timur untuk mencari negeri rempahrempah. Bagi yang dapat menemukan rempahrempah. mereka membawanya ke Eropa .

mereka membawa catatancatatan tentang suku-suku bangsa yang ditemuinya. Catatan ini nanti dikembangkan menjadi etnografi dan pengetahuan tentang sukusuku bangsa ini makin dikembangkan sehingga akhirnya menjadi antropologi. .Bagi yang tidak menemukan rempahrempah.

Setelah mengaruhi laut. mereka melihat pantai dan mengira itu adalah India. . maka mereka menuju ke arah barat.Kelompok yang dipimpin Columbus berkeyakinan bahwa bumi itu bulat.

banyak ditemukan emas.Rombongan Columbus tidak mengira bahwa di sebelah barat Eropa terdapat suatu benua. yaitu Amerika Di sana. Orang-orang Indian memandang bahwa emas-emas itu milik nenek moyang sehingga mereka tidak mengambilnya .

akibat dari gold-rush . sehingga terjadilah demam emas.Berbeda dengan pendatang dari Eropa. mereka mengambil emas itu dan dibawa ke Eropa. Bahkan orang Eropa banyak yang mengadu nasib menjadi pendulang emas.

ZAMAN PEMIKIRAN MODERN Zaman (abad ke-16) ini ilmu pengetahuan berkembang pesat >> teropong bintang dan alat-alat pengukuran .

Ia berhasil membuat teleskop pertama dengan sempurna dan mendeteksi nodanoda matahari dan permukaan bulan yang tidak rata.Thn 1564 M lahir Galileo Galilei (ahli astronomi dan fisika dari Italia. anak dari Vincenzo-Galilei). lalu menyimpulkan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. menimbulkan teori heliosentris (pusat alam semesta adalah matahari) .

Karena teori heliosentris bertentangan dengan teori sebelumnya. Galileo dipenjara tetapi kemudaian dilepaskan oleh Paus Urban. .

Paus.Pada tahun 1994 (300 tahun kemudian) Paus yang sekarang mengadakan misa di Basilika St. Peter (Roma) untuk mengatakan bahwa pendapat Galileo benar. atas nama gereja dan ilmu pengetahuan meminta maaf atas kesalahan gereja pada abad ke-17 lalu .

terang.Pada abad ke-17 timbullah Aufklarung atau Pencerahan >> bahwa semua itu cerah. dan dapat diukur Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat menyebabkan ia memisahkan diri dari ilmu filsafat . jelas.

Kerjasama antara ilmuwan dengan teorinya dan praktisi dengan eksperimen di Eropa berkembang dengan baik>> ilmu pengetahuan berkembang pesat. Zaman ini disebut Zaman Pemikiran Modern .

Teknologi modern menghasilkan Mesin-mesin manual menjadi mesin industri menimbulkan limbah .

makin parah kerusakan lingkungan.Makin maju perkembangan industri. Hal ini menandakan adanya ketidakjujuran. antara lain berlubangnya ozon di atas Antartika Para industrialis tidak sepenuh hati mendukung usaha para ilmuwan dalam memurnikan lingkungan. yang menjadi ciri zaman industrialisasi .

Jika tidak. ‘Kembali (mencintai) Bumi’ Para industrialis dipaksa memberikan sebagian keuntungannya untuk memurnikan limbah. pabriknya ditutup . menjadi sadar. akan mendapat sanksi. Lalu mereka menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi di Rio de Janeiro. negara-negara industri (tidak hanya di kawasan Eropa).ZAMAN PASCA MODERN Karena kerusakan lingkungan. Brazil dengan semboyan ‘Back to Nature’.

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN Diferensiasi Ilmu Pengetahuan Karena pada abad ke-18 ilmu pengetahuan semakin berkembang. Ilmu pengetahuan alam inilah yang kemudian disebut sains (science) karena dapat diukur dan dikaji ulang . terjadi pemisahan antara Ilmu-ilmu pengetahuan Alam (Natural Sciences) dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Kemanusiaan (Human Science) yang berdasarkan hukum kualitatif.

HUMAN SCIENCES Human Sciences mempelajari pola-pola dari interaksi sosial sehingga menyebabkan berkembangnya ilmu-ilmu sosial Human Sciences berkembang menjadi Social Sciences (Ilmu pengetahuan sosial) dan Cultural Sciences (ilmu pengetahuan budaya) Social Sciences mempelajari kebudayaan yang dianut oleh masyarakat atau makna dari benda-benda budaya .

manusia mempelajari bagaimanan membaca simbol-simbol dan bagaimana menginterpretasikannya .Sosial Sciences mempelajari norma hubungan antarmanusia dalam masyarakat Cultural Sciences mempelajari kebudayaan yang dianut oleh masyarakat atau makna dari benda-benda budaya Dalam pengetahuan budaya fakta itu dibaca.

Sebelum abad ke-18 M. ilmu pengetahuan yang tekandung dalam filsafat dianalisis secara kualitatif. memahami) . metode yang dipakai adalah metode verstehen (mengerti. yaitu membicarakan bagaimana masyarakat itu dan bagaimana manusia itu dari segi kualitasnya Pengetahuan alam menerangkan gejala dengan explanation (menerangkan) Ilmu pengetahuan berusaha mengerti perilaku masyarakat.

Ilmu Pengetahuan Alam>> objektif mekanis Ilmu Pengetahuan Sosial >> pendekatan secara kuantitatif dengan memanfaatkan metode yang sesuai dengan IPA. misalnya statistik Ilmu Pengetahuan budaya >> juga akan mengacu kepada pendekatan kuantitatif dan rasional .

Ilmu Pengetahuan Alam. dan Ilmu Pengetahuan Budaya akan bergabung lagi dengan filsafat yaitu dalam cabang ilmu yang disebut Filsafat Ilmu Pengetahuan . Ilmu Pengetahuan Sosial.Pada abad ke-20 M.

KEDUDUKAN ILMU ALAMIAH DASAR. DAN ILMU BUDAYA DASAR DI ANTARA ILMU-ILMU YANG LAIN  Semua cabang ilmu berpangkal dari filsafat sehingga kedudukan ilmu-ilmu pengetahuan juga setara Untuk menjadikan mahasiswa mempunyai wawasan yang luas dan menjadi manusia utuh. ILMU SOSIAL DASAR. maka diberikan dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) .

dan dengan waktu. pikirannya tentang hubungan antara dirinya dengan Tuhannya. dengan karya. disebut Ilmu Pengetahuan Alam (Natural Sciences) atau Science Ilmu Budaya Dasar (IBD) >> mempelajari konsep-konsep dan pengertian tentang sifat-sifat manusia. Ilmu Alamiah Dasar (IAD) >> mempelajari konsep-konsep dasar dan pengertian dari gejala alam. disebut Ilmu Pengetahuan Sosial . dengan sesama manusia. angan-angannya. kebudayaannya. perilakunya. dengan alam. citacitanya.

 Ilmu Sosial Dasar >> mempelajari hubungan atau relasi antara manusia yang satu dengan manusia yang lain .

ILMU BUDAYA DASAR (Basic Humanities) >> merupakan suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yamg paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk berbudaya (Homo humanus) Masalah manusia tidak dapat dipisahkan dari masalah budaya atau pengetahuan budaya yang juga disebut Humaniora .

Humaniora adalah pengetahuan yang bertujuan membuat manusia menjadi lebih manusiawi dalam pengertian manusia berbudaya .

f°¯f©½  ¯ f°–f°° ¾  ¯f°½ff ¾ff°°–°–f° f°ff f°  f°–°f° ff¾°ff 9ff° ¾f¾ f¾ ½ °f ¯ ° °–¾ff½ff¯f° ff¯ ¯ ¯°f°°–°–f°  f°¯ °f° ff°f f°f   f©©f° f°–¯ °©f nf¯f° ° ¾f¾f¾ ..

-9..

.f °f ¾ff°°–°–f° ° –ff ° –ff ° ¾% ff°f ff¾f°½f% ¯ °©f  ¾f f f¯  f¯ °  °––fff°°€  °¾ @°–f@°––%@@% ¯  f°   f °–f°¾ ¯ f°# fn-f # # ¯ f %¯ °n°f% ¯# 9ff° ¾f¾ ½f¾f¯ ¯ f°¾ f–f°  °°–f°°f°¯ ¯°f°¯ f f  f ff°¯ ° f½f¾f°¾ ½f °f ½ .

9.D9-@D€  °¾f¾¯9 °– ff° f °f½f ff f  ¯½ °– ff° ¾ ¯f°  ¯ f°–  ©f ½ ¯¾ff° f°ff¯ ¯½ °– ff°f¯%-ff n °n ¾% f°¯ ¯9 °– ff°  ¯f°¾ff°%¯f°n °n %f°–  f¾ff°¯ff€  ¯½ °– ff°ff¯°ff°– ¯ f° ¾ ¾f°¾ %¾n °n %f °f f½f  f° f©f°– . --.

-.D.

-.

 ¯f°n °n ¾¯ ¯½ f©f½f ½f f ° f¾¾¾f¾ °––f¯ ° f f°  ¯ f°–°f¯ ¯¾¾f ¯f°n °n ¾  ¯ f°–¯ °©f nf n °n ¾%¯½ °– ff°¾¾f% f° .

fn °n ¾%¯½ °– ff°  ff% nfn °n ¾¯ ¯½ f©f  fff°f°– f° ¯f¾fffff¯f°f f ° f ° f  ff .

¾fn °n ¾¯ ¯½ f©f°¯f  °–f°f°f¯f°¾f ff¯¯f¾fff .

fn °n ¾¯ ¯½ f©f  fff° f°– f° ¯f¾fffff¯f°f f ° f ° f  ff ff¯½ °– ff°  ff€ff  fnf ¯f°¾f¯ ¯½ f©f f–f¯f°f° ¯ ¯ fnf¾¯  ¾¯  f° f–f¯f°f ¯ °–° ½ f¾f°°f .

 ¯f f  . ¯½ °– ff° f°– f° °– ff¯€¾f€f f°f¾¾ ¾ nffff€ f¯ ¯ nfff° f–f¯f°f¯f¾fff f° f–f¯f°f ¯f°¾f f¾ –ff¾°f 9 °– ff°ff¯¯ ° f°–f°– ©ff °–f° ½f°f°%¯ ° f°–f°% ¯½ °– ff° ¾ff¯ °– ½ f ¯f¾fff ¯  f°– ½fff ff ¯   ¾  °%¯ °–  ¯ ¯ff¯% .

¯9 °– ff°f¯ ¯ f°¾  © € ¯9 °– ff°¾f ½ ° ff° ¾ nfff°f€ °–f°¯ ¯f°€fff° ¯  f°–¾ ¾f °–f°9  ¯¾f°f¾f¾ ¯9 °– ff°  ff ©–fff° ¯ °–fn ½f f½ ° ff°f°f€ f°f¾°f .

¯9 °– ff° f¯ ¯9 °– ff°¾f  f° ¯9 °– ff°  ffff° –f °–f– °–f°€¾f€ff ff¯nf f°–¯f°– ¾ ¾f€f ¯9 °– ff° .9f ff f  .

D  -.D.ffff¾f D¯¯%.D% .D . .D D -@.D-  ¯fnf f°–¯ ½f°–f f€¾f€f ¾ °––f  f°¯ ¯½ °– ff° ©–f¾ ff D°¯ °©f f°¯ff¾¾f¯ ¯½°f ff¾f°f°–f¾ f°¯ °©f ¯f°¾f  ¯ff  f° ff¯.DD-.

 ¯f¯ff¾f%% ¯ ¯½ f©f °¾ ½ °¾ ½ f¾f f°½ °– f° f– ©ff ff¯  ¾ ¯9 °– ff°f¯%-ff n °n ¾%ffn °n ¯  fff¾f% % ¯ ¯½ f©f °¾ ½ °¾ ½ f°½ °– f° °f°–¾€f ¾€f ¯f°¾f ½ f°f   fff°°f nf nf°f f°–f° f°–f°°f ½f°°f °f°–  °–f°f°ff °f °–f°@f°°f  °–f°¾ ¾f¯f¯f°¾f  °–f°ff¯  °–f° ff  f° °–f°f  ¾ ¯ 9 °– ff°¾f .

 ¯¾ff¾f ¯ ¯½ f©f  °–f°ff f¾f°ff¯f°¾f f°–¾f °–f°¯f°¾ff°–f° .

f¾ff¯f°¾f f f½f ½¾ff° f ¯f¾ff  ffff½ °– ff°  ff f°–©–f ¾ ¯f°f ..D D% f¾n¯f° ¾% ¯ ½ff°¾f¯½ °– ff° ¯ °– °ff¾½  f¾½ f¯–½f°–¯ ° f¾f ff¯  ½f°¯f°¾f¾ f–f¯f   ff%¯¯f°¾% .

¯f°f f ff½ °– ff° f°– ©f°¯ ¯ f¯f°¾f ¯ °©f  ¯f°¾f ff¯ ½ °– f°¯f°¾f   ff .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful