MOTOR 2 TAK, MOTOR 4 TAK, DAN MOTOR DIESEL Oleh: Muhammad Heriyanto Mahasiswa fak.

MIPA Universitas Sebelas Maret Surakrta M0209034 ABSTRAK Telah dilaksanakan eksperimen fisika dengan judul MOTOR 2 TAK, MOTOR 4 TAK, DAN MOTOR DIESEL. Eksperimen fisika ini bertujuan untuk mempelajari prinsip kerja motor diesel, motor 2 tak, dan motor 4 tak. Pada eksperimen ini mengamati, mencatat dan menggambarkan motor diesel, motor 2 tak, dan motor 4 tak. Secara umum, perbedaan ketiga motor tersebut adalah terletak pada sistem kerja piston dan katubnya. Pada motor 2 tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston yaitu 1 kalikompresi dan 1 kali ekspansi..mesin 4 tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi empat langkah piston yaitu 2 kali kompresi dan 2 kali ekspansi. Mesin diesel melakukan sistem pembakaran yang berbeda dari kedua motor tersebut. Namun langkah yang dilakukan mesin diesel untuk menghasilkan energi menggunakan langkah yang sama dengan mesin motor 4 tak. dimana pada mesin disel bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain seperti pada motor 2 tak dan 4 tak. Kata kunci: motor diesel, motor 4 tak, motor 2 tak. 1. Pendahuluan Berdasarkan langkah kerja dalam proses pembakaran, sepeda motor dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu motor 4 tak dan motor 2 tak. Perbedaan dari kedua tipe motor tersebut mesinnya. Pada motor 4 tak ada 4 tahap yaitu Intake (penghisapan), Kompresi, Combustion (Pembakaran), Exhaust (Pembuangan). Sedangkan pada motor terlihat dari konstruksi 2 tak hanya ada 2 tahap yaitu Exhaust (Pembuangan) dan Langkah Buang (Down Ward Stroke), mesin 2 tak ini ditemukan oleh Sir Dugald clerk pada abad ke 19 dari Inggris. Sedangkan Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi). Mesin ini ditemukan pada

3. Dengan kata lain.tahun 1892 oleh Rudolf Diesel. Pembahasan Dalam pembahasan yaitu akan menjelaskan tentang prinsip kerja dari motor 2 tak. 2 tak. A. Dan titik terendah yang dicapai piston disebut titik mati bawah (TMB). bahan baker yang keluar dari saluran Gambar 1. Pada saat piston di posisi TMB. Isap (Up Ward Stroke) Pada langkah isap piston bergerak naik dari TMB menuju TMA. mengamati mesin menggambar. yaitu langkah isap dan langkah buang. yang menerima Februari 1893.motor 4 tak. bahan baker yang berada dibawah piston didorong dan keluar dari saluran pembilasan. dan motor diesel. serta diesel yang berada Laboratorium Pusat UNS. Motor 2 Tak Sepeda motor 2 tak adalah sepeda motor yang bermesin 2 langkah. alat peraga dan berupa di mesin motor 4 tak. 23 sama dengan setengah putaran poros engkol. Metode Praktikum Praktikum dilakukan dengan cara mempelajari. artinya dalam satu siklus kerja dibutuhkan dua langkah. Gerakan seher dari TMB ke TMA disebut satu langkah piston (stroke) atau 1. Proses motor 2 tak Proses pada motor 2 tak: Langkah . Titik tertinggi yang di capai piston disebut titik mati atas (TMA). Proses selanjutnya. mesin 2 tak merupakan mesin yang memiliki siklus kerja dua gerakan piston dalam satu kali putaran poros engkol. paten pada 2.

Intake (penghisapan) Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Mesin motor 2 tak ini terkenal bensin kompresi. digunakan untuk mendorong piston bergerak turun dari TMA menuju TMB. (penghisapan). Jadi dalam satu kali proses ada 4 langkah gerakan piston dalam 2 kali putaran poros engkol. piston menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan. dan tidak ada katupnya. Pada saat hamper mencapai TMA. Gambar 2. (Pembakaran).pembilasan didorong piston sampai mencapai posisi TMA. Tekanan di silinder meningkat. Bagian mesin 4 tak Proses motor 4 tak: a. Motor 4 Tak Disebut motor 4 tak karena ada 4 tahap dalam satu siklus kerjanya Combustion yaitu Intake Kompresi. boros akan karena ini dikarenakan terbuang bensin saat akan bawah piston. kemudian bunga api dari busi membakare bahan baker dan udara menjadi letusan. B. Dengan Exhaust (Pembuangan). Bahan baker yang telah ada disilinder di tekan naik oleh piston sampai mencapai posisi TMA. Saat piston bergerak turun saluran buang dan saluran pembilasan dalam keadaan terbuka. Letusan menghasilkan tenaga Langkah tersebut yang Buang (Down Ward Stroke) keluar pada saluran pembuangan. 2. Lalu piston menghisap . Akibatnya. Karena bensin sudah masuk di ruang pembakaran dan pada saluran pembuangan sejajar dengan piston saat TMB. Proses up ward stroke dan down ward stroke akan terus bekerja silih berganti. Piston bergerak turun akan mendorong bahan baker yang telah berada di bawah piston menuju saluran pembilasan. saluran pemasukan bahan baker terbuka yang menyebabkan bahan baker melalui secara saluran otomatis masuk di pemasukan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran. Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui saluran pembuangan menuju knalpot akibat desakan bahan baker dan udara yang masuk dalam silinder melalui saluran pembilasan. kerja mesin 2 tak selesai untuk satu proses kerja (siklus).

bahan bakar yang sudah ada di ruang Ruangan bakar sudah dimampatkan. diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah. piston akan turun akibat ledakan saat pembakaran. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. c. b. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi. Setelah pembakaran. busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat). Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas. Turunnya bisa piston dinamakan (yang dorongan tersimpan proses disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Untuk membuka. Yakni. dan dilakukan proses kompresi. Setelah itu. Exhaust (Pembuangan) Langkah dilakukan Piston setelah terakhir ini akan pembakaran. piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. tetapi piston mundur dulu. lalu valve intake tertutup. maka gas buang ke akan lubang terdorong masuk karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. baru meledak. tersebut ekspansivitas 2. Combustion (Pembakaran) Exhaust Port (atau kita bilang . Jadi. Pada proses ini dapat dinamakaan ekspansivitas pertama. d.bahan bakar yang sudah Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah piston bergerak mencapai titik mati atas dan mundur beberapa derajat. masih ada energi laten akibat kompresi). tertutup rapat akibat pembakaran terdorong hingga ke titik yang paling bawah. Kompresi I Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake. atau disebut Titik Mati Bawah. Oleh karena itu.

Mesin Diesel Motor diesel dikategorikan dalam motor bakar torak dan mesin (internal engine). kedua katup tertutup. mesin demikian. Langkah Hisap / Pemasukan Piston (torak) bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah). . Langkah Kompresi Poros engkol terus berputar.Prinsip pembakaran kerja dalam motor combustion Gambar 3. piston (torak) bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas). TMB. Energi kimia di dapatkan melalui proses reaksi kimia (pembakaran) dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar).lubang sambungan Dengan buang ke knalpot). lalu akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi. Udara murni terhisap masuk ke dalam selinder akibat terjadinya kevakuman dalam ruang selinder karena terjadi pembesaran volume ruang di atas torak (gerak dari TMA ke TMB). Pembakaran pada mesin diesel terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. maka akibat bisa membuang semua sisa gas pembakaran. Udara murni yang terhisap tadi terkompresi Langkah hisap ini berhenti ketika torak mencapai diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Dan setelah bersih kembali. C. b). katup masuk terbuka. Proses mesin diesel 4 tak Langkah kerja motor diesel generator 4 tak adalah sebagai berikut : a).

Gas sisa hasil kelur pembekaran dari udara buang gas ruang luar yang sisa terdorong torak) melalui terbuka. Karena tinggi terjadilah pembakaran menghasilkan yang tekanan eksplosif mendorong bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas). Combustion Exhaust Kompresi. c).dalam ruang bakar (ruang mulai derajad membuka sebelum beberapa torak selinder di atas torak). (titik mati beberapa atas) di derajad akhir ke yang sebelum torak mencapai TMA langkah kompresi. 4. Karena terkompresi suhu dan tekanan udara tersebut 35 naik atm hingga dengan mencapai mencapai TMB. Gaya dorong ke bawah diteruskan oleh batang piston ke poros engkol untuk dirubah menjadi gerak putar. Kedua katup masih dalam keadaan tertutup. d). dalam satu kali proses kerja terjadi . bahan bahar diinjeksikan/disemprotkan suhu yang udara kompresi dalam ruang bakar. (Pembakaran). Langkah Usaha Poros engkol masih terus berputar. dengan piston (torak) bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah). melalui usahan untuk beban puli ini (pulley) dan sabuk penggerak Langkah berhenti ketika katup buang (Pembuangan). piston temperatur 500-8000C (pada perbandingan kompresi 20 : 1). maka diperlukan alat peredamnya. Karena itu saluran keluar motor diesel selalu knalpot dilengkapi (muffler). Langkah Buang Poros engkol masih terus (torak) berputar. tersebut bakar (ruang selinder di atas menuju katup masih Karena bertekanan tinggi. Gerak putar inilah yang kemudian dimanfaatkan menggerakkan (generator) (belt). Motor 4 tak ialah motor yang mempunyai 4 langkah pada satu siklus pembakaranya yaitu Intake (penghisapan). Kesimpulan Motor 2 tak ialah motor yang mempunyai 2 langkah pada satu siklus pembakaran yaitu Exhaust (Pembuangan) dan Langkah Buang (Down Ward Stroke). Jadi. katup buang terbuka.

Jawett J. PHYSICS For Scientists and Engineers With Modern Physics Book 2. Tokyo : Mitsubishi Motors.Jakarta : Depdiknas. langkah gerakan piston siklus tetapi pada mesin diesel bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas akibat kompresi. 144-146. Salemba teknika.dkk.. 2010. dan bukan oleh alat pemantik yaitu busi pada motor 2 dan 4 Tak. Jakarta : PT Toyota –Astra Motor.empat engkol. Serway R. (1979).W.jalius.. Anonim. . Jakarta.. Materi Pelajaran Engine Group Step 2.2008.teknik sepeda motor.A. dalam dua kali putaran poros Mesin diesel 4 tak juga mempunyai 4 langkah pada satu 5. Diesel Manual Handbook. Jama. (1995).. Daftar Pustaka Anonim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful