TUGAS EKONOMI INTERNASIONAL PASAR TRADISIONAL VS PASAR MODERN

DISUSUN OLEH : MERYZA 0902020017 EKONOMI / MANAJEMEN

UNIVERSITAS WISNUWARDHANA MALANG JANUARI 2011

1 .Menjelaskan pula tentang sikap acuhnya pemerintah tentang kedaan pasar tradisional yang semakin hilang keberadaannya.ABSTRAK Makalah ini mempelajari tentang dampak dari muculnya pasar modern ditengahtengah lingkungan pasar tradisional yang ditandai dengan lesunya pasar tradisional .

Hal ini pula yang membuat para golongan kelas menengah dan bawah mengeluh. supermarket bahkan hypermarket disekitar tempat tinggal kita.  Menumbuhkan kembali sikap masyarakat agar tetap melestarikan pasar tradisional. Tempat-tempat tersebut tidak hanya menawarkan keindahan. RUMUSAN MASALAH  Mendiskripsikan dan menjelaskan dampak adanya pasar modern terhadap kondisi pasar tradisional dan perekonomian Indonesia.  Menindaklanjuti sikap pemerintah yang acuhnya dengan kelestarian pasar tradisional. 2 .I. Saat ini kita sangat mudah menjumpai minimarket.  Menjelaskan cara pengembangan pasar tradisional ditengah gencarnya serangan pasar modern di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu pasar tradisional sering dipandang sebelah mata oleh kalangan masyarakat luas. dan kebersihan saat berbelanja namun juga menjanjikan harga yang tidak kalah bersaing dengan pasar tradisional. B. LATAR BELAKANG Di zaman yang seperti ini tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pasar sangat penting bagi kehidupan masyarakat. PENDAHULUAN A. Tidak terkecuali pasar modern yang saat ini menawarkan keindahan da kenyamanan dalam berbelanja. kenyamana. Mereka bahkan dengan tegas memprotes adanya perluasan pasar modern yang sangat merugikan bagi para golongan mereka yang ingin mempertahankan keberadaan pasar tradisional. Namun dibalik itu semua kita menyadari bahwa pasar tradisional mulai tergeser keberadaannya. Tidak hanya dikota besar saja tetapi keberadaan pasar modern sudah merambah sampai ke kota kecil di tanah air.

Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan. Ia berpendapat bahwa kebijakan pemerintah dapat digunakan untuk meningkatkan permintaan pada level makro. untuk mengurangi pengangguran dan deflasi. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. uang yang beredar di masyarakat akan bertambah sehingga masyarakat akan terdorong untuk berbelanja dan meningkatkan permintaannya (sehingga permintaan agregat bertambah).II. terutama dalam perekonomian yang sedang lesu. Aset ekonomi atau modal negara dapat digambarkan secara nyata dengan jumlah kapital (mineral berharga. Selain itu. Model ini sangat penting untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Jika pemerintah meningkatkan pengeluarannya. tabungan juga akan meningkat sehingga dapat digunakan sebagai modal investasi. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif. dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.  Teori Merkantilisme Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan. KERANGKA TEORITIS Dalam makalah ini menggunakan beberapa teori antara lain :  Teori permintaan dan penawaran digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran. sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Keynes menekankan pentingnya permintaan agregat sebagai faktor utama penggerak perekonomian. harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen. dan kondisi perekonomian akan kembali ke tingkat normal. Berbeda dengan teori ekonom klasik yang menyatakan bahwa proses ekonomi didasari oleh pengembangan output potensial. terutama emas maupun komoditas lainnya) yang dimiliki oleh 3 .  Teori Keynesianisme Teori ini menyatakan bahwa trend ekonomi makro dapat mempengaruhi perilaku individu ekonomi mikro.

dengan mendorong eksport (dengan banyak insentif) dan mengurangi import (biasanya dengan pemberlakuan tarif yang besar).negara dan modal ini bisa diperbesar jumlahnya dengan meningkatkan ekspor dan mencegah (sebisanya) impor sehingga neraca perdagangan dengan negara lain akan selalu positif. Kebijakan ekonomi yang bekerja dengan mekanisme seperti inilah yang dinamakan dengan sistem ekonomi merkantilisme. Merkantilisme mengajarkan bahwa pemerintahan suatu negara harus mencapai tujuan ini dengan melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya. 4 .

modal kecil dan dengan proses jual beli barang dagangan melalui tawar menawar. Di dalam pasar tradisional kita bisa menemukan segala macam barang yang kita butuhkan dengan harga yang bermasyarakat. jasa dan informasi. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pengertian pasar Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan transaksi sedemikina rupa sehingga pembeli mendapatkan barang dan jasa yang diinginkannya dan penjual mendapat keuntungan dari adanya transaksi tersebut. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. termasuk kerjasama dengan swasta dengan tempat usaha berupa toko. BUMD. konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang. Pasar Tradisional Pasar tradisional adalah pasar yang diibangunn oleh pemerintah. swadaya masyarakat atau koperasi usaha skala kecil. b. Ada dua peran di pasar. los dan tenda yang dimiliki oleh pedagang kecil. Seni dari pasar tradisional adalah kita bisa menawar harga yang telah dipatok oleh pedagang sesuai dengan harga yang kita inginkan. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak alih kepemilikan jasa dan barang. Pasar tradisional merupakan nenek moyang dari adanya pasr masa kini. kios. menengah.III. Di dalam pasar 5 . Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Dalam ilmu ekonomi mainstream. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang mempengaruhi harga nya. PEMBAHASAN a. BUMN. bahkan tak jarang tradisi tawar-menawar ini bisa terjadi berjam-jam hanya untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. pembeli dan penjual. swasta. Tradisi tawar-menawar ini sangatlah menarik. pemerintah daerah.

Maraknya informasi produk barang yang menggunakan zat kimia berbahaya serta relatif mudah diperoleh di pasar tradisional. kotor. pasar modern memberikan kenyamanan. kurangnya sirkulasi udara sehingga aroma seluruh barang dagangan bercampur menjadi satu. maka kondisi pasar pasar tradisional yang kumuh. Faktor desain dan tampilan pasar. selain menyandang keunggulan alamiah. praktek penjualan daging oplosan. Kondisi ini menjadi salah satu alasan konsumen untuk beralih dari pasar tradisional ke pasar modern. tata ruang. Kondisi ini diperburuk dengan citra pasar tradisional yang dihancurkan oleh segelintir oknum pelaku dan pedagang di pasar. dengan atmosfir seadanya dalam jam operasional yang relatif terbatas tidak mampu mengakomodasi hal ini. keragaman dan kualitas barang. dan juga lahan parkir yang sempit dan tidak aman yang membuat warga terkadang harus berpikir dua kali untuk mendatangi pasar tradisional. bau. dan keleluasaan berbelanja yang tidak dapat diberikan pasar tradisional. Kondisi ini menjadikan konsumen Indonesia tergolong ke dalam konsumen yang sangat sensitif terhadap harga. Ketika konsumen menuntut ’nilai lebih’ atas setiap uang yang dibelanjakannya.tradisionalpun kita bisa menjumpai pedagang dari daerah yang berbeda-beda sehingga suasananya benar-benar tradisional. tata letak. tempatnya yang kotor dan tidak terawat. serta optimalisasi pemanfaatan ruang jual merupakan kelemahan terbesar pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern. Belum lagi kenyataan. jam operasional pasar yang terbatas. Indonesia adalah negara dengan mayoritas konsumen berasal dari kalangan menengah ke bawah. promosi penjualan. Namun sayangnya kelemahan dari pasar tradisional yaitu kurang amannya penjagaan sehingga tak jarang banyak copetyang meresahkan warga. Namun. serta kecurangan-kecurangan lain dalam aktifitas penjualan dan perdagangan telah meruntuhkan kepercayaan konsumen terhadap pasar tradisional. pasar tradisional memiliki berbagai kelemahan yang telah menjadi karakter dasar yang sangat sulit diubah. dengan nilai uang yang relatif sama. atmosfir. Ketika faktor harga rendah yang sebelumnya menjadi 6 . keamanan. Artinya.

menjual berbagai jenis barang secara eceran yang berbentuk minimarket. Pasar Modern Pasar modern atau toko modern adalah pasar dengan sistem pelayanan mandiri. hypermarket ataupun grosir yang berbentuk perkulaan. karena kelemahan dari pasar modern kita harus membayar barang belanjaan yang kita pilih sesuai dengan harga ynag sudah ditentukan oleh supernarket atau pasar modern tersebut. hal ini disebakan adanya 7 . Fakta yang sering kita jumpai yaitu semakin merebaknya Indomaret dan Alfamar tdi lingkungan sekitar kita.keunggulan pasar tradisional mampu diruntuhkan oleh pasar modern. Pasar tradisional yang dulu menjadi bagian penting bagi para masyarakat sekarang semakin hilang gaungnya. supermarket. Pasar modern merupakan rival yang kuat bagi pasar tradisional. Ini disebkan pada pasar modern kita bisa mendapatkan kenyamanan yang luar biasa saat berbelanja. c. Hal seperti inilah yang mebuat kita semakin sadar bahwa pasr modern sudah semakin jelas keberadaannya. secara relatif tidak ada alasan konsumen dari kalangan menengah ke bawah untuk tidak turut berbelanja ke pasar modern dan meninggalkan pasar tradisional. Pasar Tradisional Vs Pasar Modern Perbincangan yang saat ini ramai dibicarakan yaitu adanya persaingan ketat antara pasar tradisional dan pasar modern. Dimana pasar modern saat ini menjadi primadona pusat perbelanjaan bagi masyarakat Indonesia. d. Pasar modern identik dengan masyarakat menengah keatas. Pasar modern seperti Indomaret dan Alfamart sudah menunjukkan dampaknya bagi toko-toko kelontong kecil yang semakin hari semakin sepi dengan adanya pasar-pasar modern tersebut dan tanpa kita sadari kita sudah menjadi korban dari era globaliasasi pasar. Di kota Malang pun sedang terjadi dilema yang dialami pedagang pasar Dinoyo dan pasar Blimbing. tidak hanya dilingkungan perumahan namun tidak jarang di pemukiman kecik juga mulai bermuculan. departement store. Ini disebabkan oleh semakin gencarnya pasr modern melakukan tekanan dan serangan agar pasar tradisional tidak lagi dilirik oleh masyarakat.

Ini disebkan karena adanya beberapa kesepakatan yang ditunag dalam surat pernyataan dan dikirim ke Dinas Pasar Kota Malang. Selain itu pedagang tersebut juga menginginkan tetap adanya pasar tradisional di tempat baru tersebut. Mereka memohon untuk bisa kembali ketempat baru tanpa adanya pungutan apapun. Selain itu kepala dinas kota Malang juga menjelaskan bahwa penolakan pembangunan pasar itu dikarenakan pedagang 8 . walikota Malang. Menurut wali kota Malang tersebut para pedagang pasar tersebut protes dikarenakan kurangnya sosialisai yang mereka dapatkan. penolakan pedagangpun mulai berkurang. Dalan kenyataannya meskipun sudah ada pertemuan antar pedagang dan pemertintah . Seperti yang telah kita ketahui informasi saat ini bahwa para pedagang pasar Dinoyo dan Blimbing tetap menolak pembangunan pasar modern di kedua tempat tersebut.rencana pemerintah kota Malang yang berniat merubah pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing menjadi pasar modern. Seperti yang diberitakan pada harian Malang Post bahwa sebenarnya relokasi pasar tersebut pada awalnya di tentang oleh sekitar 75% pedagang pasar Dinoyo. Hal ini diungkapkan untuk mengantisipasi pemsukan pedagang yang akan berkurang jauh mengingat lokasi baru yang akan berbeda dengan kondisi trasisional pasar Dinoyo dan pasar Blimbing. Dari sekitar 1244 pedagang sebagian besar merasa relokasi dan pembangunan tersebut bakal menyengsarakan pedagang di pasar tradisional itu sendiri karena mereka khawatir bahwa pembangunan itu akan diikuti oleh pungutan biaya lain dan ditakutkan bisa mengusir pedagang tradisional yang sejak wal ada di pasar itu. Padahal seperti yang kita ketahui kedua pasar tersebut merupakan aset dari kota Malang. Entah apa tujuan utama pemerintah kota Malang merubah pasar-pasar tersebut menjadi pasar modern. Menurutnya pembangunan pasar tersebut akan sangat menguntungkan bagi para pedagang. Dalam surat itu pedagang tersebut mempunyai beberapa permintaan yang harus dipenuhi jika relokasi dan pembangunan nanti terlaksana. Rencana ini menimbulkan pro dan kontra yang sangat berpengaruh bagi masyarakat kota Malang. Peni suparto tidak terlalu merisaukan adanya penolakan dari para pedagang. Namun setelah ada petemuan yang didatangi oleh perwakilan pedagang dan juga beberapa utusan pemerintah kota Malang.

Ini dikarenakan karena untuk menggratiskan tempat berdagang sangatlah tidak mudah dikarenakan investor telah menanggung banyak kewajiban. Para pedagang sangat tradisional sangat dirugikan dengan adanya pasar modern. Inilah salah satu contoh bahwa sebenarnya pemerintah masih kurang adil bagi kesejahteraan pedagang tradisional. Lain halnya dengan pasar modern. Contoh kasus diatas juga merupakan salah satu dari dampak munculnya pasar modern. sehingga minat para pembeli sangat tertarik untuk berbelanja di pasar moder tersebut. Kondisi pasar tradisional di 9 . Mereka tetap mengupayakan hal apapun agar pasar modern tersebut tetap bisa dibangun apapun resikonya sekalipun adanya pasar modern akan merugikan keberadaan pasar tradisional. Meskipun keberadaan pasar tradisional sangat diacuhkan dengan kondisinya yang kotor. Padahal sebenarnya para pedagang pasar tradisional sudah sangat sabar dalam menghadapi para pejabat tersebut. Bangunannya yang kokoh tapi sudah semakin rapuh juga tidak sedikitpun menggubris perhatian pemerintah untuk memperbaiki pasar tradisional tersebut. bau. Pendapatan para pedagang pasar tradisional sangat banyak berkurang karena adanya pesaing mereka tersebut. dan juga sangat tidak terawat tapi para pedagang pasar tradisional tetap saja bertahan. Barang yang dijual antara pasar tradisional dan modern akan berbeda dang harganyapun juga berbeda. Namun kenyataanya seiring berjalannya waktu ternyata investor pembangunan pasar modern tersebut agar merubah site plan pembangunan pasar untuk menggratiskan tempat berdagang kandas. Banayak pedagang pasar tradisional bingung harus berupaya apalagi agar dagangan mereka tetap ramai diburu oleh para pembeli. Selain itu juga timbulnya modern dapat menimbulkan kecemburuan sosial.belum mengetahui detil tentang prospek kedepan pasar yang akan dibangun itu. Pasar tradisional dan pasar modern yang akan dibangun nantinya akan berbeda segmentasinya. sekarang sudah terlihat dimana-mana dibangun ruko-ruko yang sangat bagus dan juga mallmall yang mempunyai desain yang sangat unik dan sangat menarik perhatian para masyarakat.

Sedangkan pasar modern mengalami peningkatan pertumbuhan secara positif sekitar 31. Namun seiring maraknya perkembangan pasar modern membuat pasar tradisional semakin menurun. diantaranya.4 persen. akan tetapi dalam sistem penentuan harga tidak bisa ditawar/sudah ditetapkan. 10 . bahkan ada pedagang yang omzet penjualannya menurun hingga 60 persen. Jika hal ini di biarkan maka posisi pasar tradisional kian terhimpit dari pesatnya pertumbuhan pasar modern. Kehadiran pasar modern mempengaruhi pertumbuhan pasar tradisional secara negatif mencapai 8 persen.  Informasi daftar harga setiap barang tersedia dan dengan mudah di akses publik.6 juta pedagang.  Produk yang di jual di supermarket maupun indomarket.tanah air saat ini semakin lama semakin menyusut tergerus dengan kokohnya pasar-pasar modern. Kehadiran pasar modern yang memberikan banyak kenyamanan membuat sebagian orang enggan untuk berbelanja ke pasar tradisional. dengan jam buka yang lebih panjang dan menawarkan aneka pilihan pembayaran seperti kartu kredit dan kartu debit dan menyediakan layanan kredit untuk peralatan rumah tangga berukuran besar. Pasar modern meskipun memiliki banyak kelebihan. Penurunan pertumbuhan pasar tradisional terutama pada omzet penjualan.450 pasar dengan jumlah pedagang di dalamnya sekitar 12. Secara nasional jumlah pasar tradisional saat ini mencapai 13. Sedangkan pasar tradisional memiliki keunggulan yakni.  Supermarket menyediakan lingkungan berbelanja yang lebih nyaman dan bersih.  Supermarket dapat menjual lehih banyak produk yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih murah. Bahkan dalam satu tahun terakhir sedikitnya 400 kios/pedagang di pasar tradisional tutup akibat dari kian pesatnya pertumbuhan pasar modern. seperti bahan pangan telah melalui pengawasan mutu dan tidak akan dijual jika telah kadaluarsa.

Lalu berapa jarak yang diperbolehkan dari pasar tradisional jika pengusaha ingin membangun supermarket. risiko pengurangan timbangan pada barang yang dibeli serta penuh sesak. Masih adanya kontak sosial saat tawar menawar antara pedagang dan pembeli. Misalnya tentang berapa jumlah hypermarket yang boleh ada untuk setiap wilayah di satu kota. pasar tradisional biasanya identik becek. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi ancaman kebangkrutan pada pasar tradisional akibat kepungan pasar modern yang tidak terkendali. Kunci solusi sebenarnya ada di tangan pemerintah. faktor keamanan (copet/preman). Hal lain yang mungkin perlu dilakukan adalah merubah “wajah” pasar tradisional agar bisa lebih nyaman dan teratur. Harga kios yang tinggi tanpa kompromi kerap membuat pedagang “alergi” mendengar kata pembenahan. pedagang asongan. bau. dan memberikan wahana persaingan yang sehat antara keduanya. hingga tukang becak.  Keinginan masyarakat untuk memperoleh produk dengan harga murah di saat krisis membuat pasar tradisional terselamatkan dari paras modern. Peran pemerintah untuk mempertahan kan kelestarian pasar tradisional sangat kurang. Sayangnya pembenahan pasar rakyat ini tampaknya sering lebih sering mengedepankan kepentingan investor ketimbang kepentingan para pedagangnya sendiri. Tidak seperti pasar modern yang memaksa konsumen untuk mematuhi harga yang sudah di patok. kuli panggul.  Pasar tradisional menggambarkan denyut nadi perekonomian rakyat kebanyakan. semerawut. kotor. Di sana. Keadaan ini tidak jarang akhirnya menimbulkan perselisihan antara pedagang lama dengan investor yang ditunjuk pemerintah untuk merevitalisasi pasar tradisional. masih banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari mulai para pedagang kecil. Harus ada aturan tata ruang yang tegas yang mengatur penempatan pasar tradisional dan pasar modern. Dibalik kelebihan tersebut. Tidak 11 . Inilah yang menyebabkan pasar tradisional semakincterpuruk dikalangan masyarakat perkotaan.

jorok.ada perhatian yang spesifik dari pemerintah dalam menjaga pasar tradisional agar tetap alami. Hal ini terjadi dari mulai desain pasar. penuh dengan pedagang kaki lima. tak nyaman dan tak aman. Musuh utama para pedagang di pasar tradisional diantaranya adalah: manajemen pasar yang tidak profesional. produk yang kotor akibat sanitasi kotor. Kurang tanggapnya para pemerintah dalam memenuhi kebutuhan para pedagang tradisional seharusnya sangat tidak patut dilakukan oleh para pejabat. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa. Dan pada beberapa waktu kemudian kondisi pasar kembali ke seperti semula yaitu: loyo. sampah yang menumpuk dan tidak terangkut. Pasar tradisional memiliki potensi untuk menyediakan lowongan kerja yang sangat besar. Entah sekedar memberi bantuan agar pasar tradisional tetap terjaga kebersihannya atau menambah ventilasi udara agar aroma pasar tradisional tetap segar ataupun menanggulangi maraknya pencopetan dan kejahatn di sekitar pasar. Menteri Perdagangan. ketidak sinkronan antara insentif para manajer pasar dan keinginan pedagang yang membuat kedua belah pihaknya berjalan sendiri – sendiri. kumuh. “Departemen Perdagangan dapat mempertahankan keberadaan pasar tradisional. manajemen pasar yang baik. semrawut. Mari Elka Pangestu saat itu mengatakan bahwa “pasar tradisional harus mampu bersaing dengan pasar modern jika keberadaannya ingin tetap dipertahankan”. Disinilah dibutuhkan peran pemerintah sebagai regulator yang mampu mewadahi semua aspirasi 12 . Dalam majalah Tempo edisi 11-17 Juni 2007 menjelaskan bahwa kesan yang dapat ditangkap dari kondisi pasar tradisional yaitu: kumuh. dan opreasionalisasi sehari – hari seperti: kebersihan. meskipun kenaikan retribusi tetap dilakukan. bau. Akibatnya manfaat renovasi pasar bagi para pedagang dirasakan kecil. Keadaan yang sepert inilah yang sangat diinginkan oleh pedagang pasar tradisional. kusam. penataan. dan pedagang yang berjualan diluar ketentuan awal. tidak tertata. produk yang beragam dan keamanan yang terjamin. tidak nyaman. tetapi pasar tradisional sendiri harus dapat bersaing”. semrawut. keliaran preman. produk yang tidak fariatif dan sebagainya. Hal ini seharusnya mulai dibenahi oleh pemerintah daerah yaitu dengan cara mengadopsi konsep pasar modern yang bersih.

13 . pasar tradisional merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya ekonomi kerakyatan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi untuk meningkatkan daya saing dan mempertahakan eksistensi pasar tradisonal adalah dengan cara cari solusi dini seperti merevitalisasi Pasar Pondok Gede yang sudah berdiri sejak tahun 1993 (akan berubah nama menjadi Atrium Pondok Gede. dari jumlah tersebut menampung sebanyak 12. Saat ini di wilayah Indonesia terdapat 13.4 juta orang yang menggantungkan hidupnya pada keberadaan pasar tradisional. Oleh karena itu. Nilai-nilai sosial yang banyak terkandung dalam pasar tradisional juga perlu kita tekankan kepada masyarakat. Yang perlu kita lakukan saat ini ialah bagaimana cara kita tidak ikut terpengaruh dalam era globalisasi dan gencarnya pasar modern dalam menghancurka pangsa pasar tradisional. Yang perlu digaris bawahi. keberadaan pasar tradisional yang kini semakin terhimpit dari pesatnya pertumbuhan pasar modern agar segera diselamatkan.450 pasar tradisional yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Jika setiap pedagang yang ada di pasar tersebut menghidupi minimal tiga orang yakni istri dan dua anak berati terdapat 50. pasar tradisional mampu menyumbangkan lapangan kerja sebanyak 14 persen dari jumlah lapangan kerja yang ada. Kita harus tahu bahwa tidak selamanya pasar modern bisa menandingi pasar tradisional. Sektor ini juga telah menyumbangkan lapangan kerja dan memberikan kehidupan bagi banyak orang.yang berkembang tanpa ada pihak yang dirugikan. Menurut data dari BPS.6 juta pedagang belum termasuk para pemasok barang serta pengelola pasar.

supermarket. Tapi kita juga harus mengerti dampak apa saja yang dapat ditimbulkan dari pasar tradisional bagi kalangan pedagang pasar tradisional. 14 . KESIMPULAN Keberadaan pasar modern dewasa ini sudah menjadi tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup masyarakat yang modern. namun juga harus mengkondisikan agar pasar tradisional dan psar modern dalam posisi perbandingan ynag seimbang. Namun dibalik kesuksesan bisnis retail tersebut (pasar modern).IV. Pasar modern menjanjikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. bahkan hypermarket disekitar tempat tinggal kita. Untuk karena itu kita harus pandai dalam mengatasi jajahan pasar modern di kalangan pasar tradisional. Bahkan beberapa diantaranya memprotes ekspansi secara besar – besaran dari peritel kelas besar. Eksistensi pasar tradisional merupakan salah satu indikator paling nyata dari kegiatan ekonomi masyarakat disuatu wilayah. Kenyataan yang ada di lapangan saat ini adalah di berbagai kota metropolitan bahkan kota – kota kecil di tanah air dengan mudahnya kita dapat menjumpai minimarket. Pemerintah tidak boleh hanya mendukung salah satu pihak saja.kita tidak boleh hanya begitu saja tergiur oleh kenyamanan dan kebersihan pasar modern. Selain itu pemerintah juga harus lebih bertindak tegas tentang pembangunan pasar moder di daerah pasar tradisional. terdapat persoalan khususnya untuk retail kelas menengah dan kelas kecil.

google. Sony.CV Citra Malang.Pasar Tradisional.Malang.V.Runtuhnya Modal Sosial.com 15 .2009. www.com www.wikipedia.com http://go-kerja. DAFTAR PUSAKA Leksono.malang-post.com/pasar www.

16 .

5.90.3. 3. :9907503.2.3 .5../843..5.../843.39:3.7508./843.703.2.3-0:2 9072.0-07..3507:/.8.:.7:2.7./ 97:2!43/40/0  .3.3897/.3.93/..3/.203.8..3 .2.2203.8.99:2-:/..  03:7:9/..33.35.90780-:9203.0434207.3/:53.:7..9: 0-07.:3 .8:39:2033.7.3.3.8.797.3/:.390780-.907/.3-.305.8.50/../.5.9.907..7/80:7:503:7:9.9./.8!.8.9   5.38.9::5..3..:.:.3 9025..307.3..2.5079:2-:.203..797.93./.8./843..7!43/40/0 ./.203:2-.5.797.790780-:9203/:5232.3/4308..7:/...7!$ 5.3 907259/./843.207:5..7.../843.3  .724/073.5 50/.9/./.3-07:-.5.207.3/:3/.80.3 .3.8:5./.8.3.: -...78-.25.3202-07..  0.9/.809.307./843.3.8.35./.4-.3 $.78007..3/7:.797.9. 9..9907/.3.3.33802.7:2.507:9.507803/.. .7.3.3.797.797.3 $..5. :9.3 $09473 :. /80.3.7.8.9..-07.8/.-.50304.5.39.848.3./.7:89.3/.5...8.8.3-0702-.8. .93.308890385.38:/..25:203:2-.38./..5.90.3-.3.307.38079.47.47..8.3 0/:5. 5.3.5.-.9./843..25:380-.35.49.7  /.9..303.32025079./. /03.0.3/35.3 /.9         .8.797.340!020739./843.8.3.47.3 203..3507:9.2.8.35..3.2.502.3-0702-..80-./5.724/073 /.7 97.784:8/38050792070.84-..9 :9.7 ..9.8.9.724/073-8.73.5.-07/780.8.3.7 97.8.

/.2:3:.7:80--0793/.724/073203.2...3/.3.9/8:.5.7:8203079/.3.:.35..9: 3/.797.-./.3/3. !.3               ./..20974549.3.. !020739.8.7:820343/8./ .:.59..724/073/0.9:5.9.9/.5.7 5.8./:52.9475..25488507-. .8.8.8.38.90.2..3/.724/073 %.8.30-078../9:39:9.3-0-07.8.7.9:./843.49...797.350/..3.797./.324/073 03..3.232.39:5020739..9. 49..9. .3 5.3.802-.3880.797.3.820303.3.-40 .35..70.3.7/03.9203:25.  &39:./.7.207:5.5..35..3-..797.3 502-.3.907:740 03.38:/.38.3..79025.724/073 907/.3 4380:038/.703.8.89039.08:808..2-07-0./ 9. 9...3/.35.-09:8./../843.8.2:3/-.7.93.3/.5./.724/073/./843.8...'  $!& 0-07.0.8-08.8./843...3.302:/.9/92-:.9.5..8.7507900.349.8..3 0..33.3..3:3.:39:709.3-838709.709 -.8.-08..3.3/.32:/..7.8.3..724/07//.950784.358.7 8890385.8.2203.203.3 5072.203/::38.25.3043422.9.303.-40.5.8.724/073/ ./-07-.9/.993. .3/. $0.7:85.709/809.33.90780-:9 5.709 8:5072.5./843.80.3:8:83.39.9:9./.35.07.3 /.75.7.3/.797..8.8.8./.0. 3.202574908085./843..7.7  -08.9.9.

4/...5. !. .8.3 '97.42  4.3.$48.7%7.'  %#!&$ 08434 $43   #:39:3./843. . .3     50/.

064 995.76:.

.

42. .4 07.

7  440 .5.8.42                 .

                   .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful