PERANGKAT KERAS KOMPUTER(HARDWARE) Teuku Benladin Hakim NIM:211000258

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. unit Pemrosesan/sistem unit 2.input divice (unit masukan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

1. Process device (sistem unit) Sistem unit→suatu tempat yang didalamnya terdapat komponen-komponen elektronik dari suatu computer dan digunakan untuk memproses data. Yang termasuk sistem unit: -Motherboard:Sirkuit/papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik komputer saling terhubung.Dua komponen utama dari motherboard adalah: -Prosesor:disebut juga CPU(Central Processing Unit);untuk mengeksekusi perintah dasar untuk mengoperasikan komputer

-Port dan Konektor:Port adalah suatu titik dimana periferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer sehingga periferal dapat mengirim data atau menerima informasi dari komputer.yang memungkinkan berbagai variasi perangkat komputer dapat saling berkomunikasi -BAY:sebuah bagian dalam yang terbuka dari komputer di mana kita dapat memasang perlengkapan tambahan.Konektor menghubungkan kabel ke periferal. -Trackball -Touchpad -Pointing Stick -Joystick dan Wheel -Audio Player Control Pad .Sebuah perangkat input(input device) adalah komponen peranti keras yang memungkinkan pengguna memasukkan data dan perintah ke dalam komputer Yang termasuk ke dalam input adalah: -Keyboard:berisi tombol-tombol yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam computer.Adapter Card adalah papan sirkuit yang meningkatkan fungsi-fungsi komponen komputer dan menyediakan sambungan ke peripheral. -Power Supply/Catu Daya:komponen komputer yang mengubah daya AC dari keluaran di tembok menjadi DC.-Memori:terdiri atas komponen elektronik yang menyimpan perintah yang menunggu untuk dijalankan dan data yang dibutuhkan untuk perintah tersebut. Unit Masukan ( Input Device ) Input →Semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer. 2. -BUS:saluran. -Slot ekspansi dan Adapter Card:suatu dudkan pada motherboard yang daoat menyimpan adapter card. -Mouse:untuk mengendalikan pergerakan sebuah simbol kecil pada layar.yang disebut pointer.

-Terminal -Biometric Input.iris recognition system.dan voice verification system.face recognition system.MICR.photoprint.hand geometry system. Yang termasuk ke dalam output adalah: -Display devices:Monitor(LCD & WIDESCREEN) -Printer→alat pencetak(ink-jet printers....drum -Reading devices.video conference.HeadPhone.signature verification system. 3.impact print.Barcode reader.& earbuds:Untuk mengeluarkan suara .emjadi ebntuk yang dapat digunakan oleh komputer.RFID.KARTU MAGNETIK.. large format printers.retinal scanners.laser print.Perangkat output adalah semua komponen peranti kera yang menyampaikan informasi kepada orang-orang.Kamera video PC -Scanners →mengubah materi cetak seperti teks /gambar .mobile print.Webcam.-Gamepad -Light Pen -Touch Screen -Pen Input -Input Suara(Voice input).. Output device ( Unit keluaran ) Output →Data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan.fingerprint reader.microphone→untuk berbicara pada komputer untuk memasukkan data dan perintah.thermal print.sheetfed. -PDA -SMART PHONE -Tablet PC -Kamera Digital -Video input.plotters.pen or handled. -Speaker.label and postage print.flatbed.

yang ditutup plastic berbentuk segi empat.4 juta karakter.namun cukup kecil dan ringan sehingga dapat dibawa digantungan kunci atau saku.Harddisk ditempatkan dalam rangka tertutup dan kedap udara.dan informasi untuk penggunaan di masa mendatang.harddisk kebanyakan berada dalam rangka computer. -USB flash drive:Alat penyimpanan portable dengan kapasitas yang lebih besar dari floppy disk. -DVD -Memory Card:beberapa peralatan yang dapat dipindahkan. -Hard Disk:Menyediakan kapasitas yang lebih besar dibandingkan floppy maupun USB flash drive.Walaupun beberapa harddisk eksternal dapat dipindahkan.seperti kamera digital.fleksibel. -CD:piringan portable yang pipih dan bundar. Contohnya: -Floppy Disk:terdiri atas prirngan tipis. .perintah. Backing Storage ( unit penyimpanan) Perangkat ini menyimpan data.Salah satu jenisnya adalah CD-ROM.-Data projectors -Interactive Whiteboards→apa yang kita tulis muncul dan bisa diprint -Force-feedback game controllers→contohnya joystick -Tactile output:seperti kalau di game motor stirnya bisa digerakkan(tidak resistan) -printer huruf Braille -monitor yang dilengkapi speech translator 4.Mampu menyimpan 1.menggunakan memori card sebagai media penyimpanan.bundar.terbuat dari bahan logam yang dilapisi plastic.Rata-rata harddisk mampu menyimpan lebih dari 100 miliar karakter.