dachir Responden yang terhormat, Saya Ridho Ariono dari Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma sedang melakukan penelitian

untuk tugas akhir sarjana, saya memohon kesediaan Anda untuk meluangkan waktu sejenak guna mengisi angket ini. Saya berharap Anda menjawab dengan leluasa, sesuai dengan apa yang Anda rasakan, lakukan dan alami, bukan apa yang seharusnya atau ideal. Anda diharapkan menjawab dengan jujur dan terbuka, sebab tidak ada jawaban yang benar ataupun salah. Sesuai dengan kode etik penelitian, saya menjamin kerahasiaan semua data. Kesediaan anda mengisi kuisioner ini adalah bantuan yang tak ternilai bagi saya. Akhirnya, saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya. Jakarta, Agustus 2011

Ridho Ariono

Maka. Anda diharapkan dapat menyatakan pendapat Anda terhadap isi pernyataan tersebut dengan cara memberi tanda silang (X) pada pilihan: SS S TS STS : Bila pernyataan Sangat Sesuai dengan diri Anda : Bila pernyataan Sesuai dengan diri Anda : Bila pernyataan Tidak Sesuai dengan diri Anda : Bila pernyataan Sangat Tidak Sesuai dengan diri Anda Contoh : No 1. Jawaban terbaik adalah yang sesuai dengan diri Anda. karena jawaban yang diharapkan adalah sesuai dengan pendapat Anda sendiri. tidak ada jawaban yang dianggap salah.Data Responden Usia Pendidikan Terakhir Pekerjaan Suku Bangsa 20 Perguruan Tinggi Mahasiswa Indonesia . Pernyataan Ketika berada dalam masalah saya berusaha tetap berpikir positif SS X S TS STS Pilihlah hanya satu jawaban yang sesuai dengan diri Anda. Sunda Petunjuk Pengisian Berikut ini disajikan pernyataan-pernyataan yang nantinya akan Anda jawab. Skala I .

Saya percaya saya bisa berprestasi walaupun saya memiliki orientasi seks yang berbeda. Saya mampu untuk memahami kesedihan orang lain. Ketika dalam masalah saya berusaha tetap berpikir positif. Saya tahu betul kelebihan diri saya dibanding orang lain. X Saya tahu bagaimana menguasai perasaan saya agar tetap X tenang dalam situasi yang sulit. X Teman-teman saya mempercayai saya. X Saat saya marah saya akan berusaha menenangkan diri saya sebelum melakukan hal apapun. Saya mampu bangkit dari perasaan sedih saya dalam waktu singkat. X X X X X X X X S X TS STS . Pilihan saya sebagai homoseksual tidak menghambat X prestasi saya. Sulit bagi saya memahami perasaan orang lain. X Saya mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat saya X merasa bahagia. Saya bisa menjadi seorang pendengar yang baik saat orang X lain sedang susah. X Saya meminta saran pada orang lain saat saya tidak mampu X menyelesaikan masalah.No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 No 19 20 21 22 23 24 25 Pernyataan SS Saya berusaha keras untuk mewujudkan cita-cita saya. Pernyataan SS Saya cukup peka terhadap teman yang sedang bersusah hati. X S X TS STS X X Kegagalan bisa membuat saya hilang harapan. Saya merasa puas dengan segala hal yang telah saya lakukan. Terkadang saya bisa marah tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Saya merasa kesulitan membuat teman saya merasa nyaman di dekat saya. Saya dapat segera tahu jika kondisi perasaan saya berubah. X Saya mampu untuk mengendalikan rasa cemas. Saya orang yang sulit berkomunikasi dengan teman baru. Terkadang saya pesimis dalam mengahadapi hidup saya. Kritik membuat saya semakin putus asa untuk mencapai sebuah keberhasilan. Saya mampu menjalin hubungan yang lebih dekat dengan X seseorang dalam jangka waktu yang lama.

Saya mampu untuk tenang saat saya mulai merasa marah. Saya memiliki sahabat karib yang mengetahui tentang X orientasi seksual saya. X Saya menjadi sangat emosional ketika sedang menghadapi masalah. Saya tahu apa yang harus saya lakukan saat orang lain X menyinggung tentang orientasi seksual saya.26 27 28 29 30 31 32 Saya mudah bergaul dengan teman-teman dari berbagai X kalangan. Saya adalah orang yang aktif dalam melaksanakan rencana X yang telah saya susun. Kritik dari teman-teman berusaha lebih keras lagi. Saya mudah menyerah dalam membuat perubahan besar dari hidup saya yang sebelumnya. Saya memandang diri saya sebagai orang yang penuh X percaya diri. Saya mampu untuk membuat perasaan orang lain lebih baik ketika dia sedang bersusah hati. Bagi saya hidup adalah proses berkesinambungan untuk X SS X X S TS STS . saya mendorong saya untuk X X X Skala II No 1 2 3 4 5 6 7 Pernyataan Saya suka membuat rencana untuk masa depan dan menjadikannya kenyataan. Saya memiliki sahabat dekat untuk berbagi mengenai banyak X hal. X Penderitaan teman saya adalah penderitaan saya juga.

pemahaman saya tentang kehidupan semakin X bertambah sehingga membuat saya menjadi orang yang lebih kuat. Saya dapat memilih peran saya dengan baik dalam suatu kelompok. 8 9 10 11 12 13 14 Saya sering merasa kesepian karena saya hanya memiliki X sedikit teman dekat yang memiliki minat yang sama. Saya memiliki rencana yang pasti untuk masa depan saya. Pernyataan Saya merasa kebanyakan orang yang saya kenal lebih banyak mendapatkan keberuntungan dibanding saya.terus belajar dari kesalahan. Saya mudah terpengaruh pada orang yang memiliki pendapat yang kuat pada suatu hal. X X X X X X 15 No 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 X SS S TS X STS . Tuntutan hidup sehari-hari sering membuat saya tertekan. Saya bisa mengambil hikmah dari setiap kesulitan hidup X yang saya alami. Rasanya saya belum paham apa yang menjadi tujuan hidup saya. Seiring waktu. Saya pernah membuat kesalahan di masa lalu. Mudah bagi saya untuk menjalin pertemanan dalam lingkungan baru. Saya merasa orientasi seksual saya menjadi hambatan bagi saya untuk bergaul. Saya mudah bergaul dengan orang yang baru saya kenal. Dalam mengambil keputusan. Saya percaya diri dalam menyampaikan pendapat saya X walaupun pendapat saya berbeda dengan kebanyakan orang. saya tidak dipengaruhi oleh X orang lain. Saya merasa salah dalam menentukan orientasi seksual saya karena tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Usaha saya meraih cita-cita tidak terganggu dengan orientasi seksual yang saya miliki. tapi saya sadar X itu semua itu adalah pembelajaran. X X X Saya tetap mampu berprestasi seperti orang kebanyakan X dengan orientasi seksual saya.

saya kecewa dengan prestasi yang pernah saya raih. Merupakan hal yang sulit untuk diri saya menyuarakan pendapat pada hal-hal yang bersifat kontroversial. Saya memiliki hubungan yang hangat dan penuh rasa saling percaya dengan orang lain. Saya sangat menyukai setiap aspek dari kepribadian saya.26 27 28 29 30 No 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Saya mencoba untuk melakukan peran saya di masyarakat dengan sebaik-baiknya. Bagi saya mempertahankan persahabatan adalah hal yang mudah. Saya merasa orientasi seksual saya tidak menjadi hambatan X untuk saya bergaul. Saya malas mencoba lagi jika pernah gagal pada pekerjaan yang sama. Saya tidak takut menyuarakan pendapat saya walaupun bertentangan dengan kebanyakan orang. Bila saya menemui hambatan dalam mencapai suatu tujuan. Ketika saya melihat cerita hidup saya. X X X SS X X X X S TS STS Menjadi diri saya sendiri adalah hal yang penting dibanding X X X X X X X X X . Saya merasa berhak memutuskan orientasi seksual saya. Dalam banyak hal. saya puas dengan apa yang saya miliki sejauh ini. Pernyataan berpikir bagaimana orang lain dapat menerima saya. Saya memikirkan cara-cara untuk mencapai cita-cita saya. saya akan beralih pada tujuan lain. Saya mudah bergaul dengan orang dari berbagai lingkungan. Saya mampu beradaptasi dengan tuntutan kehidupan seharihari. Saya yakin mampu untuk berprestasi walaupun memiliki orientasi seksual yang berbeda.

Saya sudah memberitahu sahabat saya mengenai orientasi seks saya. saya mencari tahu siapa teman yang memiliki orientasi 4 5 6 7 8 9 10 11 12 seks sama seperti saya. Saya sudah memberitahu rekan kerja saja mengenai orientasi seks saya.SKALA III SS S = Sangat Sesuai = Sesuai R TS = Ragu-ragu = Tidak Sesuai STS = Sangat Tidak Sesuai No Pernyataan 1 Saat dahulu menyadari menyukai sesama pria saya 2 3 sempat merasa bingung. Banyak orang sudah tahu mengenai orientasi seks saya. SS X X S R TS STS X X X X X X X X X X . Saya berusaha memiliki teman-teman gay di beberapa jejaring sosial setelah menyadari orientasi seks saya. Saya pernah merasa sendirian ketika menyadari orientasi seks saya berbeda dengan orang kebanyakan. Saya sudah memberitahu teman kuliah saya bahwa saya seorang gay. Saat pertama kali menyadari menyukai sesama pria saya sempat merasa tidak nyaman. Saya sudah memberitahu saudara kandung saya bahwa saya seorang gay. Saya sudah memberitahu orang tua saya mengenai orientasi seks saya. Saya mencoba mencari kekasih pria setelah menyadari bahwa saya gay. Setelah menyadari bahwa saya menyukai sesama pria.

sebutkan: …. Atasan Lainnya. Pernah memiliki kekasih pria? X Ya Tidak b. a.. a. X X Teman Sahabat Rekan Kerja Keluarga.. tahun 2.. f. Pernah memiliki kekasih wanita? X Ya Tidak b. Siapa saja yang tahu mengenai orientasi seksual Anda? (Jawaban boleh lebih dari 1) a. c. d. Seumur hidup memiliki kekasih wanita …3… kali 3.Pertanyaan Tambahan 1. b. Seumur hidup memiliki kekasih pria …6… kali 4. Pertama kali menyadari menyukai sesama jenis pada usia …18…. Terima Kasih  .. sebutkan: . e..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful